Cara Merawat Rambut Kering Tanpa Harus ke Salon

cara merawat rambut kering
 
Punya masalah dengan cara merawat rambut kering padahal sudah rutin ke salon? Terkadang kebiasaan ke salon malah hanya membuang anggaran. Padahal perawatan bisa dilakukan sendiri dengan lebih murah dan bahkan gratis.
 

Kenalilah Rambutmu

Rambut adalah bagian tubuh yang ibaratnya mahkota bagi seorang wanita sehingga harus selalu dirawat dengan baik. Tak mengenali rambut dengan baik hanya akan merugikan diri sendiri. Rambut kering merupakan salah satu kerusakan akibat kurang mengenali tipe rambut sendiri.

Rusaknya rambut dengan gejala-gejala seperti kering, kusam, dan mengembang dipicu oleh sejumlah kebiasaan buruk. Kebiasaan tersebut umumnya dilakukan tanpa sadar. Contohnya, sering mewarnai rambut, menggunakan pelurus rambut, mengikat rambut terlalu kencang, tidak menyisir dengan rapi, dan sebagainya.

Nah, jangan panik. Selalu ada cara mengatasi masalah rambut kering dengan mulai memeriksa kembali apa yang sebenarnya jadi masalah. Belum paham atau bingung menentukan akar persoalannya? Tak usah cemas. Lakukan perawatan mudah yang mana tak akan membuat anda kerepotan sendiri dengan harus bolak-balik ke salon dan menyiapkan anggaran ekstra.
 

Sudah Baguskah Produk Rambut Anda?

Apa shampo yang kerap anda gunakan? Kita tidak sedang bicara merek lho. Bahkan anda semestinya berani mengubah persepsi soal merek terkenal atau mahal yang akan selalu membuat rambut semakin indah. Kesalahan fatal dari memilih dan membeli merek shampo adalah tidak menyesuaikannya dengan tipe rambut sendiri.

Harusnya, pilihan shampo disesuaikan dengan tipe rambut khususnya jenis kerusakan. Untuk kasus rambut kering, silakan memilih merek shampo yang punya kandungan dimetichone dan tidak ada kandungan SLS atau Sodium Lauryl Sulftate. Kandungan SLS dapat menyebabkan kerusakan rambut karena tipe yang sudah rusak akan semakin parah.
 

Gunakan Pelembab Rambut

Pelembab atau kondisioner jika digunakan secara tepat dapat membantu mengatasi masalah rambut kering. Sesuaikan dengan tipe shampo dan rambut. Pakailah kondisioner ini sesuai aturan dan jangan sampai berlebihan. Gunanya untuk membantu merangsang produksi kelenjar minyak sehingga rambut tetap lembab alami, tidak kering, dan tidak kusam.
 

Memotong Rambut

Biasanya wanita akan enggan jika harus memotong rambut. Maksudnya bukan memotong rambut dengan membabatnya. Memotong rambut berarti menggunting bagian-bagian ujung rambut yang bercabang, sudah kering, dan rusak serta sekaligus menerapkan cara merawat rambut kering.

Kapan waktu yang disarankan untuk memotong rambut ini? Disarankan memotongnya setiap enam atau delapan bulan sekali. Nah, waktu yang cukup lama bukan? Toh, dalam jangka waktu itu rambut tentu sudah cukup panjang.
 

Mencegah Kerusakan Akibat Rambut Kering

Selama proses perawatan, yang wajib dilakukan pun mencegah kerusakan yang berulang. Beberapa cara harus dilakukan demi mencegah kerusakan rambut kering di kemudian hari. Anda akan melakukannya dari kebiasaan yang sederhana seperti menyisir rambut. Jangan pernah menyisir rambut dalam kondisi basah yakni saat habis keramas.

Menata rambut memang mengasyikkan dengan berbagai model dan gaya. Tapi apakah itu akan aman bagi kondisi rambut? Justru kebiasaan terlalu sering menata rambut akan menyebabkan kerusakan yang fatal apalagi untuk tipe rambut kering.

Hal terakhir adalah melakukan perawatan dari dalam. Dilakukan dari kebiasaan mengonsumsi makanan-makanan yang punya kandungan nutrisi bagus bagi rambut. Serangkaian menu makanan yang sehat harus disiapkan yaitu yang mengandung zinc, omega-3, protein, dan semuanya bisa diperoleh dari kacang-kacangan, ikan, serta telur. Jangan abaikan juga konsumsi buah-buahan dan sayuran segar untuk menjaga dan meningkatkan kesehatan rambut serta memaksimalkan cara merawat rambut kering.

 

 

Comments are closed.

WhatsApp Make Appointment Now