7 Cara Merawat Wajah Pria agar Putih dan Bersih

cara merawat wajah pria agar putih dan bersih

Pria juga harus melakukan perawatan wajah secara rutin dan teratur agar penampilannya terjaga. Selain itu, kebersihan dan kesehatan kaum adam juga lebih terjaga apabila dilakukan perawatan wajah secara rutin. Cobalah mengikuti cara merawat wajah pria agar putih dan bersih.

Mindset pria dalam perawatan wajah juga harus dibenahi dulu. Banyak yang berpikir bahwa perawatan wajah pria hanya dilakukan untuk menunjang penampilan. Padahal, perawatan wajah juga berkaitan dengan kesehatan dan kebersihan diri. Jika tidak rutin merawatnya, akan muncul masalah kulit yang mengganggu dan tentunya membuat tidak nyaman.

Simaklah beberapa tips dari Jakarta Aesthetic Clinic (JAC) dalam merawat wajah untuk pria.

Alasan Pria Harus Melakukan Perawatan Wajah

Masalah kulit tidak pernah mengenal jenis kelamin. Jerawat, keriput, dan masalah kulit lainnya termasuk kanker kulit bisa juga dialami oleh pria jika tidak dirawat dengan benar. Masih banyak pria yang menganggap remeh masalah ini dan berpikir bahwa mencuci muka dua kali sehari saja sudah cukup.

Berikut ini alasan mengapa perawatan wajah pria harus dilakukan:

1. Bekerja di Luar Ruangan

Pria memiliki segudang aktivitas di luar ruangan (proyek) yang membuat kulit wajahnya cenderung terpapar sinar matahari dan lebih berisiko kotor. Sayangnya, mereka jarang memerhatikan perawatan wajah sebelum beraktivitas di luar ruangan. Masih banyak yang mengabaikan pentingnya penggunaan sunscreen dengan Sun Protector Factor (SPF) tertentu. Paparan sinar Ultraviolet (UV ) dari matahari yang berlebihan bisa memicu kanker kulit yang juga terjadi pada pria.

2. Memasuki Masa Pubertas

Jerawat juga merupakan masalah kulit yang bisa dialami oleh pria, terutama bagi yang menginjak masa puber. Menghilangkan jerawat ini tidak bisa hanya dilakukan dengan sabun cuci muka atau facial foam. Ada rangkaian perawatan wajah atau skincare yang harus dilakukan secara rutin agar wajah pria tetap bersih.

3. Perawatan Wajah Pria yang Kurang Tepat

Bagi pria yang memang ingin menumbuhkan facial hair atau berewok, ada kemungkinan kulit mengalami gatal. Belum lagi masalah in-grown hair yang muncul karena kesalahan pada teknik mencukur.

Terakhir adalah munculnya keriput di wajah. Paparan sinar matahari dan perawatan wajah yang tidak tepat bisa menimbulkan masalah ini, padahal usianya masih tergolong muda. Produksi kolagen pada wajah pria juga bisa mempengaruhi percepatan munculnya keriput di wajah.

Cara Merawat Wajah Pria agar Putih dan Bersih

Beberapa alasan di atas sudah menjadi faktor pendorong bagi pria untuk melakukan perawatan wajah yang tepat. Terutama bagi pria yang memutuskan untuk menumbuhkan facial hair demi menunjang penampilan, penting sekali untuk melakukan perawatan kulit wajah secara rutin agar tidak gatal.

Lakukan beberapa cara merawat wajah dari JAC ini agar bebas dari masalah kulit yang mengganggu.

1. Mencuci Wajah setelah Beraktivitas

Mencuci wajah harus dilakukan setiap hari secara teratur, terutama sehabis melakukan olahraga. Agar kotoran dan polusi yang menempel bisa terangkat dan tidak menyumbat pori-pori wajah bersihkan wajah dengan facial foam atau sabun pencuci wajah yang tepat dan sesuai dengan jenis kulit Anda.

Pilihlah produk facial wash yang sesuai dengan jenis kulit Anda. Jangan pernah mengandalkan sabun untuk badan, baik sabun batang maupun cair, karena mengandung bahan berbahaya yang bisa membuat wajah kering.

Baca juga: 9 Cara Mengecilkan Pori-Pori di Kulit Wajah Pria

2. Mencukur dengan Hati-hati

Teknik mencukur facial hair yang tepat juga bisa mengurangi potensi masalah kulit, terutama jerawat dan in-grown hair. Salah mencukur bisa menumbuhkan potensi terjadinya luka yang tentunya membuat tidak nyaman. Jika dibiarkan, akan terjadi infeksi dan bisa membuat jerawat mudah muncul di wajah.

Sebelum mencukur, cuci wajah dan facial hair dulu, kemudian aplikasikan shaving cream dengan pelembab di dalamnya. Gunakan pisau cukur tunggal atau ganda yang aman dari masalah kulit. Jangan meregangkan kulit saat bercukur, lakukan dengan rileks. Kemudian, cukurlah mengikuti arah pertumbuhan facial hair dan cuci setelah selesai.

Disarankan untuk mengganti pisau cukur setelah lima hingga tujuh kali penggunaan agar tidak terjadi iritasi.

3. Menggunakan Pelembab

Pelembab juga harus digunakan secara teratur agar wajah tidak kering dan tetap segar. Selain itu, pelembab juga bisa mengurangi munculnya garis-garis halus dan keriput pada wajah sehingga terlihat awet muda. Gunakan pelembab tepat sehabis mandi atau mencukur, terutama jika wajah masih dalam keadaan basah.

4. Menggunakan Sunscreen

Sebelum beraktivitas di luar ruangan, cobalah untuk mengaplikasikan sunscreen atau tabir surya di wajah, termasuk telinga, leher, dan bibir. Carilah sunscreen yang mengandung SPF 30 atau lebih, dan gunakan lagi setiap dua jam atau setelah berolahraga dan berenang. Sunscreen yang digunakan juga harus water resistant alias tahan air.

Baca juga: Cara Merawat Wajah Pria Bebas Jerawat dan Keriput

5. Memperhatikan Label Produk Skincare

Jika memutuskan untuk menggunakan produk perawatan wajah (skincare) seperti toner, serum, dan sejenisnya, perhatikanlah peruntukan jenis kulit tersebut. Ini penting diketahui untuk membuat kulit menjadi sehat dan bersih. Ada empat jenis kulit pada pria, yaitu normal, kulit kering, kulit berminyak, dan kulit sensitif.

Kulit yang mudah berjerawat hendaknya menggunakan skincare yang bersifat oilfree dan non-comedogenic sehingga pori-pori di wajah tidak tersumbat. Kulit sensitif lebih cocok menggunakan produk bebas pewangi atau fragrance free yang lembut, karena bisa mengurangi potensi kulit menjadi kering dan iritasi.

6. Melakukan Eksfoliasi

Eksfoliasi berguna untuk menghilangkan sel-sel kulit mati di wajah serta kotoran dan minyak berlebih dengan menggunakan scrub. Lakukan eksfoliasi dengan lembut selama dua kali seminggu, jangan setiap hari karena kulit bisa mengelupas dan iritasi. Gunakan pelembab setelahnya untuk menjaga agar kulit tetap terhidrasi.

Baca juga: Rekomendasi Gaya Rambut Pria Pendek Samping Buat Tampilan Lebih Keren

7. Berkonsultasi dengan Dokter Kulit

Langkah terakhir adalah melakukan konsultasi ke dokter kulit di Jakarta Aesthetic Clinic apabila muncul masalah kulit di atas. Ya, kami juga melayani klien pria yang memiliki masalah dengan wajahnya. Prosedur Peeling and Skincare dari JAC bisa menghilangkan masalah kulit seperti jerawat dan in-grown hair. JAC juga akan memberikan rekomendasi produk skincare yang aman dan tidak menyebabkan ketergantungan.

Pria tidak perlu lagi merasa minder setelah melakukan langkah perawatan di atas. Lakukan cara merawat wajah pria agar putih dan bersih, juga sehat dan bebas dari masalah kulit yang mengganggu.

Sumber:

https://www.healthline.com/health/itchy-beard#causes

https://www.aad.org/public/everyday-care/skin-care-basics/care/skin-care-for-men

https://www.aad.org/public/everyday-care/skin-care-secrets/face/healthy-beard

dr. Olivia Ong

Sebagai expert dalam bidang Botulinum ToxinTM dan Soft Tissue FillerTM, dr. Olivia Ong yang lahir dan tumbuh di Jakarta ini memiliki berbagai sertifikasi internasional seperti Advance Filler Injection Workshop with Prominent Plastic Surgeons di Swedia, International Anatomy Masterclass di Paris dan Aesthetic and Anti-Aging Medicine World Congress di Monte-Carlo, Monaco.

Terkait

5 Cara Mengatasi Rambut Kusut Menggumpal untuk Wanita Berhijab

5 Cara Mengatasi Rambut Kusut Menggumpal untuk Wanita Berhijab

Mei 7, 2022
Cara Alami Memperbaiki Wajah Tidak Simetris Tanpa Operasi

Cara Alami Memperbaiki Wajah Tidak Simetris Tanpa Operasi

Mei 7, 2022
2 Cara Mengecilkan Rahang Muka yang Lebar Secara Alami

2 Cara Mengecilkan Rahang Muka yang Lebar Secara Alami

Mei 7, 2022

Comments are closed.