Cara Merawat Wajah Pria Bebas Jerawat dan Keriput

cara merawat wajah pria
 
Tidak ada yang salah dengan cara merawat wajah pria apalagi untuk mengatasi jerawat dan keriput. Tipe kulit pria paling rentan dengan kedua masalah itu. Untuk perawatannya sendiri pun cukup mudah.
 

Penyebab Kulit Wajah Berjerawat

Munculnya jerawat bisa dipicu oleh berbagai faktor. Perubahan hormon adalah penyebab yang paling sering terjadi. Hal itu mengakibatkan produksi minyak berlebihan sehingga pori-pori di kulit wajah menjadi tersumbat. Bakteri akan mudah tumbuh akibat penyumbatan pori-pori dan memicu jerawat.

Keringat berlebihan juga menjadi penyebab timbulnya jerawat. Dalam kondisi cuaca yang sangat panas atau saat berolahraga, produksi keringat kian berlebihan. Pengaruhnya pada kulit wajah adalah jerawat yang sering muncul.

Kesalahan teknik bercukur juga bisa menjadi pemicu jerawat meski cukup jarang terjadi. Biasanya karena tak sengaja menimbulkan luka dan sedikit iritasi pada kulit wajah. Bakteri dan kotoran akan mudah bersarang dan potensi jerawat bisa lebih parah.
 

Cara Merawat Wajah Pria Agar Bebas Jerawat

Sebagian besar pria mungkin tidak begitu peduli dengan kulit wajah yang berjerawat. Biasanya dengan beranggapan cukup membersihkannya dengan sabun muka. Tapi jerawat yang tumbuh bisa semakin parah kalau sering tidak dipedulikan. Nah, atasilah masalah jerawat ini dengan beberapa tips berikut:
 

1. Rutin Membersihkan Kulit Wajah

Ingat, rutin bukan berarti sering alias berlebihan. Membersihkan kulit wajah harus dengan sabun khusus sesuai tipe kulit wajah, yakni yang sering berkeringat. Waktu yang tepat untuk membersihkan kulit wajah dengan sabun ini adalah pada pagi hari dan di malam hari sebelum tidur.

Jangan sampai membersihkan kulit wajah ini lebih dari dua kali karena malah menimbulkan kulit kering dan mudah iritasi. Jika sering beraktivitas di luar ruangan, cukup membasuh dengan air bersih.
 

2. Hindari Stres dengan Tidur Berkualitas

Salah satu faktor pemicu jerawat yang parah adalah stres. Dampaknya adalah susah tidur atau kualitas waktu istirahat yang menurun drastis. Ubahlah gaya hidup menjadi lebih positif dan hindari stres berlebihan sebagai bagian dari cara merawat wajah pria.
 

Mengatasi Kulit Wajah Berkeriput

Kulit wajah yang keriputan adalah hal alami karena faktor usia. Tapi tak sedikit pria yang bermasalah dengan keriput padahal masih termasuk kategori usia muda. Sementara kita juga tahu bahwa banyak juga pria yang sudah berumur tapi masih memiliki kulit wajah kencang dan tanpa keriput. Jika Anda memiliki masalah dengan kulit wajah yang berkeriput, berikut beberapa tips yang dapat Anda lakukan:
 

1. Konsumsi Air Putih Yang Cukup

Keriput di wajah dapat dicegah dengan kebiasaan yang menyehatkan. Utamakan kebiasaan mengonsumsi air putih secukupnya. Kadar air dalam tubuh yang mencukupi akan membantu meningkatkan kekenyalan kulit secara alami. Hindari juga kebiasaan berlebih mengonsumsi minuman bersoda atau beralkohol karena bisa memicu penuaan dini.
 

2. Menggunakan Masker Wajah

Seorang pria tidak ada salahnya melakukan perawatan wajah dengan masker. Sekarang ini banyak kok produk masker kulit wajah pria yang bisa dipakai secara praktis. Tapi kalau mau hasil optimal disarankan membikin sendiri ramuan masker alami seperti dari timun atau lemon.
 

3. Memijat Wajah

Teknik pemijatan wajah bisa dilakukan juga oleh pria. Intinya adalah menjaga elastisitas kulit wajah. Cara yang lebih optimal dilakukan dengan berolahraga secara teratur. Namun jangan lupa untuk menjaga kebersihkan kulit wajah untuk menghindari risiko lain seperti jerawat.
 

4. Jaga Asupan Makana Bergizi

Kualitas makanan tentu saja berpengaruh pada risiko penuaan dini pada pria. Oleh sebab itu, jagalah asupan makanan bergizi yang punya kandungan vitamin dan mineral tinggi. Jadikan sebagai kebiasaan dan niscaya akan terhindarkan dari penuaan dini seperti kulit wajah yang berkeriput. Itulah cara merawat wajah pria.

 

Comments are closed.

WhatsApp Make Appointment Now