Jenis-Jenis Perawatan Rambut Alami

Perawatan Rambut Alami
 
Rambut adalah mahkota kepala yang patut untuk dijaga kesehatannya, Anda bisa melakukannya dengan melakukan perawatan rambut alami agar bisa Anda lakukan sendiri. Biasanya banyak orang yang menjaga kesehatan rambut mereka dengan menggunakan shampoo. Namun, tahukah Anda ada banyak bahan alami yang dapat membantu Anda dalam melakukan perawatan rambut?
 

Perawatan Rambut Alami

Beberapa jenis perawatan alami yang biasanya dilakukan oleh kebanyakan orang adalah untuk masker rambut dari bahan alami. Dengan menggunakan masker rambut tersebut akan mencegah terjadinya ketombe, kulit kepala kering, rambut rontok, hingga rambut lepek. Selain cara di atas, ada beberapa cara lain yang dapat anda lakukan untuk melakukan perawatan rambut secara alami. Berikut beberapa cara perawatan rambut secara alami yang dapat Anda lakukan sendiri:
 

1. Mengoleskan Minyak Kelapa Pada Rambut

Salah satu bahan alami yang biasanya digunakan orang sebagai perawatan rambut alamia dalah minyak kelapa. Minyak kelapa memang telah dipercaya serta mengalami berbagai kali percobaan secara alamiah yang mana memberikan manfaat karena anti bakteri dan hidrasinya. Manfaat beragam yang diberikan oleh minyak kelapa ini untuk mencegah berbagai masalah rambut, misalnya memperbaiki rambut rusak, mengurangi ketombe, melembabkan kulit kepala, serta mampu menebalkan rambut dengan cepat.

Minyak kelapa bisa digunakan ketika akan tidur. Caranya yakni dengan menuangkan minyak kelapa secukupnya, lalu dioleskan pada rambut hingga ke bagian kulit kepalanya. Kemudian, Anda bisa menutup rambut Anda dengan menggunakan shower cap. Setelah bangun, Anda bisa membilasnya dengan menggunakan shampoo.
 

2. Gunakan Minyak Zaitun

Bahan alami selanjutnya yang bisa digunakan untuk perawatan rambut alami adalah minyak zaitun. Minyak zaitun ini bisa menjadikan rambut Anda menjadi lebih halus, kuat, tebal dan berkilau karena kandungan kimia alami dari minyak zaitun ini misalnya asam palmitat, asam oleat, hingga senyawa squalene. Anda bisa menggunakan minyak zaitun untuk perawatan rambut alamiini ketika akan tidur, caranya yakni tuangkan secukupnya minyak zaitun ke seluruh bagian rambut Anda, lalu tutup rambut Anda dengan menggunakan shower cap untuk menjaga agar tidak terjadi transfer minyak zaitun dari rambut ke bantal Anda. Setelah bangun pagi, bilas rambut Anda dengan menggunakan shampoo.
 

3. Gunakan Perasan Jeruk Lemon

Lemon merupakan salah satu buah dari keluarga citrus yang sangat bermanfaat. Selain digunakan untuk kesehatan kulit wajah, ternyata lemon ini juga bermanfaat untuk kesehatan dan perawatan rambut alami. Lemon ini akan bermanfaat untuk meningkatkan kualitas rambut dengan membantu pertumbuhan, menyeimbangkan kadar pH kulit kepala, hingga memantau pertumbuhan rambut dan mencegah terjadinya kulit kering dan ketombe. Anda bisa menggunakan lemon ini dengan cara memeras terlebih dahulu dan langsung dioleskan pada kulit kepala, diamkan selama 15 menit kemudian bilas. Atau Anda juga bisa mencampurkan perasan jeruk lemon dengan air, lalu langsung dibilaskan ke rambut Anda. Untuk melindungi rambut Anda dari sinar matahari, Anda bisa merawat rambut Anda dengan menggunakan masker lemon.
 

4. Masker Alpukat

Bahan alami selanjutnya yang bisa digunakan untuk perawatan rambut alami adalah buah alpukat. Masker buah alpukat ini cocok Anda gunakan untuk rambut kering dan rusak. Cukup haluskan buah alpukat, bisa dicampur dengan menggunakan madu atau perasan jeruk lemon, lalu oleskan ke seluruh bagian rambut. Selanjutnya diamkan kurang lebih 20 menit lalu bilaslah dengan menggunakan air bersih. Dengan menggunakan beberapa bahan alami yang telah disebutkan diatas, diharapkan perawatan rambut alamitersebut akan memberikan Anda rambut yang sehat. Selanjutnya sebagai pencegahan, usahakan rambut Anda terhindar dari debu dan paparan secara langsung sinar matahari untuk tetap menjaga agar rambut Anda senantiasa sehat dan kuat. Demikian beberapa informasi terkait dengan perawatan rambut alami, semoga bermanfaat.

 

Comments are closed.

WhatsApp Make Appointment Now