Perawatan Rambut Alami

Rambut adalah mahkota kepala yang patut untuk dijaga kesehatannya, Anda bisa melakukannya dengan melakukan perawatan rambut alami agar bisa Anda lakukan sendiri.

Biasanya banyak orang yang menjaga kesehatan rambut mereka dengan menggunakan shampoo. Namun, tahukah Anda ada banyak bahan alami yang dapat membantu Anda dalam melakukan perawatan rambut?

Perawatan Rambut Alami yang Mudah Dilakukan di Rumah

Beberapa jenis perawatan alami yang biasanya dilakukan oleh kebanyakan orang adalah untuk masker rambut dari bahan alami. Dengan menggunakan masker rambut tersebut akan mencegah terjadinya ketombe, kulit kepala kering, rambut rontok, hingga rambut lepek.

Selain cara di atas, ada beberapa cara lain yang dapat anda lakukan untuk melakukan perawatan rambut secara alami. Berikut beberapa cara perawatan rambut secara alami yang dapat Anda lakukan sendiri:

1. Mengoleskan Minyak Kelapa Pada Rambut

Salah satu bahan alami yang biasanya digunakan orang sebagai perawatan rambut alami adalah minyak kelapa. Minyak kelapa memang telah dipercaya serta mengalami berbagai kali percobaan secara alamiah yang mana memberikan manfaat karena anti bakteri dan hidrasinya.

Manfaat beragam yang diberikan oleh minyak kelapa ini untuk mencegah berbagai masalah rambut, misalnya memperbaiki rambut rusak, mengurangi ketombe, melembabkan kulit kepala, serta mampu menebalkan rambut dengan cepat.

Minyak kelapa bisa digunakan ketika akan tidur. Caranya yakni dengan menuangkan minyak kelapa secukupnya, lalu dioleskan pada rambut hingga ke bagian kulit kepalanya. Kemudian, Anda bisa menutup rambut Anda dengan menggunakan shower cap. Setelah bangun, Anda bisa membilasnya dengan menggunakan shampoo.

Baca juga: Inilah Cara Menyuburkan Rambut yang Efektif

2. Gunakan Minyak Zaitun

Bahan alami selanjutnya yang bisa digunakan untuk perawatan rambut alami adalah minyak zaitun. Minyak zaitun ini bisa menjadikan rambut Anda menjadi lebih halus, kuat, tebal dan berkilau karena kandungan kimia alami dari minyak zaitun ini misalnya asam palmitat, asam oleat, hingga senyawa squalene.

Anda bisa menggunakan minyak zaitun untuk perawatan rambut alamiini ketika akan tidur, caranya yakni tuangkan secukupnya minyak zaitun ke seluruh bagian rambut Anda, lalu tutup rambut Anda dengan menggunakan shower cap untuk menjaga agar tidak terjadi transfer minyak zaitun dari rambut ke bantal Anda. Setelah bangun pagi, bilas rambut Anda dengan menggunakan shampoo.

3. Gunakan Perasan Jeruk Lemon

Lemon merupakan salah satu buah dari keluarga citrus yang sangat bermanfaat. Selain digunakan untuk kesehatan kulit wajah, ternyata lemon ini juga bermanfaat untuk kesehatan dan perawatan rambut alami. Lemon ini akan bermanfaat untuk meningkatkan kualitas rambut dengan membantu pertumbuhan, menyeimbangkan kadar pH kulit kepala, hingga memantau pertumbuhan rambut dan mencegah terjadinya kulit kering dan ketombe.

Anda bisa menggunakan lemon ini dengan cara memeras terlebih dahulu dan langsung dioleskan pada kulit kepala, diamkan selama 15 menit kemudian bilas. Atau Anda juga bisa mencampurkan perasan jeruk lemon dengan air, lalu langsung dibilaskan ke rambut Anda. Untuk melindungi rambut Anda dari sinar matahari, Anda bisa merawat rambut Anda dengan menggunakan masker lemon.

Baca juga: 10 Cara Membuat Rambut Cepat Panjang Secara Alami dan Mudah

4. Gunakan Minyak Argan sebagai Masker

Tahukah Anda minyak argan kaya akan zat yang dapat menembus batang rambut dan mengurangi kekeringan. Zat yang terkandung di dalamnya antara lain vitamin E, asam oleat, dan asam linoleat.

Minyak argan sangat cocok digunakan sebagai salah satu bahan alami untuk perawatan rambut karena akan membuat rambut Anda makin berkilau. Bahkan vitamin E yang terkandung di dalamnya sangat bermanfaat untuk rambut yang diwarnai.

Oleh karena itu, sangat disarankan untuk mengoleskan minyak argan ke rambut setelah mewarnai rambut untuk mengurangi kerusakan, kekeringan, dan kerontokan rambut.

Anda dapat mengoleskan beberapa tetes minyak argan pada ujung rambut Anda yang masih basah. Hangatkan 1 atau 2 sendok makan teh minyak argan, oleskan pada rambut dan berikan pijatan pada kulit kepala Anda. Biarkan selama kurang 30 menit dan bilas dengan air dingin.

Selain itu, Anda juga dapat menjadikannya sebagai masker rambut dengan cara mengoleskan 8-10 tetes minyak argan murni pada rambut. Kemudian lakukanlah pemijatan pada kulit kepala selama 10 menit. Lalu, bungkus rambut menggunakan handuk dan diamkan semalaman. Setelah bangun di pagi hari, bilaslah menggunakan air bersih.

5. Madu untuk Menghidrasi Rambut

Perawatan rambut alami selanjutnya adalah dengan menggunakan madu. Ya, madu merupakan bahan alami yang kaya akan antioksidan. Hal ini berarti dapat mencegah kerusakan rambut akibat radikal bebas.

Bahkan bahan alami yang satu ini tidak hanya mencegah kerusakan rambut Anda, tetapi juga dapat membantu mengembalikan rambut yang rusak akibat terlalu lama di bawah sinar matahari dan terpapar polusi.

Selain itu, madu sangat bagus untuk menghidrasi karena memiliki sifat humektan. Humektan adalah zat yang dapat menarik air jika dioleskan pada kulit. Inilah sebabnya madu dapat membantu mempertahankan kelembapan rambut dan merawat rambut rontok serta mengatasi ketombe.

Madu bisa Anda gunakan setelah keramas. Caranya yaitu dengan menyediakan madu 2 sendok makan. Campurkan dengan air setengah gelas. Lalu, campuran ini dapat Anda gunakan sebagai masker. Pijat kulit kepala Anda selama 5 menit. Kemudian biarkan hingga mengering dan basuhlah menggunakan air bersih.

Baca juga: Cara Mengatasi Rambut Kering dan Mengembang yang Susah Diatur

6. Minyak Jojoba

Minyak ini memiliki fungsi utama untuk melembabkan. Inilah sebabnya minyak jojoba sangat cocok digunakan untuk merawat rambut dan kulit kepala.

Minyak alami ini berkhasiat memperbaiki rambut kusam dan kering sehingga jadi lebih berkilau. Minyak alami ini dapat Anda campurkan dengan kondisioner yang sering dipakai. Olesekan beberapa tetesan saja setelah itu keringkan.

7. Lidah Buaya untuk Memperbaiki Kerusakan

Sudah tidak diragukan lagi bahwa lidah buaya sangat bermanfaat untuk merawat rambut dan kulit kepala. Pasalnya, lidah buaya dapat menjaga rambut tetap terhidrasi, merangsang pertumbuhan rambut, bahkan membuat rambut terasa lebih halus.

Bahan alami ini sering digunakan untuk mengurangi ketombe karena telah terbukti memiliki sifat antibakteri dan anti jamur. Oleh karena itu, dapat mengurangi jumlah jamur pada kulit kepala, sehingga mengurangi ketombe.

Tidak hanya itu, lidah buaya juga dapat mengurangi minyak berlebih di sekitar folikel rambut dan membersihkan kulit kepala. Berkat kandungan kolagen di dalam, lidah buaya juga dapat membantu memperbaiki kerusakan rambut.

Cara menggunakan lidah buaya pun cukup mudah. Usapkan lendir lidah buaya pada kulit kepala dan rambut yang setengah kering. Diamkan selama 15 sampai 20 menit. Lalu bilas dengan air dingin. Lakukanlah hal ini secara rutin sebanyak 2 atau 3 kali selama 1 minggu.

Baca juga: Cara Mengatasi Rambut Rontok Hampir Botak Dengan Cara Alami & Cepat

8. Masker Alpukat untuk Rambut Kering

Bahan alami selanjutnya yang bisa digunakan untuk perawatan rambut alami adalah buah alpukat. Masker buah alpukat ini cocok Anda gunakan untuk rambut kering dan rusak.

Cukup haluskan buah alpukat, bisa dicampur dengan menggunakan madu atau perasan jeruk lemon, lalu oleskan ke seluruh bagian rambut. Selanjutnya diamkan kurang lebih 20 menit lalu bilaslah dengan menggunakan air bersih.

9. Gunakan Minyak Kemiri Setelah Keramas

Bahan alami yang terakhir yang dapat digunakan untuk merawat rambut secara alami yaitu minyak kemiri atau candlenut oil.

Bahan alami ini ternyata sudah lama digunakan oleh orang-orang Hawaii dalam menjaga kesehatan dan penampilan rambut mereka. Nutrisi dalam kemiri termasuk asam lemak, beberapa mineral, vitamin dan antioksidan alami.

Penggunaan minyak kemiri bisa digunakan setelah keramas dan saat rambut setengah kering. Tuangkan beberapa tetes minyak kemiri pada kulit kepala lalu ratakan dengan tangan. Setelah itu, oleskan ke telapak tangan Anda dan usap rambut Anda dari atas ke bawah. Minyak ini juga bagus digunakan pada anak, sehingga rambut mereka bisa bersinar dan tumbuh dengan lebat. Minyak ini juga bagus untuk kulit, bisa mengurangi stretch mark dan meredakan sengatan matahari. Kulit Anda akan halus, lebih menarik, dan sehat.

Baca juga: Apa Saja Manfaat Minyak Kemiri Untuk Rambut?

Kesimpulan

Dengan menggunakan beberapa bahan alami yang telah disebutkan di atas, diharapkan perawatan rambut alami tersebut akan memberikan Anda rambut yang sehat, kuat, dan berkilau.

Selanjutnya sebagai pencegahan, usahakan rambut Anda terhindar dari debu dan paparan secara langsung sinar matahari untuk tetap menjaga agar rambut Anda senantiasa sehat dan kuat. Demikian beberapa informasi terkait dengan perawatan rambut alami, semoga bermanfaat.

Sumber:

  • https://www.insider.com/natural-ingredients-for-hair
  • https://www.alodokter.com/ketahui-manfaat-minyak-argan-untuk-rambut

dr. Olivia Ong

Sebagai expert dalam bidang Botulinum ToxinTM dan Soft Tissue FillerTM, dr. Olivia Ong yang lahir dan tumbuh di Jakarta ini memiliki berbagai sertifikasi internasional seperti Advance Filler Injection Workshop with Prominent Plastic Surgeons di Swedia, International Anatomy Masterclass di Paris dan Aesthetic and Anti-Aging Medicine World Congress di Monte-Carlo, Monaco.

Terkait

5 Cara Mengatasi Rambut Kusut Menggumpal untuk Wanita Berhijab

5 Cara Mengatasi Rambut Kusut Menggumpal untuk Wanita Berhijab

Mei 7, 2022
Cara Alami Memperbaiki Wajah Tidak Simetris Tanpa Operasi

Cara Alami Memperbaiki Wajah Tidak Simetris Tanpa Operasi

Mei 7, 2022
2 Cara Mengecilkan Rahang Muka yang Lebar Secara Alami

2 Cara Mengecilkan Rahang Muka yang Lebar Secara Alami

Mei 7, 2022

Comments are closed.