Ketahui Ciri-Ciri Penuaan Dini, Jangan Sampai Terlambat

Seiring bertambahnya usia, kondisi kulit wajah memang akan mengalami tanda penuaan karena sel yang bekerja tidak seoptimal saat remaja. Namun, bagaimana jika yang muncul justru ciri-ciri penuaan dini? Proses penuaan pada kulit memang harus diterima dan dirawat sebaik mungkin saat Anda mengalaminya di waktu yang tepat. 

Tetapi, apabila tanda penuaan hadir sebelum usia yang seharusnya, maka Anda perlu mewaspadainya. Melalui artikel kali ini, JAC akan berbagi informasi seputar pengertian, faktor, cara mencegah, dan ciri-ciri penuaan diri agar lebih banyak orang yang menyadari pentingnya merawat kulit wajah di usia muda dan menyeimbangkan gaya hidup. 

Karena, pada dasarnya ada banyak ciri-ciri penuaan dini yang tidak dapat disamarkan dengan jenis make up apa pun. Agar lebih mengenal tentang penuaan dini, simak artikelnya di bawah ini. 

Apa Itu Penuaan Dini?

Apa Itu Penuaan Dini

Penuaan dini adalah proses pergantian sel yang melambat namun tidak pada usia yang seharusnya hingga menimbulkan beberapa tanda-tanda. Umumnya, penuaan dini mulai terjadi pada usia 35 tahun ke atas. Seharusnya, pada usia remaja, pergantian sel dan produksi protein seperti kolagen dan elastin sedang memiliki kinerja yang baik dan optimal.

Baca juga: 9 Cara Mengencangkan Kulit Wajah Usia 40, Jadi Awet Muda!

Saat menemukan bahwa kulit wajah atau bagian tubuh lain mulai mengalami perubahan seperti kering hingga kerutan atau kendur maka patut dicurigai bahwa terjadi penuaan dini. Tak hanya tanda fisik saja, terjadi perubahan pada cara berjalan dan kemampuan melakukan sesuatu juga biasanya menjadi lambat serta lebih cepat lelah. 

Sayangnya masih banyak orang yang tidak menyadari munculnya tanda penuaan dini. Kerap kali seseorang dengan penuaan dini tersadar ketika muncul hal-hal yang membuat tidak nyaman, padahal bisa saja hal tersebut sudah merupakan tanda penuaan dini yang lebih parah. 

Mengenal penuaan dini pada tubuh lebih awal sejatinya dapat membantu Anda merawat tubuh dan kulit wajah lebih dini. Jadi, setidaknya kemunculan ciri-ciri penuaan dini dapat diatasi lebih cepat dan dicegah sesegera mungkin. Sebab itu, penting untuk selalu mengerti kondisi tubuh agar tidak terlambat melakukan treatment.

Baca juga: 8 Jenis Treatment Wajah di Klinik Kecantikan yang Populer

Ciri-Ciri Penuaan Dini

Inilah Ciri-Ciri Penuaan Dini

Ciri-ciri penuaan dini tentu berbeda di setiap orang. Anda mungkin tidak mengalami gejala yang sama dengan orang lain, karena reaksi tubuh yang diberikan oleh tubuh dan kulit wajah pada setiap orang berbeda-beda. Adapun beberapa ciri-ciri penuaan dini yang mungkin tampak antara lain:

1.  Bintik Hitam

Pada sebagian orang, kulit wajah yang terpapar sinar matahari selama bertahun-tahun tanpa proteksi apa pun akan menyebabkan munculnya bintik hitam pada wajah, punggung tangan, hingga lengan bawah. Bintik hitam sendiri muncul karena adanya hiperpigmentasi di mana kulit memproduksi melanin dengan jumlah di atas nilai normal. 

Bintik hitam di wajah ini kerap disebut sebagai flek hitam. Bentuknya sendiri seperti bercak pada area wajah tertentu berwarna cokelat atau kehitaman. Bintik hitam biasanya muncul dalam jumlah yang banyak di area pipi. 

Perlu diketahui bahwa tidak semua kasus bintik hitam artinya terjadi penuaan dini. Beberapa orang pada dasarnya memang memiliki riwayat bintik hitam pada wajah. Selain itu, produksi hormon yang meningkat drastis juga bisa menyebabkan bintik hitam terlebih pada wanita yang sedang menstruasi atau dalam kondisi hamil.

2. Lapisan Kulit Menipis

Proses penuaan akan membuat seseorang kehilangan ketebalan lapisan kulit serta memiliki lebih sedikit protein hingga membuat tangan tampak seperti transparan. Maksudnya, penuaan akan membuat kulit tampak lebih berurat, tipis, dan rentan muncul kerutan. Ciri penuaan dini ini biasanya tidak terlalu disadari sebab banyak orang yang mengabaikan hal tersebut.

3. Rambut Rontok Berlebihan

Mengalami rambut rontok dalam jumlah yang tidak wajar? Mungkin saja itu tanda penuaan dini. Terjadinya rambut rontok sendiri disebabkan oleh sel induk yang mendorong adanya rambut baru pada rambut mati dan tidak mampu bekerja dengan baik. Rambut rontok juga dapat dipengaruhi oleh hormon, faktor lingkungan, genetik, dan pelaksanaan diet yang ekstrem. Hal tersebut adalah faktor yang mempercepat rambut rontok terjadi. 

4. Kulit Kendur dan Kerutan

Kalau ciri-ciri penuaan diri yang satu ini, Anda mungkin akan menyadarinya dengan cepat. Saat bercermin, seseorang akan langsung melihat bagian wajah. Sebab itu, kerutan atau wajah yang kendur dapat dideteksi dengan cepat. Memasuki usia 30 tahunan, tubuh akan memperlambat produksi kolagen yang berfungsi sebagai protein pengikat untuk mengencangkan kulit wajah. 

Jika pasokan kolagen menipis, dapat dipastikan bahwa kulit akan menjadi kendur diikuti dengan munculnya kerutan dan membuat wajah tampak lebih tua. Biasanya kerutan banyak muncul pada dahi dan area bawah mata.

Baca juga: 4 Cara Menghilangkan Kerutan di Wajah dengan Mudah dan Murah

5. Kulit Menjadi Lebih Kering 

Tak jarang, penuaan dini menyebabkan kulit baik di wajah maupun di area tubuh lain menjadi lebih kering. Beberapa di antaranya bahkan hingga muncul rasa gatal dan kulit mengelupas. Hal ini dikarenakan kondisi kulit yang menipis jauh lebih rentan mengalami dehidrasi, sehingga kulit menjadi kering. 

Kebiasaan yang Memicu Penuaan Dini

Kebiasaan yang Memicu Penuaan Dini

Pada dasarnya penuaan dini tidak terjadi begitu saja. Terdapat beberapa kebiasaan yang membuat munculnya ciri-ciri penuaan diri pada wajah maupun tubuh, di mana sebagian besar pemicunya adalah faktor lingkungan dan gaya hidup. Agar dapat mencegah penuaan dini, Anda harus mengenal faktor penyebabnya di bawah ini:

1. Merokok dan Alkohol

Kebiasaan mengonsumsi alkohol dan merokok dapat menjadi salah satu penyebab utama munculnya ciri-ciri penuaan dini. Saat merokok, racun yang ada pada nikotin akan memengaruhi pertumbuhan sel dalam tubuh dan memecah kolagen serta serat elastis pada kulit.

Hasilnya, kulit akan kendur, keriput, dan terlihat lebih kurus. Sedangkan alkohol akan menyebabkan dehidrasi dan merusak kulit seiring berjalannya waktu.

Baca juga: Waspada Ciri Wajah Kekurangan Kolagen

2. Diet Tidak Sehat

Perlu diketahui, tidak semua kegiatan diet baik untuk tubuh. Membatasi nutrisi yang masuk ke dalam tubuh secara ekstrem justru akan membuat Anda berisiko mengalami penuaan dini. Bila ingin menurunkan berat badan, sebaiknya lakukan diet dengan mengonsumsi makanan seimbang. Sebab mengurangi karbohidrat dan gula yang tinggi dapat membuat proses penuaan lebih cepat. 

3. Kualitas Tidur yang Buruk

Masih memiliki kebiasaan begadang? Perlu Anda ketahui, istirahat yang tidak cukup terutama mengurangi waktu tidur dapat mendorong sel-sel dalam tubuh untuk menua lebih cepat. Ketika Anda tidak memanfaatkan waktu tidur dengan maksimal, proses regenerasi kulit juga akan melambat.

Ini juga termasuk pada kualitas tidur yang diciptakan. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa kualitas tidur yang buruk akan meningkatkan kemungkinan tan penuaan muncul lebih cepat dibanding yang seharusnya karena fungsi skin barrier menjadi berkurang. Hal ini tentu akan memengaruhi penampilan Anda. 

4. Tidak Menggunakan Sunscreen

Sampai saat ini, penyebab utama yang mendorong munculnya ciri-ciri penuaan dini adalah sinar UV dari paparan sinar matahari. Sinar UV mampu merusak sel-sel dan lapisan kulit seiring berjalannya waktu jika kulit tidak dilindungi dengan sunscreen atau sunblock. Paparan cahaya berenergi tinggi juga termasuk dalam salah satu sinar yang mempercepat proses penuaan.

Baca juga: Cara Reapply Sunscreen Agar Wajah Tetap Terlindungi Sepanjang Hari

5. Stres

Terlalu banyak pikiran atau sering disebut dengan overthinking dapat memengaruhi otak untuk memompa hormon kortisol yang mana merupakan hormon stres. Pengaruh kortisol ini cukup besar sebab mampu menghambat produksi hyaluronan synthase dan kolagen, bahkan bisa membuat tubuh menghentikan produksinya. 

6. Faktor Lingkungan

Secara tidak langsung, lingkungan sekitar dapat berpengaruh pada penuaan dini. Bintik hitam dapat diperparah oleh kondisi lingkungan yang kurang bersih dan atau tercemar. Seperti yang diketahui bersama, kulit adalah bagian tubuh yang bersentuhan langsung dengan udara di sekitar dan menjadi sasaran pertama racun dan polusi yang ada di lingkungan sehari-hari.

Baca juga: 8 Cara Mengatasi Penuaan Dini pada Kulit Wajah

Cara Mencegah Penuaan Dini yang Mudah Dilakukan

Cara Mencegah Penuaan Dini yang Mudah Dilakukan

Setelah mengetahui berbagai faktor dan ciri-ciri penuaan dini, Anda mungkin akan memiliki kekhawatiran akan penuaan dini. Tidak ada yang salah dengan perubahan kulit ketika sudah memasuki usia yang tepat, hanya saja ini akan menjadi masalah ketika muncul sebelum waktunya. Untuk itu, Anda perlu mengikuti langkah di bawah ini untuk mencegah penuaan dini terjadi:

1. Rutin Menggunakan Sunscreen

Sinar UV pada dasarnya musuh terbesar bagi kulit. Tak hanya penuaan dini, paparan sinar matahari secara terus menerus dapat memunculkan risiko kanker kulit. Maka dari itu, membiasakan diri untuk menggunakan sunscreen atau sunblock pada pagi dan siang hari adalah hal yang penting. 

Setidaknya, Anda membutuhkan sunscreen dengan nilai SPF minimal 30 dan harus melakukan penggunaan ulang setiap 4 jam sekali. Apalagi jika Anda memiliki banyak kegiatan di luar rumah. 

2. Menggunakan Skincare dengan Kandungan Tertentu

Pernah melihat skincare dengan klaim anti aging? Meski belum muncul tanda penuaan, bukan berarti Anda tidak boleh menggunakannya. Pada faktanya, menggunakan skincare dengan kandungan retinoid, vitamin C, hyaluronic acid, vitamin E, dan kolagen baik digunakan pada wajah sebelum ciri-ciri penuaan dini muncul. 

Hal ini akan membantu membuat kulit lebih sehat, menjaga produksi sel-sel baik, dan mencegah terjadinya kerusakan kulit. Jangan lupa untuk selalu membersihkan muka dari sisa make up dengan cleansing product dan sabun cuci muka.

Baca juga: 5 Manfaat Skin Care untuk Kesehatan Kulit Wajah Anda

3. Menjaga Tubuh Tetap Lembap dan Terhidrasi

Perlu diingat bahwa kulit kering disebabkan oleh tubuh yang tidak menerima cukup hidrasi. Salah satu cara mengatasinya adalah dengan menjaganya tetap lembap dan terhidrasi dengan mengonsumsi air putih yang cukup dan selalu menggunakan moisturizer atau body lotion

Dalam satu hari, tubuh setidaknya membutuhkan 2 liter air atau setara dengan 8 gelas. Sedangkan moisturizer digunakan 2 hingga 4 kali dalam satu hari tergantung kondisi kulit masing-masing. 

4. Konsultasi ke Dokter

Konsultasi ke Dokter

Jika cara pencegahan di atas masih belum mampu menahan munculnya ciri-ciri penuaan diri, maka langkah yang paling tepat adalah mengunjungi dokter untuk melakukan konsultasi. Dokter kulit, dokter estetika, dan dermatologis tersertifikasi akan membantu memberikan solusi permasalahan kulit akibat penuaan dini. 

Kondisi penuaan dini tertentu membutuhkan krim khusus yang diracik oleh dokter sesuai dengan permasalahan yang dihadapi dan tentunya dengan dosis yang tepat. Dalam penggunaannya, beberapa krim memang harus di bawah pengawasan dokter. 

Selain itu, langkah untuk menghilangkan ciri-ciri penuaan diri dapat dilakukan dengan berbagai treatment klinis. Salah satu prosedur mengencangkan kulit dan mengembalikan keremajaan kulit adalah Ultherapy dari JAC. 

Prosedur Ultherapy dikerjakan menggunakan teknologi canggih berupa micro focus ultrasound untuk mengencangkan kembali kulit yang kendur dan menipis akibat penuaan. Dalam praktiknya, Anda tidak akan menjalani prosedur bedah maupun suntik sama sekali. Sehingga hasil treatment akan tampak lebih alami dan tentunya sempurna.

Berminat untuk mencobanya? Anda tidak perlu ragu untuk melakukan treatment wajah di JAC karena telah terbukti kualitasnya dengan menerima lima penghargaan Internasional sekaligus dari 7th Golden Record Award by Merz Aesthetics.

Hubungi JAC sekarang juga dan ciptakan kulit kencang, halus, dan tampak lebih muda melalui perawatan oleh dokter ahli tersertifikasi dari JAC. 

Sumber:

  • https://www.healthline.com/health/beauty-skin-care/premature-aging#contributing-factors
  • https://my.clevelandclinic.org/health/symptoms/23105-premature-aging#:~:text=Premature%20aging%20is%20when%20the,around%20your%20chest%20and%20sagging.
  • https://www.anlene.com/ph/en/premature-aging.html
  • https://pubmed.ncbi.nlm.nih.gov/25266053/
  • https://www.loreal-paris.co.id/beauty-magazine/penyebab-bintik-hitam-di-wajah-dan-cara-memudarkannya#:~:text=Penyebab%20bintik%20hitam%20di%20wajah%20adalah%20hiperpigmentasi%2C%20yaitu%20kulit%20memproduksi,yang%20tidak%20terlindungi%20oleh%20sunscreen
dr. Olivia Ong Cover

dr. Olivia Ong

Sebagai expert dalam bidang Botulinum ToxinTM dan Soft Tissue FillerTM, dr. Olivia Ong yang lahir dan tumbuh di Jakarta ini memiliki berbagai sertifikasi internasional seperti Advance Filler Injection Workshop with Prominent Plastic Surgeons di Swedia, International Anatomy Masterclass di Paris dan Aesthetic and Anti-Aging Medicine World Congress di Monte-Carlo, Monaco.

Terkait

Inilah Perbedaan Sunscreen dan Sunblock, Jangan Sampai Tertukar

Inilah Perbedaan Sunscreen dan Sunblock, Jangan Sampai Tertukar

Februari 2, 2023
Perbedaan Moisturizer dan Sunscreen, Sudah Tahu Belum?

Perbedaan Moisturizer dan Sunscreen, Sudah Tahu Belum?

Februari 2, 2023
Inilah Ciri Ciri Skin Barrier Rusak yang Harus Anda Ketahui

Inilah Ciri Ciri Skin Barrier Rusak yang Harus Anda Ketahui

Februari 2, 2023

Comments are closed.