Cara Diet Nasi Merah Tepat Sesuai Anjuran Dokter dan Pakar Gizi

Cara Diet Nasi Merah Tepat Sesuai Anjuran Dokter dan Pakar Gizi

 

Nasi merah adalah salah satu makanan yang digadang-gadang dapat membantu diet Anda. Namun, bukan berarti Anda boleh mengonsumsinya tanpa batas. Ada beberapa cara diet nasi merah yang tepat dan efektif untuk Anda. Tidak hanya soal porsinya, tetapi juga makanan pendukung dari nasi merah ini yang lain. Apa saja hal tersebut?

 

Pahami Kandungan Gizinya

Beras merah memiliki sifat anti-inflamasi yang jitu. Salah satu alasan terbaik mengapa Anda harus mengonsumsi nasi merah adalah karena ia memiliki sifat anti-inflamasi dan kaya akan antioksidan. Sifat antiinflamasi dan antioksidan juga membantu dalam menangani berbagai penyakit kesehatan, termasuk asma dan radang sendi. Sebuah penelitian yang dilakukan menunjukkan bahwa partisipan yang mengonsumsi beras merah mendapat dampak menguntungkan pada faktor risiko tertentu seperti kardiovaskular dan penurunan berat badan, serta berkurangnya lingkar pinggang dan lingkar pinggul.

Memudahkan Anda untuk Kenyang, Jadi Jangan Konsumsi Terlalu Banyak

Alasan lain mengapa Anda lebih baik mengonsumsi nasi merah daripada nasi putih adalah karena beras merah sangat baik untuk membakar lemak tubuh yang berlebih. Sebuah studi yang dilakukan oleh The American Journal of Clinical Nutrition mengungkapkan bahwa orang yang mengkonsumsi makanan rendah kalori kehilangan lebih banyak lemak perut dibandingkan dengan mereka yang mengkonsumsi biji-bijian olahan seperti sereal, meskipun sereal dikenal sebagai makanan yang baik untuk diet.

Nasi merah sarat dengan zat besi, kalium, vitamin dan nutrisi penting lainnya dan Anda mungkin merasa kenyang setelah makan semangkuk nasi merah dan memakannya sama sekali tidak menggemukkan. Namun tentu saja, memakan nasi merah juga Anda batasi. Sebaiknya, Anda tidak mengonsumsi lebih dari satu mangkuk per sekali makan. Jangan juga menggabungkannya dengan makanan-makanan yang kaya lemak seperti ayam goreng atau telur goreng dalam jumlah besar.

Rasa Kenyang Lebih Cepat Datang, Sebaiknya Anda Segera Berhenti Makan

Saat Anda mencoba menurunkan berat badan, kontrol rasa lapar adalah kunci keberhasilan. Anda tidak bisa menurunkan berat badan jika merasa lapar setiap beberapa jam dan terus makan dalam porsi besar. Kehilangan berat badan adalah 80 persen diet dan 20 persen olahraga. Jadi, Anda bisa berolahraga seperti orang gila, tetapi jika Anda tidak makan dengan benar, Anda tidak akan kehilangan apapun. Nasi merah adalah cara terbaik untuk tetap kenyang dan sehat.

Serat yang dikandungnya membutuhkan waktu lebih lama untuk dicerna, sehingga Anda akan merasa puas sampai saat makan berikutnya. Tambahkan satu atau dua cangkir beras merah yang sudah dimasak ke piring Anda. Anda akan menghemat ratusan kalori namun tetap merasa kenyang. Ketika sudah merasa kenyang, sebaiknya Anda tak meneruskan makan. Hal ini bisa membuat tubuh Anda terasa berat dan cepat mengantuk. Sehingga, Anda pun tidak akan konsentrasi beraktivitas.

Kesimpulan

Nasi merah adalah biji-bijian yang sangat serbaguna. Anda dapat menambahkannya ke makanan apa pun sebagai alternatif yang enak dan sehat untuk banyak makanan. Studi menunjukkan bahwa nasi merah itu mengandung beberapa vitamin, mineral, dan antioksidan. Nutrisi ini membantu melawan dan mencegah penyakit jantung, diabetes, kanker, penyakit, dan banyak lagi! Ini juga dapat membantu fungsi tiroid Anda secara normal, yang sangat penting saat menurunkan berat badan.

Anda juga akan merasa kenyang untuk periode waktu yang lebih lama. Serat yang disediakannya membutuhkan waktu lebih lama untuk dicerna. Jadi, Anda tidak akan merasakan kebutuhan untuk meraih kantong keripik itu sesering mungkin. Beras merah juga terjangkau.

Memilih beras merah adalah pilihan tepat. Dengan begitu banyak mode diet di luar sana, mengapa tidak mengambil rute yang paling sederhana? Makan makanan utuh dan biji-bijian mentah adalah salah satu cara paling sehat dan mudah untuk menurunkan berat badan. Jadi, tunggu apa lagi?

 

Sumber:

  • Redaksi Halodoc. 14 Desember 2017. Rahasia Turunkan Berat Badan dengan Beras Merah. https://www.halodoc.com/rahasia-turunkan-berat-badan-dengan-beras-merah
  • Widya Citra Andini. 2 Oktober 2019. Bolehkah Makan Nasi Merah Setiap Hari?. https://hellosehat.com/hidup-sehat/nutrisi/makan-nasi-merah-setiap-hari/
  • Desikusumawati. 9 Mei 2017. 8 Cara Diet dengan Beras Merah Paling Cepat dan Sehat (#Terbukti). https://dietsehat.co.id/cara-diet-dengan-beras-merah

Comments are closed.

WhatsApp Make Appointment Now