Cara Diet Nasi Merah Tepat Sesuai Anjuran Dokter dan Pakar Gizi

Cara Diet Nasi Merah Tepat Sesuai Anjuran Dokter dan Pakar Gizi

 

Nasi merah adalah salah satu makanan yang digadang-gadang dapat membantu menurunkan berat badan Anda dengan efektif. Namun, bukan berarti Anda boleh mengonsumsinya tanpa batas dalam program diet Anda. Ada beberapa cara diet nasi merah yang tepat dan efektif untuk Anda. Tidak hanya soal porsinya, tetapi juga makanan pendukung dari nasi merah ini yang lain. Apa saja hal tersebut?

 

Benarkah Nasi Merah Lebih Sehat Dibandingkan Nasi Putih?

Sebelum membicarakan cara diet nasi merah yang tepat, ada baiknya kita cek dulu klaim ini. Jadi, Apakah benar bahwa nasi merah lebih sehat dan lebih baik untuk diet dibandingkan dengan nasi putih? Mari melihat faktanya.

 

1. Kandungan Serat

Beras merah memiliki kandungan serat yang jauh lebih tinggi dibandingkan beras putih. Hal ini dikarenakan berah merah masih memiliki lapisan kulit luarnya. Justru bagian inilah yang paling kaya akan serat sehat.

Makanan yang tinggi serat dapat membantu Anda merasa kenyang lebih lama. Dengan begitu, potensi Anda makan berlebihan pun berkurang. Tidak hanya demikian, makanan tinggi serat seperti beras merah dapat membantu melancarkan dan menyehatkan sistem pencernaan Anda. Terakhir, makanan berserat tinggi juga dapat mengurangi resiko penyakit kardiovaskuler dan menurunkan kolesterol dalam darah.

 

Baca juga: Ini 3 Makanan Diet Pengganti Nasi yang Bisa Anda Konsumsi

 

2. Kandungan Vitamin dan Mineral

Selanjutnya, beras merah mengandung vitamin dan mineral yang jauh lebih banyak ketimbang nasi putih biasa.

Sebagai perbandingan, 100 gram beras merah mengandung vitamin B6 sebanyak 0,3 miligram, fosfor 208 miligram, folat sebanyak 18,2 mikrogram, mangan 2,0 miligram, magnesium 78,8 miligram, zink 1,4 miligram, dan selenium 11,7 mikrogram.

Tetapi, 100 gram beras putih hanya mengandung vitamin B6 sebanyak 0,1 miligram, fosfor 68,8 miligram, folat sebanyak 108 mikrogram, mangan 0,7 miligram, magnesium 24,2 miligram, zink 0,8 miligram, dan selenium 14 mikrogram.

 

3. Kadar Antioksidan

Salah satu alasan terbaik mengapa Anda harus mengonsumsi nasi merah adalah karena ia memiliki sifat anti-inflamasi dan kaya akan antioksidan. Sumber antioksidan dan sifat anti-inflamasi tersebut terkandung dalam warna merah pada beras merah yang berasal dari senyawa flavonoid bernama antosianin. Nah, sudah pasti, zat ini jauh lebih sedikit, bahkan hampir tidak ada pada nasi putih.

Sifat antiinflamasi dan antioksidan juga membantu dalam menangani berbagai penyakit kesehatan, termasuk asma dan radang sendi. Sebuah penelitian yang dilakukan menunjukkan bahwa partisipan yang mengonsumsi beras merah mendapat dampak menguntungkan pada faktor risiko tertentu seperti kardiovaskular dan penurunan berat badan, serta berkurangnya lingkar pinggang dan lingkar pinggul.

 

4. Indeks Glikemik

Indeks glikemik adalah kemampuan suatu jenis makanan untuk meningkatkan kadar gula dalam darah dalam jangka waktu tertentu. Glukosa murni merupakan standar dasar indeks glikemik dengan angka 100.

Ternyata, menurut penelitian, indeks glikemik beras merah adalah 55 dan indeks glikemik beras putih adalah 86. Semakin rendah indeks glikemik sebuah makanan, semakin baik makanan tersebut dalam mengatur kadar gula darah dan mengatur kadar energi Anda. Oleh sebab itu, penderita diabetes dianjurkan mengonsumsi nasi merah karena lebih aman dan sehat bagi kestabilan gula darah mereka.

 

Diet Nasi Merah Yang Baik Untuk Menurunkan Berat Badan

Nah, agar diet nasi merah Anda sukses dan efektif, mari perhatikan tips-tips di bawah ini.

 

1. Memudahkan Anda untuk Kenyang, Jadi Jangan Konsumsi Terlalu Banyak

Alasan lain mengapa Anda lebih baik mengonsumsi nasi merah daripada nasi putih adalah karena beras merah sangat baik untuk membakar lemak tubuh yang berlebih. Sebuah studi yang dilakukan oleh The American Journal of Clinical Nutrition mengungkapkan bahwa orang yang mengkonsumsi makanan rendah kalori kehilangan lebih banyak lemak perut dibandingkan dengan mereka yang mengkonsumsi biji-bijian olahan seperti sereal, meskipun sereal dikenal sebagai makanan yang baik untuk diet.

Nasi merah sarat dengan zat besi, kalium, vitamin dan nutrisi penting lainnya dan Anda mungkin merasa kenyang setelah makan semangkuk nasi merah dan memakannya sama sekali tidak menggemukkan. Namun tentu saja, memakan nasi merah juga Anda batasi. Sebaiknya, Anda tidak mengonsumsi lebih dari satu mangkuk per sekali makan. Jangan juga menggabungkannya dengan makanan-makanan yang kaya lemak seperti ayam goreng atau telur goreng dalam jumlah besar.

 

Baca juga: 5 Menu Diet Rendah Kalori Terbaik untuk Anda

 

2. Konsumsi Dengan Lauk yang Sehat

Agar program diet Anda lebih efektif, jangan lupa untuk mengonsumsi nasi merah dengan lauk yang sehat. Baik untuk sarapan, makan siang, maupun makan malam, pilihlah lauk yang sehat dan jangan llupa untuk menakar porsinya agar tidak berlebihan. Untuk membantu Anda, berikut ini adalah saran menu diet nasi merah sederhana yang bisa Anda ikuti:

 

Sarapan

Anda bisa memilih antara dua menu diet:

  • Untuk Anda yang tidak bisa mengonsumsi nasi di pagi hari: 2 porsi buah-buahan rendah lemak dan tinggi serat (misalnya apel, jeruk, dan pisang) + 1 gelas susu sapi rendah lemak atau susu kedelai rendah gula
  • Untuk Anda yang ingin mengonsumsi nasi merah untuk sarapan: 50-75 gram nasi merah matang + 1 butir telur rebus atau 2 putih telur rebus tanpa merah + 1/2 gelas susu sapi rendah lemak atau susu kedelai rendah gula

 

Makan Siang dan Makan Malam

Konsumsilah 75-125 gram nasi merah matang dilengkapi dengan 1 porsi sayuran hijau (misalnya bayam, kangkung, atau brokoli) dengan 1 porsi lauk tinggi protein (misalnya tahu, tempe, dada ayam, atau ikan salmon). Untuk proses pemasakan, hindari menggoreng lauk dengan minyak yang banyak. Disarankan untuk merebus atau mengukus lauk.

 

Baca juga: Selain Diet, Ini Dia Cara Menghilangkan Perut Buncit yang Aman dan Ampuh

 

3. Rasa Kenyang Lebih Cepat Datang, Sebaiknya Anda Segera Berhenti Makan

Saat Anda mencoba menurunkan berat badan, kontrol rasa lapar dan pola makan adalah kunci keberhasilan. Anda tidak bisa menurunkan berat badan jika merasa lapar setiap beberapa jam dan terus makan dalam porsi besar. Kehilangan berat badan adalah 80 persen diet dan 20 persen olahraga. Jadi, Anda bisa berolahraga seperti orang gila, tetapi jika Anda tidak makan dengan benar, Anda tidak akan kehilangan apapun. Nasi merah adalah cara terbaik untuk tetap kenyang dan sehat.

Serat yang dikandungnya membutuhkan waktu lebih lama untuk dicerna, sehingga Anda akan merasa puas sampai saat makan berikutnya. Tambahkan satu atau dua cangkir beras merah yang sudah dimasak ke piring Anda. Anda akan menghemat ratusan kalori namun tetap merasa kenyang. Ketika sudah merasa kenyang, sebaiknya Anda tak meneruskan makan. Hal ini bisa membuat tubuh Anda terasa berat dan cepat mengantuk. Sehingga, Anda pun tidak akan konsentrasi beraktivitas.

 

Kesimpulan

Nasi merah adalah biji-bijian yang sangat serbaguna. Anda dapat menambahkannya ke makanan apa pun sebagai alternatif yang enak dan sehat untuk banyak makanan. Studi menunjukkan bahwa nasi merah itu mengandung beberapa vitamin, mineral, dan antioksidan. Nutrisi ini membantu melawan dan mencegah penyakit jantung, diabetes, kanker, penyakit, dan banyak lagi! Ini juga dapat membantu fungsi tiroid Anda secara normal, yang sangat penting saat menurunkan berat badan.

Anda juga akan merasa kenyang untuk periode waktu yang lebih lama. Serat yang disediakannya membutuhkan waktu lebih lama untuk dicerna. Jadi, Anda tidak akan merasakan kebutuhan untuk meraih kantong keripik itu sesering mungkin. Beras merah juga terjangkau.

Memilih beras merah adalah pilihan tepat. Dengan begitu banyak mode diet di luar sana, mengapa tidak mengambil rute yang paling sederhana? Makan makanan utuh dan biji-bijian mentah adalah salah satu cara paling sehat dan mudah untuk menurunkan berat badan. Jadi, tunggu apa lagi?

 

Sumber:

  • Redaksi Halodoc. 14 Desember 2017. Rahasia Turunkan Berat Badan dengan Beras Merah. https://www.halodoc.com/rahasia-turunkan-berat-badan-dengan-beras-merah
  • Widya Citra Andini. 2 Oktober 2019. Bolehkah Makan Nasi Merah Setiap Hari?. https://hellosehat.com/hidup-sehat/nutrisi/makan-nasi-merah-setiap-hari/
  • Desikusumawati. 9 Mei 2017. 8 Cara Diet dengan Beras Merah Paling Cepat dan Sehat (#Terbukti). https://dietsehat.co.id/cara-diet-dengan-beras-merah
dr. Olivia Ong Cover

dr. Olivia Ong

Sebagai expert dalam bidang Botulinum ToxinTM dan Soft Tissue FillerTM, dr. Olivia Ong yang lahir dan tumbuh di Jakarta ini memiliki berbagai sertifikasi internasional seperti Advance Filler Injection Workshop with Prominent Plastic Surgeons di Swedia, International Anatomy Masterclass di Paris dan Aesthetic and Anti-Aging Medicine World Congress di Monte-Carlo, Monaco.

Terkait

9 Cara Eksfoliasi Wajah dengan Bahan Alami

9 Cara Eksfoliasi Wajah dengan Bahan Alami

Mei 31, 2022
Macam-Macam Bentuk Hidung di Dunia, termasuk Bentuk Hidung Orang Indonesia

Macam-Macam Bentuk Hidung di Dunia, termasuk Bentuk Hidung Orang Indonesia

Mei 31, 2022
Ketahui Manfaat Baby Skin Treatment

Ketahui Manfaat Baby Skin Treatment

Mei 30, 2022

Comments are closed.