Diet Telur dan Sayur, Apakah Efektif Turunkan Berat Badan?

Diet Telur dan Sayur, Apakah Efektif Turunkan Berat Badan

 

Salah satu jenis makanan diet yang kerap disarankan untuk dikonsumsi adalah sayur dan telur. Kedua jenis makanan ini memiliki kandungan yang baik untuk tubuh namun dengan kalori yang rendah. Tetapi sebenarnya, apakah dua kombinasi ini benar-benar efektif menurunkan berat badan? Berikut adalah penjelasannya.

 

Fakta dan Tips Terkait Diet Telur dan Sayur

1. Memungkinkan Terjadinya Kekurangan Gizi, Namun Bisa Dihindari dengan Cara Berikut

Mengonsumsi sayuran dan telur yang itu-itu saja selama lebih dari seminggu mungkin bisa membuat tubuh Anda kurus seketika, namun bukan berarti tanpa ada efek samping. Anda pasti akan merasa bosan melakukan hal yang sama selama berbulan-bulan, bukan? Badan Anda pun begitu. Ketika Anda memasukkan makanan yang sama persis selama satu minggu dengan kandungan gizi yang itu-itu saja, tentunya badan Anda akan mulai kehilangan gizi lainnya yang kurang terpenuhi. Contohnya vitamin C dan kalsium. Padahal, kedua jenis nutrisi ini sangat penting untuk tubuh Anda.

Tidak hanya demikian, kekurangan gizi juga bisa berdampak sangat buruk pada tubuh Anda. Selain membuat Anda merasa lemas dan mudah lelah, kekurangan gizi juga dapat menyebabkan mood memburuk, sulit berkonsentrasi, depresi, lebih sering sakit, dan selalu merasa kedinginan. Bahkan, kekurangan gizi pun bisa merusak sistem metabolisme tubuh, akibatnya tubuh justru semakin sulit membakar lemak berlebih dan menurunkan berat badan pun menjadi lebih sulit.

Tapi jangan khawatir, Anda bisa menghindari kekurangan gizi dengan cara berikut ini:

  • Memodifikasi menu diet telur yang Anda konsumsi agar kaya akan nutrisi tapi tetap rendah kalori
  • Mengonsumsi makanan yang cukup agar tidak kurang energi atau lemas
  • Dengan mengonsumsi sumber protein tanpa lemak lainnya sebagai tambahan gizi, seperti dada ayam tanpa kulit dan ikan
  • Mengonsumsi buah-buahan segar sebagai kudapan ringan satu atau dua kali sehari
  • Mengonsumsi suplemen dan multivitamin
  • Berkonsultasi dengan dokter atau ahli gizi

 

2. Bisa Juga Tidak Berpengaruh untuk Diet Anda Jika Dimasak dengan Cara Seperti Ini

Salah satu aspek penting dalam diet adalah soal cara memasak makanan yang Anda konsumsi. Telur dan sayur memang baik, namun jika cara mengolahnya kurang tepat, maka diet tidak akan membantu anda menurunkan berat badan. Sayuran dan telur tetap akan menjadi makanan yang tinggi kalori ketika Anda memasaknya dengan cara tertentu seperti digoreng, apalagi dengan metode deep fried.

Kandungan kalori dan lemak yang ada di dalam sayur dan telur bisa naik tiga kali lipat dari aslinya. Tak heran bila Anda baru saja memakan gorengan dari sayur atau telur lalu Anda menimbang berat bedan, mendadak berat badan Anda naik.

Oleh karena itu, diet telur rebus adalah salah satu langkah jitu untuk menurunkan berat badan. Dengan merebus telur, maka tidak ada kalori tambahan yang diam-diam menyelinap dan justru menggagalkan diet Anda. Selain direbus, Anda juga bisa mencoba teknik memasak lainnya seperti steam dan poach. Atau, jika Anda sedang sangat ingin mengonsumsi gorengan, Anda bisa menggunakan air-fryer sebagai alternatif makanan goreng yang lebih sehat dan rendah kalori.

Sedangkan untuk sayur, ada banyak cara mengolah sehat yang bisa Anda coba. Pertama, tentunya Anda bisa mengonsumsi sayur mentah dalam bentuk salad. Selain itu, Anda juga bisa merebus, mengukus, dan menumis sayuran. Tentu saja, agar tetap sehat dan rendah kalori, Anda harus berhati-hati dengan jumlah saus atau minyak yang Anda gunakan untuk memasaknya.

 

3. Agar Makin Aman, Hindari Kuning Telur

Bila Anda ingin diet makin efektif, jangan makan kuning telur, karena bagian tersebut tidak hanya mengandung banyak kolesterol, tetapi juga lemak. Sehingga, bisa berbahaya untuk diet rendah lemak Anda. Bila putih telur terasa hambar, Anda bisa menambahkan berbagai topping rendah kalori seperti merica.

 

4. Hindari Dressing Tinggi Kalori

Makanannya sudah benar, cara masaknya sudah benar, tetapi berat badan tidak kunjung turun? Mungkin letak kesalahan Anda ada pada pemilihan dressing. Salah satu penyebab mengapa salad tidak sepenuhnya rendah kalori adalah karena dressing tersebut. Satu sendok dressing bisa memiliki kalori dan lemak yang hamper setara dengan sesendok nasi. Jadi sama saja bila Anda mengurangi nasi namun tetap menggunakan dressing kemasan.

Bila Anda tetap ingin menggunakan dressing, jangan beli kemasan, buatlah sendiri dressing tersebut. Dengan begitu, Anda akan bisa mengira-ngira seberapa banyak kalori dari dressing tersebut. Anda bisa menemukan banyak resep dressing lezat rendah kalori di internet.

 

Inilah penjelasan mengenai efektif tidaknya diet sayur dan telur. Intinya, Anda harus menjaga cara memasak, pemberian dressing, dan tetap memperhatikan aspek gizi di dalam makanan diet tersebut. Jangan sampai nantinya Anda menjadi sakit karena kurang gizi akibat tidak seimbangnya kandungan yang ada di dalam makanan Anda.

 

Sumber:

  • Redaksi Halodoc. 8 Januari 2019. Mana Lebih Baik, Diet Karbo atau Diet Telur?. https://www.halodoc.com/mana-lebih-baik-diet-karbo-atau-diet-telur
  • Vinsensia Dianawanti. 25 Februari 2019. Jalani Diet Telur untuk Tampil Lebih Sehat dalam Sebulan. https://www.fimela.com/lifestyle-relationship/read/3899601/jalani-diet-telur-untuk-tampil-lebih-sehat-dalam-sebulan
  • CNN Indonesia. 15 September 2019. Percobaan: Diet Nasi Sebulan untuk Turunkan Berat Badan. https://www.cnnindonesia.com/gaya-hidup/20190914205922-255-430563/percobaan-diet-nasi-sebulan-untuk-turunkan-berat-badan

dr. Olivia Ong

Sebagai expert dalam bidang Botulinum ToxinTM dan Soft Tissue FillerTM, dr. Olivia Ong yang lahir dan tumbuh di Jakarta ini memiliki berbagai sertifikasi internasional seperti Advance Filler Injection Workshop with Prominent Plastic Surgeons di Swedia, International Anatomy Masterclass di Paris dan Aesthetic and Anti-Aging Medicine World Congress di Monte-Carlo, Monaco.

Terkait

Tampil Memesona dengan 7 Warna Rambut yang Bagus untuk Wanita Asia

Tampil Memesona dengan 7 Warna Rambut yang Bagus untuk Wanita Asia

Agustus 28, 2021
5 Menu Diet Rendah Kalori Terbaik untuk Anda

5 Menu Diet Rendah Kalori Terbaik untuk Anda

Agustus 28, 2021
10 Penyebab Kantung Mata Hitam yang Perlu untuk Anda Ketahui!

10 Penyebab Kantung Mata Hitam yang Perlu untuk Anda Ketahui!

Agustus 28, 2021

Comments are closed.