Inilah Efek Samping Masker Kopi untuk Kulit, Apa Saja?

Kopi merupakan salah satu bahan alami yang sering digunakan sebagai masker wajah. Kandungan kafein pada kopi dipercaya dapat membantu mengurangi wajah dan lingkar mata yang membengkak. Meski demikian, Anda harus berhati-hati dengan efek samping masker kopi ini.

Kafein diketahui dapat menyempitkan pembuluh darah pada wajah, sehingga mengurangi aliran darah menuju kulit. Alhasil, wajah dan mata tidak lagi membengkak dan lingkar hitam di bawah mata berkurang sementara.

Tidak hanya kafein, kopi kaya akan senyawa yang bersifat antioksidan, seperti chlorogenic acid, caffeic acid, dan ferulic acid. Biji kopi yang dipanggang pun menghasilkan pigmen kecokelatan yang bersifat antioksidan. Pigmen ini bernama melanoidin.Kandungan antioksidan sangat penting untuk mengurangi efek penuaan pada kulit akibat polusi, radikal bebas, dan paparan sinar matahari. 

Meski berbagai kandungan pada kopi memberikan banyak manfaat, tetapi ada efek samping jika Anda menggunakan masker kopi dengan cara yang tidak tepat. Di bawah ini akan diuraikan kemungkinan efek samping yang bisa muncul.

Efek Samping Masker Kopi untuk Wajah

Inilah Efek Samping Masker Kopi untuk Wajah

Masker kopi dapat mengangkat sel kulit mati pada wajah Anda, sehingga tekstur kulit menjadi lebih halus dan bersih. Namun ada beberapa efek samping yang perlu Anda perhatikan jika cara penggunaannya kurang tepat. Misalnya terlalu sering menggunakannya, hingga memicu timbulnya jerawat. Berikut efek samping masker kopi untuk wajah yang mungkin muncul.

1. Reaksi Alergi

Efek Samping Masker Kopi Mengakibatkan Reaksi Alergi

Seluruh produk perawatan kulit sebenarnya berpotensi menimbulkan reaksi alergi, termasuk masker kopi alami. Alergi kulit muncul akibat reaksi sistem kekebalan tubuh. Jadi, kekebalan tubuh melepaskan senyawa histamin untuk melawan kandungan pada kopi. Sayangnya, senyawa histamin ini memicu alergi pada kulit wajah Anda.

Beberapa gejala alergi yang mungkin muncul seperti gatal, kemerahan, kulit kering, dan timbul bentol-bentol. Saat masker kopi diaplikasikan pada kulit wajah Anda, imun tubuh menganggap senyawa pada kopi sebagai sesuatu yang berbahaya. Pada akhirnya muncul gejala alergi kemerahan.

Baca juga: Tes Alergi Dulu Sebelum Lakukan Cryolipolysis, Kenapa?

2. Iritasi Kulit

Efek Samping Masker Kopi Mengakibatkan Iritasi Kulit

Kulit wajah diketahui lebih tipis daripada kulit pada bagian tubuh lainnya. Sehingga, saat Anda mengaplikasikan masker kopi dapat memicu iritasi kulit akibat tekstur butiran kopi yang kasar. Dalam hal ini, wajah mengalami gesekan dengan butiran kopi. Gesekan ini nyatanya bisa mengikis lapisan alami atau skin barrier pada kulit. Wajah yang mengalami iritasi kulit biasanya ditandai dengan sensasi perih, kemerahan, bahkan luka. 

3. Infeksi Kulit

Efek Samping Masker Kopi Mengakibatkan Infeksi Kulit

Efek samping yang ditimbulkan setelah wajah Anda mengalami iritasi kulit ternyata bisa berlanjut hingga infeksi. Ketika kulit wajah Anda bergesekan dengan masker kopi, bakteri dan mikroorganisme lainnya rentan bersarang di dalamnya dan mengakibatkan infeksi. Efek dari infeksi kulit yang Anda alami yaitu kemerahan, ruam, bengkak, nyeri, bernanah, dan gatal-gatal.

Baca juga: Apakah Minyak Zaitun Bisa Menghilangkan Jerawat

4. Bercak Kehitaman

Bercak Kehitaman

Bercak kehitaman yang muncul tidak lepas dari efek luka dan infeksi yang ditimbulkan setelah menggunakan masker kopi secara kurang tepat. Kulit yang mengalami luka dan infeksi ini akan mengalami peradangan. Setelah luka mulai sembuh, kulit pun akan tampak kehitaman.

Bekas luka yang menimbulkan bercak kehitaman ini disebut dengan hiperpigmentasi pasca-inflamasi atau post-inflammatory hyperpigmentation (PIH). 

Peradangan yang terjadi ternyata dapat memicu pembentukan melanin atau pewarna alami yang diproduksi lapisan kulit. Selanjutnya, melanin akan dilepaskan menuju bagian kulit yang terluka dan menimbulkan bekas berupa bercak kehitaman.

Baca juga: Mitos Cara Menghilangkan Jerawat Dengan Bawang Putih yang Perlu Dihindari

Cara Perawatan Wajah Tanpa Perlu Masker Kopi

Cara Perawatan Wajah Tanpa Perlu Masker Kopi

Merawat kulit wajah supaya tetap sehat dapat dilakukan dengan berbagai cara, misalnya dengan rutin membersihkan make up sebelum tidur, mencuci wajah dengan cleanser, hingga menggunakan pelembap sebagai rangkaian akhir dari perawatan wajah sebelum tidur. Melakukan rutinitas ini setiap harinya tentu dapat membantu wajah terlihat lebih sehat.

Agar tidak semakin penasaran, berikut penjelasan dari masing-masing tahapan tersebut. Anda bisa mengikutinya dengan benar dan jangan lupa juga untuk berkonsultasi dengan dokter agar mengetahui apa saja yang cocok dengan kulit wajah Anda.

1. Bersihkan Makeup 

Membersihkan makeup sebelum tidur merupakan aktivitas yang wajib Anda lakukan. Tujuannya supaya kulit wajah Anda bisa bernafas setelah terkena debu, kotoran, dan makeup sehari penuh. Bahkan saat tidak menggunakan makeup, wajah Anda tetap harus dibersihkan. Anda bisa menggunakan micellar water untuk membersihkan wajah dengan hasil yang maksimal, lantaran mampu menjangkau hingga lapisan kulit bagian dalam.

2. Cuci Wajah dengan Cleanser

Langkah selanjutnya yaitu mencuci wajah menggunakan cleanser dengan bersih. Ada baiknya jika Anda melakukan konsultasi dengan dokter untuk menemukan cleanser yang tepat dengan kondisi kulit guna mengurangi risiko lainnya. Wajah yang segar dan bersih dapat membantu proses penyerapan produk kecantikan lainnya yang hendak diaplikasikan sebelum tidur, seperti toner dan pelembap. Jika perlu, Anda bisa mencuci wajah dengan air hangat supaya pori-pori kulit di wajah Anda terbuka.

Baca juga: 5 Urutan Skincare Pagi Untuk Kulit Berjerawat

3. Bilas Wajah di Bawah Air Mengalir

Saat mencuci wajah, direkomendasikan membasuh wajah di bawah air mengalir hingga bersih. Tujuannya supaya kotoran yang sebelumnya menempel di wajah bisa langsung terbuang bersama aliran air tersebut. 

4. Gunakan Toner

Setelah mencuci wajah, gunakan toner untuk mengeksfoliasi sel kulit mati dan noda lainnya pada wajah Anda. Oleskan toner dari tengah hingga atas wajah menggunakan kapas. Pastikan penggunaan toner pada wajah merata.

5. Akhiri dengan Pelembap

Selalu ingat untuk melakukan langkah terakhir ini setiap Anda selesai mengaplikasikan rangkaian perawatan wajah. Meski kulit wajah Anda sudah terasa lembap, tambahkan pelembap lain yang sesuai dengan jenis kulit Anda. Alhasil, seluruh kandungan pada produk perawatan Anda akan terserap secara keseluruhan dengan aman.

Bagaimana, apakah Anda sudah cukup memahami cara mengurangi risiko efek samping masker kopi ini? Selain melakukan cara di atas, Anda dapat memilih produk skincare dengan kandungan kafein dan antioksidan untuk mengurangi risiko masker kopi pada wajah. Produk perawatan kulit biasanya sudah terstandarisasi, sehingga kebersihan dan konsentrasi kandungannya lebih stabil. 

Jika ingin melakukan perawatan wajah yang minim efek samping, Anda dapat melakukan treatment Peeling Komedo di Jakarta Aesthetic Clinic (JAC). Perawatan ini dapat mengeringkan jerawat, melunakkan dan mengencerkan komedo, dan dapat dibersihkan hanya dengan memijat lembut kulit wajah. 

Prosedur ini kemudian diakhiri dengan penggunaan housemade masker gel dari bahan alami. Treatment yang menghadirkan pengalaman seperti spa mewah ini dapat membuat wajah Anda menjadi lebih rileks. Kulit wajah Anda juga akan lebih segar, ringan, dan bercahaya. Tertarik melakukan perawatan di JAC? Hubungi kami sekarang juga untuk mulai berkonsultasi.

Sumber:

  • https://thedermreview.com/truth-coffee-face-masks/
  • https://skinkraft.com/blogs/articles/coffee-for-skin
  • https://bebodywise.com/blog/coffee-face-pack-benefits/
dr. Olivia Ong Cover

dr. Olivia Ong

Sebagai expert dalam bidang Botulinum ToxinTM dan Soft Tissue FillerTM, dr. Olivia Ong yang lahir dan tumbuh di Jakarta ini memiliki berbagai sertifikasi internasional seperti Advance Filler Injection Workshop with Prominent Plastic Surgeons di Swedia, International Anatomy Masterclass di Paris dan Aesthetic and Anti-Aging Medicine World Congress di Monte-Carlo, Monaco.

Terkait

Ketahui Ciri-Ciri Penuaan Dini, Jangan Sampai Terlambat

Ketahui Ciri-Ciri Penuaan Dini, Jangan Sampai Terlambat

Desember 5, 2022
Bagaimana Cara Menghilangkan Scar di Wajah?

Bagaimana Cara Menghilangkan Scar di Wajah?

Desember 5, 2022
Buat Penampilan Makin Segar, Inilah Cara Mengencangkan Pipi yang Kendur

Buat Penampilan Makin Segar, Inilah Cara Mengencangkan Pipi yang Kendur

Desember 5, 2022

Comments are closed.