Kenali Filler Mata Panda Agar Wajah Terlihat Cerah

Filler Mata Panda

Lingkaran hitam, kantung mata, dan mata yang tampak lelah adalah ciri-ciri dari mata panda. Ini adalah kondisi yang bisa membuat Anda terlihat lebih tua dari usia yang sebenarnya. Untuk mengatasi masalah yang satu ini, Anda bisa melewati yang namanya prosedur filler mata panda atau tear trough fillers. Mari kita mencari tahu lebih banyak informasi mengenai prosedur ini agar dapat memahaminya dengan lebih baik

Apa Itu Filler Mata Panda?

Filler mata panda digunakan untuk meringankan bagian kantung air mata atau area di bawah mata. Prosedur ini akan membuat area tersebut terlihat lebih montok dan lebih cerah. Efeknya mengurangi lingkaran hitam di bawah mata yang dapat membuat Anda terlihat seperti orang yang cukup istirahat.

Ada beberapa jenis perawatan pengisi mata, beberapa di antaranya adalah:

1. Asam Hialuronat

Asam hialuronat ini akan secara alami diproduksi oleh tubuh. Filler asam hialuronat terbuat dari gel sintetis yang meniru zat alami tubuh. Dikarenakan dapat mendukung produksi kolagen pada kulit, transparan, mudah dihaluskan, dan cenderung tidak menggumpal, maka asam hialuronat adalah jenis filler yang paling umum digunakan di area bawah mata.

2. Asam poli-L-laktat

Asam poli-L-laktat adalah bahan sintetis biokompatibel yang dapat disuntikkan melalui proses yang disebut threading linier. Zat ini secara signifikan juga bisa memperkuat produksi kolagen yang akan membuat kulit semakin kencang.

Baca juga: 13 Cara Perawatan Wajah Secara Alami Di Rumah

3. Kalsium Hidroksilapatit

Jenis filler ini terbuat dari fosfat dan kalsium dengan kemampuan merangsang produksi kolagen di kulit. Kemudian juga membantu untuk mendukung sekaligus mempertahankan jaringan ikat serta menambah volume ke area tersebut.

4. Transfer Lemak

Jika Anda memiliki kantung mata yang dalam hingga kelopak mata bawah dan pipi bertemu, maka sangat direkomendasikan untuk menggunakan suntikan lemak tubuh Anda sendiri untuk membangun area tersebut agar bisa terlihat kencang. Lemak biasanya diambil dari bagian paha, bokong, dan perut.

Baca juga: 10 Cara Alami Menghilangkan Kantung Mata yang Kendur

Seperti Apa Prosedur Filler Mata Panda?

Sebenarnya, untuk tiap jenis filler akan memiliki prosedur yang berbeda. Namun, secara umum proses atau metode yang akan Anda jalani kira-kira akan seperti ini:

  1. Dokter Anda akan melakukan konsultasi mengenai prosedur yang akan dijalani.
  2. Jika Anda sudah setuju, maka pada hari prosedur dilakukan, dokter akan menandai area di mana injeksi akan dilakukan dan mensterilkannya dengan cairan pembersih.
  3. Krim mati rasa akan dioleskan pada area tersebut dan membiarkannya menyerap ke dalam kulit selama beberapa menit.
  4. Dokter Anda akan menggunakan jarum kecil untuk menusuk kulit. 
  5. Mereka akan menyuntikkan pengisi ke area tersebut melalui jarum. 
  6. Dalam kasus lain, kanula bermata tumpul yang berisi pengisi akan dimasukkan ke dalam lubang yang dibuat oleh jarum.
  7. Satu atau lebih suntikan akan diperlukan di bawah setiap mata. 
  8. Untuk threading linier, dokter Anda akan menyuntikkan terowongan pengisi ke bagian treatment saat jarum ditarik perlahan.
  9. Dokter Anda akan menghaluskan pengisi pada tempatnya.
  10. Jika Anda mengalami transfer lemak, pertama-tama Anda akan menjalani sedot lemak dengan anestesi umum.

Baca Juga: Cara Alami Menghilangkan Kantung Mata yang Kendur

Apa Efek Samping Suntik Filler Mata?

Meskipun sebagian besar prosedur filler mata panda aman untuk dilakukan, bukan berarti prosedur ini sepenuhnya tanpa risiko.

Berikut ini beberapa risiko atau efek samping yang mungkin saja terjadi:

1. Rasa Sakit

Rasa sakit selama prosedur filler mata sangat kecil kemungkinannya untuk terjadi. Beberapa laporan merasa tusukan sedikit, namun tidak ada rasa sakit yang berlebihan. Seluruh prosedur berlangsung dari 5 hingga 20 menit.

2. Kulit Kemerahan

Filller bisa saja menyebabkan kulit terlihat kemerahan dan bengkak setelah prosedur dilakukan. Tapi efek samping yang satu ini akan hilang dalam hitungan jam. Anda bisa menggunakan kompres es untuk meredakannya.

3. Menimbulkan Bekas Luka Kecil

Efek selanjutnya yaitu dapat mengakibatkan bekas luka. Adapun bekas luka tersebut dapat hilang dalam hitungan mingguan hingga tahunan.

Selain itu, jika ditinjau dari segi estetika, filler yang dilakukan dengan tidak benar dapat mengakibatkan benjolan di tempat suntikan dan bisa berpindah ke area wajah yang berbeda.

4. Dapat Menimbulkan Reaksi Alergi

Reaksi alergi adalah efek filler mata panda yang terakhir. Alergi biasanya dialami oleh orang yang berkulit sensitif. Ditandai dengan kemunculan ruam merah, rasa gatal hingga rasa panas atau terbakar.

Baca juga: Perbedaan Filler dan Tanam Benang, Mana yang Lebih Aman?

Kesimpulan

Itulah informasi mengenai filler mata panda yang bisa menjadi solusi bagi Anda yang merasa terganggu dengan kantung mata yang berlebihan. Pastikan memilih klinik kecantikan profesional dengan pelayanan terbaik dan konsultasikan terlebih dahulu rencana filler Anda bersama dokter dari JAC agar mendapat hasil yang maksimal.

Dapatkan prosedur Soft Tissue Filler yang berkualitas dari Jakarta Aesthetic Clinic. Kunjungi website kami untuk informasi lebih lanjut.

Sumber:

  • https://drmedispa.com/2018/03/14/under-eye-fillers-dark-circles/
  • https://www.healthline.com/health/eye-fillers#procedure
  • https://www.healthline.com/health/undereye-tear-trough-filler#aftercare-results
  • https://www.medicalnewstoday.com/articles/320510#what-is-botox
  • https://jakartaaestheticclinic.co.id/apa-itu-filler-wajah/
dr. Olivia Ong Cover

dr. Olivia Ong

Sebagai expert dalam bidang Botulinum ToxinTM dan Soft Tissue FillerTM, dr. Olivia Ong yang lahir dan tumbuh di Jakarta ini memiliki berbagai sertifikasi internasional seperti Advance Filler Injection Workshop with Prominent Plastic Surgeons di Swedia, International Anatomy Masterclass di Paris dan Aesthetic and Anti-Aging Medicine World Congress di Monte-Carlo, Monaco.

Terkait

Inilah Perbedaan Sunscreen dan Sunblock, Jangan Sampai Tertukar

Inilah Perbedaan Sunscreen dan Sunblock, Jangan Sampai Tertukar

Februari 2, 2023
Perbedaan Moisturizer dan Sunscreen, Sudah Tahu Belum?

Perbedaan Moisturizer dan Sunscreen, Sudah Tahu Belum?

Februari 2, 2023
Inilah Ciri Ciri Skin Barrier Rusak yang Harus Anda Ketahui

Inilah Ciri Ciri Skin Barrier Rusak yang Harus Anda Ketahui

Februari 2, 2023

Comments are closed.