Cari Tahu Fungsi Filler Selengkapnya Disini!

Fungsi Filler di Wajah

Maraknya penggunaan filler dalam dunia kecantikan belakangan ini berbanding lurus dengan munculnya berbagai anggapan mengenai filler itu sendiri. Padahal, jika dilakukan dengan penanganan dan perawatan yang tepat, perawatan kecantikan memiliki berbagai fungsi yang baik untuk pasien.

Perawatan filler dilakukan dengan menyuntikan gel pada bagian wajah, disesuaikan dengan kebutuhan dan kondisi pasien. Dengan jenis filler yang tepat dan penanganan yang baik dari dokter spesialis kulit terpercaya, suntik filler mampu meningkatkan kepercayaan diri dari pasien.

Manfaat dari Suntik Filler Wajah

Anda tidak perlu lagi khawatir jika ingin melakukan perawatan filler, berikut ini beberapa fungsi filler yang perlu Anda ketahui.

1. Menambah volume

Seiring bertambahnya usia, otot-otot wajah akan mengendur, sehingga mempengaruhi bentuk bibir seseorang akan menipis dan muncul garis-garis halus. Munculnya tanda-tanda penuaan seperti ini akan mengurangi rasa percaya diri Anda saat harus bepergian.

Injeksi filler membantu Anda untuk menambahkan volume bibir Anda yang menipis. Setelah disuntikkan cairan filler, bibir Anda yang semula terlihat flat kini tampak lebih berisi dan memiliki bentuk yang bisa disesuaikan dengan keinginan Anda.

Selain menambah volume bibir, fungsi filler juga dapat berfungsi untuk menambah volume hidung. Masyarakat Indonesia sebagian besar memiliki tulang hidung yang kurang tinggi. Bagi Anda yang merasa kurang percaya diri dengan bentuk hidung Anda, prosedur suntik filler dapat menjadi pilihan. Tanpa harus melakukan operasi, bentuk hidung Anda dapat lebih tinggi dan berisi. Filler akan disuntikan pada bagian atas tulang hidung, kemudian filler akan mengisi hidung Anda untuk memberikan bentuk yang diharapkan.

Baca juga: Apa Itu Filler Wajah?

2. Menyamarkan tanda-tanda penuaan

Suntikan filler yang tepat dapat menyamarkan tanda-tanda penuaan dini pada wajah. Perubahan bentuk pada beberapa bagian wajah karena mengendurnya otot-otot wajah merupakan tanda-tanda penuaan yang harus dicegah.

Dengan menyuntikkan cairan filler pada area-area tertentu, dapat menyamarkan kerutan dan garis halus pada wajah Anda. Sebagai hasilnya, wajah Anda akan tampak awet muda dan cantik. Tidak perlu membutuhkan waktu lama, dokter hanya membutuhkan waktu sekitar 30 menit untuk melakukan penyuntikan filler.

Berbeda dengan operasi plastik yang bersifat permanen, hasil filler ini sendiri tidak permanen, melainkan dapat bertahan selama enam bulan. Justru karena hasilnya tidak permanen ini, Anda bisa kembali untuk menyesuaikan suntikan filler Anda dengan preferensi Anda.

Baca juga: Begini Cara Bedakan Wajah Hasil Operasi Plastik dengan Suntik Filler

3. Menutupi bekas jerawat

Memiliki bekas jerawat pada bagian wajah pasti sangat mengganggu penampilan Anda. Menutupinya dengan make up hanya bersifat sementara, sedangkan perawatan anti acne membutuhkan waktu yang tidak sebentar. Penggunaan filler dengan cairan, dapat membantu Anda untuk menutupi bekas jerawat dalam waktu singkat. Cairan ini menggunakan campuran kolagen dan akrilik akan disuntikan pada wajah bekas luka jerawat di wajah Anda. Fungsi filler ini untuk mengisi ruang kosong pada kulit akibat dari timbulnya jerawat.

6 Jenis Suntik Filler

Tahukah Anda bahwa ada lebih dari satu jenis filler? Ya, ternyata jenis filler sangat beragam dan dapat digunakan tergantung dengan keperluan Anda. Ketahuilah perbedaan beberapa jenis filler yang populer sehingga Anda dapat memilih jenis filler yang tepat.

1. Asam Hialuronat

Asam hialuronat atau hyaluronic acid adalah bagian alami dari sel kulit yang berkurang sering bertambahnya usia. Bahan filler ini merupakan salah satu yang paling populer karena jarang menimbulkan reaksi alergi ataupun efek samping.

Tidak hanya demikian, efeknya dapat bertahan selama 6-12 bulan, tetapi apabila hasilnya kurang memuaskan, Anda tidak perlu menunggu selama itu. Anda bisa mendapatkan suntikan enzim hialuronidase untuk menghilangkan filler asam hialuronat ini dan menjalani prosedur baru.

Baca juga: 5 Pantangan Setelah Filler Agar Hasil lebih Sempurna

2. Kolagen

Seperti asam hialuronat, kolagen juga merupakan bahan alami yang terkandung dalam sel kulit. Kolagen yang digunakan untuk bahan filler biasanya merupakan kolagen bovine yang diambil dari sapi. Kolagen merupakan salah satu jenis filler yang paling dipercaya karena hasilnya efektif, jarang menimbukan alergi, dan harganya terjangkau.

3. Lemak Tubuh

Tahukah Anda kalau lemak tubuh Anda sendiri dapat digunakan untuk suntik filler? Untuk jenis filler satu ini, Anda perlu menjalani dua prosedur. Sebelum filler dapat disuntikkan, dokter akan terlebih dahulu mengambil sedikit jaringan lemak dari bagian tubuh Anda, misalnya perut, paha, atau bokong. Lalu, jaringan lemak tersebut akan diproses terlebih dahulu sebelum disuntikkan ke bawah permukaan kulit wajah.

Karena berasal dari tubuh Anda sendiri, jenis filler ini jarang sekali menyebabkan reaksi alergi ataupun efek samping yang parah. Tidak hanya demikian, hasilnya pun permanen. Tetapi untuk melihat hasil yang baik, akan dibutuhkan lebih dari satu kali suntikan filler.

Namun, sebelum melakukan perawatan ini, ketahui terlebih dahulu jenis jerawat seperti apa yang selama ini Anda alami. Perlu dilakukan konsultasi terlebih dahulu dengan dokter yang akan menangani Anda untuk mengetahui kondisi Anda, seperti jenis jerawat dan luka bekas jerawat. Nantinya, dokter akan memberikan solusi dan tindakan apa yang perlu dilakukan untuk membantu Anda.

Selain membantu Anda untuk tampil lebih cantik, perawatan filler terbilang aman bagi kesehatan Anda. Di Jakarta Aesthetic Center akan akan mendapatkan perawatan filler terbaik. Dengan pelayanan dari dokter-dokter berpengalaman, menjadi cantik dan sehat akan Anda dapatkan.

Sumber:

  • Jesslyn, Alberta. 15 November 2017. Menyingkap Cara Kerja dan Manfaat Suntik Filler. https://www.klikdokter.com/info-sehat/read/3163201/menyingkap-cara-kerja-dan-manfaat-suntik-filler
  • Andriani, Dewi. 31 Desember 2018. Ini Fungsi Botox dan Filler untuk Kecantikan. https://lifestyle.bisnis.com/read/20181231/106/874149/ini-fungsi-botox-dan-filler-untuk-kecantikan
dr. Olivia Ong Cover

dr. Olivia Ong

Sebagai expert dalam bidang Botulinum ToxinTM dan Soft Tissue FillerTM, dr. Olivia Ong yang lahir dan tumbuh di Jakarta ini memiliki berbagai sertifikasi internasional seperti Advance Filler Injection Workshop with Prominent Plastic Surgeons di Swedia, International Anatomy Masterclass di Paris dan Aesthetic and Anti-Aging Medicine World Congress di Monte-Carlo, Monaco.

Terkait

9 Cara Eksfoliasi Wajah dengan Bahan Alami

9 Cara Eksfoliasi Wajah dengan Bahan Alami

Mei 31, 2022
Macam-Macam Bentuk Hidung di Dunia, termasuk Bentuk Hidung Orang Indonesia

Macam-Macam Bentuk Hidung di Dunia, termasuk Bentuk Hidung Orang Indonesia

Mei 31, 2022
Ketahui Manfaat Baby Skin Treatment

Ketahui Manfaat Baby Skin Treatment

Mei 30, 2022

Comments are closed.