Inilah Fungsi Niacinamide untuk Wajah Anda

Mengenal Niacinamide untuk Kulit Wajah

Dalam konteks perawatan kulit, Niacinamide adalah versi topikal dari niasin (vitamin B3), dan juga disebut Nicotinamide. Niacinamide ini terdapat di semua jaringan yang sedang bermetabolisme aktif, termasuk di jaringan kulit.

Niacinamide menjadi salah satu bahan perawatan kulit atau skin care yang paling banyak dicari dan digunakan saat ini. Zat ini dipercaya mampu mengatasi jerawat, mengecilkan pori-pori wajah, hingga mengurangi garis halus dan kerutan di wajah. Kekurangan Niacinamide dapat menyebabkan gangguan kulit, ginjal, dan otak.

Zat ini terkandung dalam berbagai makanan, seperti kacang-kacangan, sayuran hijau, telur, susu, ikan, daging, dan ragi. Selain terkandung dalam makanan, Bentuk sintesis Niacinamide berguna dalam pembuatan pelembab, serum, toner, masker dan produk perawatan kulit lainnya.

Pasti Anda penasaran ingin mengenal salah satu nutrisi penting ini secara lebih mendalam tentang manfaat Niacinamide. Yuk, simak penjelasan selengkapnya bersama Jakarta Aesthetic Clinic di sini.

Fungsi Niacinamide untuk Wajah Bermasalah

Fungsi Niacinamide untuk Wajah

Seperti yang telah dijelaskan di atas, niacinamide menjadi bagian penting dari vitamin B-3. Saat Anda kekurangan jenis vitamin ini, maka dapat menyebabkan gangguan kulit, ginjal, hingga otak. Selain itu asupan niacinamide yang pas dapat membantu mencegah defisiensi B-3. Niacinamide topikal dikenal pula mampu membantu mengobati kondisi kulit tertentu, termasuk jerawat dan eksim. 

Untuk mendapatkan vitamin B-3 dari sisi makanan, Anda bisa menemukannya dalam telur, sereal, sayuran hijau, kacang-kacangan, ikan, dan juga susu. Namun tetap harus diingat bahwa dengan mengonsumsi itu semua maka Anda bisa mendapatkan niacinamide. Cara pengolahannya pun juga harus benar. 

Banyak yang mengira bahwa niacinamide sama dengan niacin. Walaupun dari segi nama hampir mirip, sebenarnya keduanya merupakan jenis vitamin B-3 yang berbeda. Ketika Anda mengonsumsi suplemen niacin, maka tubuh dapat memproduksi niacinamide. Triptofan dalam tubuh juga mampu diubah menjadi niacinamide.

Untuk fungsi dari niacinamide bagi wajah, memang terhitung cukup banyak. Bahkan total ada sepuluh fungsi. Penasaran apa saja fungsinya?

1. Kekebalan

Fungsi pertama dari niacinamide adalah memberikan kekebalan bagi kulit wajah karena membantu membangun keratin, yaitu sejenis protein yang mampu menjaga kulit Anda tetap sehat dan kencang. 

2. Lipid Barrier

Niacinamide dapat membantu kulit Anda menumbuhkan lipid barrier atau penghalang lipid. Ketika mulai bekerja, maka lipid barrier dapat membantu mempertahankan kelembapan kulit. Manfaat ini dapat dirasakan semua jenis kulit, khususnya jika Anda memiliki eksim. 

Baca juga: Kenali 5 Manfaat Tamanu Oil untuk Wajah Anda

3. Meminimalisir Kemerahan dan Blotches

Niacinamide berfungsi untuk mengurangi peradangan yang dapat membantu meringankan kemerahan akibat jerawat, eksim, serta kondisi kulit inflamasi lainnya.

4. Meminimalisir Tampilan Pori

Memiliki kulit yang halus dan lembap menjadi impian banyak wanita. Untungnya dengan asupan vitamin B-3 yang tepat, niacinamide dapat menjaga kulit tetap halus dan lembap. Selain itu tampilan pori-pori wajah juga dapat berkurang seiring berjalannya waktu. 

Baca juga: 9 Cara Mengecilkan Pori-Pori di Kulit Wajah Pria

5. Mengatur Kadar Minyak Wajah

Niacinamide memang bisa membuat kulit lebih lembap dan halus. Namun tidak hanya itu saja, khususnya bagi yang memiliki tipe kulit kering. Niacinamide juga dapat membantu mengatur jumlah kadar minyak yang dihasilkan oleh kelenjar sebaceous. Dengan begitu kerja kelenjar tidak berlebihan sehingga wajah tidak tampak berminyak.

6. Melindungi Kulit dari Sinar Matahari

Tidak dapat dimungkiri bahwa sinar matahari bagus untuk kulit. Tapi jika semakin siang, pancaran sinar matahari malah bisa membuat kulit tidak sehat.

Untungnya niacinamide dapat membangun sel-sel kulit sehat sekaligus melindungi dari kerusakan akibat sinar UV matahari. Jadi jangan ragu untuk tetap beraktivitas di bawah teriknya sinar matahari, ya. 

7. Mengobati Hiperpigmentasi

Terdapat hasil dari beberapa penelitian yang menyatakan bahwa telah ditemukan konsentrasi niacinamide sebesar 5% sehingga dapat membantu meringankan hiperpigmentasi atau munculnya bintik-bintik gelap. 

Manfaat ini baru dapat muncul setelah empat minggu hingga dua bulan. Alasan utama mengapa hal ini bisa terjadi diperkirakan karena terdapat peningkatan produksi kolagen.

Baca juga: Cara Menghilangkan Hiperpigmentasi pada Kulit

8. Meminimalisir Garis-Garis Halus dan Kerutan

Penelitian lainnya juga menyatakan bahwa jumlah konsentrasi yang sama dalam niacinamide sebesar 5% dapat membantu mengurangi beberapa tanda kerusakan kulit. Seperti masalah yang muncul akibat sinar matahari dan penuaan dini. Garis-garis halus dan kerutan pun juga dapat berkurang secara perlahan ketika niacinamide ada dalam tubuh.

9. Melindungi dari Stres Oksidatif

Stres oksidatif memang tidak dapat disadari secara langsung oleh Anda. Niacinamide membantu membangun sel-sel yang ada di kulit untuk melindunginya dari tekanan lingkungan dan alam, seperti sinar matahari, polusi, dan racun-racun di sekitar Anda. 

10. Meningkatkan Hidrasi Kulit

Manfaat niacinamide untuk kulit wajah selanjutnya adalah kemampuannya menghidrasi kulit wajah Anda. Bahkan sebuah review pada Februari 2019 di Experimental Dermatology menunjukkan bahwa niacinamide dapat meningkatkan fungsi skin barrier Anda.

Niacinamide tidak hanya mengunci kelembaban di kulit tetapi juga mencegah potensi iritasi. Menjadikan bahan aktif ini cocok untuk perawatan kulit seperti pengobatan rosacea, mengobati atau mengatasi jerawat. Hal ini disebabkan karena niacinamide mendukung produksi ceramides, lemak alami di kulit wajah Anda. Sehingga niacinamide dapat membantu meningkatkan skin barrier, kelembapan kulit wajah, dan membantu mengatasi iritasi. 

11. Mencegah Kanker Kulit

Dalam konteks perawatan kulit, niacinamide adalah versi topikal dari vitamin B3, dan juga disebut Nicotinamide. Nutrisi ini penting untuk banyak reaksi fisiologis yang membantu sel memperoleh energi.

Jika Anda tidak mendapatkan cukup vitamin B3, Anda berisiko terkena penyakit pellagra. Pellagra mempengaruhi organ tubuh dengan kebutuhan energi yang tinggi seperti otak, kulit dan usus. Para profesional medis menyebutkan bahwa kekurangan vitamin B3 dapat menyebabkan, “4D” – dermatitis, diare, dementia, dan death (kematian).

Nicotinamide telah terbukti mengisi energi sel, meningkatkan perbaikan DNA, bertindak sebagai anti-inflamasi dan memodulasi beberapa imunosupresi lokal yang disebabkan oleh radiasi ultraviolet

Sebuah penelitian yang dipimpin oleh Profesor Diona Damian, Kepala Dermatologi di Rumah Sakit Royal Prince Alfred, Sydney menguji manfaat niacinamide untuk mencegah kanker kulit. Penelitian yang diterbitkan di New England Journal of Medicine pada tahun 2015 tersebut menunjukkan bahwa salah satu manfaat niacinamide untuk kulit adalah mencegah kanker kulit.

Peneliti mengamati efek samping niacinamide pada 386 pasien selama 12 bulan. Peserta studi ini adalah mereka yang memiliki kanker kulit non-melanoma dalam lima tahun terakhir yang berarti mereka juga berisiko tinggi terkena kanker kulit lainnya. Menariknya, studi tersebut menunjukkan bahwa kasus kanker pada partisipan berkurang 23%.

Baca juga: Mitos Cara Menghilangkan Jerawat Dengan Bawang Putih yang Perlu Dihindari

12. Mengobati Jerawat

Fungsi terakhir dari niacinamide adalah mengatasi jerawat di kulit wajah Anda. Siapa yang ingin mengatasi masalah jerawat yang sering menghantui? Dengan mengonsumsi niacinamide secara tepat, maka hasilnya dapat terlihat dari mulai menghilangnya jerawat perah. Khususnya jika Anda memang memiliki peradangan yang cukup besar, seperti pustula dan papula.

Kulit wajah Anda juga menjadi lebih baik dan bersih dibandingkan sebelumnya. Tentunya peran niacinamide dapat terasa dari hasil positif itu.

Jadi itulah penjelasan lengkap tentang fungsi niacinamide untuk wajah, khususnya yang memang memiliki masalah kulit cukup besar. Semoga informasi yang diberikan dapat bermanfaat untuk Anda. Jakarta Aesthetic Clinic selalu memberikan solusi perawatan kulit wajah terbaik untuk Anda dengan berbagai perawatan, termasuk Anti-Wrinkle Injection. Hubungi kami segera untuk merasakan perawatan wajah dari dokter estetika dan para ahli di Jakarta Aesthetic Clinic.

Sumber:

  • https://www.healthline.com/health/beauty-skin-care/niacinamide#topical-vs.-dietary
  • https://www.everydayhealth.com/skin-beauty/niacinamide/
  • Snaidr, V. A., Damian, D. L., & Halliday, G. M. (2019). Nicotinamide for photoprotection and skin cancer chemoprevention: A review of efficacy and safety. Experimental Dermatology28, 15-22.
  • Chen, A. C., Martin, A. J., Choy, B., Fernández-Peñas, P., Dalziell, R. A., McKenzie, C. A., & Damian, D. L. (2015). A phase 3 randomized trial of nicotinamide for skin-cancer chemoprevention. New England journal of medicine, 373(17), 1618-1626.
dr. Olivia Ong Cover

dr. Olivia Ong

Sebagai expert dalam bidang Botulinum ToxinTM dan Soft Tissue FillerTM, dr. Olivia Ong yang lahir dan tumbuh di Jakarta ini memiliki berbagai sertifikasi internasional seperti Advance Filler Injection Workshop with Prominent Plastic Surgeons di Swedia, International Anatomy Masterclass di Paris dan Aesthetic and Anti-Aging Medicine World Congress di Monte-Carlo, Monaco.

Terkait

Ketahui Ciri-Ciri Penuaan Dini, Jangan Sampai Terlambat

Ketahui Ciri-Ciri Penuaan Dini, Jangan Sampai Terlambat

Desember 5, 2022
Bagaimana Cara Menghilangkan Scar di Wajah?

Bagaimana Cara Menghilangkan Scar di Wajah?

Desember 5, 2022
Buat Penampilan Makin Segar, Inilah Cara Mengencangkan Pipi yang Kendur

Buat Penampilan Makin Segar, Inilah Cara Mengencangkan Pipi yang Kendur

Desember 5, 2022

Comments are closed.