Jenis Jerawat: Penyebab dan Cara Mengatasinya

Sebagai permasalahan kulit paling umum, sudahkah Anda mengetahui berbagai jenis jerawat dan penyebabnya serta cara mengatasinya? Jerawat adalah munculnya bintik atau benjolan pada wajah yang terjadi akibat faktor genetik, hormon, stres, kulit yang mengeluarkan minyak berlebih, lingkungan yang kurang bersih, hingga penggunaan produk perawatan yang kurang cocok. 

Meski banyak faktor yang dapat memengaruhi kemunculannya, sebagian besar masalah jerawat justru terjadi karena kondisi pori-pori yang tersumbat oleh minyak wajah, sel kulit mati, atau jenis kotoran lainnya yang kemudian bercampur dengan bakteri. Namun pada remaja yang sedang mengalami pubertas, jerawat kerap dipengaruhi oleh ketidakstabilan hormon. 

Untuk merawat dan mengatasinya dengan tepat, Anda perlu mengenal terlebih dahulu jenis jerawat dan penyebabnya. Oleh sebab itu, JAC akan berbagi informasi seputar jenis jerawat secara lengkap untuk Anda. Simak ulasannya berikut ini.

Jenis Jerawat dan Cara Mengatasinya

Jenis Jerawat dan Cara Mengatasinya

Mungkin selama ini Anda menganggap bahwa jerawat hanya memiliki 1 jenis saja dan seluruhnya dapat diperlakukan sama. Padahal kenyataannya ada banyak jenis jerawat yang muncul akibat faktor tertentu dan memiliki cara mengatasi yang berbeda. Agar tak salah lagi, perhatikan penjelasan jenis jerawat selengkapnya berikut ini:

1. Blackheads atau Komedo Hitam

Pasti Anda tidak menyangka bahwa komedo adalah salah satu jenis jerawat. Pasalnya, banyak orang salah mengartikan bahwa komedo hitam atau blackheads justru sama dengan bintik hitam atau freckless. Blackheads sendiri umumnya muncul pada area hidung dengan bentuk titik kecil berwarna hitam. 

Kemunculannya disebabkan oleh tumpukan kotoran dan minyak yang menyumbat pori-pori. Karena kemunculannya pada area wajah yang tak begitu terlihat, banyak orang mengabaikan blackheads dan tak merawatnya dengan baik. Padahal hal ini berbahaya dan bisa saja menimbulkan masalah kulit lainnya. 

Untuk mengatasi blackheads, Anda dapat menggunakan skincare yang mengandung bahan tertentu seperti salicylic acid, benzoyl peroxide, dan resorsinol. Terkadang penggunaan AHA juga ampuh menghilangkan blackheads.

Baca juga: Apa Itu Purging? Ciri-Ciri dan Bedanya dengan Jerawat Breakout

2. Whiteheads atau Komedo Putih

Masih hadir dari kelompok yang sama seperti blackheads, whiteheads adalah komedo berwarna putih yang muncul pada area hidung dan juga dagu. Bentuknya tak berbeda jauh dengan blackheads, hanya saja whiteheads lebih menonjol dan berwarna putih. 

Untuk mengatasinya, Anda dapat melakukan beberapa treatment khusus komedo atau menggunakan produk skincare berbahan aktif seperti AHA, BHA, retinoid, salicylic acid, dan lain sebagainya. Bahan aktif tersebut dapat membantu mengangkat sel kulit mati dan membunuh bakteri.

Jika ingin menggunakan masker wajah dengan metode ditarik untuk mengangkat komedo, sebaiknya pastikan Anda berhati-hati sebab cara tersebut dapat membuat pori-pori justru terbuka dan tampak lebih besar.

3. Papula

Jerawat papula adalah jenis jerawat yang berbentuk benjolan kecil pada bagian permukaan kulit dan disertai warna merah muda di area sekitarnya. Jerawat papula terjadi akibat adanya penyumbatan yang tidak dapat keluar ke permukaan kulit dan menyebabkan sel kulit mati menumpuk. Pada akhirnya, folikel rambut akan mengalami penekanan dan semakin lama dapat pecah sehingga timbul benjolan. 

Kondisi tersebut akan membuat sebum dan bakteri yang tertanam di dalamnya turut menyebar ke jaringan sekitar. Hal inilah yang kemudian membuat area wajah menjadi merah, bengkak, hingga muncul rasa nyeri. 

Dalam mengatasi jenis jerawat ini, Anda perlu berhati-hati sebab jika salah maka dapat berisiko iritasi. Namun jika ingin melakukan perawatan di rumah, Anda bisa memilih produk BHA dan salicylic acid untuk memperbaiki sel kulit yang rusak dan meredakan jerawat.

Baca juga: Ketahui Ciri-Ciri Penuaan Dini, Jangan Sampai Terlambat

4. Pustula

Jerawat pustula adalah jenis jerawat yang mengandung cairan nanah dan berukuran lebih besar dibanding jerawat pada umumnya. Biasanya jerawat pustula disertai dengan iritasi dan kemerahan di area sekitarnya. Pustula sendiri muncul pada area yang mengeluarkan minyak lebih banyak seperti wajah, punggung, dan dada. 

Apabila ini terjadi, segera sesuaikan penggunaan produk perawatan Anda dengan kandungan yang dapat mengatasi permasalahan tersebut seperti BHA dan hindari memencet jerawat karena kebiasaan itu hanya akan membuat bekas jerawat yang sulit hilang. Selain itu, nanah dalam pustula juga dapat menyebar ke bagian wajah lainnya dan menimbulkan masalah baru. 

5. Nodul

Di antara berbagai jenis jerawat lain, nodul adalah jenis jerawat yang paling parah kondisinya dan tidak bisa diobati dengan obat bebas atau produk tertentu. Pada dasarnya, nodul muncul karena faktor genetik dan hormon yang tidak seimbang. Anda dapat menandai sebuah jerawat adalah nodul ketika jerawat tersebut memiliki bentuk yang besar, keras, dan menimbulkan nyeri yang mengganggu. 

Apabila kondisi ini terjadi, cara satu-satunya untuk mengatasi nodul adalah berkunjung ke dokter kulit, dokter estetika, atau dermatologis ahli dan tepercaya agar mendapatkan penanganan yang tepat. 

6. Jerawat Batu

Jerawat batu adalah jenis jerawat yang juga muncul akibat penumpukan sel kulit mati dan minyak yang menghambat pori-pori. Pada umumnya, jerawat batu timbul dengan bentuk benjolan besar dan sedikit keras kemudian diikuti dengan area wajah yang memerah. Jika terdapat infeksi bakteri, jerawat baru dapat membesar dan ada kemungkinan muncul nanah di dalamnya. 

Tak jauh berbeda dengan jerawat nodul, jerawat batu juga akan menimbulkan rasa nyeri yang mengganggu dan dapat berisiko memecah pori-pori sekaligus menyebar ke jaringan kulit lainnya. Cara mengatasi jerawat batu yang paling tepat adalah mengunjungi dokter ahli dan melakukan konsultasi perawatan yang tepat. 

7. Jerawat Pasir

Jenis jerawat yang terakhir adalah jerawat pasir yang kerap disebut dan dikenal dengan beruntusan. Jerawat ini muncul dengan bentuk yang kecil-kecil tetapi dalam jumlah banyak dan biasanya tidak terlihat. Hanya saja jenis jerawat ini akan memberikan tekstur kasar pada wajah ketika disentuh. 

Penyebabnya, kulit mengalami iritasi yang disebabkan oleh tekanan berlebihan pada pori-pori, kondisi panas, dan gesekan pada area kulit tertentu. Pada dasarnya gesekan kulit jika terjadi terus-menerus akan mengakibatkan permukaan menjadi kasar dan perkembangan jerawat pun semakin menyebar. 

Cara mengatasi jerawat pasir sebenarnya mudah. Anda hanya perlu rutin mencuci muka 2 kali sehari dan menggunakan skincare yang cocok. Jangan lupa gunakan sunscreen di pagi dan siang hari.

Tingkat Keparahan Jerawat

Tingkat Keparahan Jerawat

Tak hanya berbeda jenisnya saja, jerawat juga memiliki tingkat keparahan yang berbeda-beda. Hal ini dapat dilihat dari jumlah komedo, lesi atau luka akibat peradangan, dan jumlah jerawatnya. Agar tidak bingung, Anda bisa memahami selengkapnya pada tabel berikut ini:

Jerawat RinganJerawat SedangJerawat Parah
Komedo berjumlah kurang dari 20 Komedo berjumlah 20 hingga 100Pada wajah setidaknya timbul 5 jerawat batu
Lesi kurang dari 15Lesi peradangan berjumlah 15 hingga 50Total keseluruhan komedo kurang dari 100
Jumlah jerawat di bawah 30Jumlah jerawat antara 30 hingga 125Jerawat yang mengalami peradangan kurang dari 50
Total keseluruhan jerawat dikulit hampir 125 atau kurang

Treatment untuk Mengatasi Jerawat dari JAC

Treatment untuk Mengatasi Jerawat dari JAC

Mengatasi beberapa jerawat di atas tentu bukan hal yang mudah, tetapi hal ini bukan berarti bahwa jerawat tidak dapat diobati. Salah satu langkah mengatasi jerawat yang paling tepat adalah mengunjungi dokter ahli dan bersertifikasi untuk melakukan konsultasi perawatan yang terbaik. 

Namun pastikan Anda memilih dokter yang terbaik dan tepercaya sebab meskipun umum terjadi, jerawat harus ditangani dengan tepat. Tak perlu bingung, langsung saja ke JAC. seluruh permasalahan jerawat Anda hingga bekasnya pun dapat ditangani dengan maksimal oleh dokter dan tim profesional. Adapun berbagai treatment untuk mengatasi jerawat dari JAC antara lain: 

1. Peeling dan Skincare

Treatment pertama yang dihadirkan JAC untuk mengatasi berbagai jenis jerawat adalah peeling dan skincare. Melalui perawatan ini, Anda akan merasakan wajah yang tampak lebih bersih dan lebih cerah. Peeling treatment di JAC menggunakan cairan natural yang diracik khusus oleh dokter ahli serta menghadirkan sensasi lembut yang dapat mengeringkan jerawat dan mengencerkan komedo. 

Hasilnya, komedo dan jerawat dapat hilang sempurna dari wajah Anda. Tak ketinggalan, JAC memberikan homemade masker gel yang membuat Anda semakin rileks dan wajah akan lebih segar, bersih, serta bercahaya. 

Produk skincare dari JAC menggunakan bahan-bahan yang unggul dan lembut sehingga aman digunakan bagi remaja, pria, hingga ibu hamil dan menyusui sekalipun. Keamanannya terbukti dengan terdaftarnya skincare JAC di BPOM. Tenang saja, skincare JAC diracik dengan bahan yang tidak menyebabkan ketergantungan namun hasilnya tetap maksimal. 

2. Baby Skin Treatment

Selesai berkutik dengan jerawat, apakah prosesnya berhenti sampai disitu saja? Tentu tidak. Seringan apa pun jerawat yang hadir, biasanya akan tetap meninggalkan bekas yang dapat memengaruhi penampilan wajah Anda. 

Selain itu, Anda juga perlu menjaga pori-pori agar tetap bersih dan ukurannya tidak membesar. Oleh karenanya, Anda perlu merawat bekas jerawat dengan pore treatment dan baby gloss dari rangkaian Baby Skin Treatment

Baby skin treatment membantu meredakan iritasi dan peradangan di wajah, mematikan jerawat dari dalam, memperbaiki luka timbul, memudarkan bekas jerawat, dan mengencangkan pori-pori. Jadi, sel kulit yang rusak dan hilang sebelumnya seperti kolagen dan elastin dapat dikembalikan serta membuat kulit menjadi lebih bersinar dan halus.

Melalui informasi jenis jerawat dan penyebabnya serta cara mengatasinya di atas, apakah Anda dapat sudah melakukan bentuk perawatan yang tepat?

Seluruh treatment JAC untuk mengatasi berbagai jenis jerawat dapat dipastikan alami dan tidak menimbulkan efek samping obat-obatan apa pun. Jadi Anda tak perlu ragu lagi untuk segera berkunjung ke JAC. Ingin mencobanya? Segera kunjungi JAC dan dapatkan kulit sehat, cerah, halus, dan bersinar impian Anda bersama dokter dan tim ahli dari JAC sekarang juga.

Sumber rujukan:

  • https://www.webmd.com/skin-problems-and-treatments/acne/ss/slideshow-acne-dictionary
  • https://my.clevelandclinic.org/health/diseases/12233-acne
  • https://www.everydayhealth.com/acne/what-are-symptoms-different-types-acne/
  • https://yankes.kemkes.go.id/view_artikel/680/jenis-jerawat-dan-cara-mengatasinya
dr. Olivia Ong Cover

dr. Olivia Ong

Sebagai expert dalam bidang Botulinum ToxinTM dan Soft Tissue FillerTM, dr. Olivia Ong yang lahir dan tumbuh di Jakarta ini memiliki berbagai sertifikasi internasional seperti Advance Filler Injection Workshop with Prominent Plastic Surgeons di Swedia, International Anatomy Masterclass di Paris dan Aesthetic and Anti-Aging Medicine World Congress di Monte-Carlo, Monaco.

Terkait

Inilah Perbedaan Sunscreen dan Sunblock, Jangan Sampai Tertukar

Inilah Perbedaan Sunscreen dan Sunblock, Jangan Sampai Tertukar

Februari 2, 2023
Perbedaan Moisturizer dan Sunscreen, Sudah Tahu Belum?

Perbedaan Moisturizer dan Sunscreen, Sudah Tahu Belum?

Februari 2, 2023
Inilah Ciri Ciri Skin Barrier Rusak yang Harus Anda Ketahui

Inilah Ciri Ciri Skin Barrier Rusak yang Harus Anda Ketahui

Februari 2, 2023

Comments are closed.