Jerawat di Dagu: Penyebab dan Cara Mengatasinya

Jerawat di Dagu

 

Adanya jerawat pastinya sangat menyebalkan. Tidak hanya berpengaruh pada penampilan Anda, adanya jerawat di dagu juga tidak nyaman karena kadang menimbulkan rasa perih. Sebenarnya, apa yang menyebabkan jerawat bisa tumbuh? Selain itu, bagaimana cara mengatasi jerawat? Simaklah ulasannya pada artikel berikut!

 

Penyebab Jerawat Bisa Muncul di Dagu

 

Ada banyak alasan mengapa jerawat bisa muncul di dagu Anda. Berikut ini adalah beberapa penyebab umum adanya jerawat:

 

Stres

Stres tidak hanya memberikan dampak negatif pada kesehatan mental Anda, tapi juga untuk kesehatan kulit Anda. Stres mempengaruhi perubahan hormon pada tubuh Anda sehingga meningkatkan kelenjar keringat yang mampu menimbulkan jerawat.

 

Perubahan Hormon

Selain stres, perubahan hormon juga bisa terjadi secara alami, khususnya pada masa pubertas. Hormon androgen mengalami peningkatan sehingga kelenjar keringat bertambah dan menyumbat pori-pori di wajah Anda. Hasilnya, jerawat muncul begitu saja.

 

Baca Juga: Cara Menghilangkan Bekas Jerawat

 

Terlalu Banyak Mengonsumsi Makanan Tinggi Karbohidrat

Terlalu banyak mengonsumsi makanan yang mengandung karbohidrat tinggi juga bisa meningkatkan risiko jerawat Anda. Makanan tinggi karbohidrat yang bisa Anda hindari konsumsinya secara berlebihan adalah roti, coklat, serta keripik. Jadi, Anda harus mengonsumsinya secukupnya saja dan tidak berlebihan.

 

Tidak Menjaga Kebersihan Wajah

Salah satu penyebab jerawat bisa tumbuh di dagu Anda adalah tingkat kebersihan pada wajah Anda yang rendah. Hal tersebut bisa terjadi jika Anda tidak rutin membersihkan wajah sehingga keringat dan kotoran menumpuk pada pori-pori di wajah Anda. Hasilnya, pori-pori Anda tersumbat dan menimbulkan jerawat pada dagu Anda.

 

Baca Juga: Cara Menghilangkan Jerawat Batu

 

Cara Mengatasi Jerawat di Dagu

 

Jika Anda memiliki jerawat yang tumbuh di dagu Anda, Anda bisa mengatasinya dengan mudah. Berikut ini adalah langkah-langkah yang bisa Anda tempuh untuk mengatasi jerawat yang ada di dagu Anda:

 

Mengontrol Stres

Melakukan kontrol dan kelola stres Anda bisa menjadi jawaban untuk mengatasi jerawat. Untuk itu, Anda bisa mengambil waktu untuk berlibur agar Anda merasa lebih rileks. Hasilnya, hormon pada tubuh Anda tidak mengalami perubahan yang ekstrim dan mampu mengurangi risiko timbulnya jerawat.

 

Rutin Olahraga

Rutin olahraga mampu membantu menjaga kesehatan kulit Anda. Alasannya, sirkulasi darah Anda bisa menjadi lebih lancar sehingga sel kulit bisa mendapatkan banyak asupan oksigen serta sel-sel kulit yang mati bisa keluar dari tubuh. Setelah berolahraga, jangan lupa untuk tetap membersihkan wajah Anda.

 

Baca Juga: Cara Menghilangkan Bekas Jerawat di Punggung

 

Tidur Teratur dan Istirahat yang Cukup

Tidur yang cukup serta teratur bisa membuat kesehatan kulit Anda tetap terjaga. Pasalnya, kekurangan tidur bisa membuat Anda mengalami stres dan menghasilkan peningkatan hormon glukokortikoid. Hormon tersebut bisa mengganggu fungsi serta struktur kulit Anda sehingga jerawat bisa muncul. Maka dari itu, sangat dianjurkan bagi Anda untuk tidur dengan cukup dan teratur setiap hari setidaknya 6 hingga 9 jam.

 

Menjaga Pola Makan

Ada beberapa jenis makanan yang bisa meningkatkan gula darah dan insulin pada tubuh Anda dengan cepat. Terlalu banyak insulin dapat memicu peningkatan sel penyumbat pori dan menumbuhkan jerawat. Untuk itu, Anda bisa memperbanyak mengonsumsi biji-bijian, kacang-kacang, dan sayuran.

 

Baca Juga: Cara Menghilangkan Jerawat Batu di Hidung

 

Membersihkan Wajah Secara Rutin

Anda juga wajib membersihkan wajah Anda setidaknya dua kali sehari secara rutin agar jerawat tidak muncul. Kulit wajah yang mempunyai kelenjar minyak yang bisa menghasilkan minyak lebih banyak daripada bagian tubuh lain. Maka dari itu, Anda harus membersihkan wajah setiap hari dengan menggunakan sabun wajah yang cocok dengan kulit Anda. Tidak hanya itu, Anda juga harus menghindari kebiasaan memencet jerawat Anda agar tidak memperparah jerawat Anda.

 

Menggunakan Tabir Surya

Paparan sinar matahari juga bisa menstimulasi kemunculan jerawat dan bahkan bisa memperparah jerawat. Untuk itu, Anda bisa memakai tabir surya pada wajah Anda sehingga Anda harus menggunakan tabir surya yang sesuai dan aman pada jenis kulit Anda.

 

Mengoleskan Obat Jerawat

Untuk mengatasi jerawat yang sudah ada di dagu Anda, Anda bisa mengoleskan krim yang memiliki kandungan retinoid dan benzoil peroksida. Anda juga bisa melakukan konsultasi terlebih dahulu untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

 

Baca Juga: Cara Mengempeskan Jerawat

 

Jerawat memang sangat mengganggu. Oleh karena itu, Anda harus tetap menjaga kesehatan dan kebersihan kulit Anda agar jerawat tidak lagi mengganggu penampilan Anda. Selamat mencoba!

 

 

Sumber:

  • Florencia, Gabriella. 6 Oktober 2019. Muncul Jerawat di Dagu? Bisa Jadi Tanda Penyakit. https://www.halodoc.com/muncul-jerawat-di-dagu-bisa-jadi-tanda-penyakit
  • Dame, Merry. 13 Juli 2019. Kenali Beragam Penyebab Jerawat di Dagu dan Cara Mengatasinya. https://www.alodokter.com/kenali-beragam-penyebab-jerawat-di-dagu-dan-cara-mengatasinya
  • Azmiyati, Uzlifatul. 4 Desember 2019. Penyebab Utama Jerawat Bisa Diketahui dari Letaknya di Wajah Loh! https://www.idntimes.com/health/fitness/azmi/ternyata-kamu-bisa-tahu-penyebab-jerawat-dari-letaknya-di-wajahmu
Dr. Olivia Ong

Dr. Olivia Ong

Sebagai expert dalam bidang Botulinum ToxinTM dan Soft Tissue FillerTM, dr. Olivia Ong yang lahir dan tumbuh di Jakarta ini memiliki berbagai sertifikasi internasional seperti Advance Filler Injection Workshop with Prominent Plastic Surgeons di Swedia, International Anatomy Masterclass di Paris dan Aesthetic and Anti-Aging Medicine World Congress di Monte-Carlo, Monaco.

Terkait

Apa Itu Ultherapy yang Menjadi Salah Satu Perawatan Kulit Paling Populer?

Apa Itu Ultherapy yang Menjadi Salah Satu Perawatan Kulit Paling Populer?

Maret 17, 2020
Rekomendasi Gaya Rambut Pria Pendek Samping Buat Tampilan Lebih Keren

Rekomendasi Gaya Rambut Pria Pendek Samping Buat Tampilan Lebih Keren

Maret 17, 2020
Hindari 8 Makanan yang Bikin Gemuk Ini Agar Bisa Langsing

Hindari 8 Makanan yang Bikin Gemuk Ini Agar Bisa Langsing

Maret 17, 2020

Comments are closed.