5 Kegunaan Es Batu untuk Wajah dan Cara Menggunakannya

Selama ini, es batu kebanyakan dipakai sebagai sajian dalam minuman untuk memberikan sensasi dingin. Namun, lebih dari itu, sebetulnya es batu juga punya fungsi lain, khususnya untuk wajah.

5 Kegunaan Es Batu untuk Wajah

Sensasi dingin yang dimiliki es batu mampu memberikan banyak khasiat pada wajah Anda. Apa saja kira-kira kegunaan es batu untuk wajah? Simak penjelasannya di bawah ini!

1. Membantu meredakan iritasi kulit wajah 

Ada kalanya kulit wajah akan mengalami iritasi dan berubah warna menjadi kemerahan. Penyebabnya bisa beragam, mulai dari karena pengaruh cuaca hingga ada yang disebabkan oleh penyakit seperti rosacea. Nah, salah satu kegunaan es batu untuk wajah adalah menjadi pertolongan pertama dalam mengatasi permasalahan kulit tersebut.

Caranya pun mudah. Ambil es batu dan masukkan ke kantong kain. Pastikan es batu yang digunakan berasal dari air bersih, ya. Setelah itu, kompres area kulit yang mengalami iritasi. Suhu dingin dari es batu akan membuat kulit yang iritasi menjadi lebih tenang dan lebih cepat kembali pada kondisi normal.

Baca juga: Cara Memutihkan Kulit Tangan dan Kaki dengan Beras yang Wajib Diketahui

2. Meredakan jerawat

Jerawat matan berwarna kemerahan sering kali menimbulkan rasa nyeri yang cukup mengganggu. Untuk meredakan rasa nyeri akibat jerawat, Anda bisa menggunakan es batu. Caranya masih sama, yaitu dengan mengompreskan es batu ke area wajah yang berjerawat. Gunakan kain kompres yang bersih agar tidak membuat jerawat semakin parah.

Selain menggunakan es batu yang terbuat dari air, Anda juga bisa menggunakan es batu dari rebusan air teh hijau. Teh hijau mengandung polifenol yang merupakan anti inflamasi alami. Menggunakan air teh hijau untuk mengompres jerawat akan membuat inflamasi mereda dan jerawat pun lebih cepat mengempis.

3. Membuat wajah tampak lebih segar

Aktivitas yang padat dan juga kurangnya istirahat bisa memberikan dampak buruk bagi tubuh manusia, termasuk area wajah. Tubuh yang kelelahan akan membuat wajah terlihat lesu dan tidak segar. Nah, kegunaan es batu untuk wajah dapat membantu mengatasi masalah tersebut.

Gunakan es batu untuk mengompres wajah. Namun, jangan menempelkan es batu langsung pada kulit wajah. Perubahan suhu secara mendadak dapat memberikan efek kejut bagi kulit wajah yang memang lebih sensitif dibandingkan kulit pada bagian lain. Sebagai gantinya, gunakanlah kantong kompres bersih yang diisi es batu, baru kemudian tempelkan pada kulit wajah. Suhu dingin es batu yang merasuk pada kulit wajah akan memberikan efek relaksasi. Sirkulasi darah dalam kulit menjadi lancar sehingga wajah pun terlihat lebih segar berseri. 

Baca juga: Ketahui Cara Menghilangkan Kerutan di Wajah dengan Tomat Secara Alami

4. Membantu mengurangi bengkak

Sama seperti kulit di bagian tubuh lainnya, kulit wajah pun bisa mengalami pembengkakan, misalnya saat sakit gigi atau setelah menjalani prosedur operasi. Kulit yang membengkak tentu membuat penampilan terlihat kurang oke. Anda bisa mengandalkan es batu untuk mengatasi keluhan akibat bengkak tersebut.

Kompres wajah dengan es batu secara teratur. Malam hari sebelum pergi tidur adalah waktu yang tepat untuk mengompres wajah. Lakukan secara rutin agar bengkak pada kulit wajah bisa segera mereda.

5. Membantu penyerapan produk skincare

Kegunaan es batu untuk wajah yang terakhir adalah untuk membantu penyerapan produk skincare. Siapa sangka, hanya dengan mengompreskan es batu sebelum menggunakan produk skincare, ternyata Anda bisa merasakan manfaat yang lebih besar.

Suhu dingin pada es batu akan membantu wajah “lebih siap” menerima produk skincare. Tidak hanya itu, suhu dingin tersebut juga akan membantu peredaran darah di dalam kulit menjadi lancar. Alhasil, produk skincare yang Anda gunakan selanjutnya pun bisa meresap lebih baik.

Nah, itulah beberapa kegunaan es batu untuk wajah. Mana yang sudah pernah Anda rasakan sendiri manfaatnya? Selain memanfaatkan es batu, sempurnakan tampilan kulit Anda dengan perawatan dari Jakarta Aesthetic Clinic. Seluruh prosedur dan perawatannya dilakukan oleh tim ahli yang tersertifikasi. Book your appointment now!

dr. Olivia Ong

Sebagai expert dalam bidang Botulinum ToxinTM dan Soft Tissue FillerTM, dr. Olivia Ong yang lahir dan tumbuh di Jakarta ini memiliki berbagai sertifikasi internasional seperti Advance Filler Injection Workshop with Prominent Plastic Surgeons di Swedia, International Anatomy Masterclass di Paris dan Aesthetic and Anti-Aging Medicine World Congress di Monte-Carlo, Monaco.

Terkait

Cara Menghilangkan Kerutan Dibawah Mata dengan Es Batu

Cara Menghilangkan Kerutan Dibawah Mata dengan Es Batu

April 2, 2021
Cryolipolysis Adalah Metode Menghilangkan Lemak yang Bisa Anda Coba

Cryolipolysis Adalah Metode Menghilangkan Lemak yang Bisa Anda Coba

April 2, 2021
Cara Menghilangkan Kerutan Dibawah Mata dengan Minyak Zaitun

Cara Menghilangkan Kerutan Dibawah Mata dengan Minyak Zaitun

April 2, 2021

Comments are closed.