Perawatan untuk Kulit Kering Sehari-Hari Secara Alami

perawatan untuk kulit kering

Perawatan untuk kulit kering menjadi hal yang sangat dibutuhkan oleh mereka yang seringkali melakukan aktivitas lapangan, pasalnya kulit mereka sangat rentan terkena paparan sinar matahari.

Namun bukan hanya itu saja, orang-orang yang melakukan aktivitas di dalam ruangan pun juga turut membutuhkan bentuk perawatan yang satu ini. Pasalnya kondisi di dalam ruangan kerja seringkali disertai dengan penggunaan AC yang tentunya dapat menjadikan kondisi kulit Anda lebih kering dari biasanya.

Ada beberapa cara merawat kulit kering yang dapat Anda terapkan dengan mudah dalam kehidupan sehari-hari. Namun, ketahui dulu penyebab dan faktor risiko kulit kering.

Inilah Penyebab Kulit Kering

Secara umum, kulit kering disebabkan oleh hilangnya kelembaban di lapisan luar kulit. Beberapa hal ini bisa saja disebabkan oleh:

1. Panas

Pemanas sentral, tungku pembakaran kayu, pemanas ruangan, dan perapian semuanya dapat mengurangi kelembapan kulit.

Baca juga: Ketahui Cara Alami Mengencangkan Kulit Wajah agar Awet Muda

2. Lingkungan

Hidup dalam kondisi dingin, berangin atau iklim dengan kelembapan rendah dapat menjadi sebab kulit wajah kering.

3. Terlalu sering mandi atau menggosok

Mandi air panas atau berendam dalam waktu lama atau terlalu sering menggosok kulit dapat mengeringkan kulit. Mandi lebih dari sekali sehari dapat menghilangkan minyak alami dari kulit Anda juga.

4. Sabun dan deterjen

Banyak sabun, deterjen, dan sampo bahkan produk perawatan kulit menghilangkan kelembapan dari kulit Anda karena diformulasikan untuk menghilangkan minyak.

Baca juga: Beberapa Tips Tentang Cara Merawat Wajah Berminyak

5. Kondisi kulit lainnya

Orang dengan kondisi kulit seperti dermatitis atopik (eksim) atau psoriasis lebih cenderung memiliki kulit kering.

6. Perawatan medis

Beberapa orang mengalami kulit kering dan tebal setelah menjalani pengobatan kanker, menjalani cuci darah atau minum obat tertentu.

7. Penuaan

Seiring bertambahnya usia, kulit menipis dan menghasilkan lebih sedikit minyak yang dibutuhkan kulit agar tetap lembap.

Baca juga: Cara Mengatasi Kerutan di Wajah dengan Anti-Wrinkle Injection

Faktor Risiko Kulit Kering

Kulit kering bisa menyerang siapa saja. Tetapi beberapa faktor risiko di bawah ini dapat meningkatkan peluang Anda terkena kulit kering.

1. Usia

Orang dewasa yang lebih tua lebih mungkin untuk mengalami kulit kering. Seiring bertambahnya usia, pori-pori Anda secara alami menghasilkan lebih sedikit minyak, sehingga meningkatkan risiko kulit kering.

2. Riwayat kesehatan

Anda lebih mungkin mengalami eksim atau dermatitis kontak alergi jika Anda memiliki riwayat kondisi ini atau penyakit alergi lainnya dalam keluarga Anda sehingga membuat kulit menjadi kering.

Baca juga: Inilah Cara Mengecilkan Pori-Pori Wajah Anda!

3. Musim

Kulit kering lebih sering terjadi selama musim gugur dan musim dingin, ketika tingkat kelembaban relatif rendah. Di musim panas, tingkat kelembapan yang lebih tinggi membantu mencegah kulit Anda mengering.

4. Kebiasaan mandi

Sering mandi atau mencuci dengan air yang sangat panas meningkatkan risiko kulit kering.

Baca juga: 3 Cara Mengangkat Sel Kulit Mati dengan Air Hangat

Kulit kering biasanya tidak berbahaya. Akan tetapi jika tidak dirawat, kulit kering dapat menyebabkan:

  • Dermatitis atopik (eksim). Jika Anda rentan mengalami kondisi ini, kekeringan yang berlebihan dapat menyebabkan menyebabkan ruam dan kulit pecah-pecah.
  • Infeksi. Kulit kering bisa menjadi pecah-pecah, memungkinkan bakteri masuk, menyebabkan infeksi.

7 Perawatan untuk Kulit Kering

Nah, bagi Anda yang ingin merawat kulit kering agar jauh lebih sehat serta terjaga kelembabannya, maka cobalah Anda simak penjelasan berikut ini:

1. Hindari Mandi dengan Air Panas

Mandi menggunakan air panas ternyata dapat menghilangkan minyak alami yang dikeluarkan oleh tubuh, sedangkan keberadaan minyak alami itu sendiri ditujukan untuk menjaga kulit tubuh Anda agar tetap terjaga kelembabannya.

Oleh karena itulah, bagi Anda yang ingin mandi menggunakan air hangat, maka pastikan untuk melakukannya dengan waktu yang tidak terlalu lama, atau maksimal selama 10 menit saja.

Selain itu, setelah mandi pastikanlah untuk menepuk-nepuk bagian kulit dan juga oleskan pelembab untuk menjaga kesehatan kulit tubuh Anda agar tidak kering.

Baca juga: Cara Memutihkan Kulit dengan Air Beras

2. Gunakan Sabun dengan Pelembab

Cara merawat kulit kering selanjutnya yaitu dengan menggunakan sabun dengan pelembab. Patut untuk Anda ketahui, bahwa mandi dengan menggunakan sabun yang mengandung pewangi atau deodoran itu justru dapat menjadikan kulit tubuh Anda kering.

Oleh karena itulah, untuk pilihan terbaik dalam menjaga kesehatan kulit tubuh yang kering, pastikanlah Anda menggunakan jenis sabun dengan kandungan pelembab di bagian dalamnya.

Pasalnya jenis sabun yang satu ini dapat membantu Anda dalam perawatan untuk kulit kering, seperti halnya menjaga kulit tubuh dengan lebih baik, dan juga menjadikannya lebih lembut. Selain itu, ketika mengeringkan tubuh, pastikanlah untuk tidak menggosok badan terlalu keras, karena hal tersebut dapat melukai kulit tubuh Anda.

3. Teknik Mencukur yang Benar

Bagi Anda yang memiliki kulit kering, pastikan pula untuk memperhatikan cara mencukur bulu. Pasalnya kegiatan bercukur itu sendiri dapat menjadikan kulit yang kering semakin kering. Untuk itu, bagi Anda yang hendak bercukur, maka lakukanlah hal tersebut tepat setelah mandi.

Pasalnya pada saat tersebut kondisi kulit dan juga rambut pada bagian tubuh Anda akan semakin lembut, sehingga proses mencukur pun akan lebih mudah untuk dilakukan.

Selain itu, pastikan untuk mencukur dengan menggunakan posisi dari arah rambut mulai tumbuh, dan gunakan pula pisau cukur yang tajam sehingga proses mencukur bulu kulit pun dapat dilakukan dengan lebih mudah.

Baca juga: Cara Menebalkan Alis dan Bulu Mata Secara Alami dan Permanen

4. Gunakan Tabir Surya

Paparan sinar matahari secara langsung, apalagi di cuaca yang terik dapat menjadikan kondisi kulit Anda semakin kering. Untuk menghindari hal tersebut, pastikan pula menggunakan produk perawatan tabir surya yang sesuai dengan jenis kulit Anda. Selain digunakan pada bagian kulit, pastikan pula untuk mengoleskannya pada area bibir.

Jika menerapkan cara mengatasi kulit kering ini pastikan juga untuk mengenakan jenis pakaian yang longgar, sehingga kulit tubuh Anda pun dapat bernapas dengan lebih baik, dan hindari penggunaan baju berlapis.

Baca juga: Beberapa Pilihan Cara Mengatasi Kulit Kering yang Praktis

5. Gunakan Minyak Zaitun

Selain menyehatkan tubuh, minyak zaitun pun punya khasiat untuk kecantikan. Sebab minyak ini membantu kulit kembali tampak lebih lembap akibat kekeringan.

Apabila memiliki kulit wajah kering, minyak zaitun dan madu dapat menjadi solusi perawatan kulit kering Anda.

6. Memakai Sarung Tangan

Gejala pertama yang dirasakan jika kulit kering adalah adanya ketidaknyamanan pada tubuh. Dan pemilik kulit kering sangat rentan iritasi yang menimbulkan kemerahan. Tanpa menggunakan sarung tangan, kulit kering Anda dapat bertambah parah. Jadi, saat beraktivitas seperti berkebun, lindungilah tangan Anda dengan sarung tangan yang sesuai.

Baca juga: Bagaimana Cara Mengatasi Kulit Wajah Keriput dan Kusam

7. Perbanyak Minum Air Putih

Memasuki musim kemarau dengan kondisi kulit yang semakin mudah kering dan pecah–pecah, ada baiknya untuk merubah beberapa kebiasaan hidup.

Salah satu penyebab utama dari kondisi kulit yang kering itu seringkali muncul dikarenakan kurangnya air di bagian dalam tubuh. Untuk itu, bagi Anda yang ingin menjaga kesehatan tubuh dan juga kondisi kulit agar tidak kering, maka pastikanlah untuk memenuhi asupan air setiap harinya dengan lebih baik.

Apalagi bagi Anda yang aktif bergerak dan melakukan banyak aktivitas yang tentunya membutuhkan jumlah air lebih banyak dibandingkan masyarakat lainnya.

Itulah informasi mengenai penyebab, faktor risiko dan beberapa bentuk perawatan kulit kering yang dapat Anda lakukan dengan mudah dalam aktivitas sehari-hari.

Konsultasikan Kulit ke Ahlinya

Kalau masalah Anda terasa cukup serius, mungkin sudah saatnya Anda mendatangi klinik perawatan kulit untuk berkonsultasi langsung. Tim dokter di Jakarta Aesthetic Clinic bisa memberikan solusi bagi kekhawatiran Anda. Dengan pengalaman dan peralatan berteknologi terkini, Anda bisa menemukan akar permasalahan wajah kering dan belajar bagaimana cara mencegahnya.

Jakarta Aesthetic Clinic juga memberikan opsi teraman untuk perawatan tanpa operasi untuk memberikan Anda kulit wajah yang sehat dan menambah kepercayaan diri. Jadi, tunggu apa lagi? Percayakan kesehatan kulit Anda pada Jakarta Aesthetic Clinic.

Sumber:

  • https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/dry-skin/symptoms-causes/syc-20353885
  • https://www.healthline.com/health/dry-skin
dr. Olivia Ong Cover

dr. Olivia Ong

Sebagai expert dalam bidang Botulinum ToxinTM dan Soft Tissue FillerTM, dr. Olivia Ong yang lahir dan tumbuh di Jakarta ini memiliki berbagai sertifikasi internasional seperti Advance Filler Injection Workshop with Prominent Plastic Surgeons di Swedia, International Anatomy Masterclass di Paris dan Aesthetic and Anti-Aging Medicine World Congress di Monte-Carlo, Monaco.

Terkait

9 Cara Eksfoliasi Wajah dengan Bahan Alami

9 Cara Eksfoliasi Wajah dengan Bahan Alami

Mei 31, 2022
Macam-Macam Bentuk Hidung di Dunia, termasuk Bentuk Hidung Orang Indonesia

Macam-Macam Bentuk Hidung di Dunia, termasuk Bentuk Hidung Orang Indonesia

Mei 31, 2022
Ketahui Manfaat Baby Skin Treatment

Ketahui Manfaat Baby Skin Treatment

Mei 30, 2022

Comments are closed.