5 Cara Mudah Menghilangkan Bekas Kulit Terbakar Matahari

Kulit Terbakar Matahari

 

Asupan vitamin D dari sinar matahari memang baik untuk daya tahan tubuh kita. Walaupun begitu, bukan berarti Anda harus berjemur di bawah sinar matahari sepanjang siang. Bukannya mendapatkan vitamin D, bisa-bisa kulit Anda akan terbakar matahari dan meninggalkan bekas yang cukup mengganggu. Jika dibiarkan, hal ini bisa mengganggu penampilan dan memengaruhi kepercayaan diri. Oleh sebab itu, apabila Anda memiliki bekas kulit terbakar matahari, lakukan cara-cara berikut ini untuk menghilangkannya.

 

1. “Dinginkan” Dulu Kulit yang Terbakar Sinar Matahari

Kulit terbakar matahari biasanya akan terasa panas dan meninggalkan bekas kemerahan. Sebelum mengobatinya, dinginkan dulu area kulit yang terbakar karena paparan sinar matahari. Anda bisa mengompresnya dengan handuk bersih yang sudah dibasahi air dingin atau langsung mandi di bawah kucuran air dingin.

 

2. Oleskan Gel Lidah Buaya

Apabila area kulit yang terbakar sudah tidak terasa panas, Anda bisa mulai melakukan perawatan. Salah satu cara menghilangkan bekas kulit terbakar matahari adalah dengan menggunakan gel lidah buaya. Anda bisa membeli tanaman lidah buaya, lalu mengeluarkan gelnya untuk dioleskan pada area kulit yang terbakar. Oleskan dengan gerakan memutar. Diamkan selama kurang lebih setengah jam, lalu bilas dengan air dingin bersih.

Namun, jika kesulitan menemukan tanaman lidah buaya, Anda juga bisa menggunakan produk gel lidah buaya yang biasa dijual di pasaran. Lakukan perawatan ini sebanyak dua kali dalam sehari untuk mendapatkan hasil optimal.

 

Baca Juga: Mengatasi Kulit Kering

 

3. Bisa Juga Pakai Minyak Zaitun dan Lavender

Sebagai alternatif dari lidah buaya, Anda juga bisa menggunakan minyak zaitun dan lavender. Campurkan tiga tetes essential oil lavender dan tiga sendok makan minyak zaitun extra-virgin. Gunakan campuran minyak tersebut untuk dipijatkan pada area kulit yang terbakar matahari selama kurang lebih lima menit. Diamkan selama sekitar tiga puluh menit, setelah itu bilaslah dengan air hangat bersih. Lakukan perawatan ini selama tiga kali dalam sehari.

 

4. Pakai Madu Sebelum Tidur

Madu dapat menjadi “obat” untuk meredakan bekas kulit yang terbakar. Oleskan madu secukupnya pada area kulit yang dimaksud. Kemudian, tutup area kulit tersebut dengan perban dan biarkan saja semalaman. Baru pada pagi hari, buka perban tersebut dan bilas madu menggunakan air hangat. Agar mendapatkan hasil optimal, Anda disarankan untuk melakukan perawatan satu ini setiap malam.

 

Baca Juga: Cara Memutihkan Kulit Tubuh secara Alami Dalam 1 Hari

 

5. Perawatan Dokter Jika Efeknya Parah

Jika ternyata bekas kulit terbakar masih terlihat cukup parah atau tak kunjung menghilang, sebaiknya segera kunjungi dokter untuk berkonsultasi. Apalagi memang sinar matahari yang mengenai kulit bisa memberikan efek munculnya flek, berkurangnya produksi kolagen, hingga mempercepat penuaan dini.

 

Kesimpulan

Kabar baiknya, sekarang telah hadir perawatan tanpa bedah yang dapat membantu menghilangkan bekas kulit terbakar sinar matahari. Perawatan bernama Anti Oxidant Infusion ini bisa Anda dapatkan di Jakarta Aesthetic Clinic (JAC). Bahkan tidak hanya membantu menghilangkan flek-flek hitam bekas kulit yang terbakar sinar matahari, Baby Skin Treatment dari JAC juga dapat meratakan dan mencerahkan warna kulit serta membantu meredakan jerawat bandel. Caranya dengan menerapkan prosedur yang aman dan dilakukan dokter profesional.

Jangan biarkan bekas kulit terbakar mengganggu kenyamanan aktivitas dan penampilan sehari-hari. Segera lakukan cara-cara di atas untuk mengatasinya. Dapatkan kembali kulit bersih, cerah, serta bebas flek bekas paparan sinar matahari!

 


Sumber:

Dr. Olivia Ong

Dr. Olivia Ong

Sebagai expert dalam bidang Botulinum ToxinTM dan Soft Tissue FillerTM, dr. Olivia Ong yang lahir dan tumbuh di Jakarta ini memiliki berbagai sertifikasi internasional seperti Advance Filler Injection Workshop with Prominent Plastic Surgeons di Swedia, International Anatomy Masterclass di Paris dan Aesthetic and Anti-Aging Medicine World Congress di Monte-Carlo, Monaco.

Terkait

Mengenal Filler Hidung untuk Kecantikan

Mengenal Filler Hidung untuk Kecantikan

Oktober 1, 2020
Mencari Dokter Kulit Jakarta Selatan Terbaik

Mencari Dokter Kulit Jakarta Selatan Terbaik

Oktober 1, 2020
6 Cara Menghilangkan Stretch Mark di Tubuh

6 Cara Menghilangkan Stretch Mark di Tubuh

Oktober 1, 2020

Comments are closed.