Perawatan Laser Wajah untuk Menghilangkan Flek Hitam

Flek hitam di kulit, khususnya bagian wajah memang mengganggu penampilan Anda. Untungnya sudah ada perawatan laser wajah untuk menghilangkan flek hitam dengan optimal. Namun sebenarnya apa yang menyebabkan masalah ini muncul? Bagaimana memilih perawatan laser wajah yang tepat?

Anda tidak perlu bingung karena JAC telah menyiapkan informasi selengkapnya di bawah ini. Simak informasinya sekarang juga!

Penyebab Flek Hitam Muncul di Wajah

laser wajah untuk menghilangkan flek hitam

Sebelum membahas perawatan laser wajah untuk menghilangkan flek hitam, Anda harus memahami penyebab masalah ini muncul. Flek hitam di wajah memang sering muncul. Namun Anda tidak perlu mengkhawatirkannya terlalu dalam.

Flek hitam terhitung sebagai masalah yang lumrah terjadi. Apalagi ada beberapa penyebab dari masalah ini. Beberapa daerah kulit yang selain tampak flek hitam, seperti wajah, punggung, pundak, hingga punggung tangan. 

Flek hitam ini memiliki warna yang berbeda-beda. Ada yang cokelat muda hingga cokelat tua. Tidak akan menimbulkan rasa sakit juga. Terkadang dapat hilang dengan sendirinya namun memakan waktu cukup lama, yakni 6 hingga 12 bulan. 

Beberapa penyebab dari flek hitam ini mencakup:

1. Akibat sinar matahari

Flek hitam akibat sinar matahari sering terlihat karena terlalu sering terpapar cahaya matahari. Tentu saja area wajah sering terpapar sinar matahari setiap hari ketika beraktivitas di luar ruangan.

2. Perubahan hormonal

Perubahan hormonal menyebabkan muncul flek hitam. Kondisi ini sering terjadi pada wanita, khususnya ketika sedang menjalani masa kehamilan.

Baca juga: 5 Cara Menghilangkan Blackhead di Area Hidung

3. Efek samping obat

Ada beberapa obat yang meningkatkan pigmentasi kulit sehingga menyebabkan flek hitam muncul. Beberapa obat itu seperti antiinflamasi nonsteroid (NSAID), tetrasiklin, dan obat psikotropika.

4. Peradangan

Flek hitam dapat berkembang setelah adanya peradangan kulit. Peradangan kulit bisa terjadi karena berbagai alasan, seperti eksim, psoriasis, cedera pada kulit, dan jerawat.

5. Penyembuhan luka

Pernah digigit serangga? Pasti Anda bakal melihat flek hitam saat lukanya sudah sembuh. Tenang saja, itu akan memudar seiring berjalannya waktu.

6. Kosmetik

Kosmetik yang memiliki kandungan tidak bagus bisa menyebabkan iritasi kulit sehingga membentuk flek hitam mengganggu.

7. Diabetes

Diabetes dapat menyebabkan area kulit menjadi lebih gelap hingga muncul flek hitam. Jangan sampai keliru karena banyak orang yang berpikir kalau flek hitam ketika diabetes itu hanya karena efek penuaan saja.

Baca juga: Cara Menghilangkan Bintik Hitam Di Wajah Dengan Alami

Memilih Laser Wajah untuk Menghilangkan Flek Hitam

Perawatan untuk menghilangkan flek hitam di wajah bisa menggunakan laser. Penggunaan laser ini layaknya flash kamera. Ketika diarahkan ke flek hitam, maka dapat diserap oleh flek hitam tersebut karena memiliki pigmen. 

Tenang saja, untuk kulit terang di sekitarnya yang tak berpigmen tidak akan menyerap cahaya laser itu. Jadi perawatan ini terhitung aman. Sebaiknya lakukan perawatan ini sejak awal karena pigmen gelap itu bisa terus menumpuk di kulit dari waktu ke waktu. Semakin lama didiamkan, maka semakin sulit diobati. 

Sebelum melakukan terapi laser flek hitam di wajah Anda, maka pertimbangkanlah hal-hal berikut ini:

1. Pilihlah Klinik dengan Pelayanan yang Tepat

Banyaknya klinik yang menawarkan treatment laser flek hitam di wajah, menjadikan Anda sedikit rumit dalam menentukan pilihan yang tepat. Oleh karena itu, Anda perlu memeriksa reputasi klinik yang ada untuk memeriksa rekam jejak dalam memberikan pelayanan yang berkualitas.

Pastikan juga klinik yang hendak Anda kunjungi sudah terdaftar pada otoritas yang tepat dan memiliki izin sebagaimana diwajibkan oleh undang-undang. 

2. Siapkan List Pertanyaan Anda Ketika Berkonsultasi

Sebelum Anda bertemu dengan dokter, buatlah list pertanyaan berkaitan dengan terapi laser yang akan Anda lakukan. Jangan lupa juga untuk mendiskusikan kondisi Kesehatan Anda saat ini karena tidak semua orang memenuhi syarat untuk mendapatkan perawatan laser.

Misalnya, apakah Anda memiliki penyakit autoimun? apakah Anda memiliki alat pacu jantung yang ditanam? apakah Anda sedang hamil atau menyusui? atau apakah Anda menderita penyakit lain yang kemungkinan tidak diperbolehkan untuk menerima perawatan laser.  

Pada akhirnya, dokter kulit Anda dapat membantu Anda mengidentifikasi laser flek hitam yang tepat untuk kulit Anda.

Baca juga: Cara Merawat Wajah Pria agar Putih dan Bersih

 3. Perhatikan Tipe dan Kondisi Kulit Wajah Anda

Laser adalah treatment yang dapat menghasilkan hasil yang luar biasa pada kulit wajah Anda, tetapi itu bukan berarti laser adalah mesin ajaib. Semuanya tergantung pada tipe dan kondisi kulit wajah Anda serta jenis perawatan yang Anda lakukan, hasilnya bisa memakan waktu, bahkan sesi pengulangan laser treatment mungkin diperlukan.

Studi pada tahun 2021 menerangkan bahwa orang dengan kulit putih (kulit Fitzpatrick tipe I-III) memiliki lebih sedikit melanin; mereka mengalami prevalensi efek yang lebih rendah seperti jaringan parut. Sebaliknya, orang dengan konsentrasi melanin yang lebih tinggi (kulit Fitzpatrick tipe IV-VI) lebih rentan terhadap kondisi dermatologis tertentu seperti melasma, yang dapat menyebabkan jaringan parut hipertrofik.

Sementara jenis laser juga berbeda-beda, ada yang menangani masalah di bawah permukaan kulit, seperti garis-garis halus, ada juga jenis laser yang dapat mengurangi kerutan, pori-pori yang membesar, tekstur kulit atau warna kulit yang tidak merata akibat bintik flek hitam di wajah. Beberapa laser juga membantu memperbaiki kerusakan akibat paparan sinar matahari atau kemerahan.

Oleh karena itu, laser treatment yang akan Anda peroleh akan berbeda tergantung pada jenis kulit Anda. Maka berkonsultasilah dengan dokter kulit Anda untuk menemukan perawatan laser flek yang tepat untuk membantu perawatan wajah Anda.

4. Pertimbangkan Waktu yang Tepat Melakukan Laser

Yang perlu Anda pertimbangkan selanjutnya adalah waktu untuk melakukan laser flek hitam di wajah. Hal ini berkaitan perawatan pasca prosedur, karena lama perawatan tersebut bervariasi, tergantung pada prosedur dan kulit Anda.

Saat menjalani terapi laser flek hitam di wajah, maka pada umumnya Anda akan disarankan untuk menghindari cahaya matahari secara langsung. Mengapa? Paparan sinar matahari membuat kulit sensitif terhadap panas, dan prosedur laser pada kulit sensitif dapat menyebabkan hiperpigmentasi, luka bakar, dan jaringan parut.

Baca juga: Cara Reapply Sunscreen Agar Wajah Tetap Terlindungi Sepanjang Hari

Jangan sampai, setelah melakukan terapi laser flek hitam di wajah, Anda memiliki jadwal pekerjaan yang mengharuskan Anda berada diluar ruangan dengan waktu yang lama atau Anda memiliki jadwal liburan akhir pekan bersama keluarga di pantai.

Perawatan pasca prosedur sangat penting untuk mencegah perubahan pigmentasi, jaringan parut, atau infeksi parah. Oleh karena itu, selalu pastikan untuk mengikuti instruksi dokter Anda guna mempertahankan dan meningkatkan hasil terapi laser Anda.

5. Siapkan Budget Anda

Hal terakhir yang perlu menjadi perhatian Anda adalah budget terapi laser flek hitam di wajah yang hendak Anda lakukan. Treatment ini tergantung dengan jenis dan kondisi muka Anda. Semakin tebal bintik hitam di wajah Anda, maka terapi laser ini mungkin membutuhkan pengulangan perawatan. Maka, otomatis Anda harus menyiapkan budget yang lebih.

Baca juga: 7 Cara Menghilangkan Hiperpigmentasi pada Kulit

Hilangkan Flek dengan Aman di Jakarta Aesthetic Clinic

Masih ragu menggunakan laser wajah? Sekarang Anda tidak perlu bingung dan takut untuk memudarkan flek hitam karena Jakarta Aesthetic Clinic telah menyediakan perawatan yang sangat aman “Antioxidant Infusion yang menggunakan gabungan vitamin C, vitamin B komplek, dan antioksidan lainnya dalam dosis optimal dan sesuai. Perawatan ini dapat membantu menghilangkan flek dan bintik hitam di wajah, bahkan mampu menghaluskan dan mencerahkan kulit.

Selain itu Anda juga dapat memanfaatkan Baby Skin Treatment. Perawatan ini akan meredakan peradangan dan iritasi. Selain itu, dapat mematikan jerawat dari dalam, sekaligus memperbaiki luka yang timbul sehingga pori-pori kembali mengetat.

Kandungan dalam perawatan Baby Skin Treatment telah ditemukan secara alami dan disahkan oleh FDA di Amerika Serikat dan BPOM RI. Dengan begitu seluruh proses dan hasil akhir perawatan ini dipastikan aman tanpa efek samping. 

Tertarik untuk melakukan perawatan untuk menghilangkan flek hitam dari Jakarta Aesthetic Clinic? Klik di sini untuk mendapatkan informasi lebih lanjut!

Sumber:

  • https://www.medicalnewstoday.com/articles/324833
  • Laser Treatment for the Removal of Dark Spots
  • Wu, D. C., Goldman, M. P., Wat, H., & Chan, H. H. (2021). A systematic review of picosecond laser in dermatology: evidence and recommendations. Lasers in Surgery and Medicine, 53(1), 9-49.
dr. Olivia Ong Cover

dr. Olivia Ong

Sebagai expert dalam bidang Botulinum ToxinTM dan Soft Tissue FillerTM, dr. Olivia Ong yang lahir dan tumbuh di Jakarta ini memiliki berbagai sertifikasi internasional seperti Advance Filler Injection Workshop with Prominent Plastic Surgeons di Swedia, International Anatomy Masterclass di Paris dan Aesthetic and Anti-Aging Medicine World Congress di Monte-Carlo, Monaco.

Terkait

Inilah Perbedaan Sunscreen dan Sunblock, Jangan Sampai Tertukar

Inilah Perbedaan Sunscreen dan Sunblock, Jangan Sampai Tertukar

Februari 2, 2023
Perbedaan Moisturizer dan Sunscreen, Sudah Tahu Belum?

Perbedaan Moisturizer dan Sunscreen, Sudah Tahu Belum?

Februari 2, 2023
Inilah Ciri Ciri Skin Barrier Rusak yang Harus Anda Ketahui

Inilah Ciri Ciri Skin Barrier Rusak yang Harus Anda Ketahui

Februari 2, 2023

Comments are closed.