Flek hitam di kulit, khususnya bagian wajah memang mengganggu penampilan Anda. Untungnya sudah ada perawatan laser wajah untuk menghilangkan flek hitam dengan optimal. Namun sebenarnya apa yang menyebabkan masalah ini muncul? Bagaimana memilih perawatan laser wajah yang tepat?

Anda tidak perlu bingung karena JAC telah menyiapkan informasi selengkapnya di bawah ini. Simak informasinya sekarang juga!

Penyebab Flek Hitam Muncul di Wajah

Sebelum membahas perawatan laser wajah untuk menghilangkan flek hitam, Anda harus memahami penyebab masalah ini muncul. Flek hitam di wajah memang sering muncul. Namun Anda tidak perlu mengkhawatirkannya terlalu dalam.

Flek hitam terhitung sebagai masalah yang lumrah terjadi. Apalagi ada beberapa penyebab dari masalah ini. Beberapa daerah kulit yang selain tampak flek hitam, seperti wajah, punggung, pundak, hingga punggung tangan. 

Flek hitam ini memiliki warna yang berbeda-beda. Ada yang cokelat muda hingga cokelat tua. Tidak akan menimbulkan rasa sakit juga. Terkadang dapat hilang dengan sendirinya namun memakan waktu cukup lama, yakni 6 hingga 12 bulan. 

Beberapa penyebab dari flek hitam ini mencakup:

1. Akibat sinar matahari

Flek hitam akibat sinar matahari sering terlihat karena terlalu sering terpapar cahaya matahari. Tentu saja area wajah sering terpapar sinar matahari setiap hari ketika beraktivitas di luar ruangan.

2. Perubahan hormonal

Perubahan hormonal menyebabkan muncul flek hitam. Kondisi ini sering terjadi pada wanita, khususnya ketika sedang menjalani masa kehamilan.

Baca juga: 5 Cara Menghilangkan Blackhead di Area Hidung

3. Efek samping obat

Ada beberapa obat yang meningkatkan pigmentasi kulit sehingga menyebabkan flek hitam muncul. Beberapa obat itu seperti antiinflamasi nonsteroid (NSAID), tetrasiklin, dan obat psikotropika.

4. Peradangan

Flek hitam dapat berkembang setelah adanya peradangan kulit. Peradangan kulit bisa terjadi karena berbagai alasan, seperti eksim, psoriasis, cedera pada kulit, dan jerawat.

5. Penyembuhan luka

Pernah digigit serangga? Pasti Anda bakal melihat flek hitam saat lukanya sudah sembuh. Tenang saja, itu akan memudar seiring berjalannya waktu.

6. Kosmetik

Kosmetik yang memiliki kandungan tidak bagus bisa menyebabkan iritasi kulit sehingga membentuk flek hitam mengganggu.

7. Diabetes

Diabetes dapat menyebabkan area kulit menjadi lebih gelap hingga muncul flek hitam. Jangan sampai keliru karena banyak orang yang berpikir kalau flek hitam ketika diabetes itu hanya karena efek penuaan saja.

Baca juga: Cara Menghilangkan Bintik Hitam Di Wajah Dengan Alami

Memilih Laser Wajah untuk Menghilangkan Flek Hitam

Perawatan untuk menghilangkan flek hitam di wajah bisa menggunakan laser. Penggunaan laser ini layaknya flash kamera. Ketika diarahkan ke flek hitam, maka dapat diserap oleh flek hitam tersebut karena memiliki pigmen. 

Tenang saja, untuk kulit terang di sekitarnya yang tak berpigmen tidak akan menyerap cahaya laser itu. Jadi perawatan ini terhitung aman.

Sebaiknya lakukan perawatan ini sejak awal karena pigmen gelap itu bisa terus menumpuk di kulit dari waktu ke waktu. Semakin lama didiamkan, maka semakin sulit diobati. 

Perawatan laser ini memakan waktu sekitar 30 menit. Sensasinya seperti ada karet yang ditembakkan ke kulit Anda. Walaupun begitu, pasti Anda tetap bisa merasa nyaman. Apalagi satu kali perawatan saja sudah cukup memberikan hasil efektif. Mungkin butuh tiga kali perawatan tergantung seberapa dalam flek hitam tersebut.

Banyak bilang flek hitam ini termasuk sebagai tanda penuaan. Dalam istilah medis, flek hitam dikenal sebagai lentigines yang disebabkan oleh sinar matahari. Kulit Anda akan terlihat tua dan tidak enak untuk dipandang. Itulah mengapa diperlukan perawatan yang maksimal menggunakan laser.

Perawatan laser wajah mampu diserap flek hitam itu. Semakin gelap sel kulitnya, maka semakin banyak energi yang diserap untuk membunuh sel tertentu. Perawatan ini sendiri sangat cocok untuk jenis kulit yang lebih terang. Dengan begitu, laser dapat membedakan dengan jelas antara kulit normal dan flek hitam tersebut.

Setelah melakukan perawatan laser, maka Anda membutuhkan waktu 4-7 hari hingga flek hitam itu mengelupas seperti bubuk kopi. Agar tidak timbul kembali, gunakan tabir surya jika beraktivitas di luar rumah. Khususnya setelah melakukan perawatan ini.

Kalau tidak mencegahnya sejak dini, maka paparan sinar matahari dapat menimbulkan flek hitam di wajah lagi. Usaha untuk menghilangkan flek ini sudah pasti sia-sia, bukan?

Baca juga: 4 Cara Menghilangkan Hiperpigmentasi pada Kulit

Sekarang Anda tidak perlu lagi bingung untuk memudarkan flek hitam tersebut karena Jakarta Aesthetic Clinic telah menyediakan perawatan Baby Skin Treatment. Prosedur dari perawatan ini akan meredakan peradangan dan iritasi. Selain itu juga dapat mematikan jerawat dari dalam, sekaligus memperbaiki luka yang timbul sehingga pori-pori kembali mengetat.

Kandungan dalam perawatan Baby Skin Treatment telah ditemukan secara alami dan disahkan oleh FDA di Amerika Serikat dan BPOM RI. Dengan begitu seluruh proses dan hasil akhir perawatan ini dipastikan aman tanpa efek samping. 

Tertarik untuk melakukan perawatan laser wajah untuk menghilangkan flek hitam dari Jakarta Aesthetic Clinic? Klik di sini untuk mendapatkan informasi lebih lanjut!

Sumber:

https://www.medicalnewstoday.com/articles/324833

https://www.epiphanydermatology.com/blog/laser-treatment-for-the-removal-of-dark-spots/

dr. Olivia Ong

Sebagai expert dalam bidang Botulinum ToxinTM dan Soft Tissue FillerTM, dr. Olivia Ong yang lahir dan tumbuh di Jakarta ini memiliki berbagai sertifikasi internasional seperti Advance Filler Injection Workshop with Prominent Plastic Surgeons di Swedia, International Anatomy Masterclass di Paris dan Aesthetic and Anti-Aging Medicine World Congress di Monte-Carlo, Monaco.

Terkait

Cara Mengencangkan Perut yang Efektif

Cara Mengencangkan Perut yang Efektif

Oktober 21, 2021
Rekomendasi Terbaik untuk Cara Menghilangkan Flek Hitam di Wajah

Rekomendasi Terbaik untuk Cara Menghilangkan Flek Hitam di Wajah

Oktober 21, 2021
5 Cara Menghilangkan Dark Circle di Bawah Mata

5 Cara Menghilangkan Dark Circle di Bawah Mata

Oktober 21, 2021

Comments are closed.