Setiap manusia memiliki bentuk hidung yang berbeda, sehingga menjadi salah satu ciri khas pada wajah mereka. Bentuk hidung orang Indonesia pastinya berbeda dengan bentuk hidung orang yang hidup di belahan bumi lainnya. Apa saja ya, macam-macam bentuk hidung yang dimiliki oleh setiap manusia?

Mengapa Bentuk Hidung Berbeda-Beda?

Bentuk hidung yang berbeda (hidung mancung dan pesek) ditentukan oleh ras atau kelompok etnis yang kita miliki. Tak heran, bentuk hidung orang Indonesia berbeda dengan yang lainnya. Ras merujuk kepada kelompok manusia yang tinggal di suatu wilayah dan memiliki karakteristik wajah yang berbeda pula, termasuk hidung.

Macam-macam bentuk hidung manusia pun berbeda karena mereka harus beradaptasi dengan lingkungan, termasuk perubahan iklim. Akhirnya, terciptalah bentuk hidung yang berbeda dari setiap ras tersebut.

Menurut penelitian yang diterbitkan di Journal of PLOS Genetic, perbedaan bentuk hidung manusia terjadi bukan karena keturunan, melainkan adaptasi terhadap iklim tempat mereka tinggal. Lebarnya bentuk hidung berhubungan dengan suhu dan kelembaban lokasi yang didiami. Tentunya, tak melupakan faktor lainnya yang mempengaruhi perbedaan bentuk hidung.

Macam-Macam Bentuk Hidung Berdasarkan Ras

Sebenarnya, tidak ada batasan yang jelas mengenai perbedaan ras, namun kita akan berfokus pada kelompok ras berdasarkan tempat tinggal mereka, sesuai dengan pembahasan di atas. Ada lima ras yang akan kita bahas bentuk hidungnya, yaitu Eropa, Asia, Afrika, Amerika, dan Mediterania. Bagaimana macam-macam bentuk hidung kelima ras tersebut?

1. Ras Eropa

Bentuk Hidung Orang Eropa

Perbedaan iklim dan cuaca di negara-negara Eropa tentunya menghasilkan bentuk hidung yang berbeda pula. Orang yang tinggal di Eropa Utara yang memiliki iklim dingin tidak memiliki bentuk hidung yang sama dengan mereka yang mendiami Eropa Selatan. Satu karakteristik yang khas adalah jembatan hidung yang lumayan sempit.

Berdasarkan bentuk hidung, penduduk Eropa Utara memiliki hidung yang lebar dengan ujungnya yang menonjol, sedangkan penduduk asli Eropa Barat laut memiliki hidung yang lancip. Pada umumnya, orang Eropa memiliki hidung yang sedikit lebih lebar dan panjang dibandingkan dengan kelompok etnis lainnya di muka bumi ini.

2. Ras Asia

Bentuk Hidung Orang Indonesia - Hidung Orang Asia

Keturunan Asia yang dimaksud dalam artikel ini mencakup orang Asia dari timur hingga selatan, termasuk Indonesia. Ujung hidung orang Asia biasanya lebih lebar dan bulat, dengan lubang hidung yang lebar dan tidak ada jembatan hidung yang menonjol karena tulang hidungnya kecil.

Orang Asia Timur memiliki bentuk hidung yang lebih ramping, sehingga dianggap sebagai pemilik hidung terkecil. Tak heran di Korea Selatan, banyak orang yang melakukan operasi plastik untuk mengecilkan hidung mereka. Sedangkan orang Asia, mulai dari daerah timur hingga ke selatan, memiliki jarak yang lebih luas antara kedua lubang hidung mereka.

Bentuk hidung orang Indonesia juga termasuk dalam golongan ras ini, meskipun berbeda-beda setiap orangnya.

Baca juga: 4 Langkah Mudah Menghilangkan Flek Hitam di Sekitar Hidung

3. Ras Afrika

Bentuk hidung orang afrika yang cenderung lebar dan menonjol

Berbeda dengan kedua ras yang disebutkan di atas, ras Afrika memiliki bentuk hidung yang paling lebar dan menonjol. Lubang hidung yang besar, ujung yang bulat dan lebar, serta jembatan hidung yang kurang menonjol adalah ciri khas hidung orang Afrika.

Penduduk Afrika Barat memiliki hidung paling besar serta lubang hidung yang lebih lebar dibandingkan penduduk Afrika lainnya. Sedangkan orang Afrika Utara, seperti Maroko, Mesir dan Tunisia memiliki lebar hidung yang lebih kecil.

4. Ras Amerika

Hidung Ras Amerika

Sebelum membahas bentuk hidung ras ini, kita harus mengetahui bahwa Amerika terdiri dari pendatang sejak ratusan tahun yang lalu, sehingga ras mereka pun bercampur dengan ras yang lain. Contohnya, di Amerika ada ras African-American dan Hispanik (Amerika Latin), yaitu ras campuran Amerika yang memiliki keturunan Spanyol.

Bentuk hidung bangsa Amerika asli (Suku Navajo, Cherokee) berbeda-beda setiap orangnya. Yang menjadi ciri khasnya adalah hidung yang lebih pendek dan lebar. 

Ras African-American masih mewarisi hidung ras Afrika, yaitu hidung yang lebar dengan jembatan yang luas, lubang hidung yang lebar, dan ujung yang lebih bulat. Lain lagi dengan ras Hispanik, mereka juga punya hidung yang lebar tapi ujungnya tidak menonjol.

Baca juga: Cara Mengencangkan Kulit Hidung dengan Alami dan Aman

5. Ras Mediterania

Bentuk Hidung Orang Arab

Ras yang terakhir adalah Mediterania, yaitu penduduk yang tinggal di Eropa bagian selatan hingga Asia tengah, seperti bangsa Turki. Bentuk hidung mereka berbeda dengan ras Asia maupun Eropa sehingga terlihat lebih unik. Mereka memiliki hidung yang bulat dengan ujung yang sedikit tidak menonjol.

Di antara keturunan Mediterania, bentuk hidung orang Arab diyakini memiliki kemiripan dengan bentuk hidung orang Afrika, yaitu ujung yang lebih bulat dan berisi.

Menarik sekali, ya, mengetahui macam-macam bentuk hidung setiap ras yang ada di muka bumi ini. Kita juga bisa mengetahui bahwa bentuk hidung orang Indonesia mirip dengan ras Asia.

Apapun bentuk hidung kita, harus tetap disyukuri karena itu merupakan pemberian Tuhan yang sempurna dan sesuai dengan wajah kita. Karena itu, rawatlah wajah Anda dengan prosedur Baby Skin Treatment dari Jakarta Aesthetic Clinic sebagai bentuk mencintai diri sendiri. Hasilnya, kulit akan terlihat lebih muda dan Anda pun merasa percaya diri. Hubungi saja JAC untuk melakukan booking dan pertanyaan mengenai prosedur ini.

Sumber:

  • https://ariamedtour.com/blogs/nose-shapes-in-different-races/
dr. Olivia Ong Cover

dr. Olivia Ong

Sebagai expert dalam bidang Botulinum ToxinTM dan Soft Tissue FillerTM, dr. Olivia Ong yang lahir dan tumbuh di Jakarta ini memiliki berbagai sertifikasi internasional seperti Advance Filler Injection Workshop with Prominent Plastic Surgeons di Swedia, International Anatomy Masterclass di Paris dan Aesthetic and Anti-Aging Medicine World Congress di Monte-Carlo, Monaco.

Terkait

Ketahui Ciri-Ciri Penuaan Dini, Jangan Sampai Terlambat

Ketahui Ciri-Ciri Penuaan Dini, Jangan Sampai Terlambat

Desember 5, 2022
Bagaimana Cara Menghilangkan Scar di Wajah?

Bagaimana Cara Menghilangkan Scar di Wajah?

Desember 5, 2022
Buat Penampilan Makin Segar, Inilah Cara Mengencangkan Pipi yang Kendur

Buat Penampilan Makin Segar, Inilah Cara Mengencangkan Pipi yang Kendur

Desember 5, 2022

Comments are closed.