Ini 3 Makanan Diet Pengganti Nasi yang Bisa Anda Konsumsi

Ini 3 Makanan Diet Pengganti Nasi yang Bisa Anda Konsumsi

Salah satu cara untuk melakukan diet dan menjaga kesehatan dengan baik adalah dengan mengurangi konsumsi karbohidrat dan gula. Nasi adalah salah satu makanan yang memiliki salah satu sumber karbohidrat dan gula dalam jumlah besar dan mengandung indeks glikemik tinggi yang berbeda dengan beras merah. Mengonsumsi karbohidrat dalam jumlah besar dapat meningkatkan gula darah dan kalori pada tubuh. Oleh karena itu banyak yang menyarankan untuk mengurangi mengonsumsi nasi putih atau bahkan memakan makanan pengganti nasi.

Contoh Makanan Pengganti Nasi Putih

Banyak contoh sumber karbohidrat pengganti nasi yang bisa Anda coba sebagai bagian dari program diet Anda. Anda juga bisa mencobanya apabila ingin menjalani pola hidup yang lebih sehat.

Sebagai contoh, jika Anda ingin mengonsumsi makanan rendah kalori dan karbohidrat, Anda dapat mencoba oat, sayur-sayuran seperti kembang kol, biji-bijian seperi jagung, dan umbi-umbian seperti ubi jalar. Bila Anda serius untuk menjalani pola hidup sehat, berbagai makanan tersebut bisa menjadi rekomendasi makanan diet pengganti nasi. Yuk, simak ulasan mengenai berbagai makanan sehat sumber karbohidrat tersebut.

1. Roti Gandum

Salah satu pilihan terbaik bila Anda baru belajar diet tanpa nasi adalah dengan mengonsumsi roti gandum. Roti gandum merupakan sumber karbohidrat kompleks dan juga memiliki kandungan serat yang tinggi. Akibatnya, roti gandum dapat membuat Anda cepat kenyang hanya dengan mengonsumsi satu tangkap roti yang diisi dengan telur rebus, sayur dan daging.

Dalam memilih roti gandum, Anda pun tak boleh sembarangan. Yang membuat kandungan kalori tinggi dari sebuah nasi adalah kandungan gula di dalamnya, roti pun terancam memiliki kandungan yang sama bahkan atau lebih tinggi bila Anda tidak memperhatikan komposisinya. Sebaiknya, pilih roti gandum yang dibuat tanpa kandungan gluten. Hal ini bisa mengurangi kalori di dalamnya dan juga mampu memberikan manfaat terbaik gandum.

Baca juga: 4 Menu Diet Buah dan Sayur yang Nikmat

2. Sereal Rendah Gula

Sereal juga bisa menjadi makanan pengganti nasi putih yang baik untuk perut Anda di pagi hari. Kandugan serat serta gizi di dalam makanan olahan ini sangat cocok untuk Anda yang sedang diet. Namun, sama seperti roti gandum, sereal pun tidak boleh sembarang pilih. Ada beberapa jenis sereal yang terasa sangat enak karena kandungan gulanya yang sangat tinggi. Menghindari nasi tapi malah mengonsumsi gula berlebih? Sebaiknya jangan.

Pilih sereal rendah gula dan makan dengan susu rendah lemak ketika Anda menyantapnya di pagi hari. Memang sebaiknya Anda memakan sereal saat pagi karena kaya serat dan kandungannya bisa diserap dengan cepat oleh tubuh. Sehingga, Anda tidak akan merasa ngantuk padahal baru saja akan memulai kerja. Biasanya, setelah memakan terlalu banyak nasi, tubuh seseorang akan mudah mengantuk. Hal ini disebabkan oleh kandungan gula dari nasi yang cukup tinggi dan kurang mudah dicerna oleh tubuh.

Baca juga: Cara Membuat Salad Sayur untuk Diet Tanpa Mayonaise

3. Oat dan Oatmeal

Makanan lain yang bisa Anda gunakan sebagai pengganti nasi ketika diet adalah oat dan oatmeal. Oat adalah salah satu biji-bijian tersehat yang bisa Anda dapatkan. Oat adalah gandum utuh yang bebas gluten dan merupakan sumber vitamin, mineral, serat, dan antioksidan. Studi menunjukkan bahwa oat dan oatmeal memiliki banyak manfaat kesehatan. Termasuk penurunan berat badan, kadar gula darah yang lebih rendah dan pengurangan risiko penyakit jantung. Oatmeal mengandung serat yang baik untuk pencernaan. Serat dalam oatmeal juga membuat perut terasa kenyang lebih lama.

Beda oat dan oatmeal hanya di segi pengolahan saja. Oat adalah gandum utuh sedangkan oatmeal adalah gandum yang sudah diolah sehingga lebih mudah untuk dikonsumsi (bahkan cukup dengan diberi air saja). Namun, oat lebih baik daripada oatmeal pabrik. Karena kandungannya masih murni. Untuk mengonsumsi oat dan oatmeal agar terasa lezat dan tidak hambar, Anda bisa mencampur mereka dengan buah seperti alpukat atau stroberi. Yoghurt atau susu juga bisa menjadi teman pendamping terbaik bagi makanan jenis ini.

Baca juga: Hindari 8 Makanan yang Bikin Gemuk Ini Agar Bisa Langsing 

Itulah tiga makanan terbaik pengganti nasi yang cocok untuk Anda. Bila Anda masih ingin mengonsumsi nasi, sebaiknya hindari nasi putih dan mulai gunakan nasi merah atau nasi hitam. Kedua jenis nasi ini memang memiliki kalori lebih tinggi, namun seratnya lebih banyak dengan kandungan gula yang lebih rendah. Tentunya, akan lebih bermanfaat untuk Anda.

Sumber:

  • Nada Saffana. 11 Desember 2018. 7 Alternatif Makanan Pengganti Nasi, Cocok Buat Kamu yang Lagi Diet. https://wolipop.detik.com/health-and-diet/d-4337800/7-alternatif-makanan-pengganti-nasi-cocok-buat-kamu-yang-lagi-diet
  • Kartika Nindita. 7 Juni 2019. 8 Makanan Pengganti Nasi yang Bikin Kenyang Tahan Lama, Rasanya Enak. https://www.idntimes.com/food/diet/kartika-nindita/8-makanan-pengganti-nasi-yang-bikin-kenyang-tahan-lama-rasanya-enak
  • Putu Elmira. 28 Februari 2019. 5 Makanan Pengganti Nasi Putih untuk Diet Lebih Sehat. https://www.liputan6.com/lifestyle/read/3904269/5-makanan-pengganti-nasi-putih-untuk-diet-lebih-sehat
dr. Olivia Ong Cover

dr. Olivia Ong

Sebagai expert dalam bidang Botulinum ToxinTM dan Soft Tissue FillerTM, dr. Olivia Ong yang lahir dan tumbuh di Jakarta ini memiliki berbagai sertifikasi internasional seperti Advance Filler Injection Workshop with Prominent Plastic Surgeons di Swedia, International Anatomy Masterclass di Paris dan Aesthetic and Anti-Aging Medicine World Congress di Monte-Carlo, Monaco.

Terkait

Ketahui Ciri-Ciri Penuaan Dini, Jangan Sampai Terlambat

Ketahui Ciri-Ciri Penuaan Dini, Jangan Sampai Terlambat

Desember 5, 2022
Bagaimana Cara Menghilangkan Scar di Wajah?

Bagaimana Cara Menghilangkan Scar di Wajah?

Desember 5, 2022
Buat Penampilan Makin Segar, Inilah Cara Mengencangkan Pipi yang Kendur

Buat Penampilan Makin Segar, Inilah Cara Mengencangkan Pipi yang Kendur

Desember 5, 2022

Comments are closed.