Hindari 8 Makanan yang Bikin Gemuk Ini Agar Bisa Langsing

Makanan yang Bikin Gemuk

 

Tubuh yang langsing dan ideal tentu menjadi idaman banyak wanita. Tidak heran, saat ini banyak sekali program diet yang bermunculan di internet. Namun, semua program diet itu tentu tidak ada artinya tanpa menjaga pola makan. Untuk dapat menurunkan berat badan dengan cepat, Anda harus mengonsumsi makanan yang sehat dan tidak mengandung kalori terlalu tinggi. Tapi ternyata, ada beberapa jenis makanan sehat yang memiliki kandungan kalori cukup tinggi sehingga bisa menaikkan berat badan. Bukan berarti Anda tidak boleh mengonsumsi makanan-makanan tersebut, tetapi Anda jelas harus lebih memperhatikan kadar konsumsi Anda.

Penasaran jenis makanan sehat apa saja yang justru bisa menaikkan berat badan? Mari simak di bawah ini.

 

Makanan Yang Bisa Menaikkan Berat Badan

Berikut ini 8 jenis makanan yang bikin gemuk dan harus Anda hindari jika ingin memiliki tubuh yang langsing:

1. Nasi Putih

Bukan rahasia umum lagi jika makanan pokok sebagian besar bangsa Asia ini merupakan makanan yang bikin gemuk. Dalam setiap 1 centong nasi yang berukuran sekitar 100 gram, ada kandungan 175 kalori dari 40 gram karbohidrat. Belum lagi kandungan gulanya yang dapat meningkatkan kadar gula dalam darah. Bayangkan saja berapa banyak kalori sepiring nasi yang Anda konsumsi jika ditambahkan dengan berbagai macam lauk pauk.

Sebagai ganti nasi, Anda bisa mencoba mengonsumsi alternatif sumber karbohidrat lainnya. Untuk orang Indonesia, jagung, kentang, dan nasi merah adalah alternatif sehat yang paling mudah ditemukan. Ketiganya memiliki kandungan kalori yang lebih rendah tapi dapat membuat Anda kenyang lebih lama.

Tetapi, selain itu Anda juga bisa coba mengonsumsi shirataki, yaitu mie atau nasi yang terbuat dari konyaku. Shirataki memiliki kalori yang sangat rendah dan kandungan serat yang cukup tinggi, sehingga tidak akan menambah berat badan Anda.

 

2. Susu

Kandungan nutrisi pada susu memang menyehatkan dengan kalsium dan kandungan lainnya seperti vitamin A, D serta beragam protein dan mineral. Namun susu adalah salah satu makanan yang bikin gemuk terutama susu full cream. Dalam segelas susu saja, terdapat sekitar 8 gram lemak dan 150 kalori yang bisa membuat berat badan naik dengan cepat.

Jika ingin mengonsumsi susu, pastikan Anda mengonsumsi susu rendah lemak agar tidak menyebabkan gemuk. Selain itu, hindari juga susu yang diperkaya dengan perisa rasa, sebab kandungan gula susu cokelat, stroberi, dan lainnya cenderung lebih tinggi dibandingkan dengan susu plain sehingga bisa menyebabkan kegemukan.

 

Baca Juga: Makanan Diet Pengganti Nasi

 

3. Yogurt

Yogurt adalah minuman sehat yang terbuat dari susu dan diproses dengan fermentasi bakteri. Kebanyakan yogurt yang beredar di pasaran sudah diberi tambahan pemanis dan perasa buah, sehingga kandungan gulanya pun cenderung tinggi dan dapat menjadi makanan yang bikin gemuk.

Jika ingin menikmati yogurt tanpa khawatir akan naiknya berat badan, Anda bisa memilih yogurt yang plain atau tanpa rasa dan menambahkan kacang-kacangan, buah-buahan, granola atau madu agar lebih sehat. Disarankan juga untuk memilih yogurt Yunani yang kaya akan protein dan vitamin dibandingkan minuman yogurt yang memiliki kandungan gula dan kalori yang tinggi tetapi tidak terlalu menyehatkan.

 

4. Keju

Selain yogurt, makanan yang bikin gemuk lainnya dan berbahan dasar dari susu adalah keju, apalagi saat ini banyak sekali makanan yang diberi tambahan keju meleleh atau mozzarella. Bahkan, dalam setiap 1 ons keju cheddar, terdapat 9 gram lemak yang diantaranya merupakan 6 gram lemak jenuh dan 113 kalori.

Batasi konsumsi keju, atau Anda bisa memilih keju dari susu kambing yang memiliki kandungan kalori lebih rendah dan kaya akan asam lemak sehingga lebih sehat.

 

Baca Juga: Cara Membuat Salad Sayur untuk Diet

 

5. Alpukat

Buah yang satu ini merupakan favorit banyak kalangan dengan kandungan yang beragam, mulai dari antioksidan hingga serat dan nutrisi. Namun, kandungan asam lemak tak jenuh dalam setiap buah alpukat yang berukuran besar bisa mencapai 300 kalori.

Oleh karena itu, jika takut gemuk, konsumsi alpukat secara wajar dan jangan menambahkan gula terlalu banyak sehingga kalori yang Anda konsumsi pun tidak terlalu banyak pula. Selain alpukat, masih ada banyak jenis buah-buahan lain yang setara kandungan vitamin dan mineralnya namun memiliki kalori lebih rendah.

 

6. Mangga

Makanan yang selanjutnya adalah buah mangga. Kalori yang terkandung dalam setiap 100 gram buah mangga bisa mencapai 70 kalori dengan karbohidrat 16,5 gram. Cita rasa mangga yang manis pun menandakan bahwa kandungan gula yang terkandung juga banyak.

Oleh karena itu, konsumsi mangga dalam batas sewajarnya saja dan jangan menggunakan pemanis tambahan untuk menghindari tambahan kalori yang tidak perlu.

 

Baca Juga: Diet Nasi Merah

 

7. Daging

Daging merah terutama yang memiliki banyak lemak tentu dapat menjadi makanan yang bikin gemuk, apalagi jika dihidangkan dengan cara dibakar atau dijadikan steak. Namun, daging merah juga memiliki banyak kandungan lainnya berupa asam amino, protein, dan leusin yang penting untuk perkembangan otot tubuh. Oleh karena itu, konsumsi daging sewajarnya saja dan pilih daging merah yang tidak banyak mengandung lemak. Anda juga bisa mengganti konsumsi daging merah dengan daging ikan.

 

8. Buah Kering

Dibandingkan buah segar, buah kering memiliki jumlah kalori dan gula yang jauh lebih banyak. Hal ini karena buah kering menggunakan banyak gula dalam proses pengawetannya. Tidak hanya demikian, buah kering pun tidak memiliki kandungan air yang tinggi dan berukuran kecil. Akibatnya, Anda akan mengonsumsi buah kering dalam jumlah lebih banyak. Bahkan, satu porsi saja dapat mengandung kalori dengan 5 hingga 8 kali lebih banyak dibandingkan segelas buah segar.

 

Jika Anda ingin memiliki tubuh langsing, hindarilah beberapa makanan diatas yang merupakan makanan yang bikin gemuk dengan kalorinya yang tinggi. Anda masih bisa mengkonsumsinya asalkan masih dalam batas wajar dan tidak berlebihan. Selain itu, imbangi dengan olahraga agar tubuh Anda semakin fit dan berat badan semakin terkontrol.

 

Sumber:

  • Veratamala, Arinda. 12 Januari 2017. 8 Makanan Sehat yang Membuat Anda Cepat Gemuk. https://hellosehat.com/hidup-sehat/nutrisi/makanan-sehat-yang-membuat-cepat-gemuk/
  • Muhlisin, Ahmad. 22 Februari 2019. 23 Makanan yang Bikin Gemuk tapi Juga Sehat. https://www.honestdocs.id/23-makanan-bikin-gemuk-sehat
  • Putra, Arif. 26 Januari 2020. Daftar Makanan yang Bikin Gemuk dan Bisa Ganggu Diet. https://www.sehatq.com/artikel/makanan-yang-bikin-gemuk-dan-bisa-ganggu-diet

 

dr. Olivia Ong

Sebagai expert dalam bidang Botulinum ToxinTM dan Soft Tissue FillerTM, dr. Olivia Ong yang lahir dan tumbuh di Jakarta ini memiliki berbagai sertifikasi internasional seperti Advance Filler Injection Workshop with Prominent Plastic Surgeons di Swedia, International Anatomy Masterclass di Paris dan Aesthetic and Anti-Aging Medicine World Congress di Monte-Carlo, Monaco.

Terkait

Cara Mengencangkan Perut yang Efektif

Cara Mengencangkan Perut yang Efektif

Oktober 21, 2021
Rekomendasi Terbaik untuk Cara Menghilangkan Flek Hitam di Wajah

Rekomendasi Terbaik untuk Cara Menghilangkan Flek Hitam di Wajah

Oktober 21, 2021
5 Cara Menghilangkan Dark Circle di Bawah Mata

5 Cara Menghilangkan Dark Circle di Bawah Mata

Oktober 21, 2021

Comments are closed.