13 Manfaat Alpukat Untuk Kesehatan yang Telah Terbukti

Alpukat adalah salah satu buah yang disukai sebagian besar orang. Hal ini dikarenakan rasa alpukat yang enak dan tekstur yang lembut. Tidak hanya dimakan sebagai buah biasa, Anda juga dapat membuat berbagai hidangan dengan bahan dasar alpukat dan dipadukan dengan bahan makanan lain. Namun, tahukah Anda bahwa banyak manfaat alpukat untuk kesehatan?

Anda pasti pernah memadukan telur, roti, dan alpukat sebagai menu sarapan atau membuat jus alpukat saat cuaca sedang panas. Kedua menu ini adalah pilihan sehat dan tepat. Alpukat memiliki banyak kandungan gizi yang bermanfaat untuk tubuh. 

Dalam satu buah, alpukat mengandung 36% vitamin E, 20% vitamin C, 20% potasium, dan 10% magnesium atau mineral yang penting untuk tubuh, asam folat, vitamin A, vitamin B1, vitamin B2, fosfor, dan masih banyak lagi. Ingin menggunakan alpukat sebagai bahan makanan saat diet? Tentu bisa. Alpukat memiliki 227 kalori saja dengan 20 gram lemak sehat, 3 gram protein, dan 12 gram karbohidrat. 

Dengan seluruh kandungan di dalamnya, Anda harus mengetahui berbagai manfaat yang didapatkan saat mengonsumsi alpukat. Simak informasi seputar manfaat alpukat untuk kesehatan di bawah ini.

Buah Alpukat Bisa Mengobati Penyakit Apa Saja?

Manfaat Buah Alpukat Bisa Mengobati Apa Saja

Hingga saat ini, buah alpukat menjadi superfood sebab memiliki banyak nutrisi di dalamnya seperti yang telah disebutkan di atas. Agar dapat mengenal berbagai manfaat dari buah alpukat, berikut merupakan beberapa manfaat alpukat untuk kesehatan:

1. Menjaga Kesehatan Mata

Menjaga Kesehatan Mata

Menerima banyak sinar dari perangkat digital dapat memengaruhi kesehatan mata. Anda dapat mengonsumsi buah alpukat untuk mengatasi masalah tersebut. Buah alpukat memiliki kaya akan antioksidan berupa zat lutein dan zeaxanthin yang dapat menyerap gelombang sinar yang membahayakan mata.

Baca juga: Kenali Filler Mata Panda Agar Wajah Terlihat Cerah

2. Mengatasi dan Mencegah Osteoporosis

Manfaat Alpukat Untuk Kesehatan Mengatasi dan Mencegah Osteoporosis

Ketersediaan vitamin K yang melimpah di dalam buah alpukat membantu menciptakan tulang yang sehat dan kuat. Jika Anda menderita osteoporosis atau ingin mencegahnya, mengonsumsi buah alpukat dapat membantu meningkatkan penyerapan kalsium dan mengurangi pengeluaran kalsium melalui urine. 

3. Mengurangi Depresi

Mengurangi Depresi

Perlu Anda ketahui bahwa buah alpukat dapat bermanfaat dalam mengelola kesehatan mental seperti depresi. Hal ini dikarenakan buah alpukat mengandung folat, di mana sangat berperan penting dalam nutrisi makanan yang harus diterima tubuh. Penelitian mengungkapkan bahwa kadar folat yang terlalu rendah dapat meningkatkan risiko depresi lebih tinggi.

Pada dasarnya, folat membantu mencegah terlalu banyak masuknya homosistein ke dalam otak dan mengganggu sirkulasi dan pemberian nutrisi. Sehingga, otak dapat memroduksi serotonin yang mencegah hadirnya depresi dan menciptakan pola tidur, mood, dan nafsu makan yang lebih baik. 

4. Menjaga Kesehatan Jantung

Menjaga Kesehatan Jantung

Umumnya, gangguan pada jantung disebabkan oleh tingkat kolesterol jahat yang tinggi. Melalui kandungan lemak tak jenuh, buah alpukat dapat membantu mengurangi kolesterol pada tubuh dan mencegah munculnya risiko penyakit jantung. Jika dikaitkan dengan pembuluh darah, buah alpukat membawa lebih banyak nutrisi dan lemak baik dibandingkan dengan daging merah dan susu. 

5. Mengatasi Obesitas

Mengatasi Obesitas

Bagi penderita obesitas, buah alpukat dapat memberikan manfaat besar. Pasalnya, Anda dapat melakukan diet sehat menggunakan buah alpukat dan makanan pendamping lain dengan kandungan nutrisi yang tidak kalah dengan sayur lainnya. Makan sedikit buah alpukat sudah cukup memberikan efek kenyang pada tubuh, sebab alpukat mengandung serat. 

Serat membantu Anda merasa kenyang lebih cepat sehingga dapat berhenti makan tanpa mengurangi asupan nutrisi sedikit pun. Meskipun memiliki lemak, tetapi lemak pada alpukat merupakan lemak baik yang mampu mengurangi lingkar pinggang. 

Baca juga: 6 Cara Menghilangkan Lemak di Ketiak

6. Menurunkan dan Menstabilkan Gula Darah

Menurunkan dan Menstabilkan Gula Darah

Tahukah Anda bahwa buah alpukat dapat menurunkan dan menstabilkan gula darah? Jumlah karbohidrat dan gula yang rendah serta tingginya kandungan lemak tak jenuh di dalam alpukat membuat buah ini mampu menurunkan gula darah bagi penderita diabetes. 

Tidak dengan penyakit diabetes pun, Anda tetap perlu menstabilkan gula darah agar tidak berlebihan. Maka dari itu, konsumsi buah alpukat secara rutin dapat membantu mencegah risiko diabetes. 

7. Melengkapi Nutrisi Tubuh

Melengkapi Nutrisi Tubuh

Apabila Anda membutuhkan buah yang mampu melengkapi sebagian besar nutrisi yang diperlukan tubuh, alpukat adalah pilihan yang tepat. Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, alpukat memiliki kandungan nutrisi yang hampir lengkap yang mana dipenuhi oleh lemak baik, fiber, dam beragam jenis vitamin. Tak hanya baik untuk diet menurunkan berat badan, alpukat juga baik untuk menjaga kesehatan sekaligus bentuk tubuh yang sehat.  

8. Melancarkan Buang Air Besar

Melancarkan Buang Air Besar

Buah alpukat mampu mengatasi sembelit dan masalah pencernaan lainnya. Jika Anda mengonsumsinya secara berkala, maka sistem pencernaan akan berfungsi secara lebih optimal karena tubuh menerima serat dan kalium yang cukup untuk proses pencernaan seluruh makanan yang masuk ke tubuh. Tidak perlu khawatir perihal penumpukan gas yang mungkin terjadi pada lambung, sebab buah alpukat memiliki fruktosa yang rendah. 

9. Menjaga Kesehatan Kulit

Menjaga Kesehatan Kulit

Selain membawa banyak manfaat untuk tubuh, buah alpukat yang kaya akan vitamin C dan vitamin E dapat merawat kulit dari dalam secara alami. Alpukat akan membuat kulit lebih lembap, produksi minyak di wajah lebih terkontrol, dan memperkuat lapisan kulit agar tidak rusak akibat faktor lingkungan.

Baca juga: Cara Menjaga Kesehatan Kulit Dengan Langkah-Langkah Yang Mudah

10. Menjaga Kesehatan Janin

Menjaga Kesehatan Janin

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, buah alpukat memiliki folat yang tinggi. Folat merupakan salah satu hal penting yang harus dikonsumsi selama masa kehamilan untuk mendukung pembentukan sel dan jaringan baru pada bayi. Sebaiknya, konsumsi vitamin dan buah alpukat bersamaan secara rutin untuk mencegah pembentukan sel yang tidak sempurna. 

11. Mencegah Anemia

Mencegah Anemia

Manfaat alpukat untuk kesehatan terutama pada wanita tidak berhenti sampai disitu saja. Dibandingkan pria, wanita lebih berisiko terjadi kekurangan darah atau anemia karena mengalami menstruasi dan persalinan. Maka dari itu, untuk mencegah penyakit anemia atau kurang darah, konsumsi buah alpukat secara rutin sebab kandungan zat besi di dalamnya dapat membantu pembentukan hemoglobin. 

12. Menyehatkan Otak

Manfaat Alpukat untuk Kesehatan Menyehatkan Otak

Vitamin E yang diberikan oleh alpukat mampu menjaga kesehatan otak dan mencegahnya dari penyakit alzheimer dan penurunan ingatan. Konsumsi vitamin E juga mampu melawan kerusakan sel pada otak yang terjadi akibat dari polusi dan radiasi berlebihan yang diterima. 

13. Baik Untuk Usus

Manfaat Alpukat untuk Kesehatan yang Baik Untuk Usus

Alpukat memberikan efek yang baik pada seluruh bakteri baik yang ada di usus. Memelihara bakteri baik akan membantu tubuh membentuk sistem imun yang baik sehingga terhindar dari segala penyakit. Penelitian juga mengatakan bahwa alpukat lebih banyak memberikan banyak nutrisi baik yang dapat diserap tubuh dan membuang sebagian kalori serta lemak.

Jadi itulah 13 manfaat alpukat untuk kesehatan. Sebaiknya, konsumsi alpukat secara rutin dengan porsi yang cukup agar seluruh kebutuhan nutrisi tubuh dapat terpenuhi. Jika Anda ingin mengelola berat badan dan membutuhkan asupan buah dengan berbagai vitamin di dalamnya, alpukat dapat menjadi pilihan yang tepat.

Mari lakukan perawatan untuk mencapai tubuh yang ideal bersama JAC, salah satunya dengan coolsculpting, tanpa operasi, dan tanpa efek samping apa pun. Hubungi JAC sekarang juga dan konsultasikan perawatan yang tepat untuk Anda. 

Sumber:

  • https://www.webmd.com/food-recipes/ss/slideshow-fall-fruits-vegetables
  • https://www.health.com/nutrition/avocado-health-benefits
  • https://www.medicalnewstoday.com/articles/270406#benefits
  • https://pharmeasy.in/blog/10-amazing-health-benefits-of-the-avocado/
  • https://hellosehat.com/nutrisi/fakta-gizi/manfaat-alpukat/
  • https://www.gramedia.com/best-seller/khasiat-buah-alpukat/
dr. Olivia Ong Cover

dr. Olivia Ong

Sebagai expert dalam bidang Botulinum ToxinTM dan Soft Tissue FillerTM, dr. Olivia Ong yang lahir dan tumbuh di Jakarta ini memiliki berbagai sertifikasi internasional seperti Advance Filler Injection Workshop with Prominent Plastic Surgeons di Swedia, International Anatomy Masterclass di Paris dan Aesthetic and Anti-Aging Medicine World Congress di Monte-Carlo, Monaco.

Terkait

Ketahui Ciri-Ciri Penuaan Dini, Jangan Sampai Terlambat

Ketahui Ciri-Ciri Penuaan Dini, Jangan Sampai Terlambat

Desember 5, 2022
Bagaimana Cara Menghilangkan Scar di Wajah?

Bagaimana Cara Menghilangkan Scar di Wajah?

Desember 5, 2022
Buat Penampilan Makin Segar, Inilah Cara Mengencangkan Pipi yang Kendur

Buat Penampilan Makin Segar, Inilah Cara Mengencangkan Pipi yang Kendur

Desember 5, 2022

Comments are closed.