Ketahui 4 Manfaat Argan Oil untuk Rambut Lebih Sehat

manfaat argan oil untuk rambut

Tahukah Anda, produk perawatan rambut yang sering kita gunakan ini cenderung mengandung bahan kimia. Padahal  kita juga bisa menggunakan bahan alami untuk menjaga agar rambut tetap sehat, salah satunya argan oil. Banyak sekali manfaat argan oil untuk rambut yang kita bisa kita rasakan.

Minyak argan sering dianggap sebagai ‘liquid gold’ atau bahan emas lantaran kegunaannya yang beragam. Berasal dari Maroko, argan oil dibuat dengan menggunakan biji buah pohon argan yang masih segar. Penggunaannya sudah dilakukan secara turun-temurun untuk memasak dan sebagai produk perawatan kecantikan, terutama untuk rambut.

Tak hanya menjaga keindahan rambut, kita juga bisa mendapatkan manfaat kesehatan dari menggunakan minyak argan. Kandungan yang bermanfaat dari argan oil adalah antioksidan, di mana ada vitamin E di dalamnya. 

Penggunaan vitamin E ini dipercaya sangat ampuh untuk menyehatkan kulit kepala dan rambut. Malahan, minyak argan dianggap memiliki khasiat yang lebih ampuh daripada minyak alami lainnya.

Beberapa Manfaat Argan Oil untuk Rambut yang Sehat

Semua orang pasti mendambakan rambut yang sehat dan tidak sering rontok, karena itu argan oil bisa menjadi solusi rambut rusak. Yang menjadi pertanyaan, apa hasil yang didapatkan dari menggunakan argan oil? Berikut ini kami bagikan beberapa manfaat argan oil untuk rambut yang sering mengalami kerusakan.

1. Menjaga Kelembapan Rambut

Rambut yang kering bisa menyebabkan kerontokan rentan terjadi. Minyak argan yang sering jadi bahan pelembap kulit pun bisa digunakan untuk menjaga kelembapan rambut Anda.

Kandungan asam lemak, tepatnya oleic acid dan linoleic acid yang tinggi, membuat minyak argan memiliki khasiat melembabkan. Hasilnya, minyak ini bisa digunakan untuk melumasi batang rambut dan menjaganya agar tidak kering.

Kandungan vitamin E di dalamnya juga bisa menjaga kelembapan rambut sehingga tidak kusut. Apabila digunakan secara teratur, rambut pun semakin berkilau dengan indahnya.

2. Meningkatkan Kesehatan Kulit Kepala

Bukan hanya kulit wajah, kulit rambut pun bisa terjaga kesehatannya dengan menggunakan tanaman khas Maroko ini. Selain mengandung antioksidan, minyak argan juga memiliki kandungan anti-inflammatory yang bagus untuk kulit.

Kulit kepala juga bisa mengalami masalah, yaitu psoriasis dan seborrheic dermatitis yang bisa membuat rambut menjadi rontok. Beberapa penelitian juga menunjukkan bahwa argan oil juga memiliki kandungan anti-jamur yang bisa menumbuhkan ketombe di kepala.

Baca juga: Mengatasi Rambut Rontok Akibat Pewarnaan

3. Menghindari Kerusakan akibat Styling Rambut

Kerusakan rambut juga disebabkan karena terlalu sering melakukan styling, seperti mewarnai, mencatok, curling, dan semacamnya. Penggunaan hairspray pun membuat rambut semakin kering, dan bahan kimianya berpotensi membahayakan rambut apabila sering digunakan.

Agar tidak semakin parah, gunakan argan oil sebelum melakukan styling pada rambut. Kandungan asam lemak dalam argan oil memiliki khasiat melindungi rambut agar tidak rusak dari proses styling yang sering dilakukan. 

Tak hanya itu, rambut juga semakin aman dan kuat saat dicatok atau dikeringkan dengan hair dryer. Perawatan rambut dengan minyak argan secara rutin juga bisa membuat rambut semakin tebal dan sehat.

4. Melindungi dari Sinar Matahari

Kita memang tidak bisa menghindari rambut dari paparan sinar matahari, meskipun menggunakan topi. Sinar UV dan radikal bebas dari matahari yang kuat akhirnya membuat rambut rentan mengalami kerusakan. Karena itu, kandungan antioksidan dalam minyak argan sangat dibutuhkan.

Khasiat ini dimanfaatkan oleh para perempuan Maroko selama berabad-abad lamanya. Faktanya, Maroko adalah negara di bagian Afrika Utara dengan iklim panas, sehingga matahari selalu menyinari negara tersebut. Dengan minyak argan, perempuan Maroko merawat rambut mereka agar tetap sehat dan tidak kering.

Kesimpulannya, kesehatan kulit kepala dan rambut dipengaruhi oleh kandungan vitamin E yang bisa ditemukan pada argan oil. Tak lupa kandungan antioksidan dan asam lemak yang tinggi bisa menjaga rambut agar tetap lembap. Rambut pun tetap kuat dan bisa terhindar dari kerusakan akibat styling serta radikal bebas yang ditimbulkan oleh matahari.

Baca juga: Begini Cara Mengatasi Rambut Kering dan Mengembang

Cara Menggunakan Argan Oil untuk Rambut

Setelah mengetahui manfaatnya, Anda harus tahu bagaimana cara mengaplikasikan argan oil. Anda bisa menggunakan argan oil sebagai alternatif hair mask dengan cara yang mudah. Bila diperlukan, tambahkan castor oil atau coconut oil untuk perawatan yang lebih baik.

Berikut ini langkah yang bisa Anda aplikasikan:

  • Tuangkan 8-10 tetesan minyak argan dengan pipet ke telapak tangan, kemudian pijat pada kulit kepala dan rambut. Anda bisa menambah takarannya sesuai dengan panjang rambut yang dimiliki.
  • Pijatlah selama 10 menit dan pastikan minyak argan sudah merata dari akar hingga ujung rambut.
  • Setelah selesai, bungkus kepala dengan handuk, kemudian diamkan hingga semalam.
  • Paginya, rambut sudah boleh dicuci dan bisa dilakukan styling sesuai dengan keinginan.

Ternyata, banyak sekali ya manfaat argan oil untuk rambut dan kulit kepala yang bisa kita dapatkan. Agar rambut Anda semakin sehat, lakukan prosedur Hair Rejuvenation dari Jakarta Aesthetic Clinic. Dokter spesialis kulit kami yang sudah berlisensi akan menangani masalah rambut Anda sehingga tetap sehat dan aman digunakan saat styling. Segera hubungi JAC untuk mendapatkan konsultasi mengenai perawatan rambut.

dr. Olivia Ong

Sebagai expert dalam bidang Botulinum ToxinTM dan Soft Tissue FillerTM, dr. Olivia Ong yang lahir dan tumbuh di Jakarta ini memiliki berbagai sertifikasi internasional seperti Advance Filler Injection Workshop with Prominent Plastic Surgeons di Swedia, International Anatomy Masterclass di Paris dan Aesthetic and Anti-Aging Medicine World Congress di Monte-Carlo, Monaco.

Terkait

Tampil Memesona dengan 7 Warna Rambut yang Bagus untuk Wanita Asia

Tampil Memesona dengan 7 Warna Rambut yang Bagus untuk Wanita Asia

Agustus 28, 2021
5 Menu Diet Rendah Kalori Terbaik untuk Anda

5 Menu Diet Rendah Kalori Terbaik untuk Anda

Agustus 28, 2021
10 Penyebab Kantung Mata Hitam yang Perlu untuk Anda Ketahui!

10 Penyebab Kantung Mata Hitam yang Perlu untuk Anda Ketahui!

Agustus 28, 2021

Comments are closed.