8 Manfaat Beras Merah Untuk Kesehatan dan Kecantikan – JAC

Manfaat Beras Merah Untuk Kesehatan dan Kecantikan

Tahukah Anda apa saja manfaat beras merah untuk kesehatan dan kecantikan? Kalau untuk kesehatan mungkin Anda sudah pernah mendengar banyak manfaatnya. Anda pasti pernah mendengar bahwa beras merah baik untuk orang-orang yang menderita penyakit diabetes karena tidak ada kandungan gula di dalamnya. 

Tetapi bagaimana dengan kecantikan? Apakah benar bahwa mengonsumsi beras merah dapat membuat Anda lebih cantik atau bersinar? Daripada Anda berasumsi tanpa fakta yang jelas, coba simak informasi lengkapnya berikut ini! 

Manfaat Beras Merah untuk Kesehatan dan Kecantikan

Manfaat Beras Merah untuk Kesehatan

Beras merah dikenal banyak mengandung vitamin dan zat lainnya yang menyehatkan. Sebelum lebih jauh melihat manfaatnya bagi kesehatan dan kecantikan, berikut beberapa kandungan yang terdapat di dalam beras merah: 

  • Protein
  • Karbohidrat 
  • Serat
  • Kalsium 
  • Zat besi 
  • Sodium 
  • Asam lemak 
  • Mangan 

Beras putih juga memiliki kandungan serupa hanya saja jumlah nutrisinya jauh lebih rendah dari beras merah. Keunggulan lainnya dari beras merah ialah prosesnya murni tanpa pengolahan tambahan sehingga tidak heran bahwa kandungan nutrisinya lebih banyak daripada varian beras lain. 

“Jadi bagaimana dengan kecantikan?” “Apakah beras merah benar-benar bisa membuat kulit lebih cerah atau wajah yang lebih cantik?” Sebentar, jangan terburu-buru menyimpulkan. Anda pasti pernah mendengar bahwa kecantikan yang utama berasal dari dalam dan bukan hanya dari luar, bukan? 

Pernyataan satu ini sebenarnya sudah menggambarkan manfaat dari beras merah. Ketika tubuh Anda lebih sehat karena mengonsumsi makanan-makanan kaya nutrisi maka hal tersebut akan terpancar keluar. 

Jadi kecantikan yang Anda dapatkan dari beras merah tidak akan terlihat langsung seperti saat menggunakan produk skin care yang dijual di pasaran. Sebagai contoh, Anda pasti pernah melihat seseorang yang memiliki penampilan sangat cantik lalu jatuh sakit dan akhirnya kecantikan tersebut mulai pudar.

Baca juga: 5 Cara Memilih Skin Care Clinic Terbaik

Tetapi ketika orang tersebut kembali menjadi sehat maka Anda bisa melihat bahwa kecantikannya mulai terpancar. Itu sebabnya sangat penting menjaga kesehatan tubuh dari dalam agar kecantikan Anda terpancar keluar. Kalau begitu mari lihat apa saja benefit alias manfaatnya untuk kesehatan tubuh Anda berikut ini. 

1. Menurunkan Risiko Diabetes

anfaat Beras Merah Untuk Kesehatan Membantu Mengontrol Kolesterol

Penderita diabetes pasti memiliki kandungan gula dalam darahnya yang cukup tinggi. Keadaannya akan makin parah apabila penderita atau pasien tidak memperhatikan makanan yang dikonsumsinya. 

Biasanya dokter akan menganjurkan pasien diabetes khususnya tipe 2 untuk mulai mengonsumsi beras merah. Menurut sejumlah penelitian, glycemic index pada beras merah jauh lebih rendah dan bisa mengurangi risiko diabetes tipe 2 sampai 32%. 

2. Memudahkan Anda Mengontrol Berat Badan

Memudahkan Anda Mengontrol Berat Badan

Tidak hanya diabetes, keadaan obesitas atau kelebihan berat badan juga perlu diwaspadai. Kandungan serat dalam beras merah yang cukup tinggi membuat siapa saja yang mengonsumsinya merasakan kenyang lebih lama daripada beras putih. Itu berarti penderita obesitas bisa mengurangi porsi makannya karena merasa lebih kenyang setelah memakan beras merah.

Baca juga: Apa itu Body Goals dan Bagaimana Cara Mencapainya?

3. Meningkatkan Kesehatan Jantung 

Meningkatkan Kesehatan Jantung

Penyakit jantung masih menjadi salah satu penyebab utama dari kematian yang terjadi di Indonesia. Kebanyakan dari mereka tidak menjaga kesehatan jantung dengan mengonsumsi makanan yang baik. 

Dari semua penyebab yang mengakibatkan sakit jantung, mengonsumsi beras merah terbukti dapat menurunkan risiko tersebut. Kandungan di dalamnya yang cukup tinggi seperti serat, lignan, dan mineral magnesium, akan membuat kondisi jantung lebih sehat. 

4. Mencegah Kondisi Oksidasi Berbahaya

Memenuhi Nutrisi yang Dibutuhkan Tubuh

Proses oksidasi dalam tubuh Anda sebenarnya memainkan peranan penting bagi kesehatan. Tetapi ketika prosesnya berlebihan maka akan sangat berbahaya bagi tubuh karena bisa merusak membran sel, struktur dalam tubuh, hingga DNA manusia. 

Keberadaan beras merah yang mengandung banyak flavonoid dapat meningkatkan antioksidan sehingga bisa mengurangi stres, membuang racun dalam tubuh, dan secara keseluruhan meningkatkan kesehatan. 

5. Membantu Pemulihan Tubuh Dikala Sakit

Membantu Pemulihan Tubuh Dikala Sakit

Beras merah memang sangat bagus dikonsumsi seperti gandum utuh lainnya. Hal ini dikarenakan gandum utuh memiliki lebih banyak nutrisi yang baik bagi tubuh. Kandungan yang ada di dalamnya seperti mangan dikenal dapat membantu perkembangan tulang, sistem saraf, dan tentu saja penyembuhan luka.

Baca juga: 4 Tipe Perawatan Tubuh Wanita

6. Memenuhi Nutrisi yang Dibutuhkan Tubuh

anfaat Beras Merah Untuk Kesehatan Memenuhi Nutrisi yang Dibutuhkan Tubuh

Tubuh manusia membutuhkan berbagai kandungan dan vitamin untuk memastikan kesehatannya terjaga dengan baik. Makan 4 sehat 5 sempurna yang sering didengar sudah selayaknya diaplikasikan. 

Nasi tentu jadi salah satu dari banyaknya makanan sehat yang dapat dikonsumsi. Namun dari banyaknya jenis nasi, beras merah menjadi yang paling baik untuk dikonsumsi. Keunggulannya ialah kekayaan mineral dan vitamin yang tidak melalui banyak proses. Jadi jumlah nutrisinya pun sudah pasti jauh lebih banyak. 

7. Membantu Mengontrol Kolesterol

Menurunkan Risiko Diabetes

Kadar kolesterol yang tinggi dalam tubuh Anda dapat mengakibatkan banyak dampak buruk. Mulai dari gejala sakit kepala biasa, sakit di bagian dada, kanker hati, bahkan kematian. Seseorang yang memiliki kolesterol tinggi dapat mulai mengonsumsi beras merah. 

Baca juga: Apa Saja Manfaat Minyak Kemiri Untuk Rambut?

8. Membantu Pasien Hepatoma

Membantu Pasien Hepatoma

Melalui penelitian yang dilakukan oleh beberapa peneliti di Jepang tahun 2006, konsumsi beras merah pada tikus yang mengalami kondisi hepatoma dapat membuat keadaannya lebih baik. Jadi penderita hepatoma bisa mulai mengonsumsi beras merah secara rutin berdasarkan anjuran dokter agar kesehatannya makin membaik. 

Itu dia berbagai manfaat beras merah untuk kesehatan dan kecantikan yang perlu Anda ketahui. Sekarang seharusnya Anda tidak lagi keliru mengartikan manfaat beras merah bagi kecantikan. Ketika organ dalam tubuh Anda berada dalam kondisi yang sehat maka kulit dan bagian lainnya yang nampak dari luar juga pasti ikut baik.

Baca juga: Cara Diet Nasi Merah Tepat Sesuai Anjuran Dokter dan Pakar Gizi

Tidak heran apabila sebenarnya kunci kecantikan didapatkan dari pola hidup serta makanan yang sehat. Apabila Anda ingin mulai memancarkan kecantikan dari dalam maka mulailah mengonsumsi makan-makanan bergizi yang memenuhi semua nutrisi tubuh. 

Konsultasikan kepada dokter serta seorang ahli nutrisi mengenai makanan apa saja yang perlu Anda makan. Kemudian coba praktikan secara konsisten agar peningkatan kesehatan tubuh dapat dirasakan. 

Namun tidak ada salahnya apabila Anda ingin merawat kecantikan dari luar melalui penggunaan produk-produk berkualitas atau melalui prosedur aesthetic lainnya. Jika Anda berminat melakukan hal tersebut maka Jakarta Aesthetic Center bisa menjadi tempat yang tepat. 

Hanya dilakukan oleh dokter ahli yang sudah berpengalaman serta bersertifikasi, semua prosedur kecantikan dilakukan dengan aman untuk memberikan hasil maksimal. Secara khusus Jakarta Aesthetic Center dapat memberikan konsultasi kecantikan yang ingin Anda miliki. 

Sebagai contoh, apabila Anda menginginkan tubuh yang lebih ramping tanpa harus merasakan sakit atau efek samping maka prosedur Slimming Program dengan Coolsculpting menjadi solusi terbaik. 

Seluruh prosedur yang dilakukan oleh Jakarta Aesthetic Center sudah pasti hanya menggunakan teknologi terbaik di kelasnya sehingga Anda tidak perlu khawatir lagi terkait rasa sakit atau efek samping yang akan dirasakan. 

Ada begitu banyak testimoni positif serta kepuasan yang diberikan oleh pasien Jakarta Aesthetic Center. Ini saatnya Anda juga merasakan kepuasan yang sama dengan mengunjungi Jakarta Aesthetic Center. 

Jangan ragu menghubungi tim Jakarta Aesthetic Center untuk mendapatkan informasi lebih lanjut serta berkonsultasi. Kunjungi website Jakarta Aesthetic Center sekarang! 

Sumber:

  • https://www.health.com/nutrition/is-brown-rice-healthy
  • https://www.betterhealth.vic.gov.au/health/HealthyLiving/antioxidants
  • https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC5551541/
  • https://www.organicfacts.net/health-benefits/cereal/brown-rice.html
  • https://pubmed.ncbi.nlm.nih.gov/16464476/
  • https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC6025443/#
  • https://www.healthline.com/health/food-nutrition/brown-rice-vs-white-rice#key-nutritional-differences
  • https://www.webmd.com/diet/health-benefits-brown-rice#:~
  • https://www.narayanahealth.org/blog/health-benefits-of-brown-rice/
dr. Olivia Ong Cover

dr. Olivia Ong

Sebagai expert dalam bidang Botulinum ToxinTM dan Soft Tissue FillerTM, dr. Olivia Ong yang lahir dan tumbuh di Jakarta ini memiliki berbagai sertifikasi internasional seperti Advance Filler Injection Workshop with Prominent Plastic Surgeons di Swedia, International Anatomy Masterclass di Paris dan Aesthetic and Anti-Aging Medicine World Congress di Monte-Carlo, Monaco.

Terkait

Ketahui Ciri-Ciri Penuaan Dini, Jangan Sampai Terlambat

Ketahui Ciri-Ciri Penuaan Dini, Jangan Sampai Terlambat

Desember 5, 2022
Bagaimana Cara Menghilangkan Scar di Wajah?

Bagaimana Cara Menghilangkan Scar di Wajah?

Desember 5, 2022
Buat Penampilan Makin Segar, Inilah Cara Mengencangkan Pipi yang Kendur

Buat Penampilan Makin Segar, Inilah Cara Mengencangkan Pipi yang Kendur

Desember 5, 2022

Comments are closed.