Inilah 7 Manfaat Daun Binahong untuk Wajah Anda

manfaat daun binahong untuk wajah

Penggunaan bahan alami masih tetap diandalkan untuk perawatan wajah, meskipun banyak produk kecantikan modern yang dijual. Salah satu bahan alami untuk merawat wajah adalah daun binahong. Meskipun dianggap sebagai tanaman liar, ternyata daun binahong sering diandalkan sebagai produk untuk merawat kecantikan wajah kita. Lewat artikel ini, Jakarta Aesthetic Clinic (JAC) akan menjelaskan manfaat daun binahong untuk wajah Anda.

Sebelumnya, mari kita berkenalan dulu dengan daun binahong. Tanaman dengan nama Latin Basella rubra linn ini tidak sulit ditemukan di Indonesia. Orang-orang sering menganggap daun binahong sebagai tanaman liar, padahal daun ini bisa ditanam di halaman rumah. Tak hanya di Indonesia, tanaman binahong juga ditemukan di Tiongkok, Korea Selatan dan Madagaskar.

Kandungan gizi dalam daun binahong juga banyak, yaitu kalsium, vitamin C, vitamin A dan zat besi. Selain itu, tanaman ini juga mengandung protein, lutein, zat fosfor dan beta karoten yang memiliki peran penting dalam kesehatan. Oleh karena itu, tak salah jika Anda memilih daun binahong sebagai pilihan untuk merawat wajah.

 

Mengenal Manfaat Daun Binahong untuk Wajah

Adapun manfaat yang diperoleh dari menggunakan daun binahong untuk perawatan wajah sangatlah besar. Simak tujuh manfaat daun binahong untuk wajah Anda di bawah ini.

 

1. Mengencangkan Kulit

Kulit wajah yang kencang pastilah menjadi dambaan setiap orang. Oleh karena itu, tak jarang mereka menghabiskan banyak uang untuk perawatan demi memperoleh kulit yang kencang. Pastinya tidak ada yang percaya diri apabila kulit wajahnya kendor, bukan?

Bagaimana caranya mendapatkan wajah yang kencang hanya dengan daun binahong? Mudah, Anda cukup merebus daun binahong, kemudian minumlah air rebusannya ketika sudah dingin. Tak hanya wajah yang kencang, daun binahong juga membantu memelihara kesehatan tubuh Anda.

Baca juga: Cara Menghilangkan Wajah Belang yang Mengganggu

 

2. Menghilangkan Komedo

Kehadiran komedo di wajah, terutama hidung, sangatlah menyebalkan. Kesal dengan penggunaan produk penghilang komedo yang tidak memberikan hasil yang memuaskan? Tak ada salahnya Anda mencoba menggunakan daun binahong untuk membersihkan wajah dari komedo yang membandel. 

Menggunakan daun binahong untuk membersihkan wajah sangatlah mudah. Rebuslah beberapa daun binahong, kemudian gunakan air rebusannya untuk mencuci wajah Anda. Untuk mendapatkan hasil yang terbaik, cucilah wajah Anda dengan daun binahong tiga kali sehari secara teratur.

 

3. Mencerahkan Wajah

Wajah cerah juga menjadi impian banyak orang ketika melakukan perawatan wajah. Tak heran produk pencerah wajah menjadi barang yang paling dicari di pusat perbelanjaan. Sayangnya, ada beberapa produk pencerah wajah yang tidak cocok dengan jenis kulit kita. 

Apabila Anda ingin mendapatkan wajah yang cerah dengan risiko yang rendah, Anda bisa meminum air rebusan daun binahong yang sudah dingin. Minum air rebusan daun binahong membawa banyak manfaat untuk kulit wajah dan tubuh Anda.

 

4. Menghaluskan Kulit

Daun binahong bisa menjadi bahan alami andalan untuk mendapatkan kulit wajah yang halus. Manfaatkan kandungan yang ada dalam daun binahong untuk mencapai kulit halus dambaan Anda dengan cara yang mudah.

Caranya, rebuslah 20 daun binahong dengan 500 ml air, dan biarkan hingga mendingin. Kemudian, cucilah wajah Anda dengan air rebusannya. Untuk mendapatkan hasil yang optimal, Anda bisa mencuci wajah dua kali sehari, yaitu pagi dan malam.

 

5. Membersihkan Wajah

Beraktivitas di luar ruangan pastinya membuat wajah terlihat kusam. Polusi dan make-up yang Anda gunakan bisa menutup pori-pori wajah yang akhirnya menimbulkan jerawat dan komedo.

Untuk menghindarinya, Anda bisa menggunakan air rebusan daun binahong untuk mencuci wajah Anda. Lakukan secara teratur, dan Anda bisa melihat hasil yang memuaskan dari daun binahong.

 

6. Menghilangkan Jerawat

Jerawat yang muncul di wajah menjadi permasalahan yang sering dikhawatirkan, baik pria maupun wanita. Apalagi di masa pubertas, jerawat menjadi musuh bebuyutan bagi para remaja. Masalahnya, jerawat yang muncul juga bisa menyebabkan rasa sakit dan tidak nyaman.

Gunakan daun binahong untuk mengobati munculnya jerawat di wajah Anda. Daun binahong mampu mengurangi produksi minyak di wajah secara berlebih dan mengecilkan pori-pori yang bisa menumbuhkan jerawat.

Untuk penggunaannya, Anda bisa menumbuk daun binahong dan mengoleskannya pada wajah Anda selama 10 menit. Atau Anda bisa juga minum air rebusan daun binahong satu kali setiap harinya. Manfaatkan keunggulan daun binahong hingga wajah Anda terbebas dari jerawat.

 

7. Memperlambat Penuaan Dini

Apa yang bisa menyebabkan kulit mengalami penuaan dini? Jawabannya adalah stress dan radikal bebas. Kehadiran radikal bebas di wajah Anda bisa merusak sel kulit Anda dan memunculkan keriput di wajah.

Daun binahong memiliki zat antioksidan, zeaxanthin dan beta karoten yang bisa melindungi kulit Anda dari radikal bebas. Selain itu, kandungan vitamin A dan C yang terdapat di dalamnya bisa membuat kulit menjadi lebih elastis dan meremajakan kulit Anda. 

Itulah manfaat daun binahong untuk wajah Anda. Menarik bukan? Anda tinggal memasukkan daun binahong ke dalam list perawatan wajah Anda untuk memperoleh wajah yang kencang, cerah dan bebas dari jerawat. Apabila Anda mendambakan wajah yang awet muda dan bebas dari keriput, manfaatkan perawatan Anti Wrinkle Injection dari Jakarta Aesthetic Clinic (JAC). Hubungi JAC sekarang juga dan dapatkan perawatan dari dokter spesialis kulit yang sudah bersertifikasi.


Baca juga: Aesthetic Skin Care Jakarta

Sumber:

  • https://www.world-today-news.com/7-benefits-of-binahong-leaves-to-beautify-your-face-naturally

 

dr. Olivia Ong

Sebagai expert dalam bidang Botulinum ToxinTM dan Soft Tissue FillerTM, dr. Olivia Ong yang lahir dan tumbuh di Jakarta ini memiliki berbagai sertifikasi internasional seperti Advance Filler Injection Workshop with Prominent Plastic Surgeons di Swedia, International Anatomy Masterclass di Paris dan Aesthetic and Anti-Aging Medicine World Congress di Monte-Carlo, Monaco.

Terkait

Tampil Memesona dengan 7 Warna Rambut yang Bagus untuk Wanita Asia

Tampil Memesona dengan 7 Warna Rambut yang Bagus untuk Wanita Asia

Agustus 28, 2021
5 Menu Diet Rendah Kalori Terbaik untuk Anda

5 Menu Diet Rendah Kalori Terbaik untuk Anda

Agustus 28, 2021
10 Penyebab Kantung Mata Hitam yang Perlu untuk Anda Ketahui!

10 Penyebab Kantung Mata Hitam yang Perlu untuk Anda Ketahui!

Agustus 28, 2021

Comments are closed.