5 Manfaat Hyaluronic Acid untuk Kulit Berjerawat

manfaat hyaluronic acid untuk kulit berjerawat

Wajah berjerawat menjadi salah satu masalah kulit yang cukup banyak dialami orang-orang. Tak peduli akan usia, setiap orang bisa saja mengalami masalah yang satu ini. Apalagi jika banyak beraktivitas di luar, terpapar sinar matahari dan udara yang buruk akan bisa memperparah hal ini. Ada berbagai macam solusi yang dicoba, salah satunya adalah dengan menggunakan Hyaluronic acid. Melalui bahan yang satu ini, wajah berjerawat akan coba diatasi. Kira-kira apa saja manfaat Hyaluronic acid untuk kulit berjerawat?

Mengenal Manfaat Hyaluronic Acid untuk Kulit Berjerawat

Hyaluronic acid yang juga dikenal sebagai hyaluronan, sebenarnya adalah zat yang diproduksi secara alami oleh tubuh Anda sendiri. Memiliki fungsi utama untuk menjaga area tertentu dari tubuh agar tetap terlumasi dengan baik dan lembab. Zat ini akan bisa ditemukan dalam jumlah besar di kulit, mata, dan jaringan ikat. 

Selain seperti yang disebutkan di atas, hyaluronic acid sebenarnya memiliki berbagai kegunaan. Beberapa menganggapnya sebagai suplemen, sementara yang lain menerapkannya secara topikal. Salah satu manfaat terbesar hyaluronic acid adalah sangat bagus untuk semua jenis kulit. Mulai dari kulit yang rentan jerawat hingga kulit kering atau menua.

Khusus bagi kulit berjerawat, manfaat dari hyaluronic acid adalah seperti berikut ini.

1. Membantu Mengurangi Pertumbuhan Jerawat

Hyaluronic acid yang terkenal akan sifatnya yang menenangkan dan menghidrasi kulit ini akan membantu dalam menghilangkan bekas jerawat serta mengurangi peradangan. Produk perawatan kulit dengan zat yang satu ini bisa menjadi cara yang bagus untuk mengatasi masalah jerawat Anda.

2. Menjaga Kelembaban Natural

Mungkin kulit Anda mungkin rawan akan jerawat. Jika tidak menjaga kelembapannya juga, maka masalah ini akan menjadi semakin parah dan bisa memperburuk keadaan kulit wajah. Untuk setiap jenis kulit, menjaga kelembapan alami sangatlah dibutuhkan. Hyaluronic acid  adalah cara yang bagus untuk bisa memastikan jika kulit selalu dalam keadaan lembap yang terjaga. 

Tidak hanya membantu dalam memperbaiki tekstur kulit tetapi juga memerangi kekeringan dan kulit yang tidak rata. Pada akhirnya akan bisa membantu mengurangi pertumbuhan jerawat pada wajah Anda.

3. Memberikan Peningkatan Hidrasi

Kulit yang gampang berjerawat akan sangat membutuhkan hidrasi. Hyaluronic acid mampu membantu Anda untuk tetap bisa mendapatkan kulit yang terhidrasi. Menjadikan kulit jernih dan juga kencang.

4. Menenangkan Kulit

Jerawat terkadang akan bisa menyebabkan sebuah sensasi seperti terbakar pada kulit dan juga menyebabkan berbagai masalah kulit lainnya. Kandungan dari hyaluronic acid bisa membantu untuk menenangkan kulit dan mengurangi bekas jerawat sehingga kulit akan terlihat kembali sehat.

5. Membuat Wajah Bercahaya

Kulit cerah adalah keinginan kita semua. Hyaluronic acid memiliki kemampuan untuk membuka pori-pori. Hal ini menjadi cara untuk mendapatkan kulit yang bersih dan halus. Membantu kulit untuk bisa bernapas dan juga membantu dalam mengisi bekas luka. Sifat hidrasi alami akan mengunci kelembapan, yang pada akhirnya memberikan kulit bercahaya dan kenyal.

Baca juga: 5 Urutan Skincare Pagi Untuk Kulit Berjerawat

Tips Menjaga Kulit Dari Jerawat

Berikut ini adalah beberapa hal yang bisa Anda lakukan untuk menjaga kulit dari jerawat.

1. Cucilah Muka Dengan Benar

Untuk membantu mencegah jerawat, penting untuk menghilangkan minyak yang berlebih, kotoran, dan keringat pada wajah setiap harinya. Namun jangan terlalu sering  juga, karena mencuci muka lebih dari dua kali sehari dapat memperburuk jerawat. Manfaatkan juga pembersih wajah bebas alkohol.

2. Batasi Penggunaan Makeup

Menggunakan makeup untuk menutupi jerawat sering digunakan sebagai solusi. Namun, hal itu dapat menyumbat pori-pori dan memicu tumbuhnya lebih banyak jerawat. Gunakan riasan natural tanpa banyak makeup.

Baca juga: 4 Jenis Perawatan Wajah Berjerawat

3. Jangan Terlalu Sering Menyentuh Wajah

Tangan Anda bisa saja memiliki bakteri atau berbagai kotoran seperti debu. Setiap kali menyentuh wajah, kotoran ini bisa saja menyumbat pori-pori wajah. Seringlah mencuci tangan dan coba jangat terlalu banyak menyentuh wajah.

4. Batasi Paparan Sinar Matahari

Sinar matahari mungkin dapat mengeringkan jerawat, tetapi akan bisa menyebabkan masalah yang lebih besar dalam jangka waktu yang lebih panjang. Paparan sinar matahari berlebihan dan terlalu sering akan membuat kulit dehidrasi yang seiring waktu menghasilkan lebih banyak minyak dan menyumbat pori-pori.

5. Hindari Memecahkan Jerawat

Memecahkan jerawat dengan cara dipencet akan bisa menyebabkan pendarahan, luka, atau infeksi. Hal ini juga bisa meningkatkan peradangan jerawat dan menyumbat pori-pori di sekitarnya sehingga memperburuk keadaan.Itulah dia manfaat dari hyaluronic acid bagi wajah yang jerawatan. Semoga informasi yang diberikan dapat bermanfaat untuk Anda, terutama jika Anda mengalami masalah jerawat. Jakarta Aesthetic Clinic selalu memberikan solusi perawatan kulit wajah terbaik untuk Anda salah satunya adalah Facial, Peeling & Skincare. Hubungi kami segera untuk merasakan perawatan wajah dari dokter estetika dan para ahli di Jakarta Aesthetic Clinic.

Sumber:

https://www.npdermatology.com/blog/better-skin-care-improve-your-skin-with-hyaluronic-acid

https://www.100percentpure.com/blogs/feed/should-you-be-using-hyaluronic-acid-for-acne

https://www.cosmedica-skincare.com/pages/10-benefits-of-hyaluronic-acid

https://www.healthline.com/health/how-to-prevent-pimples

dr. Olivia Ong

Sebagai expert dalam bidang Botulinum ToxinTM dan Soft Tissue FillerTM, dr. Olivia Ong yang lahir dan tumbuh di Jakarta ini memiliki berbagai sertifikasi internasional seperti Advance Filler Injection Workshop with Prominent Plastic Surgeons di Swedia, International Anatomy Masterclass di Paris dan Aesthetic and Anti-Aging Medicine World Congress di Monte-Carlo, Monaco.

Terkait

Tampil Memesona dengan 7 Warna Rambut yang Bagus untuk Wanita Asia

Tampil Memesona dengan 7 Warna Rambut yang Bagus untuk Wanita Asia

Agustus 28, 2021
5 Menu Diet Rendah Kalori Terbaik untuk Anda

5 Menu Diet Rendah Kalori Terbaik untuk Anda

Agustus 28, 2021
10 Penyebab Kantung Mata Hitam yang Perlu untuk Anda Ketahui!

10 Penyebab Kantung Mata Hitam yang Perlu untuk Anda Ketahui!

Agustus 28, 2021

Comments are closed.