5 Manfaat Kayu Secang untuk Kulit Wajah yang Wajib Anda Ketahui

Manfaat Kayu Secang untuk Kesehatan Kulit

Hampir semua orang sudah mengenal kayu secang sebagai bahan untuk wedang uwuh, jenis teh herbal yang sering dikonsumsi untuk kesehatan. Ternyata, banyak sekali manfaat yang bisa didapat dari mengonsumsi kayu secang. Namun, apakah Anda tahu bahwa ada manfaat kayu secang untuk kulit wajah?

Apa Itu Kayu Secang?

Kayu secang berasal dari pohon berduri kecil yang yang biasanya tumbuh dengan tinggi sekitar 6-9 m dan diameter batang 15-25 cm dengan beberapa cabang berduri.  Pohon ini banyak ditemukan di hutan Cina dan India. Kemudian dibudidayakan di banyak bagian Malesia (Indonesia, Filipina, dan Papua Nugini) dan juga di India, Sri Lanka, Taiwan, Kepulauan Solomon, dan Hawai.

Bagian dari pohon yang dimanfaatkan adalah empulur atau batang kayu yang kemudian diserut ataupun dipotong kecil-kecil. Kayu secang sangatlah istimewa karena kemampuannya untuk menghasilkan pigmen berwarna merah saat direbus dalam air.

Kayu secang atau disebut juga dengan Caesalpinia Sappanwood, selain dijadikan minuman herbal dapat dijadikan juga untuk bahan membuat kotak, tongkat berjalan, atau biola dan kayu secang ini dapat mengobati penyakit dikarenakan khasiatnya yang besar diantaranya memperlancar siklus menstruasi pada wanita dan membantu peredaran darah ke seluruh tubuh.

Ketahui Manfaat Kayu Secang untuk Kulit Wajah yang Bersih dan Sehat

Serutan Kayu Secang Memiliki Sifat Anti-inflamasi

Seperti yang dijelaskan sebelumnya, ada manfaat kayu secang untuk kulit wajah yang sangat besar. Kandungan dalam kayu secang juga bermanfaat untuk menjaga kesehatan kulit wajah, sehingga bisa dijadikan sebagai alternatif skincare. Kalian harus ingat, kecantikan dan kesehatan kulit wajah tidak hanya didapat dari produk skincare yang rutin digunakan, tapi juga jenis makanan dan minuman yang biasa kalian konsumsi.

Apa saja manfaat kayu secang yang berguna untuk kulit wajah?

1. Mengobati Infeksi Kulit

Infeksi pada kulit bisa disebabkan oleh bakteri, parasit, jamur dan bahkan virus. Karenanya, kita membutuhkan antimikroba untuk mengatasi masalah kulit yang satu ini.

Air rebusan kayu secang memiliki khasiat antimikroba alami dan aman, sehingga kita tidak perlu pusing memikirkan skincare atau obat apa yang cocok untuk mengatasi infeksi. Kandungan metanol pada kayu secang bisa menghalangi pertumbuhan bakteri Staphylococcus aureus yang kebal terhadap methicillin yang bisa membunuhnya.

Selain mencegah infeksi kulit, minuman kayu secang bisa dikonsumsi saat keracunan makanan atau mengalami infeksi pada persendian.

Baca juga: Inilah 7 Manfaat Daun Binahong untuk Wajah Anda

2. Menghilangkan Jerawat

Membersihkan wajah dengan rebusan kayu secang bisa menjadi alternatif untuk mendapatkan kulit yang bebas jerawat, terutama bagi yang kulitnya bertipe sensitif. Belum lagi, wajah kita memiliki beberapa bagian yang sensitif dan tipis, sehingga harus hati-hati dalam memilih sabun pencuci wajah.

Kayu secang memiliki pigmen berwarna merah yang bernama Brazilein. Pigmen ini dipercaya bisa melawan bakteri Propionibacterium acnes yang menyebabkan jerawat tumbuh di wajah kita. Tak hanya itu, bakteri ini juga bisa mengakibatkan peradangan pada kelopak mata, bagian yang paling sensitif di wajah kita.

Baca juga: 9 Jenis Perawatan Wajah Berjerawat

3. Kaya akan Antioksidan

Sudah pasti teh atau wedang memiliki kandungan antioksidan yang tinggi. Sayangnya, teh memiliki kesamaan dengan kopi, yaitu memiliki kandungan kafein meskipun lebih rendah. 

Mengkonsumsi teh secara terus menerus bisa mengakibatkan kecanduan kafein yang tentunya berbahaya bagi tubuh kita, bahkan menyebabkan kurang tidur. Padahal, wajah yang bersih dan sehat didapatkan juga dari gaya hidup yang benar, salah satunya tidur yang cukup.

Nah, wedang uwuh berbahan kayu secang ini bisa menjadi pengganti teh yang biasa kita konsumsi. Kandungan antioksidannya lebih besar dari teh biasanya, bedanya tidak ada kandungan kafein karena teh ini terbuat dari bahan herbal.

Kandungan antioksidan ini sangat berguna untuk melindungi wajah kita dari radikal bebas, sehingga kulit wajah pun tetap sehat. Malahan, khasiat perlindungannya lebih kuat dari pigmen kuersetin yang ditemukan pada makanan kaya antioksidan lainnya, seperti blueberry.

4. Khasiat Anti Alergi

Tak bisa dipungkiri, wajah kita pun mengalami alergi karena beberapa penyebab, salah satunya kosmetik. Akibatnya, wajah menjadi gatal dan muncul tanda kemerah-merahan, sehingga memakai produk skincare pun dirasa tidak aman.

Apabila kulit wajah mulai mengalami alergi, cobalah minum wedang uwuh serutan daun secang untuk menyembuhkannya. Bahan dan kandungan dalam kayu secang, terutama sappan chalcone memiliki khasiat anti alergi yang sangat kuat sehingga bisa menyembuhkan alergi yang tidak nyaman di wajah.

Baca juga: 5 Manfaat Skin Care untuk Kesehatan Kulit Wajah Anda

5. Bahan Baku Skin Care

Pada tahun 2002, studi tentang kayu secang menunjukkan bahwa Caesalpinia Sappanwood dapat dimanfaatkan sebagai sumber bahan yang baik untuk perawatan kulit, terutama terhadap fotokarsinogenesis kulit – proses berkembangnya kanker kulit yang disebabkan oleh paparan sinar UV.

Ini didukung oleh sebuah penelitian pada tahun 2012 yang menunjukkan bahwa manfaat kayu secang untuk kulit wajah adalah memberi perlindungan kulit terhadap penuaan akibat paparan sinar UV.

Selain itu, kayu secang juga dapat dikembangkan sebagai komponen pemutih kulit untuk kosmetik.

Ternyata, besar juga ya manfaat kayu secang untuk kulit wajah yang bisa kita dapatkan. Oleh karena itu, ada baiknya Anda mulai rutin meminum rebusan daun secang sebagai wedang uwuh sehingga bisa mendapatkan kulit wajah yang bebas dari jerawat, infeksi, dan alergi. Tak hanya itu, kayu secang juga bisa membawa manfaat yang besar untuk kesehatan Anda, terutama meningkatkan kesehatan jantung.

Bila Anda mengalami masalah kulit infeksi atau alergi, lebih baik periksakan diri ke Jakarta Aesthetic Clinic sekarang juga. Kami akan memberikan perawatan Anti Oxidant Infusion yang bisa mengobati masalah kulit infeksi dan alergi. Segera hubungi JAC untuk booking sebelum kehabisan, ya.

Sumber:

  • https://www.moolihai.com/health-benefits-of-caesalpinia-sappan-wood/ 
  • https://www.thehealthsite.com/diseases-conditions/health-benefits-of-sappanwood-or-pathimugham-herb-k0417-485713/
  • Hwang, S. G., Lee, J. S., Baek, S. H., Jeon, B. H., Woo, W. H., & Chun, H. J. (2002). Inhibitory effects of butyl alcohol extract from Caesalpinia sappan L. on melanogenesis in Melan-a cells. Korean Journal of Pharmacognosy33(2), 130-136. https://koreascience.kr/article/JAKO200203041296317.page
  • Lee, Y. R., Noh, E. M., Han, J. H., Kim, J. M., Hwang, J. K., Hwang, B. M., & Kim, J. S. (2012). Brazilin inhibits UVB-induced MMP-1/3 expressions and secretions by suppressing the NF-κB pathway in human dermal fibroblasts. European Journal of Pharmacology674(2-3), 80-86. https://pubmed.ncbi.nlm.nih.gov/22044921/
  • https://www.healthbenefitstimes.com/sappanwood/
dr. Olivia Ong Cover

dr. Olivia Ong

Sebagai expert dalam bidang Botulinum ToxinTM dan Soft Tissue FillerTM, dr. Olivia Ong yang lahir dan tumbuh di Jakarta ini memiliki berbagai sertifikasi internasional seperti Advance Filler Injection Workshop with Prominent Plastic Surgeons di Swedia, International Anatomy Masterclass di Paris dan Aesthetic and Anti-Aging Medicine World Congress di Monte-Carlo, Monaco.

Terkait

Ketahui Ciri-Ciri Penuaan Dini, Jangan Sampai Terlambat

Ketahui Ciri-Ciri Penuaan Dini, Jangan Sampai Terlambat

Desember 5, 2022
Bagaimana Cara Menghilangkan Scar di Wajah?

Bagaimana Cara Menghilangkan Scar di Wajah?

Desember 5, 2022
Buat Penampilan Makin Segar, Inilah Cara Mengencangkan Pipi yang Kendur

Buat Penampilan Makin Segar, Inilah Cara Mengencangkan Pipi yang Kendur

Desember 5, 2022

Comments are closed.