Jangan Dibuang! Ini 7 Manfaat Kulit Pisang untuk Wajah

Manfaat Kulit Pisang untuk Wajah

 

Suka makan pisang? Mulai sekarang, jangan buru-buru melempar kulitnya ke tempat sampah. Ya, kulit dari buah tropis ini ternyata mengandung vitamin B6, B12, magnesium, serta potasium yang bagus untuk kesehatan.

Tak hanya bergizi, ada banyak manfaat kulit pisang untuk wajah dan kecantikan. Ini di antaranya.

 

1. Menyembuhkan Jerawat

Jerawat dan bruntusan di wajah ternyata bisa diredakan dengan kulit pisang, lho. Selain bisa memakan buahnya secara langsung, Anda juga bisa menjadikan kulit pisang sebagai masker untuk perawatan.

Caranya dengan menggosok sisi dalam kulit pisang ke area wajah/tubuh yang berjerawat selama 5 menit. Lakukan secara rutin setiap hari sampai jerawat benar-benar hilang.

 

2. Mencegah Kerutan

Selain usia, kerutan di dahi juga dapat muncul karena berbagai faktor, misalnya pola hidup yang tidak sehat, penggunaan kosmetik, serta paparan sinar matahari. Selain rajin menggunakan sunscreen, Anda juga disarankan untuk melakukan perawatan wajah alami dengan kulit pisang.

Ya, kulit pisang juga dikenal efektif untuk mencegah kerutan pada wajah dan leher. Caranya, hancurkan dulu kulit pisang dengan diblender. Kemudian campurkan dengan kuning telur hingga membentuk pasta. Aplikasikan di wajah selama 15 menit, lalu bilas dengan air hangat.

 

Baca Juga: Masker Oatmeal untuk Memutihkan Wajah

 

3. Melembapkan Kulit

Manfaat kulit pisang untuk wajah yang selanjutnya adalah melembapkan kulit wajah. Ini berkat kandungan mineral alami yang ada di dalamnya. Caranya sama seperti saat Anda membuat masker pasta untuk menghilangkan kerutan, yakni menggunakan campuran kuning telur.

Bila dilakukan secara rutin, wajah tidak hanya lebih lembap, tapi juga terasa makin halus, cerah, dan segar.

 

4. Memudarkan Bekas Jerawat

Bekas jerawat, noda hitam, atau bekas gigitan nyamuk pasti membuat Anda tidak percaya diri, apalagi jika letaknya di wajah. Nah, ketimbang menggunakan obat-obatan kimia yang tidak jelas, manfaatkan saja kulit pisang.

Tipsnya, gosokkan kulit pisang pada area wajah yang terdapat bekas jerawat atau noda hitam. Namun ingat, hanya gunakan kulit pisang yang benar-benar baru dikupas, ya.

 

Baca Juga: Cara Memutihkan Wajah dengan Jeruk Nipis

 

5. Mengangkat Sel Kulit Mati

Sel kulit mati yang menumpuk di wajah tidak hanya menyebabkan jerawat, tapi juga membuat kulit terlihat kusam. Tenang, yuk gunakan kulit pisang sebagai scrub alami. Anda bisa mencampurkannya dengan oatmeal dan santan segar.

Scrub wajah maksimal 2 kali seminggu. Jika dilakukan secara rutin, wajah dijamin akan lebih lembut, bersih, dan glowing. Komedo dan jerawat pun takkan datang lagi.

 

6. Mengatasi Kulit Berminyak

Wajah yang berminyak juga bisa diatasi dengan kulit pisang, lho. Caranya dengan mencampurkan pasta kulit pisang dan perasan jeruk lemon, lalu aplikasikan pada wajah seperti masker.

Kombinasi vitamin C dan acid akan membantu mengontrol produksi minyak di wajah. Selain itu, kedua mineral alami ini juga terbukti efektif mencerahkan kulit. Lakukan perawatan ini setiap hari menjelang tidur, ya.

 

Baca Juga: Cara Memutihkan Kulit dengan Tepung Beras dan Kopi

 

7. Mengatasi Mata Bengkak

Manfaat kulit pisang yang terakhir adalah mengurangi bengkak pada mata. Ini berkat kandungan potasium di dalamnya yang bekerja mengatur jumlah garam dalam tubuh penyebab pembengkakan. Selain memakan langsung buahnya, Anda juga bisa menggosokkan kulit pisang ke area bawah mata.

 

Wah, ternyata kulit pisang punya manfaat yang bagus sekali untuk kecantikan, ya. Agar perawatan wajah Anda lebih maksimal, coba dengan melakukan treatment di Jakarta Aesthetic Clinic. Di sini ada beragam prosedur perawatan yang aman dan sesuai dengan kebutuhan kulit Anda, baik pria maupun wanita. Tunggu apa lagi? Yuk, buat appointment sekarang!

 


Sumber:

Dr. Olivia Ong

Dr. Olivia Ong

Sebagai expert dalam bidang Botulinum ToxinTM dan Soft Tissue FillerTM, dr. Olivia Ong yang lahir dan tumbuh di Jakarta ini memiliki berbagai sertifikasi internasional seperti Advance Filler Injection Workshop with Prominent Plastic Surgeons di Swedia, International Anatomy Masterclass di Paris dan Aesthetic and Anti-Aging Medicine World Congress di Monte-Carlo, Monaco.

Terkait

Rekomendasi Dokter Kecantikan Terpercaya di Jakarta Selatan

Rekomendasi Dokter Kecantikan Terpercaya di Jakarta Selatan

Agustus 27, 2020
5 Tips Memilih Dokter Kecantikan di Jakarta

5 Tips Memilih Dokter Kecantikan di Jakarta

Agustus 27, 2020
Klinik Kecantikan di Jakarta Selatan Ini Siap Bantu Anda Tampil Cantik

Klinik Kecantikan di Jakarta Selatan Ini Siap Bantu Anda Tampil Cantik

Agustus 27, 2020

Comments are closed.