6 Manfaat Masker Kentang untuk Wajah

Manfaat masker kentang bagi wajah didapat dari berbagai kandungan nutrisi di dalamnya yang baik untuk kesehatan kulit. Nutrisi tersebut di antaranya adalah zat antiradang, vitamin C, niacin, dan antioksidan. Untuk bisa mendapatkan manfaat nutrisi di dalam kentang, Anda bisa membuat masker yang terbuat dari bahan alami ini.

Apa Saja Manfaat Masker Kentang?

Mari simak apa saja manfaat dari kentang dan cara membuat maskernya. 

1. Mengurangi kerutan di wajah

Manfaat masker kentang bagi wajah bisa sebagai penghalau kerutan tanda penuaan dini. Hal ini berkat kandungan antioksidan yang ampuh melawan radikal bebas, salah satu pemicu munculnya kerutan dan kerusakan kulit. Anda bisa memanfaatkan masker kentang sebagai bahan alami di samping penggunaan krim anti-aging

Caranya, parut kentang sampai halus dan oleskan ke seluruh permukaan wajah. Diamkan selama dua menit, kemudian bilas sampai bersih. Sebelum mencoba masker kentang, sebaiknya Anda tes alergi dulu untuk melihat reaksi yang ditimbulkan kulit. Kalau aman, tidak ada tanda kulit memerah, gatal, dan ruam, Anda bisa melanjutkan penggunaan masker.

2. Mencerahkan wajah

Sekarang ini banyak wanita menginginkan wajah cerah dan glowing. Selain dengan prosedur perawatan di klinik kecantikan seperti Jakarta Aesthetic Clinic, Anda pun bisa mencoba alternatif tradisional dengan memanfaatkan masker kentang. Caranya, hancurkan kentang yang telah dikupas dan ambil 2 sendok teh jus kentang tersebut. Campurkan dengan 2 sendok teh jus lemon dan ½ sendok teh madu, kemudian oleskan ke wajah dan leher. Diamkan masker meresap kira-kira 15 menit. Setelahnya, bilas menggunakan air bersih. 

Baca juga: 5 Pilihan Masker Wajah Alami untuk Kulit Berminyak

3. Mengempeskan dan memudarkan bekas jerawat

Kentang sebagai bahan alami memiliki kandungan anti radang. Zat ini dapat meredakan jerawat yang meradang secara efektif. Perlu Anda tahu bahwa salah satu pemicu jerawat yang membesar dan susah hilang adalah peradangan. Oleh karena itu, dengan zat anti radang dalam kentang, masalah ini dapat diatasi. Setelah jerawat kempes, kandungan niacin dalam kentang akan membantu proses penyembuhan sekaligus memudarkan bekas jerawat. 

4. Mengurangi produksi minyak berlebih

Pemilik tipe kulit wajah berminyak pasti kerap merasakan wajah kusam akibat produksi minyak berlebih. Anda pun pasti risih dengan kondisi ini. Tak perlu khawatir, salah satu manfaat masker kentang untuk wajah adalah mengurangi produksi minyak berlebih. Tertarik mencobanya? Pertama, kupas dan parut kentang hingga halus. Kedua, tambahkan air mawar atau air beras. Ketiga, aduk keduanya sampai tercampur rata. Kalau sudah, tambahkan 1 sendok teh jus lemon dan oleskan ke wajah. Diamkan 15 menit, lalu bilas. 

Baca juga: Cara Menghilangkan Bekas Luka di Wajah dalam Waktu Singkat

5. Melembapkan wajah kering

Manfaat masker kentang untuk wajah juga bisa menjaga kulit kering tetap lembap, lho. Anda bisa membuktikannya sendiri di rumah. Caranya, parut kentang dan campur dengan 2 sendok makan minyak zaitun. Setelah itu, tambahkan 1 sendok madu. Aduk semua bahan hingga merata, lalu oleskan ke seluruh area kulit wajah. Biarkan dulu masker selama 10 menit, kemudian bilas dengan air bersih.

6. Memiliki efek menenangkan pada wajah

Berada terlalu lama di bawah sinar matahari membuat wajah berwarna ruam kemerahan. Apalagi kalau Anda beraktivitas di lokasi yang panas mataharinya sangat menyengat, pastinya membuat wajah makin merah, kering, dan mengelupas. Nah, untuk memberikan efek ‘menenangkan’ wajah terbakar matahari, Anda dapat menggunakan masker kentang. Caranya mudah, kok, cukup tempatkan potongan kentang dingin di wajah dan biarkan selama 15 menit. 

Bagaimana, apakah Anda tertarik dengan manfaat masker kentang untuk wajah? Memang, merawat wajah dengan bahan alami seperti ini bisa jadi pilihan. Bahannya mudah ditemukan, Anda pun gampang membuat maskernya sendiri di rumah. Selamat mencoba!

dr. Olivia Ong

Sebagai expert dalam bidang Botulinum ToxinTM dan Soft Tissue FillerTM, dr. Olivia Ong yang lahir dan tumbuh di Jakarta ini memiliki berbagai sertifikasi internasional seperti Advance Filler Injection Workshop with Prominent Plastic Surgeons di Swedia, International Anatomy Masterclass di Paris dan Aesthetic and Anti-Aging Medicine World Congress di Monte-Carlo, Monaco.

Terkait

Cara Menghilangkan Kerutan Dibawah Mata dengan Es Batu

Cara Menghilangkan Kerutan Dibawah Mata dengan Es Batu

April 2, 2021
Cryolipolysis Adalah Metode Menghilangkan Lemak yang Bisa Anda Coba

Cryolipolysis Adalah Metode Menghilangkan Lemak yang Bisa Anda Coba

April 2, 2021
Cara Menghilangkan Kerutan Dibawah Mata dengan Minyak Zaitun

Cara Menghilangkan Kerutan Dibawah Mata dengan Minyak Zaitun

April 2, 2021

Comments are closed.