Apa Saja Manfaat Minyak Kemiri Untuk Rambut?

Manfaat Minyak Kemiri Untuk Rambut

‘Rambut adalah mahkota’ menjadi salah satu istilah yang sudah sering kita dengar. Dalam menjaga penampilan, rambut merupakan bagian yang sangat penting. Nenek moyang kita menggunakan berbagai bahan alami agar rambut mereka bisa terlihat sehat dan menarik. Salah satu bahan alami yang digunakan adalah minyak kemiri/candlenut oil.

Mengenal Minyak Kemiri

Kemiri (Aleurites Moluccana (L.) Willd)  biasanya tumbuh di iklim tropis seperti Indonesia. Buah kemiri yang terlihat sangat mirip dengan kenari diyakini dapat memiliki banyak manfaat bagi kehidupan manusia terutama mengatasi beberapa masalah pada rambut Anda.

Kemiri mengandung sejumlah zat seperti protein, karbohidrat, mineral, fosfor, kalium, kalsium dan magnesium. Adapun vitamin yang terkandung dalam kemiri diantaranya adalah vitamin A, vitamin B1 (tiamin), vitamin B9 (folat).

Kemiri juga mengandung berbagai zat yang bermanfaat seperti saponin, flavonoid,  polifenol dan  fitosterol. Selain itu, biji kemiri mengandung minyak yang tergolong tinggi yaitu 55-66% dari berat biji.

Hal ini menyebabkan kemiri banyak diminati oleh konsumen dalam memenuhi kebutuhannya. Salah satu cara untuk memanfaatkan buah kemiri ini adalah dengan mengekstrak biji kemiri menjadi minyak kemiri. Minyak kemiri ini sebagian besar mengandung asam lemak tak jenuh dan asam lemak jenuh dengan persentase yang relatif sedikit.

Apa saja manfaat minyak kemiri untuk rambut Anda? Yuk mari kita cari tahu melalui informasi di bawah ini.

7 Manfaat Minyak Kemiri Untuk Rambut

Bahan alami ini ternyata sudah lama digunakan oleh orang-orang Hawaii dalam menjaga kesehatan dan penampilan rambut mereka. Nutrisi dalam kemiri termasuk asam lemak, beberapa mineral, vitamin dan antioksidan alami. 

  • Vitamin C dan D: Diperlukan untuk kulit dan rambut yang indah serta kesehatan secara keseluruhan.
  • Vitamin E: Antioksidan kuat yang melawan radikal bebas berbahaya.
  • Asam lemak sehat: 29% asam oleat (Omega-9) dan 42% asam linoleat (Omega-6) memberikan nutrisi jauh ke dalam kulit di mana mereka paling dibutuhkan.
  • Asam oleik: Antioksidan yang dapat menyebabkan relaksasi pembuluh darah di area folikel rambut sehingga dapat merangsang pertumbuhan rambut.

Nilai gizi dan manfaat minyak kemiri per 100 gram-nya adalah sebagai berikut:

  • Energi (kkal) – 473,0 kkal
  • Air – 24,4 mL
  • Lemak – 49,9 g
  • Protein – 7,8 g
  • Kalium – 876,0 mg
  • Natrium – 14,0 mg
  • Fosfor – 1.060,0 mg
  • Kalsium – 140,0 mg
  • Magnesium – 410.0 mg
  • Seng – 2,7 mg
  • Besi – 2,7 mg
  • Tembaga – 6,9 mg
  • Kadmium – 0,1 ug
  • Tiamin (B1) – 4,2 mg
  • Niacin (B3) Eq. – 1,3 mg

Melalui berbagai kandungan di atas, minyak kemiri ini akan bisa memberikan rambut Anda berbagai macam manfaat, seperti:

1. Menyuburkan Rambut

Kemampuan minyak kemiri untuk menyuburkan rambut memang tidak bisa dipungkiri lagi. Cukup ambil minyak kemiri secukupnya secara merata pada rambut dan kulit kepala.

Lakukan pijatan dengan lembut dan biarkan semalaman. Keesokan harinya bilas dengan sampo. Lanjutkan dengan memberikan kondisioner pada ujung rambut. Lakukan secara rutin untuk mendapatkan rambut yang subur, lebat, dan tebal.

2. Mengatasi Rambut Rontok

Kandungan protein dan mineral yang terdapat pada kemiri mampu menguatkan rambut dari akar hingga ujungnya. Membantu dalam memberikan nutrisi agar rambut tidak mudah rontok dan kuat.

Baca juga: Ketahui 4 Manfaat Argan Oil untuk Rambut Lebih Sehat

3. Menumbuhkan Rambut

Masalah kebotakan juga bisa diatasi menggunakan minyak alami satu ini. Minyak kemiri dapat merangsang pertumbuhan rambut. Penggunaan minyak kemiri secara teratur dapat mencegah rambut rontok dan menumbuhkan kembali rambut yang bahkan lebih kuat dan sehat dari sebelumnya.

Baca juga: 5 Cara Membuat Rambut Cepat Panjang

4. Menghitamkan Rambut

Rambut hitam berkilau adalah keinginan banyak orang. Minyak kemiri bisa membantu Anda mewujudkan rambut yang bersinar dan juga hitam. Meningkatkan penampilan Anda berkali lipat.

5. Membersihkan Ketombe

Banyak masalah muncul dengan rambut. Salah satunya adalah ketombe. Minyak kemiri dapat membantu mengatasi masalah ini. Dengan melakukan langkah ini secara teratur, rambut bisa bebas dari ketombe. Taruh minyak kemiri di tangan Anda, dan remas kepala Anda secara perlahan hingga setiap bagian kulit kepala Anda terkena minyak ini. Setelah itu, cuci. Minyak kemiri dapat membersihkan kulit kepala dari kotoran penyebab ketombe.

6. Melindungi Rambut dari Sinar Matahari

Paparan sinar matahari berlebihan dan terus-menerus dapat merusak struktur rambut (keratin) sehingga rambut menjadi lebih kasar, menempel satu sama lain hingga sulit diatur. Paparan sinar matahari ini juga dapat memudarkan warna rambut dan tampak seperti warna karat pada besi.

Untuk mencegah kerusakan ini, maka Anda dapat mengoleskan minyak kemiri ke rambut dan kuit kepala Anda. Minyak kemiri mengandung vitamin E, sehingga minyak kemiri berkhasiat sebagai antioksidan guna menangkal radikal bebas dari paparan sinar matahari dengan menjaga sel membran rambut dari kerusakan.

7. Mengatasi Psoriasis

Khasiat minyak kemiri untuk kesehatan selanjutnya berkaitan dengan masalah kulit kepala. Vitamin E di dalam minyak kemiri tidak hanya bermanfaat untuk mencegah kerusakan rambut, vitamin E tersebut juga dapat mencegah gejala psoriasis.

Psoriasis merupakan masalah pada kulit kepala yang ditandai dengan kulit gatal, bersisik, hingga rambut rontok. Untuk mengatasinya, pengaplikasian beberapa tetes minyak kemiri pada kulit kepala Anda adalah salah satu solusinya.

Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, Anda bisa mengoleskan minyak kemiri di seluruh helai rambut dan kulit kepala Anda. Rambut boleh berada dalam kondisi basah atau kering. Selanjutnya, sisirlah dari akar hingga ujung rambut agar minyak kemiri bisa menutrisi bagian kepala secara merata.

Baca juga: Ketahui 4 Manfaat Argan Oil untuk Rambut Lebih Sehat

Proses Pembuatan Minyak Kemiri

JIka Anda ingin membuat minyak ini secara homemade, maka cara yang bisa dilakukan adalah sebagai berikut ini:

  • Haluskan kemiri hingga halus merata.
  • Setelah itu, tambahkan air ke dalam campuran kemiri yang halus. Aduk terus hingga air dan kemiri tercampur rata.
  • Peras hasil campuran. Pastikan jus masuk ke dalam mangkuk yang telah disiapkan.
  • Didihkan air kemiri dalam panci kecil di atas api sedang. Butuh waktu lama untuk merebus minyak kemiri.
  • Diamkan sejenak hingga dingin, lalu tuangkan ke dalam botol kecil.

Penggunaan minyak kemiri untuk rambut, bisa digunakan setelah keramas dan saat rambut setengah kering. Tuangkan beberapa tetes minyak kemiri pada kulit kepala lalu ratakan dengan tangan. Setelah itu, oleskan ke telapak tangan Anda dan usap rambut Anda dari atas ke bawah. Minyak ini juga bagus digunakan pada anak, sehingga rambut mereka bisa bersinar dan tumbuh dengan lebat. Minyak ini juga bagus untuk kulit, bisa mengurangi stretch mark dan meredakan sengatan matahari. Kulit Anda akan halus, lebih menarik, dan sehat.

Insomnia adalah sejenis penyakit yang membuat Anda tidak bisa tidur nyenyak. Bisa karena depresi, banyak berpikir, takut akan sesuatu. Kemiri memiliki melatonin yang akan membuat Anda rileks dan cepat tertidur. Sehingga bisa menjadi solusi yang bagus untuk orang dengan insomnia.

Itulah dia manfaat dari minyak kemiri untuk rambut dan juga berbagai hal lainnya. Sekarang tidak perlu lagi repot-repot membuat sendiri minyak kemiri untuk merawat kesehatan rambut Anda, karena Hair Growth Factor Treatment dari Jakarta Aesthetic Clinic hadir sebagai solusi untuk mengobati rambut rontok dan menghasilkan rambut yang lebih sehat dan tebal. Kunjungi website kami untuk mendapatkan informasi lebih lanjut dan lakukan konsultasi sekarang juga di sini.

Sumber:

  • https://drhealthbenefits.com/herbal/herbal-spices/health-benefits-of-candlenut
  • https://lenascreations.blogspot.com/2021/03/how-to-make-candlenut-oil-for-hair-care.html
  • https://fitforthesoul.com/the-benefits-of-candlenut-for-skin-and-hair/
  • https://www.eraorganics.com/blogs/raw-ingredients/kukui-oil
  • https://www.halodoc.com/artikel/minyak-kemiri-untuk-atasi-kerontokan-rambut-ini-faktanya
  • https://hellosehat.com/herbal-alternatif/herbal/manfaat-minyak-kemiri/
dr. Olivia Ong Cover

dr. Olivia Ong

Sebagai expert dalam bidang Botulinum ToxinTM dan Soft Tissue FillerTM, dr. Olivia Ong yang lahir dan tumbuh di Jakarta ini memiliki berbagai sertifikasi internasional seperti Advance Filler Injection Workshop with Prominent Plastic Surgeons di Swedia, International Anatomy Masterclass di Paris dan Aesthetic and Anti-Aging Medicine World Congress di Monte-Carlo, Monaco.

Terkait

Inilah Perbedaan Sunscreen dan Sunblock, Jangan Sampai Tertukar

Inilah Perbedaan Sunscreen dan Sunblock, Jangan Sampai Tertukar

Februari 2, 2023
Perbedaan Moisturizer dan Sunscreen, Sudah Tahu Belum?

Perbedaan Moisturizer dan Sunscreen, Sudah Tahu Belum?

Februari 2, 2023
Inilah Ciri Ciri Skin Barrier Rusak yang Harus Anda Ketahui

Inilah Ciri Ciri Skin Barrier Rusak yang Harus Anda Ketahui

Februari 2, 2023

Comments are closed.