Jarang Diketahui, Ini Manfaat Peeling Wajah Berjerawat

Manfaat peeling wajah berjerawat

Jerawat merupakan salah satu masalah kulit yang sangat menganggu bagi semua orang, khususnya wanita. Kulit wajah berjerawat dapat membuat tampilan tampak kurang terawat, sehingga Anda perlu melakukan berbagai cara untuk mengatasinya. Dari banyaknya cara yang bisa Anda lakukan untuk menghilangkan jerawat, salah satu cara yang mungkin belum diketahui atau Anda hindari adalah peeling wajah berjerawat.

Masih banyak yang beranggapan bahwa peeling wajah berjerawat itu berbahaya dan hanya akan membuat kulit makin berjerawat. Padahal jika dilakukan dengan benar, peeling wajah berjerawat dapat menjadi solusi bagi kulit indah terawat. Lantas, apa saja manfaat peeling wajah berjerawat tersebut? Yuk, simak informasi selengkapnya di bawah ini!

Apa itu chemical peeling wajah berjerawat?

Sebelum mengetahui manfaatnya, penting untuk Anda ketahui bahwa peeling wajah berjerawat merupakan salah satu metode perawatan untuk wajah berjerawat yang menggunakan larutan kimia. Penggunaannya sama dengan jenis chemical peeling wajah pada umumnya, yakni dioleskan di wajah. Dalam prosesnya, proses ini dimulai dengan melakukan pengangkatan kulit-kulit mati yang terdapat dalam lapisan tanduk.

Setelah sel kulit mati dalam lapisan tanduk diangkat, wajah akan menjadi lebih cerah karena lapisan yang ada di bawah lapisan tanduk (stratum lucidum) dapat terlihat keluar. Lapisan tersebut merupakan lapisan kulit yang lebih bening.

Baca juga: 3 Cara Mengangkat Sel Kulit Mati dengan Air Hangat

Anda dapat mencoba perawatan wajah dengan metode chemical peeling ini bila kulit sedang berjerawat dan memiliki warna kulit agak gelap karena dapat membuat warna kulit tampak lebih cerah dan bersinar. Selain itu, perawatan chemical peeling juga dapat memudarkan, dan bahkan mengatasi bekas jerawat yang membandel. Hasil perawatan peeling terhadap wajah juga dapat terlihat. dalam waktu yang cukup singkat.

Apa manfaat peeling wajah berjerawat?

Sebagai metode umum dan aman digunakan, chemical peeling wajah berjerawat memiliki serangkaian manfaat yang membuatnya cocok Anda gunakan. Beberapa manfaat chemical peeling wajah berjerawat adalah:

  • Mengatasi kondisi kulit berjerawat.
  • Menutup pori-pori yang besar
  • Mengatasi kerutan dan garis halus.
  • Mengatasi warna kulit kusam.
  • Memudarkan bekas jerawat, flek, atau bekas hyperpigmentasi
  • Pigmentasi kulit yang tidak merata.

Baca juga: Bagaimana Cara Mencerahkan Kulit Kusam?

Anda bisa mendapatkan beberapa manfaat dari penggunaan peeling wajah berjerawat seperti yang disebutkan di atas karena peeling wajah berjerawat menggunakan banyak senyawa yang dijadikan bahan perawatan. Salah satunya adalah asam glycolic yang berasal dari tanaman dan buah tertentu. Senyawa tersebut memiliki fungsi membantu memperlancar pertumbuhan kulit dan merangsang kolagen, hingga memungkinkan sel kulit mati jatuh secara alami.

Tidak hanya asam glycolic, metode perawatan ini juga memanfaatkan senyawa organik berupa salicylid acid yang berfungsi mengobati bekas luka jerawat secara efektif, dan bekerja baik untuk kulit berjerawat dan berminyak dengan meningkatkan proses pergantian sel. Senyawa asam mandelic yang berasal dari almond pahit juga digunakan sebagai salah satu bahan perawatan wajah ini. Masalah warna kulit tidak rata atau pigmentasi bisa Anda atasi dengan metode ini.

Kapan waktu yang tepat melakukan peeling wajah berjerawat?

Untuk mendapatkan hasil terbaik, Anda perlu memperhatikan lama waktu yang Anda butuhkan untuk melakukan peeling wajah berjerawat. Sebagai informasi, pengerjaan utama peeling wajah berjerawat ini memakan waktu yang cukup singkat, yakni selama 10 hingga 15 menit. Namun, untuk pengerjaannya secara keseluruhan, jika dilakukan di klinik kecantikan misalnya, waktu yang dibutuhkan bisa selama satu jam.

Baca Juga: Cara Membuat Wajah Cerah Sepanjang Hari

Adakah efek samping melakukan peeling wajah berjerawat?

Berbagai manfaat peeling wajah berjerawat yang disebutkan sebelumnya bisa Anda terima tanpa perlu mengkhawatirkan efek samping perawatannya. Karena pada umumnya metode peeling wajah ini tidak mengakibatkan terjadinya pengelupasan ataupun membuat wajah menjadi kemerahan secara berlebihan. Kenapa? Karena perawatan kulit satu ini dimulai dari tingkatan yang paling ringan, dan juga disesuaikan dengan keadaan kulitmu.

Itulah informasi manfaat peeling wajah berjerawat beserta informasi tambahan lainnya yang mungkin Anda butuhkan. Jika Anda ingin memperoleh hasil maksimal dari peeling wajah berjerawat, lakukan metode perawatan ini minimal sebanyak 3 kali dan lihat hasilnya. Semoga bermanfaat, ya!

Sumber:

  • Willy, Tjin. 25 Juni 2018. Informasi tentang Peeling yang Perlu Anda Tahu. https://www.alodokter.com/informasi-tentang-peeling-yang-perlu-anda-tahu
  • Anindyaputri, Irene. 6 September 2017. Awas, Tak Semua Orang Bisa Sembarangan Peeling Wajah. https://hellosehat.com/hidup-sehat/kecantikan/facial-peeling-wajah-kulit-aman/
dr. Olivia Ong Cover

dr. Olivia Ong

Sebagai expert dalam bidang Botulinum ToxinTM dan Soft Tissue FillerTM, dr. Olivia Ong yang lahir dan tumbuh di Jakarta ini memiliki berbagai sertifikasi internasional seperti Advance Filler Injection Workshop with Prominent Plastic Surgeons di Swedia, International Anatomy Masterclass di Paris dan Aesthetic and Anti-Aging Medicine World Congress di Monte-Carlo, Monaco.

Terkait

9 Cara Eksfoliasi Wajah dengan Bahan Alami

9 Cara Eksfoliasi Wajah dengan Bahan Alami

Mei 31, 2022
Macam-Macam Bentuk Hidung di Dunia, termasuk Bentuk Hidung Orang Indonesia

Macam-Macam Bentuk Hidung di Dunia, termasuk Bentuk Hidung Orang Indonesia

Mei 31, 2022
Ketahui Manfaat Baby Skin Treatment

Ketahui Manfaat Baby Skin Treatment

Mei 30, 2022

Comments are closed.