Kenali 5 Manfaat Tamanu Oil untuk Wajah Anda

manfaat tamanu oil untuk wajah

Minyak wajah sudah umum digunakan sebagai bagian dari produk skincare routine. Secara umum, kita mengenal minyak jojoba, olive, avocado dan sunflower. Namun, apakah Anda sudah mengenal tamanu oil? Apabila jawabannya adalah belum, wajar, sebab bahan minyak ini memang belum dikenal oleh banyak orang. Ternyata, ada manfaat tamanu oil untuk wajah yang sangat besar, sehingga Anda bisa menjadikannya sebagai bagian dari skincare routine.

Minyak tamanu berasal dari biji kacang tamanu. Tanaman tamanu biasa ditemukan di daerah Asia Tenggara dan Polynesia. Kehadiran tamanu oil memang terbilang baru di dunia skincare secara global, tapi praktik penggunaannya sudah dilakukan selama berabad-abad lamanya di kebudayaan Asia, Afrika dan Kepulauan Pasifik. Biasanya, tamanu oil digunakan untuk menjaga kesehatan rambut dan kulit.

Minyak tamanu memiliki penampilan dan aroma yang menarik. Minyak tamanu memiliki bentuk yang kental dan berwarna hijau gelap. Baunya juga dalam dan terdapat aroma kacang. Dalam beberapa produk skincare, tamanu oil lebih sering ditemukan dengan nama Latinnya, Calophyllum inophyllum seed oil.

Apa saja Manfaat Tamanu Oil untuk Wajah?

Penggunaan tamanu oil akan menghasilkan manfaat yang besar untuk kulit. Berikut ini adalah manfaat tamanu oil untuk wajah yang bisa digunakan dalam keseharian.

1. Menghilangkan jerawat

Untuk menghilangkan jerawat, tamanu oil lebih unggul daripada face oil lainnya, terutama yang sifatnya comedogenic seperti minyak kelapa. Tamanu oil tidak akan menyumbat pori-pori di wajah Anda, sehingga jerawat dan komedo pun semakin sedikit munculnya. 

Minyak ini juga memiliki bahan antibakteri yang bisa menghilangkan bakteri penyebab jerawat P.acnes. Apabila Anda memiliki kulit sensitif yang mudah berjerawat, minyak ini aman digunakan dan bisa melembabkan kulit indah.

Baca juga: Inilah 7 Manfaat Daun Binahong untuk Wajah Anda

2. Anti-inflammatory

Manfaat tamanu oil untuk wajah yang kedua adalah mengurangi terjadinya inflammatory atau peradangan pada kulit. Tamanu memiliki molekul yang sifatnya anti-inflammatory, yaitu calophyllolide. 

Skincare dengan bahan anti-inflammatory lebih membantu mengatasi masalah kulit, seperti munculnya jerawat dan pustula yang menimbulkan rasa sakit di wajah. Tak hanya jerawat, tamanu oil juga bisa diandalkan apabila kulit Anda mengalami masalah, seperti eczema, psoriasis, dan rosacea.

3. Sebagai Pelembab

Keunggulan minyak tamanu tidak perlu diragukan lagi. Anda bisa menggunakan tamanu oil sebagai pelembab. Tingkat hidrasi di kulit Anda bisa dijaga dengan menggunakan minyak tamanu.

Tamanu oil memiliki bahan fatty acid yang bisa melindungi lapisan kulit Anda. Bahan ini biasa digunakan dalam produk skincare untuk mengatasi kulit kering. Selain itu, tamanu oil juga dilengkapi dengan bahan untuk melembabkan kulit, seperti oleic dan linoleic fatty acid.

Baca juga: Ketahui Cara Menghilangkan Kerutan di Wajah dengan Tomat Secara Alami

4. Mempermudah Regenerasi Sel

Tamanu oil juga memiliki bahan untuk menyembuhkan luka dan regenerasi sel kulit. Apabila kulit Anda terdapat bekas luka jerawat atau mengalami hyperpigmentation, tamanu oil adalah bahan yang mujarab untuk mengatasi masalah kulit tersebut. 

Tak hanya itu, tamanu oil juga bisa memproduksi kolagen dan glycosaminoglycan (GAG). Kombinasi kedua bahan itu akan membuat kulit lebih glowing dan menghilangkan kerutan di wajah.

3. Perlindungan dengan Antioksidan

Apabila anda mendambakan wajah yang awet muda dan bebas dari keriput, minyak tamanu bisa menjadi produk skincare andalan Anda. Tamanu oil juga memiliki kandungan antioksidan, sehingga bisa melindungi kulit dari serangan radikal bebas. Apalagi Anda adalah orang yang sering beraktivitas di luar ruangan, sinar matahari dan polusi pastinya akan membawa radikal bebas di kulit.

Cara Menggunakan Tamanu Oil di Wajah

Meskipun membawa banyak keuntungan, perlu diketahui bahwa tamanu oil juga bisa mengakibatkan efek samping. Bila Anda alergi dengan kacang, hindari penggunaan minyak ini, karena berbahan ekstrak kacang tamanu. Selain itu, tamanu oil juga memiliki sedikit kandungan yang comedogenic. Oleh karena itu, tamanu oil harus digunakan dengan dosis dan cara yang benar sehingga aman digunakan untuk jenis kulit apapun, termasuk kulit berminyak.

Minyak tamanu juga digunakan sebagai bahan skincare lainnya, seperti pelembab, serum, body oil, masker, pelembab, atau krim jerawat. Tetapi, Anda bisa menggunakan tamanu oil dengan takaran yang tepat sebagai alternatif masker atau pelembab. Untuk membuat masker, campurkan tamanu oil dengan bahan hydrating lainnya, seperti aloe vera atau minyak manuka. Kemudian, oleskan pada wajah dan diamkan selama beberapa menit sebelum dibersihkan dengan air panas.

Anda juga bisa menggunakan tamanu oil sebagai pelembab. Caranya, campurkan 1-2 tetes tamanu oil dengan krim wajah atau facial oil. Kemudian pijatlah wajah Anda dengan kedua bahan yang telah dicampurkan tersebut. Menarik bukan, mengetahui cerita dan manfaat tamanu oil untuk wajah kita? Anda bisa menambahkan tamanu oil sebagai bagian dari skincare routine, asalkan penggunaannya tidak berlebihan karena minyak ini lebih kuat dari face oil lainnya. Tamanu oil juga bisa menjadi solusi apabila kulit Anda mengalami peradangan atau luka pada tubuh Anda. Apabila Anda ingin mengencangkan kulit wajah, manfaatkan saja Skin Tightening Program dari Jakarta Aesthetic Clinic. Perawatan wajah Anda akan dilayani oleh dokter kulit yang memiliki sertifikasi di bidangnya.

Sumber:

https://www.mindbodygreen.com/articles/tamanu-oil-guide

https://www.byrdie.com/tamanu-oil-for-skin-5071930#benefits-of-tamanu-oil-for-skin

https://www.verywellhealth.com/health-benefits-of-tamanu-oil-89519

dr. Olivia Ong

Sebagai expert dalam bidang Botulinum ToxinTM dan Soft Tissue FillerTM, dr. Olivia Ong yang lahir dan tumbuh di Jakarta ini memiliki berbagai sertifikasi internasional seperti Advance Filler Injection Workshop with Prominent Plastic Surgeons di Swedia, International Anatomy Masterclass di Paris dan Aesthetic and Anti-Aging Medicine World Congress di Monte-Carlo, Monaco.

Terkait

Tampil Memesona dengan 7 Warna Rambut yang Bagus untuk Wanita Asia

Tampil Memesona dengan 7 Warna Rambut yang Bagus untuk Wanita Asia

Agustus 28, 2021
5 Menu Diet Rendah Kalori Terbaik untuk Anda

5 Menu Diet Rendah Kalori Terbaik untuk Anda

Agustus 28, 2021
10 Penyebab Kantung Mata Hitam yang Perlu untuk Anda Ketahui!

10 Penyebab Kantung Mata Hitam yang Perlu untuk Anda Ketahui!

Agustus 28, 2021

Comments are closed.