5 Cara Membuat Masker Oatmeal untuk Memutihkan Wajah

masker oatmeal untuk memutihkan wajah

 

Banyak masalah kulit dapat timbul karena kotoran, debu, sisa makeup, dan sel kulit pada wajah. Salah satu masalah kulit yang paling sering timbul adalah wajah yang kusam. Wajah harus dibersihkan secara menyeluruh sehingga tetap bersih dan cerah. Berbagai macam cara dilakukan untuk menghindari wajah yang kusam. Dari mencuci muka secara teratur, melakukan facial, hingga berbagai rangkaian skincare dilakukan demi mendapatkan wajah cerah dan bebas masalah. Salah satu cara yang paling populer dilakukan adalah menggunakan masker.

Masker dapat dibeli dengan mudah di berbagai toko kecantikan. Kamu dapat menyesuaikan fungsi masker dengan masalah wajahmu. Selain membeli masker, kamu juga dapat membuat masker sendiri di rumah dengan mudah, lho. Dengan membuat masker sendiri di rumah, kamu dapat terhindar dari berbagai efek samping produk kecantikan. Selain itu, kamu dapat memastikan bahan-bahan maskermu berkualitas dan bermutu. Salah satu bahan masker yang paling terkenal adalah oatmeal.

Oatmeal adalah makanan dengan bahan dasar gandum yang biasanya dimakan di pagi hari. Oatmeal memiliki banyak manfaat bagi kesehatan kulit wajah. Manfaat oatmeal beragam, mulai dari menyerap minyak berlebih, mencegah pori-pori membesar, menghilangkan sel kulit mati, mengangkat racun, dan berfungsi pula sebagai scrub untuk wajah. Kamu dapat menikmati banyak manfaat dari oatmeal dengan cara mengolahnya sebagai masker wajah. Bagaimana langkah-langkahnya? Mari simak X cara membuat masker kulit untuk memutihkan wajah di bawah ini!

Masker Oatmeal dan Madu

Langkah pertama untuk membuat masker ini adalah dengan menyeduh 1 sendok makan oatmeal. Setelah oatmeal siap, tuangkanlah 1 hingga 2 sendok teh madu dan aduklah hingga merata. Diamkanlah sejenak agar masker mencapai suhu ruangan. Setelah itu, oleskanlah masker ke seluruh permukaan wajah. Tunggu hingga sekitar 10 hingga 20 menit agar masker menjadi agak kering. Basuhlah wajah menggunakan air hangat hingga bersih. Jangan lupa untuk memakai pelembap wajah setelah menggunakan masker oatmeal.

Baca Juga: Beberapa Pilihan Masker Alami untuk Memutihkan Wajah

Masker Oatmeal dan Tepung Beras

Kamu harus mencampurkan oatmeal dengan tepung beras dengan takaran yang seimbang. Campurkan air pada oatmeal dan tepug beras sehingga mendapatkan konsistensi yang lembut seperti pasta gigi. Apabila masker terlalu cair, maka kamu dapat menambahkan oatmeal dan tepung beras lagi. Sedangkan apabila masker terlalu padat, maka tambahkanlah air secukupnya. Oleskanlah masker ini pada wajah dan tunggu hingga masker mengering pada wajah. Jangan lupa untuk bilas menggunakan air hingga bersih. Lakukan prosedur ini secara rutin agar mendapatkan hasil yang maksimal.

Baca Juga: Cara Memutihkan Wajah secara Alami agar Wajah Cantik Maksimal

Masker Oatmeal, Telur Putih, dan Minyak Zaitun

Campurkanlah 1 telur putih, 1 sendok teh minyak zaitun, dan 1/2 cangkir oatmeal matang ke dalam satu mangkok. Pastikan kamu menggunakan semua bahan sesuai takaran agar masker mencapai konsistensi yang pas. Oleskanlah pada wajah dan diamkan selama 30 menit. Basuhlah wajah dengan air hangat dan pastikan wajah bersih dari sisa masker.

Baca Juga: Cara Memutihkan Wajah dengan Jeruk Nipis

Masker Oatmeal, Tomat, dan Lemon

Langkah pertama yange perlu dilakukan adalah mem-blender 1 tomat hingga halus. Setelah itu, campurkanlah tomat menggunakan 2 sendok makan oatmeal dan 1 buah lemon. Oleskan pada wajah dan tunggulah selama 15 menit. Bilaslah wajah hingga bersih. Kamu dapat memakai masker ini setiap hari lho. Pakailah masker buatan ini secara rutin agar kamu merasakan banyak perbedaan pada wajah.

Baca Juga: Ini 4 Cara Memutihkan Wajah dengan Bahan Alami

Masker Oatmeal dan Bawang Putih

Ambilah tumbukan dan haluskan 1 siung bawang putih. Setelah itu, campurkan bawang putih yang sudah halus dengan setengah gelas oatmeal, 2 sendok makan madu, serta gunakan air secukupnya. Pastikan tekstur masker berbentuk creamy, tidak terlalu cair dan tidak terlalu padat. Balurkan masker yang sudah jadi pada wajah dan diamkan selama 20 menit. Bilaslah wajah dengan air dingin dan keringkan.

Itulah cara-cara untuk membuat masker oatmeal yang memutihkan wajah. Membuat masker oatmeal di rumah hanya memerlukan bahan dan cara-cara yang sederhana. Jangan lupa untuk memakai masker oatmeal secara rutin agar wajah terlihat semakin cerah, ya. Selamat mencoba!

 

Sumber:

  • Fimela. 25 Februari 2017. Wajah Makin Cerah & Kencang Alami Pakai Masker Oatmeal. https://www.fimela.com/beauty-health/read/3767872/wajah-makin-cerah-amp-kencang-alami-pakai-masker-oatmeal
  • Null Null. 13 April 2015. Oatmeal Face Mask, Cerahkan Kulit secara Alami. https://journal.sociolla.com/beauty/oatmeal-face-mask-cerahkan-kulit-secara-alami.
  • Lely. 13 Februari 2019. Masker Kopi dan Oatmeal yang Bikin Wajah Glowing. https://beautynesia.id/37520/article/skincare/masker-kopi-dan-oatmeal-yang-bikin-wajah-glowing
Dr. Olivia Ong

Dr. Olivia Ong

Sebagai expert dalam bidang Botulinum ToxinTM dan Soft Tissue FillerTM, dr. Olivia Ong yang lahir dan tumbuh di Jakarta ini memiliki berbagai sertifikasi internasional seperti Advance Filler Injection Workshop with Prominent Plastic Surgeons di Swedia, International Anatomy Masterclass di Paris dan Aesthetic and Anti-Aging Medicine World Congress di Monte-Carlo, Monaco.

Terkait

Rekomendasi Dokter Kecantikan Terpercaya di Jakarta Selatan

Rekomendasi Dokter Kecantikan Terpercaya di Jakarta Selatan

Agustus 27, 2020
5 Tips Memilih Dokter Kecantikan di Jakarta

5 Tips Memilih Dokter Kecantikan di Jakarta

Agustus 27, 2020
Klinik Kecantikan di Jakarta Selatan Ini Siap Bantu Anda Tampil Cantik

Klinik Kecantikan di Jakarta Selatan Ini Siap Bantu Anda Tampil Cantik

Agustus 27, 2020

Comments are closed.