5 Masker untuk Wajah Belang yang Bisa Dibuat di Rumah

5 Masker untuk Wajah Belang

Beraktifitas di luar ruangan kerap kali membuat kulit kita menjadi belang. Wajah yang belang tentu saja menjadi kekhawatiran, terutama bagi wanita yang harus menggunakan hijab setiap harinya. Wajar apabila Anda ingin menginvestasikan weekend atau waktu libur Anda untuk merawat diri. Kenapa tidak mencoba saja membuat sendiri masker untuk wajah belang?

Warna kulit yang tidak merata atau belang pada wajah acap kali mengganggu penampilan kita. Apalagi kita tinggal di negara tropis seperti Indonesia, mengakibatkan kulit kita terpapar sinar matahari yang berlebih. Itulah mengapa wajah belang sering menjadi masalah sehingga wajah kita terlihat lebih kusam dari warna aslinya.

Menggunakan sunscreen sebelum beraktivitas di luar ruangan merupakan langkah yang bagus, tapi wajah memerlukan perawatan yang konsisten. Wajah yang glowing dan bersinar juga didapatkan dari gaya hidup yang teratur dan pola makan yang baik. Alangkah baiknya apabila Anda juga melengkapi rutinitas perawatan dengan menggunakan masker alami.

Sheet-mask memang merupakan masker yang praktis dan mudah dipakai. Namun, ada kepuasan tersendiri ketika Anda mencoba membuat masker dari bahan-bahan yang ada di dapur. Selain itu, Anda juga bisa mengetahui khasiat bahan-bahan yang digunakan saat membuat masker untuk kulit Anda. Menggunakan masker alami juga menghindarkan Anda dari resiko ketidakcocokan dengan produk skincare yang dipakai, sebab tidak ada bahan kimia yang bisa membahayakan kulit Anda.

Baca juga: Cara Memutihkan Kulit dengan Tepung Beras dan Kopi

Rekomendasi Bahan Masker untuk Wajah Belang

Inilah 8 rekomendasi bahan masker untuk wajah belang. Bahan-bahan ini bisa Anda racik sendiri di rumah. Tak hanya berguna untuk tubuh, ternyata bahan masker ini juga bermanfaat untuk mencerahkan kulit Anda.

1. Masker Alpukat

Alpukat sudah menjadi bahan wajib dalam membuat masker. Khasiatnya tidak perlu diragukan lagi, sebab alpukat bisa melembabkan dan menjaga kesehatan kulit wajah. Alpukat juga dikenal sebagai buah yang bersifat anti-inflammation, sehingga cocok digunakan apabila kulit sedang berjerawat. Kandungan vitamin C dalam alpukat juga berguna untuk mencerahkan wajah Anda. 

Untuk membuatnya, tumbuklah ½ buah alpukat, kemudian campurkan dengan 1 sendok teh yogurt tawar dan 1 sendok teh madu. Aplikasikan pada wajah Anda, dan lihatlah kombinasi masker tersebut bekerja mencerahkan kulit Anda.  

2. Masker Oatmeal

Oatmeal tak hanya menjadi alternatif sarapan, tapi juga bisa menjadi masker untuk wajah belang. Kandungan oatmeal bisa memberikan efek eksfoliasi yang lembut, jadi Anda tidak perlu khawatir apabila wajah akan mengalami reaksi. Oatmeal harus digiling terlebih dahulu sehingga berbentuk serbuk yang siap dipakai sebagai masker Anda.

Cara membuat masker oatmeal: campurkan 1 sendok teh oatmeal yang sudah digiling dengan 1 sendok teh air perasan lemon dan putih telur. Air perasan lemon akan membersihkan pori-pori di wajah, sedangkan putih telur memiliki khasiat mengencangkan wajah Anda.

3. Masker Pepaya dan Labu

Pepaya dan labu memiliki khasiat yang besar dalam meremajakan wajah Anda. Enzim yang terdapat di dalamnya bisa mengelupas lapisan sel kulit mati yang membuat wajah terlihat kusam. Tambahkan sebutir telur, kemudian campurkan semua bahan tersebut dengan blender. Niscaya wajah Anda tidak lagi belang dan kulit pun semakin cerah.

Baca juga: 6 Manfaat Masker Kentang Bagi Wajah

4. Masker Kiwi

Tak hanya alpukat, ternyata buah kiwi juga mengandung vitamin C yang mencerahkan kulit wajah. Malahan kandungannya lebih tinggi daripada buah lemon. Lengkapi dengan air jeruk yang kaya antioksidan, olive oil yang melembutkan kulit, dan yogurt yang melembabkan, maka Anda bisa membuat brightening mask sendiri di rumah.

Campurkan 2 buah kiwi, 3 sendok teh yogurt tawar, 1 sendok teh air perasan jeruk, dan 1 sendok teh olive oil. Kemudian, oleskan pada wajah Anda selama 15 menit dan bilas hingga bersih.

5. Masker Raspberry

Sebelum membuat masker untuk wajah belang berbahan raspberi, Anda juga harus menyiapkan segelas air hangat, satu kantong teh hijau, dan 6 buah raspberry. Kombinasi teh hijau dan raspberry akan mencerahkan wajah yang kusam dengan kandungan antioksidan dan vitamin C di dalamnya.

Seduhlah sekantong teh hijau dalam air hangat selama dua menit. Kemudian, buka kantong teh hijau tersebut dan tuangkan isinya ke mangkok kecil. Masukkan 6 buah raspberry yang sudah dipotong kecil-kecil, kemudian campurkan kedua bahan tersebut. Oleskan pada wajah selama 15 menit, kemudian bersihkan.

Baca juga: Masker dari Bahan Alami untuk Menghilangkan Flek Hitam

Itulah lima rekomendasi masker untuk wajah belang yang bisa Anda buat di rumah. Perlu diingat bahwa rekomendasi masker di atas tidak perlu dicoba apabila Anda memiliki alergi terhadap bahan tersebut. Apabila Anda ingin menggunakan produk skincare yang aman dan bisa mengatasi kulit belang, gunakan saja prosedur Peeling and Skincare dari Jakarta Aesthetic Clinic. Klinik kami akan menyelesaikan permasalahan kulit Anda dengan bantuan dokter ahli yang sudah memiliki sertifikasi sesuai dengan bidangnya. Hubungi Jakarta Aesthetic Clinic segera dan dapatkan layanan yang eksklusif dan memuaskan khusus untuk Anda.

Sumber: 

https://www.byrdie.com/diy-masks-for-dull-skin

https://swirlster.ndtv.com/beauty/5-face-masks-to-revitalize-tired-dull-skin-1779106 

https://www.cosmopolitan.com/style-beauty/beauty/a29506753/homemade-face-masks-diy-recipes/

dr. Olivia Ong

Sebagai expert dalam bidang Botulinum ToxinTM dan Soft Tissue FillerTM, dr. Olivia Ong yang lahir dan tumbuh di Jakarta ini memiliki berbagai sertifikasi internasional seperti Advance Filler Injection Workshop with Prominent Plastic Surgeons di Swedia, International Anatomy Masterclass di Paris dan Aesthetic and Anti-Aging Medicine World Congress di Monte-Carlo, Monaco.

Terkait

Tampil Memesona dengan 7 Warna Rambut yang Bagus untuk Wanita Asia

Tampil Memesona dengan 7 Warna Rambut yang Bagus untuk Wanita Asia

Agustus 28, 2021
5 Menu Diet Rendah Kalori Terbaik untuk Anda

5 Menu Diet Rendah Kalori Terbaik untuk Anda

Agustus 28, 2021
10 Penyebab Kantung Mata Hitam yang Perlu untuk Anda Ketahui!

10 Penyebab Kantung Mata Hitam yang Perlu untuk Anda Ketahui!

Agustus 28, 2021

Comments are closed.