Pilihan Masker Wajah Alami untuk Kulit Berminyak dan Berjerawat

Masker Wajah Alami untuk Kulit Berminyak dan Berjerawat

 

Secara alami wajah akan menghasilkan minyak (sebum) untuk melindungi kulit agar tetap lembap dan sehat. Namun, produksi sebum yang berlebih juga dapat memunculkan berbagai masalah kulit, misalnya jerawat. Ya, jerawat muncul akibat bercampurnya minyak dan kotoran di wajah yang menyumbat pori-pori. Namun, jangan khawatir! Berikut beberapa DIY masker wajah alami untuk kulit berminyak dan berjerawat yang bisa Anda coba di rumah.

5 Masker Wajah Alami untuk Kulit Berminyak dan Berjerawat

1. Kunyit

Selain digunakan sebagai bumbu masak, ternyata kunyit juga sangat ampuh untuk dijadikan masker alami untuk kulit berminyak. Hal ini dikarenakan kunyit memiliki kandungan anti-inflamasi alami yang efektif mengurangi peradangan akibat jerawat di wajah. Selain itu, rempah-rempah dengan nama ilmiah Curcuma longa ini juga kaya antioksidan serta antibakteri yang dapat mencegah jerawat muncul kembali.

Campurkan setengah sendok makan kunyit yang sudah dihaluskan dengan satu sendok makan madu, lalu aplikasikan pada kulit wajah selama 10-15 menit. Bilas dengan air hangat dan keringkan dengan perlahan. Untuk mengatasi kulit berminyak secara maksimal, gunakan masker alami ini 3 atau 4 kali dalam seminggu.

 

2. Lidah Buaya

Manfaat lidah buaya dalam dunia kecantikan sudah tidak perlu diragukan lagi. Selain menyegarkan, lidah buaya juga ampuh dalam mengatasi kulit berminyak dan menenangkan inflamasi akibat jerawat membandel. Jadi, jangan heran apabila hampir semua perusahaan kosmetik menggunakan lidah buaya sebagai produk andalan mereka.

Ya, selain memberikan efek menenangkan pada kulit yang meradang/berjerawat, masker lidah buaya juga diketahui mengandung sulfur dan salicylic acid alami yang sangat bagus untuk mengatasi jerawat dan kulit berminyak.

Anda dapat mengaplikasikan langsung gel lidah buaya ataupun masker lidah buaya siap pakai pada wajah atau area tubuh lain yang berjerawat. Diamkan hingga kering, lalu bilas. Hasilnya, kulit pun lebih mulus, lembap, dan bebas jerawat.

 

Baca Juga: Masker Alami untuk Memutihkan Wajah

 

3. Oatmeal

Oatmeal tidak cuma cocok dijadikan menu sarapan, tapi juga bisa dimanfaatkan sebagai masker wajah alami untuk kulit berminyak dan berjerawat. Namun ingat, hanya gunakan plain oatmeal tanpa tambahan gula, ya.

Oatmeal mengandung zat antioksidan dan anti-inflamasi yang ampuh mengatasi jerawat. Selain itu, nutrisi berupa vitamin B kompleks, vitamin E, protein, lemak, serta mineral di dalamnya juga bagus untuk kesehatan kulit. Tidak hanya demikian, tekstur oatmeal yang lembut juga dapat mengangkat sel kulit mati dan juga membersihkan pori-pori wajah.

Campurkan oatmeal dengan air hangat dan tambahkan beberapa etes tea tree oil ke dalamnya. Lalu aduk hingga membentuk pasta. Oleskan masker oatmeal pada wajah dan diamkan selama 10-20 menit. Agar manfaatnya lebih maksimal, Anda juga bisa menggunakan campuran oatmeal dan madu sebagai masker alami. Masker oatmeal dan madu lebih ampuh dalam melawan bakteri penyebab jerawat.

 

4. Perasan Lemon

Selain lidah buaya, jeruk lemon juga dipakai di berbagai produk skincare. Kandungan antibakteri di dalamnya terkenal efektif untuk mengatasi jerawat dan mengurangi minyak berlebih pada wajah.

Selain itu, buah citrus ini juga mampu memberikan efek mencerahkan pada kulit. Penggunaan yang rutin akan membuat wajah terlihat cerah, sehat, dan bebas jerawat. Namun ingat, jangan langsung aplikasikan perasan lemon pada wajah karena kandungan asamnya yang tinggi bisa merusak kulit.

Sebaiknya campurkan air lemon dengan air putih, lalu tepuk-tepuk pada area wajah yang berjerawat menggunakan kapas. Penggunaan masker air lemon tidak boleh terlalu lama karena dapat mengiritasi kulit. Jadi batasi penggunaan maksimal selama 10 menit saja. Untuk hasil maksimal, gunakan masker ini 1-2 kali seminggu.

 

Baca Juga: Masker untuk Menghilangkan Flek Hitam

 

5. Tomat

Anda juga bisa menggunakan buah tomat sebagai masker wajah alami untuk kulit berminyak dan berjerawat. Ini berkat kandungan asam, vitamin A, C, serta K di dalamnya yang bekerja aktif membersihkan kotoran dan melawan bakteri penyebab jerawat di wajah.

Cara menggunakannya juga sangat gampang, lho. Cukup iris tomat tipis-tipis (pilih yang sudah matang dan merah), lalu aplikasikan pada wajah dengan cara digosok pelan-pelan. Diamkan selama 15 menit, lalu bilas dengan air hangat. Lakukan perawatan ini secara rutin sampai jerawat sembuh, ya.

 

Wah, ternyata banyak juga ya bahan alami yang bisa dimanfaatkan sebagai masker untuk mengatasi jerawat dan kulit berminyak. Jika Anda mendambakan hasil yang lebih maksimal, yuk coba lakukan treatment di Jakarta Aesthetic Clinic. Di sana ada berbagai prosedur kecantikan yang bisa Anda pilih sesuai kebutuhan kulit. Semuanya ditangani oleh dokter ahli yang sudah tersertifikasi, lho. Yuk, buat appointment sekarang!

 


Sumber:

  • https://www.healthline.com/health/beauty-skin-care/face-mask-for-acne

dr. Olivia Ong

Sebagai expert dalam bidang Botulinum ToxinTM dan Soft Tissue FillerTM, dr. Olivia Ong yang lahir dan tumbuh di Jakarta ini memiliki berbagai sertifikasi internasional seperti Advance Filler Injection Workshop with Prominent Plastic Surgeons di Swedia, International Anatomy Masterclass di Paris dan Aesthetic and Anti-Aging Medicine World Congress di Monte-Carlo, Monaco.

Terkait

Cara Menipiskan Bibir Tanpa Operasi yang Aman Dicoba!

Cara Menipiskan Bibir Tanpa Operasi yang Aman Dicoba!

Desember 3, 2021
Cara Mengatasi Rambut Rontok Hampir Botak Dengan Cara Alami & Cepat

Cara Mengatasi Rambut Rontok Hampir Botak Dengan Cara Alami & Cepat

Desember 3, 2021
3 Cara Agar Muka Tidak Berminyak

3 Cara Agar Muka Tidak Berminyak

Desember 3, 2021

Comments are closed.