Bagaimana Cara Mengatasi Kulit Wajah Keriput dan Kusam?

Mengatasi Wajah Keriput dan Kusam

Kulit wajah keriput dan kusam tentu merupakan masalah. Keriput pada wajah memang dihubungkan dengan faktor bertambahnya usia, namun kebanyakan kerutan dimulai lebih awal.

Kulit yang kusam juga bisa didorong oleh faktor usia, namun sering kali kondisi kulit ini merupakan hasil dari gaya hidup, paparan radikal bebas, dan kebiasaan konsumsi makanan yang tidak sehat, lho. Ingin tahu cara mengatasi wajah keriput dan kusam?

5 Cara Mengatasi Wajah Keriput dan Kusam

Ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi masalah pada wajah keriput dan kusam, di antara lain:

1. Tambahkan Konsumsi Asam Lemak Omega 3

Asam lemak omega 3 – jenis yang ditemukan pada ikan berminyak seperti salmon dan mackerel – sangat baik untuk mencegah keriput. Studi menunjukkan bahwa wanita yang makan diet tinggi asam ini atau suplemen dengan pil Omega 3 yang dijual bebas dapat meningkatkan produksi kolagen (serat kolagen) dan elastin di kulit mereka dan menunda timbulnya kerutan dan penuaan kulit.

Menambahkan Omega 3 ke dalam diet Anda juga merupakan salah satu cara termudah dan paling lezat untuk mencegah terbentuknya garis dan kerutan pada wajah.

Baca juga: 5 Cara Mudah Menghilangkan Bekas Kulit Terbakar Matahari

2. Aplikasikan Sunscreen di Wajah Anda

Menghindari paparan sinar matahari dapat menghilangkan kerutan serta kekusaman di wajah Anda.

American Academy of Dermatology merekomendasikan, selain menggunakan pakaian yang dapat menjadi pelindung matahari, seperti kemeja lengan panjang, topi, dan kacamata hitam dengan perlindungan sinar UV, Anda juga dapat menggunakan tabir surya atau sunscreen SPF 30 (atau lebih tinggi) yang water-resistant untuk mencegah wajah Anda keriput dan kusam.

3. Gunakan Masker Yoghurt dan Madu

Seiring bertambahnya usia, kulit kita cenderung menjadi lebih tipis dan lebih kering. Ketika kulit Anda tidak memiliki kelembapan yang cukup maka hal itu juga yang dapat menyebabkan kulit wahah lebih rentan terhadap kerutan atau garis halus.

Maka, jika Anda menginginkan wajah Anda kenyal dan sehat maka Anda dapat mengandalkan madu yang memiliki sifat melembabkan sehingga membuat wajah Anda lembab dan kenyal.

Sedangkan Yogurt juga dapat membantu menghilangkan kekusaman di wajah Anda berkat aktivitas tirosinase dan kandungan L-sistein yang efektif pada bintik hitam dan hiperpigmentasi.

Caranya sangatlah mudah, Anda cukup mencampurkan yoghurt dengan beberapa tetes madu dan oleskan ke kulit Anda dan biarkan selama 10-20 menit sebelum membilasnya dengan air hangat. Cobalah menggunakan masker ini secara teratur, Anda akan terhindar dari tanda penuaan dini dan nampak lebih awet muda.

Baca juga: Cara Membuat Masker Oatmeal untuk Memutihkan Wajah

4. Kopi Bahan Alami scrub Anda

Kunci dari kulit sehat dan cerah adalah eksfoliasi yang dilakukan secara teratur. Eksfoliasi ini dapat membantu Anda  untuk mencegah penumpukan sel-sel kulit mati pada lapisan luar kulit yang menyumbat pori-pori dan bahkan membuat kulit terlihat bersisik, kering dan kusam.

Untuk mengeksfoliasi kulit Anda agar halus dan sehat, Anda dapat menggunakan scrub dari bahan alami seperti kopi.

Kafein yang terkandung di dalam kopi tidak hanya meningkatkan kesehatan kulit secara keseluruhan, tetapi juga membantu melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar matahari karena antioksidannya. Eksfoliasi dua kali seminggu dianjurkan tetapi frekuensinya dapat ditingkatkan sesuai toleransi kulit seseorang agar tidak membuatnya terlalu kering atau teriritasi.

Anda cukup mencampurkan bubuk kopi, gula putih, dan minyak zaitun untuk mendapatkan tekstur scrub. Jangan lupa gunakanlah pelembab setelah proses eksfoliasi untuk segera mengunci kelembaban dan melindungi sel-sel kulit yang baru.

Baca juga: 9 Cara Eksfoliasi Wajah dengan Bahan Alami

5. Hindari stress

Mengatasi wajah keriput dan kusam juga bisa Anda lakukan dengan menghindari stres. Untuk menghindari stress, cobalah beberapa ritual penghilang stress sederhana ke dalam hidup Anda. Misalnya melakukan meditasi, yoga, atau mengatur pernapasan. Tambahkan olahraga ke hari Anda untuk membakar energi saraf.

Wajah Tampak Lebih Muda bersama Jakarta Aesthetic Clinic

Selain itu, Anda juga bisa memanfaatkan Treatment Filler Hybrid dari Jakarta Aesthetic Clinic (JAC) – salah satu prosedur paling populer dalam dunia anti-aging yang membantu memperbaiki kualitas kulit Anda, sehingga wajah tampak lebih muda dan segar. JAC juga menawarkan anti-oxidant infusion – terobosan baru perawatan kulit bebas noda hitam dan kusam yang membuat Anda nyaman beraktivitas seharian meski terpapar sinar matahari.

Nah, dengan beberapa cara mengatasi wajah keriput dan kusam di atas, sekarang Anda bisa mendapatkan kulit cerah terawat yang memukau. Semoga bermanfaat

Sumber:

  • https://www.hindustantimes.com/more-lifestyle/goodbye-dull-skin-5-simple-home-remedies-to-rejuvenate-your-skin/story-QN5wg1Cdvi4mV1kIjknFzK.html
  • https://www.medicalnewstoday.com/articles/174852#prevention
  • https://www.aad.org/public/everyday-care/skin-care-secrets/anti-aging/reduce-premature-aging-skin#
dr. Olivia Ong Cover

dr. Olivia Ong

Sebagai expert dalam bidang Botulinum ToxinTM dan Soft Tissue FillerTM, dr. Olivia Ong yang lahir dan tumbuh di Jakarta ini memiliki berbagai sertifikasi internasional seperti Advance Filler Injection Workshop with Prominent Plastic Surgeons di Swedia, International Anatomy Masterclass di Paris dan Aesthetic and Anti-Aging Medicine World Congress di Monte-Carlo, Monaco.

Terkait

Ketahui Ciri-Ciri Penuaan Dini, Jangan Sampai Terlambat

Ketahui Ciri-Ciri Penuaan Dini, Jangan Sampai Terlambat

Desember 5, 2022
Bagaimana Cara Menghilangkan Scar di Wajah?

Bagaimana Cara Menghilangkan Scar di Wajah?

Desember 5, 2022
Buat Penampilan Makin Segar, Inilah Cara Mengencangkan Pipi yang Kendur

Buat Penampilan Makin Segar, Inilah Cara Mengencangkan Pipi yang Kendur

Desember 5, 2022

Comments are closed.