7 Cara Menghilangkan Komedo di Hidung secara Alami dan Permanen

cara menghilangkan komedo di hidung secara alami dan permanen

Ekspektasi orang saat mencoba cara menghilangkan komedo di hidung secara alami dan permanen adalah tidak ada lagi noda yang mengganggu di hidung. Bagaimana tidak, komedo di hidung sering mengganggu penampilan saat tidak mengenakan make-up. Tidak hanya itu, komedo yang tidak dibasmi secara tuntas akan mempengaruhi kesehatan kulit.

Kulit manusia memiliki pori-pori. Fungsinya penting, yaitu mengeluarkan sebum atau minyak dan keringat di kulit. Kotoran di wajah, seperti sel kulit mati dan minyak yang berlebihan akan menghambat pori-pori tersebut. Akibatnya, muncul komedo di kulit yang biasanya ditandai dengan warna hitam.

Komedo memang terlihat kecil di permukaan kulit, tapi sangat mengganggu saat dilihat di cermin. Komedo adalah kotoran karena berasal dari minyak dan sel kulit mati yang teroksidasi di dalam pori-pori. Mau tidak mau, jenis gangguan ini harus dibasmi sesegera mungkin sebelum akhirnya mempengaruhi kesehatan kulit Anda.

Cara Menghilangkan Komedo di Hidung secara Alami dan Permanen agar Tetap Bersih

Banyak sekali bahan dapur yang bisa diandalkan untuk menghilangkan komedo di hidung. Cara alami belum tentu permanen, tapi setidaknya bisa menghambat pertumbuhan komedo pada masa depan.

Perawatan dengan bahan alami saja belum cukup, kita juga harus mengimbanginya dengan gaya hidup. Peraturan merawat kulit yang tidak boleh ditinggalkan adalah rutin minum air putih sebanyak dua liter per harinya. Selain itu, hindari menggunakan pakaian yang sudah kotor serta ganti sprei secara teratur agar kotoran tidak berpindah ke wajah.

Bahan alami di rumah bisa dibuat sebagai eksfoliator atau masker untuk menghilangkan komedo. Eksfoliator bisa digunakan untuk mengangkat komedo yang menempel di hidung. Agar hasilnya efektif, lakukan eksfoliasi setidaknya 2-3 minggu sekali.

Hanya saja, Anda harus memilih bahan yang tepat untuk menghilangkan komedo. Gunakan bahan alami di bawah ini untuk membasmi komedo membandel di wajah Anda.

1. Baking Soda

Baking soda berguna untuk menyeimbangkan kadar pH dalam kulit. Jika diolah dengan air, baking soda bisa menjadi eksfoliator untuk menghilangkan kotoran minyak, dan sel kulit mati. Perlu diingat, karena bahan ini bersifat eksfoliator, jangan gunakan lebih dari dua hingga tiga kali dalam seminggu.

Campurkan baking soda dan air dengan komposisi 1:1 hingga membentuk pasta. Oleskan pasta tersebut ke hidung dan area yang ditumbuhi komedo, kemudian bilas dengan air hangat. Setelahnya, gunakan pelembab agar kulit tidak kering.

Baca juga: 7 Kebiasaan Buruk Penyebab Timbulnya Komedo

2. Gula Merah, Madu dan Lemon

Campuran tiga bahan di atas bisa menjadi eksfoliator untuk menghilangkan komedo di hidung dan dagu. Resepnya adalah: 1 sdm gula merah, 2 sdm air perasan lemon, dan 1 sdm madu.

Campurkan semua bahan tersebut hingga rata, kemudian aplikasikan pada wajah dengan gerakan melingkar. Pijat wajah selama 5 menit sebelum dibersihkan. Jangan lupa untuk mengaplikasikan pelembab setelah menggunakan eksfoliator ini.

3. Minyak Kelapa dan Gula

Selain wajah, komedo juga bisa tumbuh di beberapa area tubuh. Untuk mengantisipasinya, Anda bisa membuat lulur alami untuk menghilangkan sel kulit mati di sekujur tubuh.

Campuran minyak kelapa (coconut oil) dan gula bisa menjadi lulur alami untuk tubuh Anda. Hindari menggosok terlalu keras karena bisa merusak lapisan kulit di tubuh. Selalu jaga tubuh agar bebas dari sel kulit mati dengan melakukan lulur sebulan sekali.

4. Susu dan Madu

Pengguna pore strips untuk menghilangkan komedo bisa membuat alternatif alaminya dengan madu dan susu. Susu memiliki kandungan asam laktat yang bisa membuang sel kulit mati dan minyak, sedangkan madu bersifat antibakteri. Kombinasi kedua bahan tersebut bisa membuat komedo hilang dalam waktu panjang.

Campurkan susu dan madu dengan perbandingan 1:1, kemudian panaskan dalam microwave selama 10 detik. Dinginkan sebentar, kemudian aplikasikan dengan kuas di area yang berkomedo. Tutupi dengan kapas bersih dan diamkan selama 15 menit, barulah bersihkan wajah Anda.

Baca juga: 4 Cara Menghilangkan Komedo Hitam Paling Ampuh

5. Teh Hijau

Khasiat antioksidan dalam teh hijau berguna untuk mengurangi produksi minyak berlebih di wajah. Campurkan daun teh hijau dan air dengan perbandingan 1:1, kemudian aplikasikan di wajah selama tiga menit. Perawatan ini bisa dilakukan dua atau tiga kali seminggu.

6. Putih Telur

Bahan ini dipercaya sebagai masker alami untuk menghilangkan komedo. Anda cukup mengaduk putih telur dulu, kemudian aplikasikan di wajah yang sudah dibersihkan.

Letakkan tisu bersih di seluruh permukaan wajah, kemudian lapisi lagi putih telur di atasnya. Diamkan hingga kering selama 20 menit, kemudian lepaskan tisu tersebut.

Baca juga: Cara Peeling Menghilangkan Komedo Secara Alami di Rumah dan Tips Mencegah Komedo

7. Prosedur Peeling Komedo

Jakarta Aesthetic Clinic juga menyediakan prosedur peeling komedo dengan bahan-bahan alami. Cairan peeling yang digunakan adalah racikan bahan alami buatan tangan dokter kulit yang sudah ahli. Tidak hanya komedo, sel kulit mati juga diangkat dengan melakukan prosedur ini. 

Anda tidak perlu khawatir karena bahan yang digunakan sangat aman di kulit jenis apapun. Kunjungi klinik kami segera untuk menghilangkan komedo secara permanen dari wajah Anda.

Dari tujuh cara menghilangkan komedo di hidung secara alami dan permanen di atas, mana bahan alami favorit Anda?

Sumber:

https://www.readersdigest.ca/health/beauty/home-remedies-remove-blackheads/

dr. Olivia Ong

Sebagai expert dalam bidang Botulinum ToxinTM dan Soft Tissue FillerTM, dr. Olivia Ong yang lahir dan tumbuh di Jakarta ini memiliki berbagai sertifikasi internasional seperti Advance Filler Injection Workshop with Prominent Plastic Surgeons di Swedia, International Anatomy Masterclass di Paris dan Aesthetic and Anti-Aging Medicine World Congress di Monte-Carlo, Monaco.

Terkait

5 Cara Mengatasi Rambut Kusut Menggumpal untuk Wanita Berhijab

5 Cara Mengatasi Rambut Kusut Menggumpal untuk Wanita Berhijab

Mei 7, 2022
Cara Alami Memperbaiki Wajah Tidak Simetris Tanpa Operasi

Cara Alami Memperbaiki Wajah Tidak Simetris Tanpa Operasi

Mei 7, 2022
2 Cara Mengecilkan Rahang Muka yang Lebar Secara Alami

2 Cara Mengecilkan Rahang Muka yang Lebar Secara Alami

Mei 7, 2022

Comments are closed.