Rekomendasi Menu Diet Buah dan Sayur yang Nikmat

Diet Buah dan Sayur

 

Diet buah dan sayur mungkin terasa membosankan, padahal kedua jenis makanan ini dapat memberikan kombinasi yang sangat menarik di piring Anda. Tidak hanya menyehatkan, tetapi juga bisa membuat tubuh Anda memiliki metabolisme yang makin baik. Jadi, bagaimana caranya membuat kombinasi menu diet buah dan sayur yang nikmat? Berikut ini adalah rekomendasinya.

 

Rekomendasi Sayur dan Buah untuk Menurunkan Berat Badan

Sayur dan buah-buahan adalah salah satu jenis makanan sehat terbaik untuk menjalani diet. Apabila anda ingin menurunkan berat badan secara sehat dan cepat, pastikan untuk mengonsumsi buah dan sayuran di bawah ini.

 

1. Belimbing dan Stroberi

Belimbing adalah salah satu jenis buah paling top di bidang nutrisi, tetapi kurang digemari sebagai pilihan buah untuk jus buah karena rasanya asam. Padahal, manfaat buah ini sangatlah banyak dan kandungan vitamin dan mineral belimbing sangatlah tinggi. Sebuah belimbing mampu memenuhi setengah asupan vitamin C harian Anda per 100ml. Buah ini pun mengandung vitamin B kompleks, sejumlah besar mineral seperti kalium, yang meniadakan efek dari asupan natrium tinggi yang mampu membuat tubuh Anda mudah terserang obesitas.

Pasangkan belimbing dengan stroberi manis, yang membantu mengimbangi rasa asam belimbing. Stawberi menambahkan senyawa antioksidan dan polifenol pada kombinasi makanan ini, keduanya juga membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh Anda, mengatur gula darah, dan menurunkan berat badan Anda. Selain itu, kandungan serat dan air keduanya yang cukup tinggi juga akan membuat Anda merasa kenyang lebih lama. Sehingga, pola makan pun akan lebih terjaga dan Anda tidak akan makan berlebihan nantinya.

 

2. Alpukat dan Pepaya

Pepaya manis dapat menggantikan gula dan akan semakin lezat bila dicampur dengan alpukat yang populer. Sebagai makanan super, alpukat memberi Anda beragam vitamin dan mineral, termasuk vitamin K, C, B5, B6 dan E, dan juga kaya akan kalium dan asam oleat yang menurunkan tekanan darah, membantu mengatasi stres jantung, menurunkan berat badan, dan tentunya, menjaga kesehatan tubuh.

Mengonsumsi alpukat dapat membantu menurunkan kolesterol jahat dan trigliserida, sementara pepaya menyuntikkan antioksidan yang kuat dalam bentuk likopen. Karotenoid yang ditemukan dalam papaya juga dapat membantu melawan radikal bebas, sehingga meningkatkan kecerahan kulit, kesehatan jantung, dan bahkan mencegah kanker.

 

3. Bit dan Lemon

Anda pernah mendengar bahwa apa pun rasanya pahit pasti baik untuk Anda? Ternyata, hal ini memang ada benarnya. Contohnya saja sayur bit. Mengonsumsi bit yang pahit dengan buah-buahan seperti apel manis dan lemon asam dapat membantu Anda menjalani diet dengan lebih nikmat. Selain itu, kedua jenis makanan tersebut juga membantu meningkatkan rasa bit, sehingga campuran ini pun tak akan terasa pahit sama sekali.

Josephine Ng, ahli terapi nutrisi di The Nutrition Mentor (www.thenutritionmentor.com) mengatakan bahwa minuman ini merangsang hati untuk pencernaan lemak. “Senyawa seperti insulin yang disebut Polypeptide-p juga membantu mengatur gula darah dan dengan demikian membantu mengendalikan diabetes,” katanya. Apel mengandung serat pektin larut, yang membantu mengikat dan membuang limbah beracun dari usus untuk pembersihan yang baik dan detoksifikasi.

 

4. Pir dan Kale

Pir memang tidak menonjolkan rasa dari sayur Kale, namun pir dan kale adalah kombinasi yang bagus untuk jus buah. Kombinasi yang menyegarkan ini kaya akan kadar serat pektin berarti menurunkan kolesterol dan meningkatkan kesehatan pencernaan. Peningkatan serat yang besar juga berarti Anda tetap kenyang, untuk waktu yang lebih lama.

Tambahkan kale yang padat nutrisi dan mengandung semua vitamin esensial dan beberapa senyawa pencegah kanker seperti sulforaphane dan indole-3-carbinol, dan Anda memiliki minuman ajaib yang membantu diet dan kesehatan badan. Tambahkan juga mentimun keren melengkapi campuran daya ini. Mentimun mengandung silika, yang membantu memperbaiki jaringan ikat dan mencerahkan kulit.

 

Itulah campuran buah dan sayur yang dapat Anda gunakan untuk membuat badan Anda lebih sehat. Aneka kombinasi ini juga dapat membuat tubuh Anda untuk diet lebih baik. Coba dari sekarang, ya.

 

Sumber:

  • Alfa Pratama. 4 Juli 2018. Diet Sayur Ala Model, Inilah 7 Jenis Sayuran yang Bisa Dikonsumsi. https://www.grid.id/read/04892847/diet-sayur-ala-model-inilah-7-jenis-sayuran-yang-bisa-dikonsumsi?page=all
  • Ani Nuraeni. 31 Oktober 2017. Daftar Buah-Buahan yang Cocok untuk Diet. https://www.tribunnews.com/tribunners/2017/10/31/daftar-buah-buahan-yang-cocok-untuk-diet
  • Lusiana Mustinda. 12 September 2019. 9 Buah untuk Diet agar Tubuh Tetap Langsing. https://wolipop.detik.com/health-and-diet/d-4702483/9-buah-untuk-diet-agar-tubuh-tetap-langsing

dr. Olivia Ong

Sebagai expert dalam bidang Botulinum ToxinTM dan Soft Tissue FillerTM, dr. Olivia Ong yang lahir dan tumbuh di Jakarta ini memiliki berbagai sertifikasi internasional seperti Advance Filler Injection Workshop with Prominent Plastic Surgeons di Swedia, International Anatomy Masterclass di Paris dan Aesthetic and Anti-Aging Medicine World Congress di Monte-Carlo, Monaco.

Terkait

Cara Mengencangkan Perut yang Efektif

Cara Mengencangkan Perut yang Efektif

Oktober 21, 2021
Rekomendasi Terbaik untuk Cara Menghilangkan Flek Hitam di Wajah

Rekomendasi Terbaik untuk Cara Menghilangkan Flek Hitam di Wajah

Oktober 21, 2021
5 Cara Menghilangkan Dark Circle di Bawah Mata

5 Cara Menghilangkan Dark Circle di Bawah Mata

Oktober 21, 2021

Comments are closed.