3 Menu Diet Rendah Kalori Terbaik untuk Anda

Menu Diet Rendah Kalori

 

Salah satu cara diet adalah dengan melakukan pola hidup defisit kalori, artinya Anda mengonsumsi kalori lebih sedikit dari kebutuhan harian. Rata-rata kebutuhan kalori harian manusia adalah 1500 hingga 2000 kalori, jadi untuk diet defisit kalori, Anda harus memakan total kurang dari kebutuhan tersebut. Agar tidak salah pilih, berikut ini adalah 3 menu diet rendah kalori terbaik untuk Anda. Tidak hanya membantu Anda untuk menjalankan diet defisit kalori, tetapi juga mampu menjaga metabolisme Anda untuk tetap baik. Apa saja?

 

Alpukat

Siapa bilang Anda harus menghindari alpukat saat diet? Makanan ini justru dapat membantu diet Anda bila dikonsumsi dengan benar. Buah berwarna hijau muda ini memiliki kandungan kalori yang cukup dan lemak baik yang tinggi. Sehingga, dapat membuat Anda terasa kenyang dan membantu melawan lemak jahat yang ada di tubuh Anda. Untuk konsumsi harian, sebaiknya Anda makan tidak lebih dari tiga slice alpukat di pagi hari. Campurkan dengan oatmeal untuk mendapatkan rasa kenyang yang lebih lama.

Yang perlu diperhatikan saat mengonsumsi alpukat adalah untuk tidak menambahkan gula atau pemanis lainnya. Karena, alpukat sudah cukup memberikan kandungan gula untuk tubuh Anda. Jadi, buah alpukat ini bisa diandalkan sebagai menu diet rendah kalori terbaik untuk Anda.

Oat

Salah satu makanan terbaik untuk diet adalah oat. Tidak hanya karena makanan ini  rendah gula, lemak dan kalori, tetapi juga kaya akan serat yang dapat membuat Anda cepat kenyang. Oat pun cocok digabungkan dengan berbagai makanan. Mulai dari makanan manis hingga yang asin. Konsumsi oat sebagai pengganti nasi di pagi dan siang hari untuk membuat diet Anda makin lancar.

Dengan kandungan kaya seratnya, oat pun mampu membuat buang air besar makin lancar. Sehingga, proses penurunan berat badan dan metabolisme pun akan semakin efektif.

Roti Gandum

Selain enak dan kaya serat, roti gandum juga bisa menjadi salah satu pengganti nasi yang baik bagi Anda yang belum terbiasa hidup tanpa nasi saat diet. Pengurangan nasi adalah salah satu cara terbaik untuk diet karena dapat mengurangi konsumsi gula dan karbohidrat sekaligus.  Mengonsumsi roti gandum dapat membuat Anda terasa lebih mudah untuk meninggalkan nasi, karena rasa kenyangnya yang hampir sama.

Makanan rendah kalori ini akan semakin baik bila Anda gabungkan dengan putih telur rebus dan avokad. Tidak hanya enak, tetapi juga membantu diet untuk semakin efektif. Bila perlu, pilih roti gandum yang bebas gluten dan tepung untuk membuat diet Anda semakin baik. Anda bisa menyantap roti gandum sebagai menu sarapan terbaik selama menjalani program diet.

 

Selain mengonsumsi aneka makanan untuk diet rendah kalori ini, tentunya Anda juga harus berolahraga. Olahraga tidak hanya membantu diet Anda untuk semakin efektif, tetapi juga membantu badan untuk menjadi fit dan sehat. Dengan bantuan olahraga, Anda tidak perlu lagi takut naik berat badan secara tiba-tiba. Semakin banyak otot yang Anda miliki, maka pembakaran kalori dan lemak pun akan semakin baik, karena itu, tidak heran kalau orang yang rajin berolahraga akan lebih susah untuk gemuk meskipun mereka makan porsi besar.

 

 

Sumber:

  • Redaksi Halodoc. 3 Januari 2019. Menu Diet Sehat Bebas Kalori. https://www.halodoc.com/menu-diet-sehat-bebas-kalori
  • Fimela. 10 Agustus 2018. 4 Menu Sarapan Diet Rendah Kalori agar Kenyang Setiap Hari. https://www.fimela.com/beauty-health/read/3809301/4-menu-sarapan-diet-rendah-kalori-agar-kenyang-setiap-hari
  • Lola Lolita. 7 November 2018. 25 Makanan Enak yang Cocok untuk Program Diet. https://brilicious.brilio.net/kuliner-kesehatan/25-makanan-enak-yang-cocok-untuk-program-diet-1811074.html

Comments are closed.

WhatsApp Make Appointment Now