5 Pantangan Setelah Chemical Peeling yang Wajib Diketahui

pantangan setelah chemical peeling

Chemical peeling adalah sebuah perawatan yang efektif untuk membentuk kulit Anda dengan memperbaiki garis-garis halus, jerawat, hiperpigmentasi, atau berbagai masalah kulit lainnya. Namun penting bagi kita untuk merawat wajah saat proses penyembuhan berlangsung. Hal ini dilakukan untuk membantu kulit bersih kembali dan memaksimalkan manfaat dari chemical peeling. Berikut ini adalah beberapa pantangan setelah chemical peeling yang harus diikuti agar bisa mendapatkan hasil yang benar-benar maksimal.

Pantangan Setelah Chemical Peeling

Chemical peeling akan menghilangkan permukaan terluar dari kulit Anda untuk membantu mengurangi tanda-tanda penuaan kulit, jerawat, dan perubahan warna yang terlihat. Pada saat yang sama, mereka memberikan jalan pada kulit yang lebih cerah dan halus di bawah untuk bisa terlihat. 

Peeling terdiri dari kekuatan ringan hingga intens, dengan beberapa formula dari profesional yang tersedia untuk digunakan di rumah. Sementara yang lain hanya tersedia di salon, spa, atau klinik. Tergantung dari sensitivitas kulit Anda, sangat normal untuk mengalami berbagai efek samping saat kulit menjalani proses pembaruan pasca pengelupasan.

Salah satu hal yang bisa kita lakukan adalah menjaga dan merawat kulit ketika berada pada proses ini. Berikut ini adalah beberapa pantangan yang sangat harus Anda hindari agar hasil dari pengelupasan bisa keluar secara maksimal.

1. Mengupas Kulit Dengan Paksa

Chemical peeling berguna untuk mengangkat permukaan dan menyingkirkan lapisan sel kulit kering yang rusak. Untuk melakukan ini, kulit harus mengelupas, namun Terkadang kita tidak bisa menahan diri untuk mengambil kulit kering sebelum bisa lepas sendirinya. Hal ini dapat menyebabkan jaringan parut dan kemerahan yang berlebih.

Baca juga: Jarang Diketahui, Ini Manfaat Peeling Wajah Berjerawat

2. Tidak Menggunakan Sunscreen

Sangat penting untuk melindungi kulit dari sinar matahari setiap saat, terutama setelah pengelupasan. Idealnya, seseorang akan menghindari matahari selama satu atau dua minggu pertama, namun jika terpaksa maka kita harus memakai sunscreen/tabir surya. Jika tidak, maka akan muncul bercak bernoda dan pewarnaan kulit yang tidak teratur. Direkomendasikan SPF 30 atau lebih tinggi dan harus diusapkan sekitar setengah jam sebelum pergi ke luar ruangan.

3. Membiarkan Kulit Menjadi Kering

Menjaga kebersihan kulit setelah dikupas sangatlah penting. Pilihan terbaik adalah mencucinya dengan air dingin dan sabun yang lembut.

4. Tidak Menggunakan Pelembap

Selain mencuci kulit secara teratur, menjaga kelembapannya juga penting. Pelembap yang bebas pewangi, bebas pewarna, dan lembut harus dioleskan segera setelah mencuci bagian kulit yang sudah mengalami chemical peeling.

Baca juga: Inilah 5 Cara Menghilangkan Mata Panda dengan Cepat

5. Pelembap yang Terlalu Banyak

Menggunakan pelembap memang hal yang sangat penting, namun jangan sampai berlebihan. Inti dari chemical peeling adalah membiarkan lapisan permukaan yang kering terkelupas. Jika terlalu lembap, mereka mungkin tidak akan bisa mengelupas dengan benar, menyebabkan treatment yang Anda lakukan akan menjadi sia-sia.

Berbagai pantangan di atas harus bisa Anda hindari dengan baik, jika tidak hasil akhir yang didapatkan dari proses chemical peeling tidak akan bisa maksimal. Selalu perhatikan kesehatan kulit Anda setelah melewati prosedur ini. Pastikan juga Anda sudah memilih klinik profesional yang bisa menyajikan perawatan terbaik agar tidak kecewa nantinya. Seperti Facial, Peeling & Skincare dari JAC ini yang siap membantu dalam merawat kulit wajah Anda. Hubungi kami segera untuk merasakan perawatan wajah dari dokter estetika dan para ahli di Jakarta Aesthetic Clinic.

Sumber: 

https://www.bwcmiami.com/about-us/blog/2016/may/10-things-to-avoid-after-getting-a-chemical-peel/

https://www.glowday.com/blog/chemical-peel-aftercare-dos-and-don-ts

7 Tips on How to Care for Your Skin After A Chemical Peel

https://www.dermalogica.com/blogs/living-skin/how-to-care-for-your-skin-after-a-peel

dr. Olivia Ong

Sebagai expert dalam bidang Botulinum ToxinTM dan Soft Tissue FillerTM, dr. Olivia Ong yang lahir dan tumbuh di Jakarta ini memiliki berbagai sertifikasi internasional seperti Advance Filler Injection Workshop with Prominent Plastic Surgeons di Swedia, International Anatomy Masterclass di Paris dan Aesthetic and Anti-Aging Medicine World Congress di Monte-Carlo, Monaco.

Terkait

Cara Memanjangkan Rambut Dengan Minyak Zaitun

Cara Memanjangkan Rambut Dengan Minyak Zaitun

November 23, 2021
Cara Mengatasi Kerutan di Wajah dengan Anti-Wrinkle Injection

Cara Mengatasi Kerutan di Wajah dengan Anti-Wrinkle Injection

November 23, 2021
7 Cara Merawat Wajah Pria agar Putih dan Bersih

7 Cara Merawat Wajah Pria agar Putih dan Bersih

November 23, 2021

Comments are closed.