Penyebab Jerawat Batu dan Cara Menghilangkannya

cara menghilangkan jerawat batu

Salah satu masalah jerawat yang kerap dialami oleh sebagian besar orang ialah masalah jerawat. Jerawat kerap timbul pada wajah yang kotor dan juga berminyak.

Salah satu jenis jerawat yang sulit untuk dihilangkan ialah jerawat batu dan Anda harus tahu penyebab jerawat batu. Apabila Anda sudah mendapatkan masalah jerawat batu maka Anda harus lebih ekstra merawat kulit wajah Anda.

Apa itu Jerawat Batu?

Apa itu jerawat batu

Jerawat batu atau jerawat kistik (cystic acne) adalah salah satu jenis jerawat yang cukup parah karena pori-pori di kulit tersumbat akibat kelebihan minyak (sebum), kotoran, dan sel kulit mati sehingga menyebabkan infeksi dan peradangan.

Jerawat batu bisa menyakitkan bahkan mempengharuhi emosi (suasana hati) karena efeknya pada penampilan wajah.

Jerawat yang menyakitkan ini berisi nanah yang terbentuk di bawah kulit. Bahkan munculnya jerawat batu lebih mungkin menyebabkan jaringan parut.

Efek atau kerusakan jangka panjang dan permanen yang ditimbulkan dari jerawat batu yaitu:

  • lubang kecil dan dalam, yang dikenal dengan istilah “ice-pick scars
  • lubang yang lebih besar
  • lekukan dangkal di kulit
  • kulit memerah

Baca juga: 9 Perawatan Wajah Berjerawat dengan Bahan Alami

Penyebab Munculnya Jerawat Batu

Pada umumnya mereka yang mengalami masalah kulit yang satu ini merupakan mereka yang berusia remaja dan juga dewasa. Jenis jerawat batu ialah salah satu masalah kulit yang dianggap sangat parah.

Mengingat jerawat batu kerap kali mengandung nanah dan bisa menyebar dengan mudah ke bagian yang paling dekat dengan jerawat. Beberapa hal yang menyebabkan jerawat di area wajah bisa dari pori-pori tersumbat, produksi minyak berlebih, dan sel kulit mati yang menumpuk. Beberapa hal yang dapat menjadi penyebab jerawat batu di antaranya:

1. Kosmetik

Peralatan kosmetik menyebabkan jerawat batu

Salah satu penyebab jerawat batu yang paling sering terjadi ialah karena produk kosmetik yang masih ada sisa di wajah yang tidak dibersihkan dengan baik. Hal ini dapat menyumbat pori–pori sehingga menyebabkan timbulnya jerawat pada kulit wajah.

Jika Anda masih ingin menggunakan riasan wajah karena kebutuhan ke suatu acara, maka jangan menggunakan riasan yang tebal dan pastikan menghapus riasan wajah sebelum tidur.

2. Minyak Berlebih

Minyak Berlebih Penyebab Jerawat Batu

Penderita jerawat batu umumnya mempunyai kelebihan minyak pada wajah dan juga faktor genetik dari orang tua yang dulu juga mengalami jerawat batu. Selain itu penyebab jerawat batu juga karena pori–pori wajah tertutup oleh minyak.

Jadi, pori-pori kulit memiliki kelenjar sebaceous yang mengeluarkan zat berminyak. Zat inilah yang kemudian dikenal sebagai sebum.

Sebenarnya, sekresi sebum yang normal membantu melindungi folikel rambut dan kulit, akan tetapi produksi sebum dan pertumbuhan sel kulit yang berlebihan dapat menyebabkan pori-pori tersumbat. Hal ini dapat menciptakan kondisi yang sempurna bagi pertumbuhan berlebih dari P. acnes untuk memicu timbulnya jerawat.

Baca Juga: Cara Menghilangkan Bekas Jerawat di Punggung

3. Paparan Sinar UV

Matahari di langit memancarkan sinar uv

Penyebab jerawat batu yang lainnya ialah terkena paparan sinar ultra violet langsung. Beberapa jenis kulit memang sensitif dengan paparan sinar UV langsung dan bisa menyebabkan jerawat batu.

4. Sel Kulit Tumbuh Tidak Normal

Sel Kulit Tumbuh Tidak NormalPenyebab jerawat batu yang parah juga bisa dikarenakan pertumbuhan pada sel kulit abnormal, sel kulit tersebut tidak dapat membantu regenerasi dengan cepat seperti pada sel kulit normal pada umumnya. Hal ini menyebabkan timbulnya bekas dan susah dihilangkan.

5. Perubahan Hormon

 Perubahan Hormon Masa RemajaMasih banyak penyebab jerawat batu yang mempengaruhi munculnya jerawat batu pada wajah Anda. Salah satunya adalah perubahan hormon.

Faktor terbesar penyebab timbulnya jerawat adalah perubahan hormonal pada masa remaja.

Pada usia remaja atau selama masa pubertas, kadar hormon androgen (hormon yang mendukung fungsi organ seksual) meningkat secara drastis). Hal inilah yang menyebabkan peningkatan produksi sebum dan sel-sel kulit juga mulai tumbuh lebih cepat.

Baca juga: Tips dan Cara Mengempeskan Jerawat dengan Cepat Tanpa Efek Samping

Ciri-Ciri Jerawat Batu

Adapun ciri-ciri yang memberdakan jerawat batu dengan jerawat yang lain adalah sebagai berikut:

  • benjolan berisi nanah
  • benjolan putih besar
  • kemerahan
  • lembut atau nyeri saat disentuh
  • paling sering terlihat pada wajah seseorang

Satu hal yang perlu diperhatikan yaitu apabila jerawat batu pecah, infeksi bakteri dapat menyebar dan menyebabkan lebih banyak jerawat.

Jadi, bagaimana cara menghilangkannya?

Cara Menghilangkan Jerawat Batu dengan Alami

Biasanya, jerawat batu dapat membaik seiring bertambahnya usia. Namun, benjolan yang membandel dan menyakitkan tidak akan hilang dengan sendirinya

Berikut beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk membantu menghilangkan jerawat batu:

1. Rajin Membersihkan Wajah

Rajin cuci muka untuk mencegah jerawat batu.Jerawat batu seringkali muncul di wajah yang akhirnya mengurangi rasa percaya diri. Agar terhindar dari jerawat dan masalah kulit lainnya, rajinlah dalam mencuci wajah Anda secara rutin dengan sabun wajah maksimal 2 kali sehari.

Gaya hidup tidak sehat seperti malas mencuci wajah dapat menyebabkan munculnya jerawat. Jadi, setelah bepergian, usahakan mencuci wajah dengan air hangat agar debu yang menempel keluar dari pori-pori kulit. Saat menjelang tidur pun dan setelah memakai make up usahakan untuk mencuci wajah Anda terlebih dahulu.

2. Memakai Bahan Alami

 Bahan Alami Pencegah Jerawat Batu

Mengatasi jerawat batu menggunakan bahan-bahan alami masih menjadi kegemaran sebagian besar orang. Selain tidak menimbulkan efek samping juga murah dan mudah mendapatkan bahan – bahan yang diperlukan.

Salah satu cara yang dapat Anda lakukan adalah dengan menggunakan daun jambu. Caranya Anda cukup membersihkan beberapa lembar daun jambu dan mencuci bersih kemudian campur dengan air dan perlahan peras. Perasan dari daun jambu tersebut bisa Anda gunakan untuk mengatasi jerawat batu Anda. Diamkan selama 5 menit dan bilas menggunakan air bersih.

Anda juga dapat menggunakan bahan-bahan yang mengandung vitamin C seperti kentang agar bisa meregenerasi kulit. Atau bisa juga pakai tomat yang kaya akan vitamin E untuk membantu mengurangi produksi minyak berlebih yang menjadi penyebab munculnya jerawat. Namun yang harus diperhatikan, Anda harus rutin dan bersabar dalam menjalaninya.

Baca juga: Begini Cara Tepat Menghilangkan Jerawat Batu di Hidung

3. Memakai Bantuan Medis

Bantuan Medis untuk Atasi Jerawat Batu

Untuk cara mengatasi jerawat batu dengan cepat dan cukup aman, Anda bisa meminta bantuan tim medis. Salah satunya adalah Anda bisa mengunjungi Jakarta Aesthetic Clinic (JAC). Dengan proses terapi non-bedahnya bisa membantu Anda lebih cepat menghilangkan masalah kulit karena dilakukan oleh dokter kulit ahli dan berpengalaman, juga penanganannya sangat tepat dan sesuai prosedur.

Cara menghilangkan jerawat batu yang cepat, aman, dan tepat adalah menggunakan prosedur Anti-Oxidant Infusion di JAC. Prosedur ini mampu melindungi kulit Anda dari noda bekas jerawat, mencegah timbulnya jerawat baru, dan melindungi kulit noda hitam atau keriput akibat dari paparan sinar matahari yang berlebih. Prosedur ini sangat cocok Anda pilih yang dilakukan dengan proses terapi injeksi atau infus. Waktu pengerjaannya pun tidak lama, hanya sekadar 5-30 menit. Tentunya, selain kulit Anda bebas dari masalah, waktu Anda pun tidak banyak terkuras.

Sumber:

  • https://www.medicalnewstoday.com/articles/103258
  • https://www.healthline.com/health/beauty-skin-care/cystic-acne
  • https://www.alodokter.com/trik-menyingkirkan-jerawat-batu-pada-wajah
  • https://www.merdeka.com/jatim/7-cara-menghilangkan-jerawat-batu-di-wajah-dengan-cepat-dan-ampuh-kln.html
  • https://hellosehat.com/penyakit-kulit/jerawat/jerawat-batu/

dr. Olivia Ong

Sebagai expert dalam bidang Botulinum ToxinTM dan Soft Tissue FillerTM, dr. Olivia Ong yang lahir dan tumbuh di Jakarta ini memiliki berbagai sertifikasi internasional seperti Advance Filler Injection Workshop with Prominent Plastic Surgeons di Swedia, International Anatomy Masterclass di Paris dan Aesthetic and Anti-Aging Medicine World Congress di Monte-Carlo, Monaco.

Terkait

5 Cara Mengatasi Rambut Kusut Menggumpal untuk Wanita Berhijab

5 Cara Mengatasi Rambut Kusut Menggumpal untuk Wanita Berhijab

Mei 7, 2022
Cara Alami Memperbaiki Wajah Tidak Simetris Tanpa Operasi

Cara Alami Memperbaiki Wajah Tidak Simetris Tanpa Operasi

Mei 7, 2022
2 Cara Mengecilkan Rahang Muka yang Lebar Secara Alami

2 Cara Mengecilkan Rahang Muka yang Lebar Secara Alami

Mei 7, 2022

Comments are closed.