10 Penyebab Kantung Mata Hitam yang Perlu untuk Anda Ketahui!

Penyebab Kantung Mata Hitam

 

Memiliki masalah kantung mata hitam membuat seseorang menjadi kurang percaya diri. Bahkan dalam kondisi tertentu hal tersebut membuat seseorang menjadi tidak nyaman. Lantas, apa sebenarnya penyebab kantung mata hitam tersebut? Berikut 10 di antaranya yang perlu Anda ketahui.

1. Faktor Genetik

Faktor pertama penyebab kantung mata hitam ialah karena genetik. Misalnya saja untuk ras orang-orang Afrika dan Asia, memiliki kantung mata berwarna kebiruan dan memiliki kulit halus di area bawah mata. Hal tersebut karena pigmen melanin lebih banyak di area sekitar mata. Adanya gen tersebut akan membentuk lingkaran berwarna hitam.

2. Faktor Usia

Selanjutnya, selain faktor genetik seiring bertambahnya usia potensi kantung mata lebih hitam juga semakin meningkat. Hal tersebut disebabkan karena kulit yang semakin lebih tipis dan pembuluh darah yang ada pada area bawah mata semakin terlihat dan membuat lingkaran hitam. Mata juga akan lebih terlihat membesar dan ini akan membentuk sebuah bayangan di area bawah kulit mata.

 

Baca Juga: Cara Alami Menghilangkan Kantung Mata yang Kendur

 

3. Siklus Tidur yang Tak Teratur

Idealnya, manusia perlu tidur kurang lebih 8 jam per hari agar tubuh tetap sehat dan bugar. Selama ini, banyak orang beranggapan bahwa kurang tidur dapat menjadi penyebab kantung mata hitam. Namun, di sisi lain bisa juga karena kebanyakan tidur. Ketika sedang tidur, oksigen akan terkumpul di area bawah mata. Posisi tidur pun berpengaruh pada hitamnya kantung mata. Misalnya ketika posisi tengkurap, akan banyak darah yang menumpuk pada area bawah mata dan membuat kantung mata hitam.

4. Kurangnya Asupan dan Nutrisi bagi Tubuh

Tidak hanya siklus tidur saja, asupan dan nutrisi pada tubuh penting pula diperhatikan. Bila tubuh kekurangan nutrisi, khususnya B12 dan zat besi, ini bisa memunculkan lingkaran hitam di area bawah mata. Ini terjadi karena adanya oksigenasi jaringan kulit yang tidak maksimal. Di sisi lain, kekurangan vitamin K juga menjadi penyebab kantung mata hitam karena proses sirkulasi darah buruk pada tubuh.

 

Baca Juga: Cara Menghilangkan Kerutan di Bawah Mata

 

5. Alergi Tertentu

Penyebab atau faktor selanjutnya yang perlu Anda ketahui adalah alergi tertentu. Misalnya saja ketika hidung tersumbat, pada saat hidung tersumbat bisa melepaskan histamin pada tubuh. Ini akan mengarah pada munculnya lingkaran hitam di area bawah mata. Kemudian, alergi juga dapat memicu pembesaran pembuluh darah di area bawah mata. Dengan begitu, kantung mata terlihat semakin besar dan nampak hitam.

6. Menjalani Gaya Hidup tak Sehat

Gaya hidup tak sehat sangat penting untuk Anda hindari bila ingin kantung mata terlihat sehat dan tidak menghitam. Misalnya saja sering mengonsumsi alkohol, ini akan membuat pembuluh darah semakin melebar dan memunculkan lingkaran gelap, khususnya di area bawah mata. Parahnya, terkadang membuatnya terlihat makin menonjol. Gaya hidup tak sehat lainnya adalah merokok. Nikotin dalam kandungan rokok ini dapat mengganggu siklus tidur, akibatnya dapat menyebabkan kantung mata lebih hitam.

 

Baca Juga: Cara Mengencangkan Kulit Wajah di Bawah Mata

 

7. Menggunakan Makeup saat Tidur

Menggunakan makeup saat tidur juga menjadi penyebab kantung mata hitam. Mungkin saja karena lelah setelah beraktivitas, Anda pun lupa membersihkan makeup dan langsung tidur begitu saja. Tentu hal seperti ini bisa memicu kantung mata semakin hitam. Oleh karena itulah, penting bagi Anda untuk membersihkan makeup sebelum tidur. Khususnya pada area di sekitar kantung mata. 

8. Terpapar Sinar Matahari secara Langsung

Anda sering beraktivitas di luar ruangan? Sebaiknya gunakan pelindung untuk menjaga wajah tetap sehat dan berseri. Mengapa demikian? Sebab, paparan sinar matahari secara langsung dan berlebihan bisa membuat area mata cenderung lebih gelap. Kulit di area bawah mata akan menjadi semakin menipis dan rentan rusak. Rusaknya kulit tersebut dapat memicu produksi melanin dan hal itu bisa memperbesar lingkaran hitam yang ada.

 

Baca Juga: Cara Menghilangkan Mata Panda dengan Cepat

 

9. Stres

Tahukah Anda bahwa stres tidak hanya berpengaruh pada kesehatan mental saja? Di sisi lain, akibat stres yang terlalu sering, akan membuat hormon tidak seimbang. Hal tersebut dapat memicu munculnya kulit pucat dan mata nampak tenggelam ke dalam rongga. Ini akan pembuluh darah di sekitar area bawah mata nampak lebih menonjol. Dengan begitu akan muncul lingkaran hitam di kantung mata.

10. Menggosok Area Mata Terlalu Keras

Penyebab kantung mata hitam yang terakhir bisa jadi karena Anda terlalu keras ketika menggosok area mata. Biasanya, kita sering merasakan gatal pada area sekitar mata. Disadari atau tidak kita menggosoknya agar rasa gatal tersebut hilang. Namun, pada saat menggosok tersebut kadang kita terlalu kencang dan sering dilakukan. Akibatnya, kulit pun akan mehalami reaksi inflamasi. Adanya reaksi inflamasi tersebut bisa membuat area bawah mengalami kerusakan dan membuat kulit terlihat gelap.

 

 

Setelah Anda mengetahui penyebab kantung mata hitam tersebut, maka ada baiknya untuk merawat kesehatan kulit sejak dini. Oleh karena itu, penting bagi Anda untuk memilih klinik perawatan terbaik. Jakarta Aesthetic Clinic (JAC) dapat menjadi pilihan Anda!

 

Sumber:

 

Dr. Olivia Ong

Sebagai expert dalam bidang Botulinum ToxinTM dan Soft Tissue FillerTM, dr. Olivia Ong yang lahir dan tumbuh di Jakarta ini memiliki berbagai sertifikasi internasional seperti Advance Filler Injection Workshop with Prominent Plastic Surgeons di Swedia, International Anatomy Masterclass di Paris dan Aesthetic and Anti-Aging Medicine World Congress di Monte-Carlo, Monaco.

Terkait

Mengenal Filler Hidung untuk Kecantikan

Mengenal Filler Hidung untuk Kecantikan

Oktober 1, 2020
Mencari Dokter Kulit Jakarta Selatan Terbaik

Mencari Dokter Kulit Jakarta Selatan Terbaik

Oktober 1, 2020
6 Cara Menghilangkan Stretch Mark di Tubuh

6 Cara Menghilangkan Stretch Mark di Tubuh

Oktober 1, 2020

Comments are closed.