Penyebab Kerontokan Rambut Yang Perlu Anda Ketahui

penyebab kerontokan rambut

Apakah Anda selama ini mengalami kerontokan rambut? Bahkan tiap hari kerontokannya semakin parah? Nah, dalam artikel ini akan menjelaskan apa saja yang biasanya menjadi penyebab kerontokan rambutyang sepatutnya untuk Anda ketahui. Untuk itu, simak baik-baik informasi di bawah ini.

Penyebab Kerontokan Rambut

Rambut memang menjadi salah satu bagian tubuh yang paling penting. Bahkan terdapat pepatah yang mengatakan bahwa rambut adalah mahkota kepala sehingga dengan adanya sebutan tersebut, maka seharusnya setiap orang wajib memelihara kesehatan rambut mereka masing-masing.

Namun, yang menjadi problem banyak orang adalah rambut yang patah. Entah itu patah yang diakibatkan oleh rontok dari akar atau karena patah dari bagian tengah rambut. Untuk itulah, pada artikel kali ini akan dibahas secara tuntas mengenai penyebab kerontokan rambut.

1. Penyebab Rambut Rontok Karena Stress

Kerontokan rambut bisa disebabkan oleh stress. Dalam hal ini bisa disebapkan dengan 2 jenis stress, yakni stress fisik dan stress psikis. Stress, baik itu fisik maupun psikis bisa memberikan dampak yang cukup serius terhadap kesehatan dan pertumbuhan rambut Anda. Salah satu yang berdampak fatal akibat stress ini adalah menyebabkan rambut rontok.

Baca juga: Mengatasi Rambut Rontok Akibat Pewarnaan

2. Rambut Rontok Parah Akibat Perubahan Hormon

Perubahan hormon ini biasanya paling sering dialami oleh perempuan, meskipun tidak menutup kemungkinan laki-laki juga akan mengalami perubahan hormon, namun tidak separah yang dialami oleh perempuan.

Apabila rambut mengalami kerontokan yang berlebihan, kemungkinan penyebabnya adalah terjadinya perubahan hormonal pada tubuh Anda yang cukup signifikan, misalnya karena kehamilan, mengkonsumsi pil KB, atau ketika akan datang bulan.

3. Malnutrisi

Penyebab kerontokan rambut yang selanjutnya adalah terjadinya malnutrisi pada seseorang. Malnutrisi biasa disebut dengan kekurangan gizi, misalnya kekurangan vitamin, zat besi, zink, zat pembangun utama tubuh atau protein, atau jenis mineral lainnya.

Kondisi malnutrisi ini bisa terjadi akibat dari menjalani diet rendah protein, bahkan pola makan yang tidak sehat, misalnya menghilangkan beberapa unsur zat makanan yang nantinya akan berdampak pada kekurangan suatu zat gizi pada tubuh yang menyebabkan kerontokan rambut.

Baca juga: Cara Mengatasi Rambut Rontok Hampir Botak Dengan Cara Alami dan Cepat

4. Mengkonsumsi Obat Tertentu

Salah satu penyebab kerontokan rambut yang selanjutnya adalah mengkonsumsi obat tertentu. Meskipun obat obatan tersebut diresepkan oleh dokter, namun dampak yang diberikan oleh tubuh seseorang yang mengkonsumsi obat itu akan berbeda-beda. Misalnya beta-blocker atau anti-koagulan. Beta blocker yang biasanya terdapat pada obat anti hipertensi, sedangkan anti-koagulan yang biasanya terdapat pada obat anti pembekuan darah.

5. Prosedur Pengobatan Tertentu

Selain beberapa faktor diatas, ternyata penyebab kerontokan rambut yang lainnya adalah menjalani beberapa prosedur pengobatan tertentu yang dilakukan oleh tenaga medis. Memang berdasarkan fakta dari segi keilmuan yang sudah ada, beberapa kondisi tertentu yang bisa menyebabkan rambut seseorang menjadi rontok adalah kemoterapi dan radioterapi.

Kedua prosedur pengobatan ini biasanya dilakukan oleh para penderita kanker untuk membunuh atau memusnahkan sel-sel kanker yang terdapat dalam tubuh mereka. Sayangnya, selain sel kanker, kedua perawatan tersebut juga menyebabkan tubuh menganggap rambut sebagai partikel asing yang berbahaya dan dapat menyerang folikel rambut.

Namun, kerontokan rambut biasanya tidak hanya terjadi pada rambut di kepala saja, melainkan juga hampir seluruh rambut di luar tubuh juga akan mengalami kerontokan yang cukup parah, misalnya pada bagian alis dan bulu ketiak.

Baca JugaCara Agar Rambut Cepat Panjang dan Lebat

6. Menderita Penyakit Tertentu

Penyebab kerontokan rambut yang selanjutnya adalah apabila seseorang sedang menderita penyakit tertentu. Terdapat beberapa kondisi gangguan kesehatan yang mana akan berpengaruh terhadap kesehatan rambut Anda, misalnya mengalami infeksi yang sangat berat, gangguan kelenjar tiroid, dan mengidap kanker. Selain itu, penyakit autoimun misalnya hipotiroid juga bisa menjadi penyebab kerontokan rambut.

Apabila Anda mengalami rambut rontok yang hebat, lebih baik Anda berkonsultasi dengan dokter untuk mendapatkan terapi lebih lanjut.

dr. Olivia Ong Cover

dr. Olivia Ong

Sebagai expert dalam bidang Botulinum ToxinTM dan Soft Tissue FillerTM, dr. Olivia Ong yang lahir dan tumbuh di Jakarta ini memiliki berbagai sertifikasi internasional seperti Advance Filler Injection Workshop with Prominent Plastic Surgeons di Swedia, International Anatomy Masterclass di Paris dan Aesthetic and Anti-Aging Medicine World Congress di Monte-Carlo, Monaco.

Terkait

9 Cara Eksfoliasi Wajah dengan Bahan Alami

9 Cara Eksfoliasi Wajah dengan Bahan Alami

Mei 31, 2022
Macam-Macam Bentuk Hidung di Dunia, termasuk Bentuk Hidung Orang Indonesia

Macam-Macam Bentuk Hidung di Dunia, termasuk Bentuk Hidung Orang Indonesia

Mei 31, 2022
Ketahui Manfaat Baby Skin Treatment

Ketahui Manfaat Baby Skin Treatment

Mei 30, 2022

Comments are closed.