7 Kebiasaan Buruk Penyebab Timbulnya Komedo

Peeling Komedo JAC

 

Punya wajah yang mulus terawat tentu jadi impian setiap orang. Sayangnya, kehadiran berbagai masalah kulit sering kali mengganggu dan membuat diri tak PD. Selain jerawat, problem yang jamak dialami laki-laki atau perempuan usia dewasa adalah komedo.

Komedo sendiri merupakan gabungan dari sel kulit mati atau kotoran dengan minyak yang menyumbat pori-pori. Selain wajah, komedo juga bisa muncul di bagian tubuh lain seperti dada, punggung, dan lengan atas. Secara umum, komedo dibagi menjadi dua, yaitu blackhead dan whitehead.

Masalah kulit ini tidak muncul secara tiba-tiba. Ada banyak kebiasaan yang menjadi penyebab komedo, lho. Ini di antaranya.

 

1. Makan Sembarangan

Jangan salah. Makanan ternyata juga bisa menyebabkan munculnya komedo di wajah. Tingginya kandungan lemak tak jenuh, karbohidrat, dan gula merupakan pemicu terbesar. Jenis makanan yang sebaiknya dihindari adalah gorengan, makanan cepat saji, permen, kue-kue, serta kacang-kacangan.

 

2. Malas Bersihkan Makeup

Mulai sekarang, segeralah menghapus riasan di wajah jika tak ingin berurusan dengan komedo membandel. Ya, sisa makeup yang tidak cepat-cepat dibersihkan akan menutup pori-pori. Akibatnya, kotoran menumpuk di bawah kulit dan menyebabkan timbulnya komedo, bahkan jerawat.

Bersihkan sisa makeup dengan menggunakan cleansing oil atau cleansing balm, lalu ulangi dengan facial wash. Cara ini bertujuan agar kotoran yang menempel di wajah terangkat secara sempurna.

 

Baca Juga: Peeling Wajah Komedo Solusi Cantik Tanpa Rasa Sakit

 

3. Stres

Yup, kondisi pikiran punya pengaruh besar terhadap kondisi kulit Anda. Misalnya ketika stres, kulit akan memproduksi lebih banyak sebum. Akibatnya, wajah tidak hanya terlihat kusam, tapi juga muncul komedo atau jerawat.

Stres dapat dikurangi dengan belajar mengelola pikiran, istirahat cukup, makan bergizi, serta olahraga teratur.

 

4. Penggunaan Makeup/Skincare yang Tidak Cocok

Sekarang ada banyak sekali makeup atau skincare dengan merek dan harga yang beragam. Semuanya pun menjanjikan klaim yang membuat siapa saja tergiur. Namun, Anda juga wajib berhati-hati karena salah memilih produk kecantikan juga bisa menjadi penyebab komedo.

Tidak semua orang cocok dengan kandungan kimiawi tertentu pada makeup. Saran: pilih jenis produk yang non-comedogenic alias tidak memicu munculnya komedo. Bila perlu, konsultasikan dulu dengan dokter atau ahli kecantikan.

 

Baca Juga: Hilangkan Komedo Secara Alami di Rumah

 

5. Kurang Minum

Kurang mengonsumsi air putih ternyata juga bisa menyebabkan munculnya komedo, terutama di area hidung. Selain itu, kebiasaan ini juga bisa menjadikan kulit kering dan kusam. Yuk, perbanyak minum air putih dan konsumsi buah-buahan yang mengandung banyak air!

 

6. Residu Setelah Keramas

Tahukah Anda? Residu sampo saat keramas ternyata juga bisa memicu timbulnya komedo dan jerawat, lho, terutama di area punggung. Itulah mengapa Anda lebih disarankan untuk menggunakan sabun dan facial wash setelah keramas, bukan sebelumnya.

 

Baca Juga: 4 Cara Menghilangkan Komedo Hitam Paling Ampuh

 

7. Kurang Menjaga Kebersihan

Kurang menjaga kebersihan wajah merupakan penyebab lain timbulnya komedo.  Debu dan kotoran yang tidak dibersihkan akan menyumbat pori, lalu bercampur dengan minyak dan menyebabkan tumbuhnya komedo. Jadi, jangan lupa double cleansing saat malam hari atau setelah beraktivitas di luar rumah, ya.

 

Selain ketujuh faktor di atas, komedo juga bisa disebabkan oleh kondisi hormonal, misalnya saat menstruasi. Ketimbang galau, yuk lakukan perawatan di Jakarta Aesthetic Clinic saja! Di sini Anda bisa mencoba Peeling Komedo. 

Treatment ini bertujuan untuk melunakkan komedo agar lebih mudah diangkat, lho. Hasilnya, wajah pun terasa lebih bersih, mulus, dan jerawat tidak akan timbul.

 


Sumber:

Dr. Olivia Ong

Dr. Olivia Ong

Sebagai expert dalam bidang Botulinum ToxinTM dan Soft Tissue FillerTM, dr. Olivia Ong yang lahir dan tumbuh di Jakarta ini memiliki berbagai sertifikasi internasional seperti Advance Filler Injection Workshop with Prominent Plastic Surgeons di Swedia, International Anatomy Masterclass di Paris dan Aesthetic and Anti-Aging Medicine World Congress di Monte-Carlo, Monaco.

Terkait

4 Jenis Perawatan Wajah Berjerawat

4 Jenis Perawatan Wajah Berjerawat

Juli 3, 2020
Mengenal Jenis Treatment Wajah di Klinik Kecantikan

Mengenal Jenis Treatment Wajah di Klinik Kecantikan

Juli 3, 2020
7 Jenis Treatment di Klinik Perawatan Kulit

7 Jenis Treatment di Klinik Perawatan Kulit

Juli 3, 2020

Comments are closed.