7 Penyebab Kulit Wajah Kendur dan Cara Mengatasinya

Masih banyak orang yang belum mengetahui penyebab kulit wajah kendur, apakah Anda salah satunya? Tidak dapat dimungkiri bahwa kulit kendur adalah salah satu permasalahan kulit yang sangat dihindari sebab dapat menurunkan kepercayaan diri. Hal ini dikarenakan tubuh akan terlihat lebih tua dan mulai muncul banyak kerutan. 

Umumnya, menurunnya kekencangan kulit disebabkan oleh kandungan kolagen dan minyak yang berkurang. Dalam artikel ini, Anda akan mengenal penyebab kulit wajah kendur serta cara mengatasinya. Informasi berikut juga akan membantu Anda mencegah kulit kendur dengan menghindari faktor penyebabnya. Untuk itu, pastikan Anda membaca informasinya hingga akhir. 

Penyebab Kulit Wajah Kendur

Penyebab Kulit Wajah Kendur

Kulit wajah kendur menjadi masalah yang mengganggu sebab tidak dapat ditutupi dengan jenis make up apa pun. Terdapat banyak faktor yang menyebabkan kulit wajah menjadi kendur dan menurun. Berikut informasi selengkapnya:

1. Usia

Seperti yang telah diketahui, usia kerap kali menjadi penyebab utama kulit kendur. Seiring berjalannya waktu, jumlah kolagen dalam kulit wajah akan berkurang diikuti dengan produksinya yang juga mulai terhambat. Selain itu, penuaan juga menghentikan produksi protein penting pada wajah yaitu elastin. 

Elastin inilah yang memberikan elastisitas kulit dan membuat kulit lebih kencang. Biasanya, kulit kendur akan menonjol di beberapa area tertentu seperti di bawah dagu dan rahang. Sedangkan pada tubuh, kulit kendur akan menonjol di area lengan atas tangan.

Baca juga: Tips Menghilangkan Komedo di Dagu yang Dijamin Aman dan Nyaman

2. Paparan Sinar Matahari

Ini yang perlu Anda ingat. Menggunakan sunscreen adalah hal penting dan tidak boleh dilewatkan dalam rutinitas perawatan wajah di pagi hari. Jika Anda bertanya mengapa harus dilakukan, jawabannya adalah pengaruh sinar UV dari sinar matahari dapat sangat buruk untuk kulit wajah Anda. 

Sinar UV mampu merusak sel kulit dan meningkatkan efek penuaan sekaligus menjadi faktor terbesar penghambat produksi kolagen dan elastin pada kulit wajah. Oleh karena itu, sangat disarankan untuk melakukan penggunaan ulang sunscreen setiap 3 hingga 4 jam sekali, terlebih saat Anda beraktivitas di luar ruangan. 

3. Berat Badan yang Menurun

Salah satu dampak yang akan dirasakan ketika Anda melakukan program diet atau penurunan berat badan secara drastis adalah kulit kendur. Hal ini sangat umum terjadi mengingat perbedaan ukuran kulit dengan yang sebelumnya. Sebaiknya, hindari untuk melakukan diet ekstrem dan ubah menjadi yang lebih sehat. Selain itu, imbangi dengan rutin berolahraga serta memperbanyak konsumsi makanan sehat. 

4. Merokok

Masih banyak yang belum menganggap remeh tentang bahaya rokok. Selain berdampak pada kesehatan paru-paru, merokok juga dapat memengaruhi kekencangan kulit wajah Anda. Sebab, asap rokok dapat membuat kulit kering dan semakin lama akan membuat kulit kendur jika dilakukan secara terus-menerus. 

Selain itu, merokok juga akan mengurangi pigmentasi warna kulit di wajah. Hasilnya, wajah akan tampak lebih kusam, pucat, bernoda, dan mulai muncul garis halus serta keriput. Sebab pembuluh darah di bagian terluar kulit akan menyempit dan merusak aliran darah ke dalam kulit. 

5. Pola Makan yang Buruk

Sebaiknya Anda selalu menjaga pola makan untuk menjaga kulit wajah tetap cantik dan sempurna. Karena pada faktanya, kesehatan kulit dapat dipengaruhi oleh pola makan. Seseorang yang mengonsumsi makanan berlemak, cepat saji, dan gula berlebih berisiko lebih besar mengalami kulit wajah kendur. 

Pola makan yang buruk berdampak besar pada kondisi peradangan serta kerusakan sel di kulit wajah Anda. Hal inilah yang menyebabkan kulit wajah semakin menurun dan kendur. Selain itu, ada banyak permasalahan yang bisa muncul bila Anda mengabaikan pentingnya penerapan pola makan yang sehat. 

6. Kulit Kurang Terhidrasi

Moisturizer atau pelembap wajah adalah salah satu skincare dasar yang harus digunakan karena fungsinya yang penting yaitu untuk menjaga kulit tetap terhidrasi. Menjaga kulit tetap lembap dapat membantunya terjaga dari kondisi kulit yang kendur sebab menghindari penyimpanan cairan dalam kulit yang berlebihan dan nantinya akan membuat kulit menjadi lebih membesar serta tidak kencang. 

Selain menggunakan moisturizer, pastikan Anda juga mengonsumsi air putih yang cukup setiap harinya. Orang dewasa dianjurkan untuk mengonsumsi air putih sebanyak 2 liter agar asupan cairan pada tubuh tercukupi. 

7. Gaya Hidup yang Buruk

Masih mengonsumsi alkohol dan kerap begadang? Perlu diketahui bahwa konsumsi alkohol dan begadang adalah contoh gaya hidup yang buruk dan menjadi faktor yang memengaruhi kondisi kulit. Alkohol pada dasarnya memiliki kandungan gula yang berlebihan dan tentunya tidak baik untuk kesehatan baik di organ dalam maupun luar. 

Tidak kalah berbahaya, kebiasaan begadang akan menjadikan kulit wajah lebih kusam dan lebih kering. Karena sel kolagen dalam wajah rusak dan tidak mampu memproduksi lebih banyak kolagen sebagaimana seharusnya. Oleh karena itu, mengurangi gaya hidup yang buruk dapat membantu memperbaiki sel-sel kulit wajah.

Cara Mengatasi Kulit Wajah Kendur

Cara Mengatasi Kulit Wajah Kendur

Apabila mengalami situasi ini, tidak perlu panik sebab ada cara yang bisa dilakukan untuk membuat kulit kencang kembali. Adapun cara mengatasi kulit kendur yang terbilang cukup efektif antara lain:

1. Senam Wajah

Cara mengatasi kulit wajah kendur yang pertama adalah rutin melakukan senam wajah. Apakah sudah pernah mendengarnya? Pada dasarnya, senam wajah adalah cara alami yang bisa Anda lakukan untuk menjaga kulit tetap kencang dan melancarkan peredaran darah, oksigen, serta asupan nutrisi yang dibutuhkan kulit. 

Caranya pun cukup mudah, Anda hanya perlu menekan sudut mata menggunakan jari telunjuk selama 30 detik. Kemudian, lanjutkan dengan gerakan tangan melingkar selama 30 detik juga. Selanjutnya, gunakan tiga jari untuk menekan area bawah alis dan tarik ke atas dalam posisi mata tertutup dan tersenyum. Pada langkah ini, tahan selama 20 detik dan lakukan sebanyak 3 kali. 

Terakhir, dongakkan kepala ke atas dan pijat area dagu dari tengah ke arah tulang rahang dengan menggunakan jari selama 30 detik. Ketiga cara di atas dapat Anda lakukan di mana saja dan kapan saja. Dengan begitu, kulit wajah kendur dapat dihindari. 

2. Rutin Menggunakan Skincare

Meski tidak dapat mengencangkan kulit secara maksimal, tetapi penggunaan skincare yang rutin akan membantu Anda mengembalikan kesehatan kulit wajah termasuk pembaruan sel-sel di dalamnya. Apabila belum pernah menggunakan sebelumnya, penuhi terlebih dahulu kebutuhan dasar skincare seperti serum, moisturizer, dan sunscreen

Pastikan di dalam ketiga skincare tersebut, terkandung bahan seperti hyaluronic acid,  vitamin C dan E, serta kolagen agar membantu meremajakan sel kulit. Selanjutnya, Anda dapat mulai mencoba menggunakan skincare lain dengan kandungan bahan aktif seperti glycolic acid dan retinol. Keduanya dinilai ampuh untuk meningkatkan elastisitas terutama di area mata.

Baca juga:: Ketahui Manfaat Baby Skin Treatment

3. Perawatan ke Dokter Ahli

Perawatan Kulit ke Dokter Ahli

Jika kulit masih kendur meski sudah melakukan cara sebelumnya, maka langkah paling ampuh untuk mengatasinya adalah melakukan perawatan ke ahlinya. Anda akan melewati beberapa proses pengecekan menyeluruh pada kulit wajah untuk dapat menentukan prosedur perawatan yang sesuai dengan kondisi wajah Anda. 

Berminat untuk melakukan perawatan pada kulit kendur Anda? JAC adalah jawabannya. Segala penyebab kulit wajah kendur yang menjadi permasalahan kulit dapat teratasi dengan metode yang tepat dan ditangani langsung oleh dokter ahli bersertifikasi. 

Dengan prosedur Ultherapy, kulit wajah Anda akan kembali kencang melalui teknologi canggih yang mampu menyalurkan suhu yang tepat. Hasilnya, wajah akan mulai memproduksi kolagen kembali untuk meningkatkan kekencangan kulit wajah. Prosedur ini dilakukan tanpa metode bedah dan tidak menimbulkan luka di wajah sama sekali. 

Sudah banyak orang yang mencoba treatment ini dan mendapatkan kembali kulit wajah yang sempurna. Jadi, tunggu apalagi? Hubungi JAC sekarang juga dan nikmati pengalaman treatment yang berbeda dan tentunya lebih efektif untuk mengatasi segala permasalahan kulit wajah Anda.

Sumber: 

  • https://www.thelondoncosmeticclinic.co.uk/causes-of-saggy-skin-and-quick-ways-to-tighten-it-with-nonsurgical-treatments
  • https://www.fimela.com/beauty/read/4883629/7-penyebab-kulit-wajah-kendur-yang-bikin-tidak-percaya-diri#:~:text=Penyebab%20kulit%20wajah%20kendur%20yang%20pertama%2C%20yaitu%20karena%20kulit%20mengalami,tubuh%20dan%20memperlancar%20peredaran%20darah.
  • https://www.healthline.com/health/skin/saggy-skin
  • https://www.mcleanclinic.com/blog/sagging-skin/seven-causes-of-sagging-skin/
  • https://www.alodokter.com/latihan-senam-wajah-dan-mitos-yang-menyertainya#:~:text=Senam%20wajah%20merupakan%20salah%20satu,segar%20dan%20tampak%20awet%20muda
dr. Olivia Ong Cover

dr. Olivia Ong

Sebagai expert dalam bidang Botulinum ToxinTM dan Soft Tissue FillerTM, dr. Olivia Ong yang lahir dan tumbuh di Jakarta ini memiliki berbagai sertifikasi internasional seperti Advance Filler Injection Workshop with Prominent Plastic Surgeons di Swedia, International Anatomy Masterclass di Paris dan Aesthetic and Anti-Aging Medicine World Congress di Monte-Carlo, Monaco.

Terkait

Ketahui Ciri-Ciri Penuaan Dini, Jangan Sampai Terlambat

Ketahui Ciri-Ciri Penuaan Dini, Jangan Sampai Terlambat

Desember 5, 2022
Bagaimana Cara Menghilangkan Scar di Wajah?

Bagaimana Cara Menghilangkan Scar di Wajah?

Desember 5, 2022
Buat Penampilan Makin Segar, Inilah Cara Mengencangkan Pipi yang Kendur

Buat Penampilan Makin Segar, Inilah Cara Mengencangkan Pipi yang Kendur

Desember 5, 2022

Comments are closed.