Perawatan Rambut Rontok Berjilbab

perawatan rambut rontok berjilbab

Muslimah yang baik menjaga penampilannya agar tetap sesuai syariat. Namun, banyak wanita berjilbab yang memiliki masalah kerontokan rambut. Mereka merasa rambutnya kepanasan, lepek dan rontok saat berjilbab. Jika sudah seperti ini, sebaiknya mereka memiliki cara perawatan rambut rontok berjilbab sendiri.
 

Penyebab Rambut Rontok 

Ada banyak faktor penyebab rambut rontok, antara lain menggunakan sampo yang tidak cocok, mengikat rambut terlalu lama, atau langsung memakai jilbab setelah keramas tanpa mengeringkannya terlebih dahulu. Selain itu, rambut rontok bisa disebabkan oleh stres, merokok, gizi tidak seimbang, faktor hormonal, dan penyakit turun-temurun. Dokter tidak bisa menyebutkan hal pasti apa yang menyebabkan rambut rontok. Namun, Anda dapat memiliki cara perawatan rambut rontok berjilbab Anda sendiri dengan mengikuti pola hidup yang sehat, seperti:
 

1. Menjaga Asupan Gizi

Makanan yang sehat memiliki kandungan protein yang tinggi, rendah karbohidrat, dan rendah lemak. Makanan lainnya yang baik untuk rambut adalah asam lemak, omega-3, Vitamin B12, biotin dan beberapa mineral, seperti zinc, kalsium, dan carbonate. Semua gizi tersebut memerankan peran penting untuk mengatai rambut rontok.

Selain itu, Anda harus mengonsumsi makanan sehat lainnya seperti sayuran hijau, daging (ikan), dan telur putih yang direbus. Makanan sehat membantu menjaga nutrisi tubuh Anda kembali sehat. Rambut Anda juga mendapat nutrisi dari apa yang Anda konsumsi. Hal tersebut membantu mengatasi rambut rontok.
 

2. Mengonsumsi Biotin

Suplemen yang dianjurkan untuk mengatasi rambut rontok berjilbab adalah biotin. Banyak dokter menyarankan pasiennya yang mengalami rambut rontok untuk mengonsumsi biotin. Zatnya memiliki komponen utama yang mengembalikan pertumbuhan rambut, kulit, dan kuku. Jika Anda ingin mendapatkan zat biotin secara alami, Anda dapat mengonsumsi beberapa makanan seperti ati, atau kuning telur. Hal ini lebih baik dari pada Anda memilih obat atau sejenisnya.
 

3. Obat Herbal

Ramuan herbal dipercaya mampu mengobati masalah kesehatan, rambut rontok misalnya. Bahan ramuan yang dapat membantu mengatasi rambut rontok  berasal dari ginseng, jahe, cuka sari apel, teh hijau dan lain-lain. Anda dapat menjadikannya sebagai olesan di kulit kepala atau meminumnya.

Meski obat herbal ini membantu, tetapi Anda harus berhati-hati dalam mengonsumsinya karena tidak baik jika terlalu berlebihan. Selain itu, beberapa obat herbal ini memiliki efek samping pada tubuh bila dikonsumsi. Untuk itu, sebelum memilih obat herbal, Anda harus memastikan informasi yang lengkap dan konsultasikan obat tersebut sebelum menggunakannya.

Ramuan yang aman untuk Anda konsumsi adalah teh hijau. Peneliti asal Jepang membuktikan bahwa meminum teh hijau dapat meningkatkan dan memaksimalkan hormon yang memicu rambut rontok. Selain itu, teh hijau juga bermanfaat sebagai antioksidan dan memiliki efek anti kanker.
 

Perawatan Rambut Rontok Berjilbab

Beberapa cara berikut membantu mengatasi rambut rontok Anda, seperti:

  1. Keramas secara teratur. Gunakan sampo yang sesuai dengan rambut Anda. Banyak sampo beredar untuk wanita berjilbab. Pastikan Anda juga menggunakan conditioner setiap habis keramas untuk membuat rambut Anda lemas dan lembut.
  2. Gunakan vitamin cream bath atau hair tonic. Menggunakan suplemen rambut seperti krim atau hair tonic dua minggu sekali untuk menjaga kualitas rambut. Anda dapat mendatangi salon terdekat yang menyediakan penanganan rambut atau Anda dapat merawat rambut cukup di rumah Anda.
  3. Biasakan menyisir rambut sebelum dan sesudah memakai jilbab. Menyisir membantu memperlancar peredaran darah sehingga rambut Anda dapat tergerai dengan baik tanpa khawatir rontok kembali.
  4. Jangan terlalu kencang mengikat rambut. Gunakan pita rambut yang berlapis kain agar kulit kepala Anda tidak terlalu tegang. Anda juga bisa mengikat rambut dengan melonggarkan ikatan agar kulit kepala Anda tidak terlalu mendapat banyak tekanan. Selain itu, hindari penggunaan klem besi untuk menjepit rambut karena itu menyebabkan Anda mengalami sakit kepala.
  5. Jangan berjilbab saat rambut masih basah. Pastikan rambut Anda sudah kering total agar tidak menyebabkan rontok, ketombe, dan bau tak sedap. Gunakan pengering rambut atau sejenisnya yang dapat membantu mengeringkan rambut Anda. Dengan begitu, rambut Anda tidak mengalam kerontokan.
  6. Hindari menggunakan jilbab berwarna hitam. Warna gelap menyerap panas. Gunakan kerudung berwarna lain atau berbahan yang nyaman agar kulit kepala Anda terbantu dan memperlancar sirkulasi darah di kulit kepala. Dengan demikian, rambut Anda tidak mengalami kerontokan.

Hal-hal tersebut adalah beberapa cara perawatan rambut rontok berjilbab. Ikut saran-saran tersebut agar terhindar dari masalah rambut rontok. Anda juga dapat mendatangi salon-salon terdekat untuk membantu masalah rambut Anda agar Anda dapat menggunakan jilbab dengan nyaman.

Comments are closed.

WhatsApp Make Appointment Now