perawatan rambut setelah smoothing

Hair smoothing adalah sebuah proses kimia di mana rambut mendapat pengaplikasian larutan formaldehida, dikeringkan dan kemudian diluruskan dengan alat khusus. Ini memperkenalkan protein yang hilang kembali ke untaian rambut untuk membuatnya lebih kuat dan tampak lebih bersinar. Ini relatif lebih lembut dan kurang permanen daripada melakukan hair rebonding. Sangat penting untuk merawat rambut Anda dengan cara yang benar setelah mendapatkan perawatan smoothing rambut. Berikut ini adalah beberapa perawatan rambut setelah smoothing yang bisa Anda lakukan sebagai cara untuk menjaga kualitas rambut. Perhatikan informasi di bawah ini ya.

Perawatan Rambut Setelah Smoothing

Proses hair smoothing memang bisa memberikan tampilan yang cantik untuk rambut Anda. Namun, rambut yang dirawat secara kimiawi menjadi lebih rentan terhadap keriting, kering, dan rusak. Hal ini bisa terjadi karena produk yang yang digunakan untuk proses tersebut, seperti sampo dan kondisioner keras yang mengandung sulfat, polusi, dan faktor lainnya. Maka proses perawatan menjadi hal yang sangat penting setelah melewati proses kimiawi ini. Bentuk perawatan yang bisa Anda lakukan adalah:

1. Segera Setelah Kegiatan Smoothing

Saat Anda masih gembira dan memandangi rambut lurus dan mengkilap Anda, jangan lupa untuk memikirkan beberapa bentuk perawatan setelahnya. Hal yang pertama adalah pastikan rambut tidak basah setidaknya selama 48 jam. Air apa pun dapat menambah kerutan pada perawatan yang baru Anda lakukan. Hindari untuk mengikat rambut, jauhkan karet gelang dari rambut Anda. Karena akan meninggalkan kekusutan yang menetap secara permanen. Hindari juga untuk menyelipkan rambut ke belakang telinga. Bahkan posisi tidur juga tidak bisa sembarangan. Pastikan rambut tergerai dengan rapi, dan tidak kusut selama Anda tidur.

Baca juga: Begini Cara Mengatasi Rambut Kering dan Mengembang

2. Tiga Hari Setelah Kegiatan Smoothing

Melalui rutinitas perawatan rambut yang sempurna, Anda dapat membuat rambut halus tersebut bertahan lebih lama. Setelah melewati tiga hari, sekarang saatnya Anda mencuci rambut dengan sampo dan kondisioner ringan. Pastikan untuk meninggalkan kondisioner pada rambut Anda untuk waktu yang lebih lama. Jauhkan dari air panas karena akan menghilangkan kelembaban dari rambut Anda. Cuci rambut dengan krim tanpa bilas, ini akan melembabkan rambut dan menghilangkan keriting. Hindari menggunakan sikat rambut dan sebagai gantinya pilih sisir bergigi lebar untuk mengurai rambut Anda setelah dicuci. Oleskan paket nutrisi rambut untuk memberikan nutrisi yang dibutuhkan rambut. Membuatnya tampak lembut dan sehat seperti biasa.

3. Lima Belas Hari Setelah Kegiatan Smoothing

Kini saatnya Anda merawat rambut dari dalam dan luar. Pilih nutrisi dengan benar. Banyak konsumsi buah-buahan, sayuran dan produk susu untuk memberikan rambut Anda tampilan yang bersinar dan bervolume. Jangan gunakan panas pada rambut sama sekali. Jika perlu untuk mengeringkan rambut, gunakan saja handuk dan kipas biasa, serta hindari penggunaan hair dryer

Banyak bahan kimia yang digunakan untuk menghaluskan rambut Anda. Pastikan untuk tidak meng-highlight atau mewarnai rambut Anda selama 6 bulan ke depan. Potong rambut Anda untuk menyingkirkan ujung rambut bercabang. Menciptakan rambut yang tampak sehat. Penting juga untuk menggunakan serum rambut dan mengkondisikan rambut setiap harinya. 

Baca juga: 5 Cara Membuat Rambut Cepat Panjang

Selain proses di atas, ada beberapa bahan alami yang juga bisa membantu dalam menjaga rambut halus Anda. Beberapa diantaranya adalah:

Minyak Kelapa

Minyak kelapa menjadi semakin lazim dalam produk kecantikan. Ada beberapa manfaat pelembutan yang bisa digunakan untuk rambut Anda. Minyak kelapa sendiri dapat menembus jauh ke dalam kulit. Anda bisa mencari produk yang sudah diresapi dengan minyak kelapa, atau Anda bisa mengoleskan minyak murni ke rambut setelah keramas. Jika hasilnya terlalu berminyak, coba konsentrasikan pada ujung rambut saja dan gunakan minyak dua hari sekali.

Minyak Zaitun

Minyak zaitun dapat bertindak sebagai penghalang terhadap air, yang dapat membantu mencegah molekul air meregang dan merusak kutikula. Kelemahannya adalah penghalang semacam ini juga bisa membuat rambut Anda berminyak. Untuk hasil terbaik, oleskan sedikit minyak zaitun dalam lapisan tipis dan merata di seluruh ujung rambut Anda seminggu sekali.

Minyak Argan

Berasal dari ekstrak buah argan Maroko, minyak ini dikenal karena sifat pelembabnya. Produsen kosmetik telah menambahkan minyak ke banyak sampo, kondisioner, dan perawatan, tetapi rambut yang sangat kering dapat mengambil manfaat lebih banyak dari minyak argan murni. Oleskan seperti yang Anda lakukan pada minyak zaitun dalam satu lapisan yang rata.Itulah dia berbagai bentuk perawatan yang bisa Anda terapkan ketika usai melakukan kegiatan smoothing rambut. Hal ini sangat penting demi menjaga rambut yang sehat walaupun sudah diberikan banyak bahan kimia. Untuk memantapkan proses perawatan rambut ini, Anda bisa berkonsultasi dengan Jakarta Aesthetic Clinic. Kami menawarkan berbagai solusi perawatan rambut yang siap membantu Anda tampil memukau. Tunggu apalagi, kunjungi website kami sekarang juga dan mari mulai berkonsultasi dengan kami.

Sumber:

https://www.dermaessentia.com/blogs/learn/hair-after-smoothening

https://www.healthline.com/health/how-to-soften-hair

https://www.bebeautiful.in/all-things-hair/hair-treatments/hair-smoothening-at-home

dr. Olivia Ong

Sebagai expert dalam bidang Botulinum ToxinTM dan Soft Tissue FillerTM, dr. Olivia Ong yang lahir dan tumbuh di Jakarta ini memiliki berbagai sertifikasi internasional seperti Advance Filler Injection Workshop with Prominent Plastic Surgeons di Swedia, International Anatomy Masterclass di Paris dan Aesthetic and Anti-Aging Medicine World Congress di Monte-Carlo, Monaco.

Terkait

Tampil Memesona dengan 7 Warna Rambut yang Bagus untuk Wanita Asia

Tampil Memesona dengan 7 Warna Rambut yang Bagus untuk Wanita Asia

Agustus 28, 2021
5 Menu Diet Rendah Kalori Terbaik untuk Anda

5 Menu Diet Rendah Kalori Terbaik untuk Anda

Agustus 28, 2021
10 Penyebab Kantung Mata Hitam yang Perlu untuk Anda Ketahui!

10 Penyebab Kantung Mata Hitam yang Perlu untuk Anda Ketahui!

Agustus 28, 2021

Comments are closed.