9 Perawatan Wajah Berjerawat dengan Bahan Alami

Perawatan Wajah Berjerawat yang Tepat

Jerawat adalah salah satu masalah wajah yang sangat umum. Diperkirakan, sekitar 85% orang di dunia pernah mengalami yang namanya wajah berjerawat. Usia remaja adalah masa awal jerawat muncul karena puber dan produksi hormon yang mulai aktif.

Sedangkan pada usia dewasa, kebanyakan masalah jerawat disebabkan oleh kotoran atau make up yang menyumbat pori-pori, produksi minyak berlebih, infeksi bakteri, pengaruh obat, dan sel-sel kulit mati yang menumpuk. Kabar baiknya, ada beragam perawatan wajah berjerawat dari bahan alami yang dapat Anda coba.

Perawatan Wajah Berjerawat dengan Bahan Alami

Berikut ini 9 perawatan kulit wajah berjerawat secara alami dan tepat untuk Anda terapkan:

1. Tea Tree Oil

Tea tree oil adalah minyak alami yang diekstrak dari daun pohon melaleuca yang merupakan tanaman asli Australia. Dalam beberapa studi, tea tree oil terbukti ampuh sebagai salah satu perawatan wajah berjerawat karena mampu melawan bakteri dan mengurangi peradangan kulit. Tea tree oil membantu melawan dua jenis bakteri, P.acnes dan S.epidermidis, yang secara khusus menyebabkan jerawat.

Cara menggunakan tea tree oil sebagai perawatan wajah berjerawat adalah dengan mengambil satu sendok teh oil dan mencampurkannya ke sembilan sendok teh air. Aduk hingga tercampur dan celupkan kapas ke dalamnya. Oleskan kapas yang sudah basah ke jerawat langsung. Tambahkan pelembab jika diinginkan. Ulangi perawatan ini satu sampai dua kali sehari.

2. Essential Oils dengan Kandungan Anti Bakteri

Selain tea tree oil, Anda juga bisa memanfaatkan essential oil dengan kandungan anti-bakteri dan anti-inflamasi, seperti minyak atsiri kayu manis, mawar, lavender, rosemary, serai dan cengkeh. Deretan essential oils ini mampu melawan bakteri P.acnes dan S.epidermidis.

Cara menggunakan essential oils untuk perawatan wajah berjerawat sama dengan tea tree oil, yaitu dengan mencampurkan sembilan sendok teh air dengan satu sendok teh oil, lalu mencelupkan kapas ke dalamnya dan mengoleskannya ke jerawat.

Baca Juga: Cara Menghilangkan Bekas Jerawat

3. Green Tea

Green tea tidak hanya enak sebagai minuman, bahan ini juga akan bermanfaat ketika Anda membutuhkan sesuatu sebagai perawatan kulit berjerawat. Green tea atau teh hijau mengandung flavonoid dan tannin yang dikenal mampu melawan peradangan dan bakteri yang menyebabkan wajah berjerawat. Selain itu, kandungan antioksidan di dalam teh hijau juga terbukti mampu mengurangi produksi sebum dan menghambat pertumbuhan bakteri.

Anda bisa menyeduh teh hijau dengan air mendidih selama 3-4 menit. Kemudian, biarkan dulu teh sampai agak dingin. Setelahnya, oleskan ke wajah dengan menggunakan kapas atau menyemprotkannya dengan botol semprot. Biarkan green tea berada pada permukaan wajah yang berjerawat selama sepuluh menit atau semalaman penuh. Kemudian cuci muka dengan air bersih.

4. Aloe Vera

Aloe vera atau lidah buaya sudah sangat terkenal sebagai skincare yang memiliki banyak manfaat. Bahan ini mampu melembabkan wajah dan membuatnya lebih halus.

Ketika diaplikasikan pada kulit, gel lidah buaya terbukti membantu melawan bakteri, mengurangi peradangan, dan mempercepat penyembuhan luka. Hal ini karena aloe vera mengandung lupeol, salicylic acid, urea nitrogen, cinnamonic acid, phenols, dan sulfur yang semuanya menghambat bakteri penyebab jerawat.

Tidak mengherankan jika tanaman ini dipakai secara luas untuk penyembuhan ruam, luka bakar, jerawat, dan psoriasis. Dalam proses menyembuhkan jerawat, lidah buaya juga bisa berperan sebagai pelembab kulit. Bahkan dalam suatu penelitian menyatakan bahwa semakin tinggi konsentrasi aloe vera dalam lotion, semakin efektif dalam mengurangi jerawat.

Adapun cara menggunakannya yaitu ambil gel aloe vera dari daun lidah buaya menggunakan sendok. Selanjutnya, oleskan ke kulit ke wajah berjerawat Anda atau Anda juga dapat mengoleskan perawatan wajah berjerawat lainnya terlebih dahulu dan menambahkan aloe vera di atasnya. Ulangi 1-2 kali per hari, atau sesuai keinginan.

Baca juga: Manfaat Argan Oil untuk Wajah, Rahasia Kecantikan Wanita Maroko

5. Jojoba Oil 

Jojoba oil adalah cairan yang diekstrak dari biji tanaman jojoba yang disebut simmondsia chinensis. Tanaman ini tumbuh di Amerika Utara. Minyak yang terkandung di dalamnya dapat membantu memperbaiki kerusakan kulit, seperti bekas jerawat sehingga sangat cocok digunakan sebagai salah satu bahan alami untuk perawatan kulit berjerawat.

Cara menggunakan bahan ini adalah dengan mencampurkan jojoba oil dengan gel, krim, atau minyak lainnya. Kemudian, oleskan secara lembut ke wajah.

6. Ekstrak Bunga Echinacea

Bunga echinacea merupakan salah satu jenis bunga dari keluarga daisy yang banyak digunakan sebagai suplemen kesehatan. Dikenal dengan sebutan coneflower, merupakan tanaman yang memiliki kemampuan untuk melawan virus dan bakteri, termasuk bakteri penyebab jerawat.

Anda bisa menggunakan krim yang mengandung ekstrak echinacea sebagai perawatan kulit berjerawat Anda. Caranya cukup dengan mengoleskan krim tersebut dengan lembut ke kulit wajah Anda.

Baca juga: Begini Cara Tepat Menghilangkan Jerawat Batu di Hidung

7. Virgin Coconut Oil

Cara perawatan wajah berjerawat dengan menggunakan bahan alami selanjutnya yaitu menggunakan virgin coconut oil.

Minyak yang satu ini mengandung berbagai zat yang dapat berperan sebagai anti-inflamasi dan antibakteri.

Anda dapat menggunakan virgin coconut oil dengan cara memijat wajah Anda. Virgin coconut oil menyerap lebih dalam ke sel kulit sehingga wajah lebih terhidrasi dan segar. Gunakan minyak ini dengan pijatan melingkar selama 5-10 menit. Kemudian biarkan semalaman. Selain dengan pemijatan, Anda juga dapat mengonsumsi rutin virgin coconut oil agar membantu membunuh bakteri penyebab jerawat dan pembengkakan akibat jerawat.

Baca Juga: Cara Ampuh Menghilangkan Bekas Jerawat di Punggung

8. Bawang Putih

Bawang putih dikenal sebagai salah satu bahan masakan yang sering dijadikan obat tradisional karena memiliki kemampuan untuk membasmi kuman dan bakteri, termasuk bakteri penyebab jerawat.

Bawang putih mengandung antioksidan tinggi, kandungan inilah yang dapat membantu luka atau bengkak di jerawat jadi berkurang, mengempes dan cepat kering. Tidak hanya itu, bawang putih yang dijadikan masker bisa jadi solusi alternatif sebagai cara mengecilkan pori-pori.

Cara menggunakan bawang putih sebagai perawatan wajah berjerawat ini cukup mudah. Anda hanya perlu menempelkan bawang putih yang sudah dihaluskan ke jerawat Anda. Selain itu, Anda juga dapatmengonsumsi bawang putih dengan membeli bubuk bawang putih, lalu mencampurkannya ke dalam minuman hangat.

Baca Juga: Tips dan Cara Mengempeskan Jerawat dengan Cepat Tanpa Efek Samping

9. Cuka Apel

Cara merawat kulit berjerawat yang terakhir adalah dengan menggunakan cuka apel. Sama seperti cuka lainnya, cuka apel memiliki kemampuan untuk melawan bakteri dan jamur penyebab kulit berjerawat.

Selain itu, cuka apel dapat membunuh bakteri penyebab jerawat seperti P.acnes karena kandungan asam sitratnya. Kandungan ini yang akan menekan proses inflamasi sehingga dapat mencegah munculnya scar.

Akan tetapi, Anda harus berhati-hati saat menggunakan cuka apel untuk mengatasi jerawat karena apabila berlebihan kulit Anda dapat mengalami iritasi.

Perawatan Kulit Berjerawat dengan Treatment Peeling & Skincare

Hal paling penting yang perlu diingat dalam merawat kulit berjerawat adalah tidak terlalu sering terkena paparan sinar matahari langsung dan menyentuh kulit wajah Anda, terutama dalam kondisi berjerawat.

Perawatan wajah berjerawat juga akan efektif jika Anda rutin membersihkan wajah dengan double cleanse, kemudian diikuti dengan facial wash dan rangkaian skincare rutin berikutnya. Coba pula produk perawatan kulit treatment peeling & skincare di Jakarta Aesthetic Clinic untuk mengeringkan jerawat sekaligus menghilangkan komedo, sehingga wajah tampak lebih bersih, ringan, segar, dan bercahaya.


Sumber:

  • https://www.healthline.com/nutrition/get-rid-of-pimples-fast
  • https://www.klikdokter.com/info-sehat/read/3528818/cara-menghilangkan-jerawat-secara-alami-tanpa-obat
dr. Olivia Ong Cover

dr. Olivia Ong

Sebagai expert dalam bidang Botulinum ToxinTM dan Soft Tissue FillerTM, dr. Olivia Ong yang lahir dan tumbuh di Jakarta ini memiliki berbagai sertifikasi internasional seperti Advance Filler Injection Workshop with Prominent Plastic Surgeons di Swedia, International Anatomy Masterclass di Paris dan Aesthetic and Anti-Aging Medicine World Congress di Monte-Carlo, Monaco.

Terkait

Ketahui Ciri-Ciri Penuaan Dini, Jangan Sampai Terlambat

Ketahui Ciri-Ciri Penuaan Dini, Jangan Sampai Terlambat

Desember 5, 2022
Bagaimana Cara Menghilangkan Scar di Wajah?

Bagaimana Cara Menghilangkan Scar di Wajah?

Desember 5, 2022
Buat Penampilan Makin Segar, Inilah Cara Mengencangkan Pipi yang Kendur

Buat Penampilan Makin Segar, Inilah Cara Mengencangkan Pipi yang Kendur

Desember 5, 2022

Comments are closed.