Perawatan Wajah yang Aman untuk Ibu Menyusui

Menjaga kondisi kulit wajah tetap bersih membuat penampilan Anda tetap cantik dan bersinar sepanjang waktu, termasuk bagi ibu menyusui. Ternyata ada berbagai perawatan wajah yang aman untuk ibu menyusui.

Tidak dapat dimungkiri kalau perawatan wajah untuk ibu menyusui tidak boleh sembarangan. Harus ada pengetahuan lebih dalam tentang kandungan produk perawatan wajah karena tidak semuanya aman bagi ibu menyusui.

Anda bisa mengetahui bagaimana perawatan wajah yang aman untuk ibu menyusui dalam artikel Jakarta Aesthetic Clinic di bawah ini.

Cara Perawatan Wajah yang Aman untuk Ibu Menyusui

Cara Perawatan yang Aman untuk Busui dengan Bahan Alami

Ada beberapa langkah atau cara perawatan wajah yang aman untuk dilakukan ibu menyusui setiap harinya. Setiap cara ini juga perlu diperhatikan karena nanti ada informasi kandungan yang tidak diperbolehkan untuk ibu menyusui.

1. Vitamin C

Ketika dalam masa kehamilan, banyak wanita mengalami melasma, yaitu bentuk hiperpigmentasi yang dihasilkan perubahan hormonal di tubuh. Walau biasanya hilang karena sudah melahirkan, terkadang masih ada yang merasakannya.

Itulah mengapa dibutuhkan krim dengan kandungan vitamin C untuk mencerahkan kulit secara alami. Anda bisa tetap tampil glowing sepanjang waktu.

2. Gunakan Sabun Tanpa Alkohol

Dalam beraktivitas sehari-hari, khususnya di tengah pandemi ini, pasti Anda sering menggunakan sabun. Untuk tetap menjaga kondisi kulit tangan hingga wajah bersih tanpa mendapatkan bahan kimia terlalu banyak, sebaiknya gunakan sabun tanpa alkohol, ya.

3. Perhatikan Penggunaan Skincare

Walau sedang dalam fase menyusui si buah hati, pasti Anda ingin tetap tampil cantik sepanjang hari. Apapun produk perawatan wajah yang Anda gunakan, sebaiknya perhatikan kandungan di dalam nya. Ada berbagai kandungan yang diperbolehkan, tapi ada kandungan yang harus dihindari. 

Silakan membaca artikel ini hingga selesai untuk mengetahui kandungan skincare yang aman digunakan dan kandungan yang harus dihindari oleh ibu menyusui.

Baca juga: 5 Urutan Skincare Pagi Untuk Kulit Berjerawat

4. Hidrasi Kulit dengan Air

Saat hamil dan menyusui jangan hanya berfokus pada perawatan wajah dari luar, Anda juga perlu memastikan kulit wajah terhidrasi dari dalam untuk menjaga kelembapan kulit. Jadi, penuhi kebutuhan cairan Anda 8-10 cangkir perhari dengan meminum air putih.

5. Konsumsi Buah dan Sayur

Mirip seperti minum air putih, Anda bisa mendapatkan vitamin dan antioksidan secara alami untuk membantu perawatan wajah Anda dengan mengonsumsi buah dan sayuran. Ingatlah, kulit yang sehat dimulai dari dalam.

Kandungan Skincare yang Bagus untuk Ibu Menyusui

Kandungan Skincare yang Aman untuk Ibu Menyusui

Ada beberapa kandungan skincare yang aman dan terhitung bagus untuk ibu menyusui, yaitu:

1. Benzoyl Peroxide

Hormon ibu ketika dalam masa kehamilan hingga menyusui memang tidak stabil. Bahkan bisa menimbulkan jerawat di wajah juga. Untuk tetap menjaga kondisi tetap sehat, benzoyl peroxide menjadi salah satu kandungan penghilang jerawat yang lebih aman bagi ibu menyusui.

Banyak jaringan tubuh yang dapat memecah zat peroksida. Dengan begitu, ketika kandungan ini terserap, maka lebih cepat dihancurkan oleh tubuh. Itulah mengapa benzoyl peroxide termasuk aman bagi ibu menyusui.

2. Lactic Acid

Lactic acid atau asam laktat juga cocok untuk ibu menyusui. Kandungan ini sering terdapat di produk perawatan wajah untuk jerawat agar bisa mengurangi munculnya masalah itu. Selain itu juga dapat membantu mengelupas kulit dan mengurangi munculnya noda lainnya. 

3. Zinc Oxide

Zinc oxide yang ada di tabir surya termasuk bagus bagi ibu menyusui. Bahkan jika Anda juga sedang tidak menyusui, tetap terhitung bagus.

Kandungan ini merupakan tabir surya yang aman untuk digunakan selama kehamilan dan menyusui. Ketika digunakan pada kulit yang bersih pun, hasilnya tetap sempurna. Jadi Anda dan si buah hati tetap aman sepanjang waktu!

Baca juga: 6 Kandungan Skincare yang Tidak Boleh untuk Ibu Hamil

Kandungan Skincare yang Buruk untuk Ibu Menyusui

Memilih skincare ketika menyusui harus menghindari beberapa kandungan ini karena kulit menjadi lebih sensitif. Beberapa kandungan skincare yang buruk untuk ibu menyusui adalah:

1. Petroleum

Petroleum bisa mengiritasi kulit Anda. Senyawa ini tidak dianjurkan karena pasti Anda sering melakukan kontak kulit dengan bayi. Petroleum bisa menimbulkan masalah bagi kulit bayi. Tentu saja Anda tidak mau hal ini terjadi, bukan?

2. Parabens

Parabens adalah pengawet yang efektif mencegah kuman mengontaminasi produk kosmetik, termasuk skincare. Banyakproduk yang menggunakan kandungan ini walaupun sangat kecil. Sudah pasti Anda harus menghindari kandungan ini. Alasannya karena kandungan ini bisa menumpuk dalam jumlah tidak normal sehingga bisa mengiritasi kulit sensitif.

3. Formaldehyde

Formaldehyde atau formaldehida adalah senyawa yang juga termasuk dalam kategori pengawet. Sayangnya, cukup banyak produk skincare yang mencoba menghilangkan kandungan ini dalam daftar ingredients. Mereka sering mengubahnya menjadi methenesmine atau hydroxymethylglycinate. Sebaiknya cek daftar kandungan dalam skincare lebih dalam sebelum membelinya.

4. Retinoid

Retinoid sering disebut sebagai kandungan paling efektif dalam produk anti aging. Kandungan ini dapat mempercepat produksi vitamin A dalam tubuh. Sayangnya, retinoid tidak bagus untuk kulit bayi dan sangat dihindari bagi ibu menyusui. 

5. Asam Salisilat

Mungkin Anda sudah tidak asing dengan kandungan asam salisilat atau salicylic acid ini. Kandungan ini mampu memerangi jerawat dengan maksimal. Salah satu produk yang sering menggunakan kandungan ini adalah masker wajah. Dikarenakan lebih lama menempel di kulit, sebaiknya hindari selama dalam fase menyusui.

6. Hydroquinone

Hydroquinone dikenal luas sebagai agen pemutih yang digunakan untuk meringankan kondisi hiperpigmentasi (warna kulit pada area tertentu lebih gelap). Selain itu, sering digunakan untuk mengobati kondisi lain seperti melasma dan vitiligo.

Meskipun demikian, Ada banyak kekhawatiran hydroquinone jika digunakan oleh ibu hamil dan menyusui. Alasannya karena zat ini dapat diserap ke dalam aliran darah dan masuk ke ASI yang berisiko mempengaruhi kesehatan bayi. Jadi penggunaannya tidak dianjurkan kecuali atas saran dan dalam pengawasan dokter khususnya spesialis kulit.

Baca juga: Penting! Ini Dia Urutan Pemakaian Skin Care yang Benar!

Gunakan Skincare yang Aman untuk Ibu Menyusui

Kondisi kulit wajah ketika sedang menyusui memang tidak selalu bersih dan bagus. Hal ini terhitung wajar sehingga Anda tidak perlu merasa minder. Gunakan saja AYOM Skincare dengan basic essential vegan skincare. AYOM cocok untuk segala jenis dan warna kulit, sahabat kulit sensitif, aman untuk remaja, ibu hamil sampai menyusui karena bebas dari obat dan logam berat, detergen, paraben, sulfat, mineral oil, pewarna, parfum, hingga alkohol.

Anda juga tidak perlu khawatir untuk mencari perawatan kulit yang tepat dan profesional. Jakarta Aesthetic Clinic selalu memberikan solusi perawatan kulit wajah terbaik untuk Anda dengan berbagai perawatan, termasuk Anti-Wrinkle Injection. Hubungi kami segera untuk merasakan perawatan wajah dari dokter estetika dan para ahli di Jakarta Aesthetic Clinic.

Sumber:

  • https://skinboxclinics.com.au/cosmetic-procedures-when-breastfeeding-are-they-safe/
  • https://www.sebamedusa.com/blog/skin-care-while-breastfeeding/
  • https://motifmedical.com/blog/skincare-and-breastfeeding-ingredients-to-avoid-while-nursing
  • https://asianbeautyessentials.com/blogs/the-idol-beauty-blog/breastfeeding-skincare
dr. Olivia Ong Cover

dr. Olivia Ong

Sebagai expert dalam bidang Botulinum ToxinTM dan Soft Tissue FillerTM, dr. Olivia Ong yang lahir dan tumbuh di Jakarta ini memiliki berbagai sertifikasi internasional seperti Advance Filler Injection Workshop with Prominent Plastic Surgeons di Swedia, International Anatomy Masterclass di Paris dan Aesthetic and Anti-Aging Medicine World Congress di Monte-Carlo, Monaco.

Terkait

Inilah Perbedaan Sunscreen dan Sunblock, Jangan Sampai Tertukar

Inilah Perbedaan Sunscreen dan Sunblock, Jangan Sampai Tertukar

Februari 2, 2023
Perbedaan Moisturizer dan Sunscreen, Sudah Tahu Belum?

Perbedaan Moisturizer dan Sunscreen, Sudah Tahu Belum?

Februari 2, 2023
Inilah Ciri Ciri Skin Barrier Rusak yang Harus Anda Ketahui

Inilah Ciri Ciri Skin Barrier Rusak yang Harus Anda Ketahui

Februari 2, 2023

Comments are closed.