4 Perbedaan Botox Dan Filler, Jangan Sampai Salah Pilih!

Perbedaan Botox Dan Filler

Perbedaan botox dan filler yang paling utama terletak pada efeknya. Botox berguna dalam mengurangi aktivitas otot di wajah akibat penuaan. Sedangkan filler menambah volume pada area wajah tertentu untuk menggantikan kolagen yang hilang.

Botox dan filler merupakan metode yang efektif untuk memperbaiki tanda-tanda penuaan di wajah. Kedua perawatan kecantikan ini sama-sama diberikan melalui suntikan dan tidak melibatkan operasi. Selain itu, botox dan filler dinilai cukup efisien untuk mempertahankan penampilan awet muda. 

Sekilas botox dan filler tampak mirip apabila dilihat dari prosedurnya. Namun, keduanya memiliki sejumlah perbedaan dari sisi manfaat dan tujuan, ketahanan, efek samping, dan cara kerjanya. Kenali lebih dalam perbedaan antara keduanya supaya Anda tidak salah pilih perawatan.

Apakah Botox dan Filler Wajah Aman?

Apakah Botox dan Filler Wajah Aman

Botox maupun filler menggunakan zat yang berbeda untuk kegunaan yang berbeda juga. Jadi, kedua perawatan ini bisa dilakukan dalam waktu yang bersamaan. Misalnya, botox digunakan untuk mengurangi kerutan pada sekitar mata dan filler untuk mengoreksi garis senyum.

Jadi, apakah botox dan filler wajah aman? Menurut penelitian dari Journal of American Medical Association Dermatology, prosedur botox dan filler sangat aman jika dilakukan oleh dokter estetik yang berpengalaman dan kompeten. Efek samping yang terjadi kurang dari 1% dan umumnya minor.

Jika Anda hendak melakukan salah satu prosedur kecantikan ini, sebaiknya berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter di Jakarta Aesthetic Clinic (JAC). Dokter ahli di JAC telah tersertifikasi kelas dunia, sehingga memberikan perawatan dengan hasil instan, natural, tanpa bekas, serta prosedur yang dilakukan aman untuk segala usia.

Baca juga: Perbedaan Filler dan Tanam Benang, Mana yang Lebih Aman?

Perbedaan Botox dan Filler

Apa Perbedaan Botox dan Filler

Kedua prosedur kecantikan ini memiliki tujuan dan fungsi yang berbeda-beda, meski sama-sama untuk mempercantik wajah Anda. Jadi, sebelum memutuskan akan memilih perawatan yang mana, selain berkonsultasi dengan dokter di JAC, ketahui terlebih dahulu perbedaan botox dan filler di bawah ini.

1. Tujuan Prosedur

Perbedaan Botox dan Filler berdasarkan Tujuan Prosedur

Suntik botox termasuk perawatan kulit yang diandalkan untuk mengatasi kerutan di wajah. Biasanya, kerutan ini muncul akibat ekspresi wajah sehari-hari, seperti tersenyum, mengernyit, dan menangis. 

Dalam hal ini, botox akan bekerja dengan mengurangi aktivitas saraf dalam otot dan menjadikannya lebih rileks. Hal ini akan membuat permukaan kulit wajah Anda menjadi lebih halus dan kencang. 

Sementara itu, filler atau yang sering disebut dengan dermal filler bertujuan untuk mengisi jaringan lunak yang ada di bawah permukaan kulit untuk menambah volume pada area wajah tertentu. Biasanya digunakan untuk menambah volume pada area bibir, hidung, dan sekitar mulut yang makin menipis akibat penuaan.

Baca juga: Mengenal Filler Kantung Mata yang Berguna untuk Penampilan

2. Bahan yang Digunakan

Perbedaan Botox dan Filler dari Bahan yang Digunakan

Botox memanfaatkan protein dan bakteri Clostridium Botolinum yang dimasukkan ke dalam kulit melalui suntikan. Sedangkan, bahan filler yang umumnya digunakan antara lain asam hialuronat untuk menambah kekenyalan kulit wajah dan asam polikatik yang dapat merangsang kulit untuk memproduksi lebih banyak kolagen

Tidak itu saja, ada bahan lain seperti kalsium hidroksilapatite, polyalkylimide, dan polymethyl-methacrylate microspheres. Semua bahan ini aman digunakan lantaran telah melewati proses pemeriksaan dan pengujian oleh US Food and Drugs Administration atau setara dengan BPOM apabila di Indonesia.

3. Ketahanan

Ketahanan

Hasil dari suntik botox dapat bertahan selama 4-6 bulan setelah perawatan. Jika Anda ingin mempertahankan hasilnya, direkomendasikan untuk melakukan suntik ulang sesuai dengan anjuran dokter. Untuk itu, konsultasi merupakan aktivitas wajib yang tidak boleh Anda lewatkan setiap Anda ingin melakukan prosedur kecantikan.

Untuk filler, hasilnya tergantung dengan bahan yang digunakan. Namun, biasanya memiliki daya tahan yang lebih lama dari botox, yaitu 4 bulan hingga 2 tahun tergantung dari pasien sendiri. Namun, sama seperti botox, Anda memerlukan perawatan lanjutan untuk mempertahankan hasil lebih lama dan maksimal. 

Baca juga: Apa itu Botox Ketiak? Fungsi, Efek Samping dan Biayanya!

4. Efek Samping

Efek Samping

Efek samping yang mungkin muncul setelah melakukan treatment kecantikan botox dan filler relatif ringan apabila dilakukan oleh dokter yang berkompeten di bidangnya. Dalam hal ini, botox dapat menimbulkan efek samping seperti memar dan sakit kepala ringan. Sementara itu, filler dapat menyebabkan memar dan nyeri pada area wajah yang disuntikkan.

Untuk itu, penting sekali untuk selalu melakukan konsultasi dengan dokter ahli, baik itu sebelum melakukan tindakan agar prosedur berjalan dengan aman dan sehat, maupun setelah perawatan selesai dilakukan guna mempertahankan hasilnya.

Kesimpulan

Setelah mengetahui perbedaan botox dan filler, lalu bagaimana menentukan salah satu prosedur kecantikan tersebut untuk mempercantik wajah Anda? Hal yang perlu dipertimbangkan yaitu jenis kerutan yang ingin Anda singkirkan. 

Botox dapat mengurangi kerutan dinamis di wajah, seperti kerutan di area dahi dan alis. Sedangkan filler dapat mengurangi kerutan statis, bahkan ketika wajah Anda sedang rileks atau ketika tidak membuat ekspresi dengan mengisi volume pada bagian wajah tertentu.

Untuk melakukan filler dengan hasil instan, natural, dan tanpa bekas, Anda bisa melakukan prosedur kecantikan Soft Tissue Filler di JAC. Prosedur ini dilakukan dengan teknik dan skill yang tinggi dan nyaman, sehingga memberikan hasil dalam waktu yang cepat. Bahkan Anda bisa langsung beraktivitas setelah melakukan prosedur kecantikan ini.

Prosedur Soft Tissue Filler termasuk salah satu perawatan kecantikan yang paling populer di JAC. Mengingat tim dokter ahli JAC memberikan profil keamanan yang tinggi dengan hasil yang natural dan tanpa bekas. Untuk melakukan prosedur kecantikan ini, lakukan konsultasi terlebih dahulu dengan dokter ahli. Hubungi kami sekarang juga untuk mendapatkan informasi lebih lanjut. 

Sumber:

  • https://www.healthline.com/health/botox-vs-fillers
  • https://www.byrdie.com/botox-and-fillers
  • https://www.medicalnewstoday.com/articles/320510#:~:text=Key%20differences,-In%20summary%2C%20the&text=Botox%3A%20This%20freezes%20muscles%20to,have%20lost%20volume%20and%20smoothness.
dr. Olivia Ong Cover

dr. Olivia Ong

Sebagai expert dalam bidang Botulinum ToxinTM dan Soft Tissue FillerTM, dr. Olivia Ong yang lahir dan tumbuh di Jakarta ini memiliki berbagai sertifikasi internasional seperti Advance Filler Injection Workshop with Prominent Plastic Surgeons di Swedia, International Anatomy Masterclass di Paris dan Aesthetic and Anti-Aging Medicine World Congress di Monte-Carlo, Monaco.

Terkait

Ketahui Ciri-Ciri Penuaan Dini, Jangan Sampai Terlambat

Ketahui Ciri-Ciri Penuaan Dini, Jangan Sampai Terlambat

Desember 5, 2022
Bagaimana Cara Menghilangkan Scar di Wajah?

Bagaimana Cara Menghilangkan Scar di Wajah?

Desember 5, 2022
Buat Penampilan Makin Segar, Inilah Cara Mengencangkan Pipi yang Kendur

Buat Penampilan Makin Segar, Inilah Cara Mengencangkan Pipi yang Kendur

Desember 5, 2022

Comments are closed.