Apa Saja Perbedaan Bruntusan dan Fungal Acne?

perbedaan bruntusan dan fungal acne

Banyak orang yang hingga saat ini masih belum mengetahui apa perbedaan bruntusan dan fungal acne. Apakah Anda termasuk salah satunya?

Bruntusan dan fungal acne memang sama-sama dikategorikan ke dalam masalah kulit, apalagi bentuk fisik keduanya terlihat mirip. Lalu, apa perbedaan antara bruntusan dan fungal acne?

Melalui artikel ini, Jakarta Aesthetic Clinic akan memberikan pembahasan lengkap mengenai perbedaan bruntusan dan fungal acne yang perlu Anda ketahui. Selain itu, kami juga akan memberikan pengarahan mengenai cara mencegah munculnya bruntusan dan fungal acne pada kulit Anda.

Apa Perbedaan Bruntusan dan Fungal Acne?

Meskipun terlihat mirip, akan tetapi ada beberapa hal yang membedakan antara bruntusan dan fungal acne. Setidaknya, ada 5 hal yang menjadi perbedaan di antaranya keduanya, yaitu:

  1. Anda dapat membedakan bruntusan dan fungal acne dari ukuran bintik-bintiknya. Pada bruntusan, ukuran bintik-bintik akan terlihat bervariasi sedangkan fungal acne memiliki ukuran kecil yang hampir sama.
  2. Bruntusan dan fungal acne disebabkan dari 2 hal yang berbeda. Bruntusan disebabkan oleh bakteri yang bernama Propionibacterium acnes (P. acnes) dan fungal acne disebabkan oleh jamur yang bernama Malassezia.
  3. Kulit yang mengalami bruntusan akan lebih jarang disertai dengan rasa gatal. Sebaliknya, fungal acne disertai dengan rasa gatal.
  4. Biasanya, bruntusan akan lebih sering muncul pada area kulit wajah. Untuk fungal acne, masalah kulit ini akan lebih sering ditemukan pada area punggung, lengan, kaki, atau dada.
  5. Obat yang digunakan untuk mengatasi bruntusan dan fungal acne juga berbeda. Kulit yang mengalami bruntusan dapat diatasi dengan menggunakan obat oles retinoid, sedangkan fungal acne perlu diatasi dengan obat oles yang mengandung ketoconazole atau menggunakan obat minum yang mengandung itraconazole.

Baca juga: Apa Saja Pantangan Makanan untuk Wajah Berjerawat

Bagaimana Cara Mencegah Bruntusan dan Fungal Acne?

Anda tentu bertanya-tanya, bagaimana cara mencegah munculnya bruntusan dan fungal acne? Maka dari itu, silakan simak 4 cara di bawah ini yang dapat Anda lakukan untuk mencegah bruntusan dan fungal acne, yaitu:

1. Mandi Secara Rutin dan Teratur

Cara pertama yang dapat Anda lakukan untuk mencegah munculnya bruntusan dan fungal acne adalah dengan mandi secara rutin dan teratur. Apalagi bagi Anda yang mudah berkeringat ketika sedang melakukan aktivitas, maka sangat disarankan untuk dapat mandi lebih rutin setelahnya.

Kulit yang kotor akan mempercepat tumbuhnya jamur dan bakteri pada kulit Anda. Oleh karena itu, sangat disarankan agar Anda dapat mandi secara rutin dan teratur untuk menghindari munculnya bruntusan dan fungal acne.

2. Rajin Mencuci Muka

Selain mandi, kulit wajah pun juga harus rutin dibersihkan, terutama bagi Anda yang sering menggunakan makeup dalam kegiatan sehari-hari. Anda dapat menggunakan sabun pencuci wajah yang memiliki deep cleansing untuk membersihkan kulit wajah secara menyeluruh dari kotoran yang menempel.

Baca juga: Penyebab Jerawat Batu dan cara menghilangkannya

3. Kurangi Mengonsumsi Makanan yang Tinggi Karbohidrat

Makanan yang tinggi karbohidrat memiliki potensi untuk menyebabkan munculnya fungal acne apabila dikonsumsi secara berlebihan. Maka dari itu, Anda bisa mulai menerapkan pola makan yang sehat dengan mengonsumsi makanan yang rendah karbohidrat dan perbanyak makan buah, sayur, serta makanan yang kaya akan serat.

4. Lakukan Perawatan Kulit Secara Rutin 

Hal terakhir yang dapat Anda lakukan untuk mencegah munculnya bruntusan dan fungal acne adalah dengan melakukan perawatan kulit secara rutin. Selain itu, Anda dapat menggunakan pelembap kulit yang bebas minyak dalam perawatan kulit tersebut untuk mencegah penumpukan minyak ataupun bakteri pada kulit Anda.

Baca juga: Cara Menghilangkan Bekas Jerawat Dengan Bahan Alami Dan Mudah Ditemukan

Jadi, sekarang Anda sudah memahami apa saja perbedaan bruntusan dan fungal acne, bukan? Apabila Anda memiliki bruntusan, fungal acne, atau masalah kulit lainnya, silakan hubungi Jakarta Aesthetic Clinic sekarang juga dan kami akan memberikan perawatan terbaik untuk mengatasi seluruh permasalahan kulit yang dialami.

Sumber:

https://www.sehatq.com/artikel/serupa-tapi-tak-sama-ini-perbedaan-fungal-acne-dan-bruntusan

https://www.healthline.com/health/all-about-fungal-acne#causes

https://www.medicalnewstoday.com/articles/107146#causes

dr. Olivia Ong

Sebagai expert dalam bidang Botulinum ToxinTM dan Soft Tissue FillerTM, dr. Olivia Ong yang lahir dan tumbuh di Jakarta ini memiliki berbagai sertifikasi internasional seperti Advance Filler Injection Workshop with Prominent Plastic Surgeons di Swedia, International Anatomy Masterclass di Paris dan Aesthetic and Anti-Aging Medicine World Congress di Monte-Carlo, Monaco.

Terkait

Cara Memanjangkan Rambut Dengan Minyak Zaitun

Cara Memanjangkan Rambut Dengan Minyak Zaitun

November 23, 2021
Cara Mengatasi Kerutan di Wajah dengan Anti-Wrinkle Injection

Cara Mengatasi Kerutan di Wajah dengan Anti-Wrinkle Injection

November 23, 2021
7 Cara Merawat Wajah Pria agar Putih dan Bersih

7 Cara Merawat Wajah Pria agar Putih dan Bersih

November 23, 2021

Comments are closed.